Menyibak rumput dan pepohonan,Wedi ireng adalah surga impian!

2 comments
Selamat ulang tahun Paradays yang ke-4,semoga semakin keren dan sukses bisnisnya ya.Mau dirayain kemana nih? indoor atau outdoor? mendingan outdoor aja yuk,jalan-jalan kepantai wedi ireng,Banyuwangi aja gimana?Jalan-jalan kesana bareng gue mau gak nih,tapi paradays yang bayarin ya?#biarkesannya traktiran gitu. Yaudah deh, atau bayarnya sendiri tapi kesananya rame-rame gimana?Perlu masuk waiting list kalian nih brosis,biar gue bisa kesana lagi untuk yang kedua kalinya #Cari tebengan.Loh elo udah pernah kesana? udah dong sekali,tapi belum puas menikmati pantai wedi ireng.Nah, kali ini ada tantangan seru dari Paradays untuk ngasih tau tempat terbagus bahkan terasyik yang pernah gue kunjungi ala #DadakanTraveller.Siapa tau bisa megang kamera GoPro Hero 3,memilikinya juga mau banget kok,oh kaulah kamera idaman.....
maksudnya #DadakanTraveller tadi apa?


gue menyebutnya #DadakanTraveller karena kita (gue dan teman-teman) itu pasti suka main ke tempat wisata itu sering banget nggak pake rencana.Pokoknya salah satu dari kita itu ngomong,"Ayook besok kita pergi ke......." maka jika kami punya waktu #ceilaah serasa orang sibuk (anak kuliahan banget yang sering mabok tugas sih), maka kita putuskan untuk mengunjungi suatu tempat,salah satunya pantai.Dan yang akan gue ceritakan kali ini adalah pantai wedi ireng (dalam bahasa Indonesa diartikan sebagai wedi=pasir & ireng=hitam,jadi arti namanya pasir hitam). Pantai yang baru-baru ini gue kunjungi dan gue mengatakan view dari pantai ini "So,amazingg...".Butuh beberapa kali untuk merasakan sensasi indah pantai ini.
  
Loh katanya pasirnya hitam? itu kok putih?
Awalnya sebelum berkunjung ke pantai ini pikiran gue sama kayak kalian,tapi ternyata dari hasil ngulik nama 'wedi ireng' bahwa memang benar pasirnya berwarna hitam jika kalian mengeruk lapisan pasir yang berwarna putih kecoklatan itu.Ya semacam onde-onde gitu lah, luar sama dalemnya berbeda.Kalian akan menemukan butir pasir yang berwarna hitam jika kalian mengeruk pasir lapisan atasnya.
Ini bukan luar negeri loh,apalagi luar angkasa.Tapi ini kepunyaan negara kita,bagian sudut terasyik dan terindah diwilayah Indonesia bagian selatan (coba lihat maps atau dipetanya, cari dimana Banyuwangi itu?). Gue pernah kesana untuk pertama kalinya sebulan yang lalu, komentarnya? "Aaaajiiiib" pantai ini luar biasa indahnya, hijaunya air laut membentang didepan mata,terumbu karang juga terlihat samar-samar karena kejerniahannya tepi pantai. Benar-benar saat itu mata dimanjakan dengan suasana yang belum pernah gue temukan dipantai lain, pantai yang pernah gue kunjungi.Sukes berat untuk tempat refresing sehabis ujian.

Pantai wedi ireng, sekilas namanya bisa langsung di tebak dimanakah letak pantai ini berada. Benaar,pantai ini berlokasi dipulau jawa, tepatnya dikota Banyuwangi,Jawa Timur. Akhir-akhir ini pantai wedi ireng memang menjadi primadona tujuan wisata pantai karena keeksotisannya serta  pantai ini  "kekinian" banget (Baru saja dibuka sebagai destinasi wisata pantai) .Nah karena alasan ini, kalian wajib untuk datang ke pantai wedi Ireng, Banyuwangi. Jadikan liburan kalian mengesankan dan jadilah wisatawan luar kota bahkan luar negeri untuk   duluan  mencicipi keindahan pantai ini, sumpaah ini keren bangeet....!!!!Quality time banget bisa mengajak  pacar, calon pacar (nembaknya dipantai ini aja #bisabanget ),sahabat,keluarga,ataupun komunitas kamu untuk berendam dan mainan air disana.
 
Sebenarnya ada banyak banget wisata di Banyuwangi, tapi berhubung yang terakhir gue kunjungi adalah tempat ini maka gue akan menceritakan liburan ke wedi ireng dan all about pantai wedi ireng yaa...

wedi ireng adalah salah satu pantai yang ada di Banyuwangi.Terletak di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.Namanya juga pantai letaknya pasti diujung-ujung wilayah.Dan salah satu yang menjadikan pantai ini masih sangat alami dan indah karena letaknya memang tersembunyi.Hal inipun menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata pantai baru,karena belum banyak wisatawan asing yang berkunjung ketempat ini.Kalo wisatawan lokal sih jangan tanya lagi,terutama anak-akak muda (seperti gue gini deh) bakalan jawab "sudaaaaah dong" jika ditanya "apa kamu pernah ke pantai wedi ireng?"...

Garis pantai yang panjang membuat pantai wedi ireng terlihat sangat luas dihamparan mata memandang dengan air laut berwarna biru kehijau-hijaun.Ditengah-tengah (pantai terdapat bebatuan besar yang seolah-olah memisahkan pantai wedi ireng menjadi 2 bagian, sisi kanan dan sisi kiri. Seperti apa pantai wedi ireng itu? ini nih...

 view sisi kanan  
view sisi kiri 
photo  by : banyuwangiapik.blogspot.com
Dengan perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari tempat tinggal kita (kota jajag,Banyuwangi) dan medan yang cukup menguras keringat akan terbayar sudah jika kita mendengar angin pantai dan sesekali deburan ombak kecil.Pasir putih diapit oleh bukit-bukit hijau menyambut kedatangan kita.Berbeda dengan pantai pulau merah yang namanya lebih populer hingga dikalangan wisatawan mancanegara (terkenal karena ombanya yang besar dan sebagai tempat diadakannya surving International tahunan), pantai wedi ireng memiliki ombak yang kecil dan landai.Masih belum cukup dengan pemandangan dari angle foto tadi.Coba deh tonton video pantai wedi ireng ini dari atas (dari ketinggian) .Yuuuuk!!
Tonton di kualitas min 720HD ya geng, biar displaynya oke punya :D

Satu kata buat pantai wedi ireng?
"Indaaaah Bangeeeet!!!!"
Setuju!! Tempatnya yang tenang,bersih dengan pasir putihnya,pepohonan yang hijau dengan angin sepoi-sepoinya,biru kehijauan air lautnya dan batu karangnya memberikan suasana yang mendukung banget buat  membicarakan rencana masa depan dengan orang terkasih, sahabat ataupun keluarga. Sejenak rutinitas dan pekerjaan sukses tersingkirkan sementara.Bener-bener sukses say....
Rute menuju kesana gimana?

Kalo dari banyuwangi kota itu membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam karena jaraknya masih jauh,yaitu sekitar 60 km.Dari banyuwangi kota nanti silakan menuju ke kota Jajag.Ingat sebelum terminal jajag ada perempatan lampu lalu lintas (yang ditengahnya ada patung macan putihnya) dari situ lurus ke arah selatan sampai menjumpai daerah yang namanya pedotan.Dari situ udah tinggal ngikutin rambu lalu lintas sama seperti pergi ke Pulau Merah.Pulau merah juga merupakan pantai yang terkenal dan sudah gue sebutkan tadi diatas,kalo mau mampir sekalian silakan,mumpung ke Banyuwangi loh...

#Tips : Dari kota pedotan periksalah perkiraan kebutuhan yang kamu perlukan dan gunakan dipantai wedi ireng.Karena apa? disinilah pertokoan yang terakhir yang bisa kalian jumpai.Didaerah pantai setau gue hanya ada penjual makanan dan minuman aja.

Setelah kalian mengikuti rambu ke pulau merah nanti kalian akan menemukan pilihan arah ke pantai Pancer, nah disinilah kalian harus mengikuti arah ke pantai Pancer.Dari sini cobalah sering bertanya dan jangan malu untuk bertanya kepada masyarakat, tenang aja orang banyuwangi ramah-ramah kok,bahkan malah senang jika ada wisatawan yang jauh-jauh datang ke pelosok untuk mengunjungi wisatanya.

#Tips: Jadi tepatnya kalian harus menuju ke Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.Kalau memungkinkan bawa motor lebih baik bawa motor aja biar transportasinya mudah.Kalo naik kendaraan umum dari terminal jajag,bisa naik bus jurusan pesanggaran (mini bus),itupun nanti akses menuju ke wedi ireng masih jauh (belum terjangkau) oleh berhentinya bus.Mendingan pakai jasa travel paket wisata, atau yang punya saudara di kota Banyuwangi silakan berkunjung kesana dan minta tolong dianterin ke pantai wedi ireng,namanya saudara pasti nggak bisa nolak permintaan,apalagi tamu ... #TipsJitu nih....perlu dicoba...

Kemarin gue kesananya naik motor bareng temen-temen.Masuknya gratis sih,cuma beberapa juga harus bayar,contohnya untuk parkir kendaraan bermotor tiap untit dikenakan Rp.5000.Tenang aja,motor nggak bakal kepanasan karena parkirnya dibawah pohon-pohon kelapa.Didepannya ada penjual es kelapa juga kok.complete!.Setelah parkir kendaraan didepan mata udah ada papa nama "PANTAI MUSTIKA"


Disepanjang pantai banyak yang jualan makanan dan minum gitu.Sampai disini aja kalian bisa menikmati keindahan pantai Mustika.Tetapi tujuan utama kami bukan dipantai Mustika tetapi ke pantai wedi ireng.Pantai yang diduga menjadi tempat paling "ngehits" anak-anak muda yang ingin dikatakan kekinian haha...ha..
Tetapi sebenarnya main ke pantai Mustikannya aja juga belum.Tapi nggak tau kenapa pantai wedi ireng lebih hits,jadi udah niatin bulet buat menuju pantai wedi ireng. 

Seketika melihat tulisan pantai mustika itu,mata gue menyusuri sepanjang garis pantai dan sekaligus menghirup udara pantai yang sudah lama tidak dirasakan.Dalam hati gue,"Yess,akhirnya ketemu pantai lagi setelah sekian lama...".Setelah melihat papan ini malah jadi bingung ....

"itu dipapan nama,kok nama pulaunya banyak banget, kalau ini pantai mustika,pantai yang lainnya dimana dong?" dalam hati.Inilah rasa penasaran yang membuat gue ingin pergi ketempat itu lagi, menjelajah pulau-pulau yang tertera dipapan kayu tersebut.Ya,suatu saat.Tetapi karena penasaran gue langsung bertanya pada teman disebelah (Ari aka tristan) .Dan ternyata untuk menuju pantai wedi ireng kita harus menyeberang pakai perahu dayung.Tidak dalam sih,kira-kira kedalamannya antara sepaha atau sepusar orang dewasa (segitu dalem nggak sih?).Tapi kata temen gue biar nggak basah-basahan kita nyebrang aja pake perahu.Bayarnya Rp.4000an (kalo nggak salah segitu) soalnya dibayarin dulu sih sama temen.Jadi dari papan itu kita harus masih berjalan kearah kiri sampai mentok ke penyeberangan.

Photo

Tonton di kualitas min 720HD ya geng, biar displaynya oke punya :D 

Habis naik perahu? YeeeY kita sampai pantai wedi ireng...BELUM!!
Kita harus menyusuri semacam hutan yang medannya dahsyat abis,bikin tak terlupakan.Semakin naik-semakin naik bahkan dalam perjalanan dihutan nanti kita bakalan menemui banyak wisatawan yang bersandar dipepohonan pisang.Bukan,mereka tidak lagi main india-indiaan.Tapi istirahat sejenak karena terlalu capek.faktor usia kali ya...
Tapi beneran gue yang muda seperti ini,juga ngrasain ngos-ngosan banget,beberapa kali berhenti karena kecapekan.Ibarat orang hamil tua pasti melahirkan diperjalan tuh gue.Untung aja gue nggak lagi hamil.elo laki tong......!!!! 

Oh iya,tadi sebelum masuk ke hutan,nanti ada meja disitu kita bayar buat keamanan.Keamanan gimana? Ya segala yang menyangkut keamanan,dan keselamatan.Jadi bisa dikatakan uang antisipasi jika terjadi apa-apa.Rp.2000 per orang.Belum masuk aja udah ngeriii...Ah itu hanya pikiran gue aja yang parno'an karena kebanyakan nonton sinetron.Jadi.... uang tersebut digunakan sebagai dana P3K (keamanan gitu).Nanti disitu kalian akan di dikasih contact (No hanphone) bapak-bapak,namanya gue ingat, Pak Piton.Tanpa kenalanpun gue inget, namanya aja terpampang nyata dikotak uang.P.Piton Hub.08xxxxxxxxx (tulisannya emang gitu kok).Katanya jika terjadi apa-apa kita bisa telepon bapak itu.Kalo butuh makan bisa nggak nganterin kita makan pak? hehehe

Dan medan ini masih terus menanjak naik,curam sekali hingga sekitar 80%).Tuh kan perjuangan.Ini nih alesannya kalo ada cowok yang nembak ceweknya disitu, belum apa-apa aja udah penuh pengorbanan coy...
#Tips:Siap-siap bawa minum juga yang banyak ya,sekalian kalau merasa capek dan kepanasan,sisa airnya bisa digunakan untuk diguyur kebadan.Caaapeeek! jalannya naik turun-naik turun.
#Jalan lupa cari batang kayu untuk menyibak rerumputan,mengantisipasi terhadap tumbuhan berduri,sama perihnya kayak duri-duri cinta coy.
Dan akhirnya setelah beberapa menit (sekitar 30 menitan).Coba lihat ini.....

jangan percaya sama hasil kamera ini ya,sangat disayangkan karena iseng pake kamera sendiri hasilnya low banget kayak gini.Sebenarnya view dari angel ini bagus bangeeet!.Makanya gue ikutan lomba blog yang diadain oleh Paradays biar punya kesempatan untuk punya kamera yang bagus dan bisa dibilang lagi kekinian itu loh,iyaa...ngidam banget Gopro. 
Laaah Paradays itu apa sih?

Duh,masa nggak tau itu loh,yang sering gue stalkerin album fotonya di twitter,yang gue suka karena Paradays menjual beberapa brand yang selalu up to date.kalo kalian mau beli dan cari koas-kaos dengan desain yang selalu update buka aja di paradays.com .

Dari rerimbuan pohon dan dedaunan suara semilir ombak terdengar.sumpaah ini lega dan menakjubkan!! Disana terlihat deretan merah payung pantai dan papan bertuliskan wedi ireng terlihat.Gue takjub,ini perjuangan yang terbayar.Serasa seperti berbulan-bulan belajar ujian nasional dan hasilnya gue jadi juara dengan nilai tertinggi se-provinsi.Dari situ gue nggak langsung turun kebawah,gue sama 2 temen gue (arga,hendar) tetep disitu untuk mengambil foto sambil menunggu yang lainnya masih bertempur dengan medan berat.Yeeey akhirnya kita sampai,tuh lihat pantai wedi ireng dibelakang kita.....


Beberapa saat kemudian,pasukan sudah lengkap...
Ayo jelajahi tempat ini.....

Setelah itu kita ganti pakaian (celana) dan siap-siap menyusuri bibir pantai...
Didalam kerepotan pasti ada jalan untuk menuju kemudahan,jika kalian banyak duta-nya alias duit kayaknya memutuskan untuk menyewa ojek perahu adalah pilihan yang tepat,kalian bisa memilih dengan tarif berikut ini :
1.Mengantar/Menjemput saja ke/dari pulau wedi ireng Rp.25.000
2.Antar Jemput ke pulau wedi ireng RP.40.000
3.Atau kalian bisa memilih paket komplit,dengan paket komplit kalian akan diajak mengelilingi pulau-pulau yang tertulis dipapan tadi,ada pulau Mustika,Pulau Bedil,Pasir Pendek,Batu Mukijo dan kembali lagi ke pulau wedi ireng. Rp.550.000 (maksimal 6 orang)

#Tips terakhir nih: Bawalah kantong kresek sendir buat buang sampah,jangan mengotori area pantai,jaga kebersihannya & kecantikannya coy,ini aset negara kita dan hiburan buat kita tentunya. Pastikan bahwa anak cucu kita juga menikmati keindahan pantai wedi ireng ini,sama seperti pada waktu kita menikmati keindahannya.

Nah,banyak sekali penawaran kan.Tetapi karena lelahnya kita dan terbayang dengan melalui medan yang sulit itu serumit hubungan cinta   akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke pantai Mustika (tempat awal kita memarkirkan sepeda) dengan menyewa kapal dengan tarif Rp.25.000.Semoga kalian ngiler untuk pergi ke Pulau wedi ireng segera,beberapa bulan lagi liburan panjang loh.....
Oke gini nih serunya naik perahu saat kembali ke pulau Mustika...Cihuyyyy..

Kalau kalian pernah mendengar nama Banyuwangi nggak sih sebelumnya,atau malah udah pernah ke Banyuwangi? Ceritain dikomentar yaa....Daaaah...

Oh iya, postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog #Paradays4Blog, jika kalian punya cerita seru juga ayo ikutan aja buat postingan diblog kalian.caranya kunjungi www.paradays.com yaa...
Di websitenya kalian bisa melihat desain kaos yang keren-keren dan uptodate.Bisa juga gabungan di :
Facebook : Paradays.com
Twitter : @ParadaysID

Tonton di kualitas min 720HD ya geng, biar displaynya oke punya :D

2 comments:

  1. wah mantap jalan-jalannya josh dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. disempet2in aja mas =)) ,kalo mas biasanya liburan ada jadwal rutinya nggak sih?

      Delete