Jangan pernah ke Banyuwangi,Jika Takut Jatuh Cinta [Lagi]!

6 comments
Sebuah larangan keras bagi sahabat Liang Teh Cap Panda yang takut jatuh cinta,khusunya buat sahabat Liang Teh Cap Panda yang sangat senang berwisata alam,yaitu dengan keindahan pantai-pantai yang ada di Banyuwangi."Lho kok gitu?"

Saya selaku Putra Duta Pariwisata Kabupaten Banyuwangi tahun 2020 #tsaah #ngarep,dengan senang hati akan memperkenalkan pantai-pantai indah yang ada di kota Banyuwangi yang mungkin mulai sekarang harus (Baca:WAJIB) masuk ke list rencana liburan kamu!

Kenapa harus Banyuwangi?Karena Kota Banyuwangi akhir-akhir ini menjadi sorotan seluruh penjuru dunia karena kota kelahiranku yang satu ini mempunyai,"Sesuatu",yang membuat semua orang berbondong-bondong untuk berkunjung ke Banyuwangi akhir-akhir ini.Gimana penasaran?sudah siap kenalan & jatuh cinta sama kota Banyuwangi? Eits..sambil dengerin pengalaman saya jalan-jalan ke salah satu pantai yang ada di Banyuwangi,asyik banget jika kalian ditemani Liang Teh Cap Panda di samping kamu nih...okey 

Tari Gandrung Khas Banyuwangi

BEC (Banyuwangi Ethno Carnival) 


Pernah lihat atau tau tarian atau Carnival diatas? Diatas merupakan sekilas perkenalan kita terhadap budaya khas kota banyuwangi yang begitu menarik.Tetapi pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas secara detail tentang kebudayaan & kesenian yang ada di Banyuwangi.Yihaa..karena kali ini saya akan membahas wisata pantai yang ada di Banyuwangi.

’’Pantai Kutanya Banyuwangi” & ''Hawaiinya Indonesia" begitu orang orang yang pernah berkunjung menyebutnya.Salah satu sebutan untuk pantai dari sekian banyak pantai yang ada di kota Banyuwangi.Pantai apakah itu?

PANTAI PULAU MERAH (PM) atau RED ISLAND 

Beberapa bulan yang lalu...


“Gue Penat Nih,Liburan Semester masih lama enggak sih Bro?”.

(ceritanya curhat sama tembok) 

Pertanyaan yang selalu menodong pikiran ketika bangun tidur disebuah kamar kos yang berukuran 3x4 m.Seperti biasanya pagi hari itu gue harus menjalani rutinitas dikampus yang lumayan bikin penat!.

Rasanya klo gue berteman sama doraemon nih,gue obok2 tuh kantong doraemon buat minjem apapun alat yang bisa cepet kelarin tugas kuliah sebagai prasyarat mengikuti UAS (Ujian Akhir Semester dan satu lagi ketika banyak kegiatan seperti ini sering banget terkena panas dalam,tiba-tiba panas dalam yang disertai sakit tenggorokan.Kalo masalah panas dalam sih gampang.Tinggal minum Liang Teh Cap Panda keesokan harinya pasti sembuh.Apalagi akhir – akhir ini gue dipamerin sama liburannya mbak syahrini yang cetar membahana itu..


Oh..I WANT FEEL FREEEE ...



Aaaak..aku pengen liburan...!!!! 
Dan Sampai pada suatu hari,berkat semangat,kegigihan dan doa anak baik ini, semua rutinitas tersebut telah selesai dilalui,termasuk tugas dan UAS.

"OHHH...I FEEL FREEE NOW....Libur panjang semester genap telah tiba".

Dan ini artinya kita harus memikirkan & menyiapkan ide,kemana kita harus pergi liburan serambi menunggu hasil nilai semester yang keluar.

Tapi kemana?Sapa siapa? #JOMBLOdetected

Tiba-tiba terlintas bayangan untuk liburan ke suatu pantai.Dari beberapa pantai yang ada di kabupaten Banyuwangi.Entah kenapa tiba tiba angan ini tertuju pada suatu pantai yang bernama PULAU MERAH (PM) atau RED ISLAND (mungkin pantai yang jaraknya terdekat dari tempat tinggalku).Selain itu wajib hukumnya sebagai pembuka liburan kita harus berlibur ke pantai Pulau Merah,sebagai wujud kebanggaan kita (segenap masyarakat banyuwangi) akan kekayaan alam (pantai) lokal di wilayah kita,asli milik kita!

Oke akhirnya rencana itupun termantapkan.Segeralah saya menghubungi keluarga,mengajak untuk pergi ke sana.Ya..Apalah arti liburan tanpa rame-rame bersama teman ataupun keluarga,betul enggak?Horeey... Kita Siap Berangkat Ke pantai Pulau Merah.Yeeeaay.. (ketika keluarga setuju dengan ide yang saya sampaikan)

Bagaimana kita bisa sampai sana?

Kalo dari kampung halamanku sih naik motor bisa,karena masih dalam satu wilayah kabupaten.Udah tahu kota Banyuwangi?Pasti saya yakin ada yang pernah dengar tapi belum pernah berkunjung!Kalau Pulau Bali?Pasti sudah dong,pasti sebagian besar traveller pernah ke Bali.Terus hubungannya apa?

Saya yakin meskipun kalian masih asing dengan kota Banyuwangi tapi sahabat sudah tau yag namanya pulau BALI.Ngomong-Ngomong soal bali,memang enggak ada habisnya mengenai keindahan alam dengan sejuta pesonanya.Tapi ternyata Banyuwangi juga punya yang namanya pantai yang tidak mau kalah dengan pantai yang ada di pulau Bali lho.Pantai yang mana?

Sebelum membahas pantai yang satu ini,alangkah baiknya kalian mengenal Banyuwangi dahulu yaak...

Secara geografis kabupaten banyuwangi berbatasa langsung dengan selat bali.Sedangkan Kota Banyuwangi itu sendiri terletak di Pulau Jawa,tepatnya Provinsi Jawa Timur.Kota Banyuwangi memiliki batas – batas wilayah :

UTARA : Berbatasan dengan Kabupaten Situbondo 
TIMUR : Berbatasan dengan Selat Bali 
SELATAN : Berbatasan dengan Kabupaten Jember 
BARAT : Berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso 



Dengan luas wilayah sekitar 5.800 Km2, segala hal yang ada di Kabupaten Banyuwangi sangat menarik untuk di bahas, baik dari segi budaya, pariwisata alamnya atau bahkan kulinernya.Tapi pada kesempatan kali ini akan saya bahas dengan “GAMBLANG” dengan salah satu pantai indah yang ada di kota Banyuwangi,yaitu pantai PULAU MERAH (Lafal orang jawa,bacanya: Pulo Merah)

DI BANYUWANGI SEBELAH MANA SIH PANTAI PULAU MERAH ITU?


PANTAI PULAU MERAH terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Kalian bisa kok mencari detailnya di google maps #hehehe..


Tetapi untuk lebih baiknya akan tetep aku jelasin kok detai tempatnya.Ini nih penampakan pantai pulau Merah?it's so amazing...

Katanya Rihanna ini sih "like diamonds in the sky". Hehe...


Sumpah ini caaaantiik banget..


Bukan saya aja yang ngomong loh yaa..


Mereka yang belum & sudah kesini juga bilang kek gitu lo... 




Masih belum percaya?Makanya buruan kesini yaa... :D


Cukup mudah menemukan & berkunjung ke pantai ini,ada beberapa pilihan rute yang disediakan diantaranya:

Bagi pengendara kendaraan pribadi

• Dari Arah Barat Banyuwangi ( Jember, Lumajang, Probolinggo dll ) 
Ambil jalan jurusan Kota Genteng ( ± 70 km dari Kota Jember ), dari Kota Genteng menuju ke arah selatan di Kota Jajag ( ± 12 km dari Kota Genteng ), dari Kota Jajag menuju ke arah selatan di Kota pesanggaran ( ± 25 km dari Kota Jajag ). Setelah sampai di Kota Pesanggaran, ambil arah menuju Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran yang kira-kira jaraknya ± 20 km dari Kota Pesanggaran. 

• Dari Arah Timur Banyuwangi ( Banyuwangi Kota, Bali, Situbondo dll ) 
Khusus untuk dari Bali naik Ferry dari penyebrangan Gilimanuk Menuju ke Ketapang, setelah dari Ketapang ambil arah selatan menuju Banyuwangi Kota ( ± 12 km dari Ketapang) dari Banyuwangi Kota tetap mengambil arah selatan sampai Kota Rogojampi ( ± 10 km dari Banyuwangi Kota), dari Kota Rogojampi tetap ambil arah ke selatan kira-kira 30 km menuju arah Kota Jajag. dari Kota Jajag menuju ke arah selatan di Kota pesanggaran ( ± 25 km dari Kota Jajag ). Setelah sampai di Kota Pesanggaran, ambil arah menuju Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran yang kira-kira jaraknya ± 20 km dari Kota Pesanggaran. 


Bagi Pengendara Kendaraan Umum

• Dari Arah Barat Banyuwangi ( Jember, Lumajang, Probolinggo dll ) Dari Terminal Tawangalun Kota Jember naik Bus Jurusan Banyuwangi dan turun di Kota Jajag yang kira memakan waktu 2 – 3 jam di perjalanan, sesampai di terminal Jajag sudah tersedia Angkutan Umum ( Angkot ) Menuju ke Kota Pesanggaran, jarak tempuhnya kira – kira 1 – 2 jam Perjalanan. Dari Kota Pesanggaran dianjurkan untuk naik Ojek menuju ke pantai Pulau Merah karena keterbatasan Angkutan Umum yang masuk Ke sana. 
• Dari Arah Timur Banyuwangi ( Banyuwangi Kota, Bali, Situbonda dll ) 
Dari arah Situbondo menggunakan angkutan Bus AKDP turun ke terminal Sritanjung, Ketapang( untuk Bus Jurusan Denpasar bisa langsung turun di Ketapang dan untuk Bus Jurusan Muncar bisa langsung turun di terminal banyuwangi Kota). Dari terminal Sri Tanjung sudah tersedia angkutan Kota Jurusan Banyuwangi Kota menuju ke Terminal Karangente yang memakan waktu ± 30 – 60 menit. Dengan naik Bus dari Terminal Karangente menuju ke Kota Jajag kira – kira memakan waktu ± 1 – 2 jam. sesampai di terminal Jajag sudah tersedia Angkutan Umum ( Angkot ) Menuju ke Kota Pesanggaran, jarak tempuhnya kira – kira 1 – 2 jam Perjalanan. Dari Kota Pesanggaran dianjurkan untuk naik Ojek menuju ke pantai Pulau Merah karena keterbatasan Angkutan Umum yang masuk Ke sana. 
Demikian Rute Perjalanan menuju pantai Pulau Merah. Semoga bermanfaat bagi Kawan – kawan yang ingin berkunjung da yang masih asing dengan letak pantai Pulau Merah.

Oleh karena itu tidak terlalu ribet buat kita (saya & keluarga) buat main ke tempat ini.Tapi kalo temen2 ngebet banget ke pantai ini juga nggak ribet juga kok karena banyuwangi letak geografisnya strategis banget.Nah itu sebabnya Kalo udah di bali,nanggung banget nih buat kalian para traveller buat nyicipi tempat yang satu ini.Apalagi di Banyuwangi banyak banget spot pantainya.

Nah dibawah ini ada beberapa pertanyaan,yang bisa jadi mewakili pertanyaan-pertanyaan sahabat Liang Teh Cap Panda


KENAPA PANTAINYA BERNAMA PULAU MERAH?


‘’Oh mungkin Pasirnya berwarna merah kan..?”


Jawaban yang spontan juga saya terka ketika pertama kali mendengar nama pantai ini.Kalau kalian ngejawab demikian,salah loh.Karena menurut orang-orang setempat sih bukan itu alasannya,tetapi karena di pantai ini terdapat pulau kecil berbentuk seperti karang karang raksasa) dengan ditumbuhi pepohonan.Pulau kecil ini akan tampak berwarna jingga kemerahan apabila cahaya senja menyinarinya.

TAUKAH KAMU BEBERAPA TAHUN TERAKHIR RED ISLAND mempunyai agenda tahunan?

Agenda tahunan pada tahun 2014 ini sudah terselenggara pada tanggal 23-25 Mei 2014,yaitu dengan diadaknnya “International Surving International”

Yaaps..dari nama acaranya aja sudah dapat dipastikan bahwa acaranya sangat meriah karena partisipasi surver tidak hanya dari penduduk lokal tapi juga bule-bule gitu :D.Nah ombak yang cantik dan tinggi ini,cocok sekali bagi kalian traveller yang hobi sama olahraga air ini.Berbagai negara ikut berpartisipasi loh..Mulai dari Australia, Amerika Serikat,, Malaysia, Jerman, Italia, Swedia, Brazil, Portugal, Prancis, Austria, Belanda, dan Afrika Selatan, Selandia Baru, Singapura dll.Dan hebatnya surver lokalpun tak kalah saing mereka banyak menggondol juara.Atau kalian yang jago main surving,hey..banyak yang tantang lo disana #bukangue hehehe 

Ombak ketika tinggi dapat digunakan untuk surving..yuhuuu... 

So,pinter-pinter aja update info tentang RED ISLAND supaya kalian bisa sekaligus datang ke RED ISLAND dan menikmati rentetan event tahunan tersebut.

Tiket masuk Ke RED ISLAND berapa sih?

Kalau hari-hari biasa sih GRATIS,Cuma bayar parkir kendaraan aja sih.Tetapi pada hari biasa pengunjung dikenai tiket masuk Rp.3000,- dan sabtu-minggu Rp.5000,- (sudah termasuk parkir).RED ISLAND sore hari itu indah banget.Lihatlah SUNSETnya RED ISLAND & pasir putih yang halus cocok banget menjadi spot pemotretan atau sekedar foto rame-rame bareng teman/keluarga.Makanya cocok banget buat kita yang seneng main pasir..heheh.


Kalo aku ingin bermalam di pantai,menginapnya dimana?

Karena pantai ini tergolong pantai yang berkembang.Untuk sementara ini belum ada hotel yang terdekat.Adapun hotel Panorama yang jaraknya 2 Km sebelum Red Island.Tetapi kalian tetep bisa bermalam kok di perumahan penduduk setempat yang disewakan untuk homestay (kapasitas 2 orang),dengan kisaran harga 150 ribu/mlm.Info tersebut saya dapatkan dari beberapa informasi dari teman,karena saya sendiri belum pernah bermalam di pantai ini (karena jarak tempat tinggal yang bisa ditempuh dengan alokasi waktu beberapa jam saja). 

Oke,kita lanjut ceritanya..

Setelah beberapa jam,berkendara motor akhirnya kita sampai ditempat tujuan.

Kita berfoto-fotoan dahulu di tepi pantai bareng keluarga.Oh iya,kita rame-rame kesana tidak hanya bareng teman tapi juga bareng keluarga. 



Yakin deh,setelah sampai di pantai,ingin rasanya cepat berlarian di pantai sambil menghirup udara pantai,mendengarkan deburan ombak sekalipun udara saat itu panas banget,tetapi karena di pantai jadinya panas-panas sejuk gitu deh.Wow..

Rame banget ada yang bermain air,bermain pasir,foto-fotoan,dll disana.Dan yang aku lakukan pertama kali sebelum ikut-ikutan bermain air adalah mengambil foto sambil menggengam Liang Teh Cap Panda .Disebelah kiri tangan dan sebelah kanannya memegang kamera.Byuh segeeer banget minum Liang Teh Cap Panda saat berada ditempat yang terik matahari.Loh kok nemu minuman dingin?dapat darimana?Hehe..namanya juga jalan-jalan apapun yang dibutuhkan harus dipersiapkan dengan matang,agar liburan kita asyik dan menyenangkan [TIPS jalan-jalan].Memang sengaja kok beli Liang Teh Cap Panda di minimarket dalam perjalanan menuju pantai.


Ditepian pantai sana juga banyak payung merah.Buat apa sih banyak payung merah? Buat berteduh dan santai menikmati suasana pantai yang bagus banget.Pantai yang berpasir putih dengan air laut jernih diimbangi dengan suara deburan ombak yang saat itu bisa dikatakan ombaknya agak besar.Tapi buat kalian yang mau kesini,alangkah baiknya membawa alas tikar sendiri ya,seperti aku (biar hemat) hehe..

Tapi buat kalian yang tidak mau kerepotan bawa alas/tikar disana juga ada persewaan tikar/alas kok dengan harga sewa Rp.5000.Sedangkan dengan harga sewa Rp.20.000 (2 jam),Rp.30.000 (2 jam),dan Rp.50.000 (3 jam) kita dapat menikmati pemandangan pantai dengan bersantai ria di bawah payung merah dengan kursi seperti ini.



Duh.adek ini santai sekali yaaak..kek gini nih namanya bener-bener liburan.. 

Sehabis foto-fotoan dan bermain di pantai pasti urusannya nggak jauh-jauh dari perut,akhirnya kita memutuskan untuk makan bareng bareng.Tapi sebelum makan bareng kita segera menuju kamar mandi yang telah disediakan disana,fasilitas ini dapat digunakan untuk membersihkan/membasuh diri dan buang air dengan membayar Rp.2000.Setelah kita berganti pakaian karena baju dan celana yang basah & kotor penuh pasir,kita kembali ke tepi pantai dibawah pepohonan yang rindang untuk makan bareng.Lagi-lagi kita selalu siap dengan barang bawaan,kita bawa bekal dari rumah.Jadinya tinggal gelar aja tikar di bawah pepohonan bakau ditepi pantai..(nggak usah beli heheh)

Nyoom..Nyooom..Nyooom..kita siap melahap makanan nikmat yang dibawa dari rumah.


LHO,emang disana enggak ada yang jualan makanan?

ada dong!Karena kita datangnya rame-rame alangkah baiknya jika bawa bekal dari rumah biar hemat,tapi kalo pengen merasakan jajanan pantai disana ada juga kok,tepatnya ditepian pantai berjajaran jajanan yang bisa kalian pilih.Salah satu yang pasti saya beli ke sana yaitu es kelapa muda yang banyak dijajakan disekitar pantai.Suasana ramai pengunjungpun membuat lebih menyenangkan,karena hari itu bertepatan dengan libur sekolah jadi banyak banget anak-anak yang ditemani orang tuanya jalan-jalan di pantai ini


Tapi Sayangnya cuaca saat itu sedikit mendung,menunjukkan beberapa saat lagi akan turun hujan.Kesimpulannya kita harus bersiap-siap pulang.Sedikit kecewa sih,tapi tak apalah,karena liburan masih panjang dan kapan-kapan aku akan kesini lagi dalam waktu dekat #pikirku

Oh iya,saya ada tips nih buat kalian yang akan berlibur ke pantai,simak dibawah ini yuk.semoga bermanfaat...


Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Contest "Travelogue Wisata Pantai di Indonesia" 

Semoga memberi insipirasi buat sahabat Liang Teh Cap Panda yang lagi bingung memilih wisata pantai untuk dikunjungi.Ini pantai yang tepat buat kalian loh guys.Yuk ke pantai Pulau Merah.Buat kalian bisa juga ikutan blog competition ini.FYI klik banner dibawah ya...


Follow | Twitter : @CapPandaID | FB :LIANG TEH CAP PANDA

6 comments:

  1. Waah, Pulau Merah memang cantik. Banyuwangi, gitu.
    Salam sesama blogger Banyuwangi yaa..

    ReplyDelete
  2. postinga yang lengkap. mampir ke pantaiku yuuk http://fxmuchtar.blogspot.com/2014/08/serasa-memiliki-pantai-pribadi-di-liang.html

    ReplyDelete
  3. Eh iya, itu pantainya cakep banget. Baru tau di Jawa Timur ada pantai kayak gini :)

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D