RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

5 Upaya Sejahtera Dalam Budidaya Akuakultur

  

Ikan,mungkin setiap harinya kita bertemu hewan ini dimeja makan sebagai lauk pauk.Kenapa harus ikan? Banyak pertimbangan memilih lauk pauk ikan daripada lauk pauk lainnya.Tidak sekedar katanya, ikan memang teruji dan diakui banyak peneliti gizi sebagai makanan yang sangat bergizi karena kandungannya.Semua jenis ikan dan semua sumberdaya yang ada di Indonesia misal, ikan kakap, kerapu, kuda laut, tiram, kerang, teripang, rumput laut, mutiara, abalone dan lainnya dapat digunakan untuk kesejahteraa rakyat Indonesia.Tidak sekedar untuk potensi laut saja bahkan budidaya air tawar juga semakin menjanjikan.Memang Indonesia adalah negara maritim yang terhampar birunya lautan luas dan ladang subur yang mendukung kegiatan budidaya akuakultur baik air tawar,laut,maupun lainnya...

 sumber : photo
akuakultur merupakan budidaya organisme air (hewan atau tumbuhan), baik  air tawar, payau, atau air laut. 
Meski seringkali dimanfaatkan sebagai lauk (hampir semua) dan pendukung perekonomian setiap hari,apakah kalian sempat berfikir tentang perkembangan akuakultur di Indonesia? bagaimana akibatnya jika terus dikuras tanpa adanya pengendalian dan pengetahuan yang cukup dengan kegiatan tersebut?

Jika belum, marilah kita berfikir bersama menuangkan ide-ide briliant demi memajukan perikan di Indonesia.Tentu,hal ini harus kita pikirkan bersama sebagai generasi muda yang akan membawa nasib
akuakultur di Indonesia pada masa mendatang.Kita harus yakin dengan usaha yang kita lakukan saat ini akan menuai hasil yang nyata pada tahun-tahun mendatang...

Air laut yang menempati wilayah seluas 5,8 juta kilometer persegi itu seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal. Perikanan budidaya mempunyai nilai strategis dalam perekonomian nasional karena di smaping kontribusinya dalam mendukung usaha pemenuhan gizi protein hewani, penyedia lapangan kerja dan meningkatkan sumber pendapatan masyarakat, perikanan budidaya juga sebagai sumber devisa negara. -Prof Marsoedi guru besar bidang budidaya perikanan pada Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya

Setuju dengan pernyataan tersebut bahwa akuakultur mempunyai banyak konstribusi terhadap perekonomian indonesia,baik secara langsung maupun tidak langsung .akuakultur  adalah aset kita dan perlu dimanfaatkan secara optimal mungkin demi kesejahteraan rakyat Indonesia.Mari kita gunakan sumber daya ini sebaik dan seoptimal mungkin demi kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan cara benar.Maksudnya cara benar?Mengelolanya dengan ilmu yang kita miliki dan proses yang benar (tidak menyalahi aturan negara).Namun dalam pelaksanaannya rupanya tidak semudah kata berbicara,semuanya butuh proses dan tentunya upaya yang tepat dalam pencapaiannya.

Saya mendengar akhir-akhir ini beberapa upaya sudah mulai dilakukan oleh para "pembudidaya  akuakultur ".Tapi belum semua,malah bisa dikatakan masih sedikit.Oleh karena itu dengan adanya upaya-upaya diatas semoga para pelaku budidaya ikan dapat semakin menerapkan usaha-usaha tersebut demi mengoptimalkan kegiatan budidaya yang benar dan menguntungkan.Sebut saja  sebagai contoh adalah CP Prima. 


CP Prima adalah salah satu perusahaan akuakultur terbaik di Indonesia yang memproduksi dan mengolah udang secara terintegrasi, perusahaan ini juga telah memimpin pasar Indonesia dalam produksi pakan udang, benur, probiotik, dan pakan ikan dan selalu konsisten dalam menetapkan standar global untuk inovasi produk-produknya.

Menurut saya, upaya - upaya untuk mengembangan akuakultur diIndonesia (budidaya perikanan) ada banyak sekali.Dan diantara banyak upaya tersebut saya juga mempunyai beberapa upaya yang menurut saya sangat berpengaruh terhadap perkembangan akuakultur di Indonesia dan dapat segera diterapkan atau dikembangkan jika upaya-upaya berikut sedang dalam proses berjalan.Upaya-upaya tersebut,diantaranya:

1.Pemerintah dan Masyarakat adalah “Team work” yang wajib bekerja satu sama lain sesuai dengan ranah kerjanya.Dengan adanya saling dukung & bantu maka tujuan yang akan dicapai semakin mudah untuk dicapai.Pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan tertentu yang membantu masyarakat akan lebih terarah.

2.Memberikan pendidikan kepada masyarakat agar menjadi tenaga yang terlatih.contoh sederhana adalah memberikan pengetahuan dalam bentuk seminar atau diskusi, sehingga diharapakan dapat menambah pengetahuan bagi pelaku bisnis budidaya akuakultur dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam semua kegiatan yang berkaitan dengan budidaya akuakultur. Pendidikan mengenai pemanfaatan pengembangan melalui kegiatan pembenihan, penyiapan prasarana, pembesaran, pembuatan pakan buatan dan industrinya, pengelolaan kesehatan ikan dan lingkungan, industri pengolahan dan pemasaran hasil budidaya.


3.Menciptakan entrepreneur pengolah dan penghasil produk dari sumber daya  Akuakultur .Dengan adanya inovasi produk jadi dari para entrepreneur (tangan-tangan kreatif ), sumber daya yang dihasilkan dari akuakultur akan diolah menjadi produk-broduk yang nilainya pasti berkali lipat dari nilai sebelum pengolahan (bahan dasar).

4. Menggembangkan pasar baik lokal maupun internasional.Pasar sangat mengambil andil yang besar dalam bisnis
akuakultur .Oleh karena itu perlu memperluas jaringan bisnis maupun kerjasama antara beberapa pihak.

5. Evaluasi terhadap strategi strategi yang telah dijalankan.Jika strategi atau upaya tersebut bagus dan memberikan dampak positif maka tetap dijalankan dan perlu dikembangkan dalam segala aspeknya.Jika strategi tersebut kurang baik (terdapat beberapa hal kendala dalam pelaksanaanya) maka perlu memikirkan dan mencari cara/alternatifnya lain untuk menjaga kelangsungan budidaya 
akuakultur kearah yang lebih baik.

(731 words)
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog  #CPPCompetition 
Untuk ikutan lomba blog silakan klik banner dibawah ini...

Lomba Blog
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar