#EnakinHarimu : Resep enjoy hadapi sibuknya kuliah

12 comments

Capek .... super sibuk banget hari ini !!! 

Menjalani rutinitas sehari-hari memang sudah menjadi hal yang biasa, bahkan beberapa orang mempunyai rutinitas yang super padat. Apakah kalian salah satunya? Jika iya berarti kalian adalah calon-calon orang sukses! Lho hubungannya apa? 

Beberapa orang mengatakan bahwa orang yang mempunyai banyak kegiatan (kesibukan) adalah calon orang sukses. Alasannya karena kesibukannya tersebut akan membuat mereka terbiasa untuk belajar dan gesit  dalam menyelesaikan pekerjaan/kesibukannya tersebut.Alhasil mereka akan menjadi semakin jago melakukan manajemen waktu dalam dirinya.Manajemen diri dan waktu inilah yang menjadi cikal bakal kesuksesan. Saya sangat percaya dengan hal ini mengingat peribahasa mengatakan " berakit rakit dahulu berenang-renang ketepian", bahwa kesuksesan itu memang butuh perjuangan lebih dan harus mengawali start daripada orang kebanyakan.Semangaat menjalani kesibuk ya...




Keluar yuk...

Cari makan yuk?

Yuk beli bakso kesukaanmu...

Gue yang bayarin deh semangkok...

Ayo dong,kamu boleh makan sepuasnya dan aku yang bayarin yuk...


sayangnya dulu semuanya harus saya tolak dengan terpaksa.Karena satu sisi saya ingin refreshing dan jalan-jalan rame bersama teman.Disisi  lainnya masih berat dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan diatas meja belajar.Bingung memilih kegiatan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.Godaan terberat nih guys... 


Menurut  nevfrendz orang sibuk itu seperti apa sih?

Orang sibuk itu jarang bersosialiasi dengan sekitar
Orang sibuk itu sering begadang
Orang sibuk itu sulit ditemui

Nah nevfrendz..
semua pernyataan diatas tidak benar loh ya,karena itu hanya penilaian mereka terhadap orang-orang disekitar mereka aja. Jika kalian adalah salah satu orang yang mempunyai kesibukan tinggi, maka jadilah orang sibuk yang pintar.Dan buktikanlah bahwa hal-hal negatif tersebut tidak ada pada pribadi orang sibuk.Setuju?
Setujuuuuuu !!!
Menurutku sih,salah satu ciri-ciri orang sibuk adalah orang yang membutuhkan waktu yang extra untuk aktivitas dan pekerjaannya, tetapi jangan sampai aspek lainnya dikesampingkan (antara kegiatan yang satu dengan lainnya harus berjalan seimbang).Berbeda dengan lelet loh ya, waktu yang extra mereka butuhkan karena pekerjaanya banyak banget.Aktivitas mereka dimulai dari bangun tidur (lebih awal) dan berakhir ketika waktu tidur datang kembali (bahkan begadangpun rela dilakuin).Jadi bisa dikatakan "time is working".Semua berjalan dengan lancar dan seimbang meskipun ngebut kerja?Apakah bisa?

Harus bisa !! Temukan dulu kuncinya...


Kejadian tersebut serupa dengan aktivitas kuliah saya dulu, sebelum saya meramu resep-resep yang bisa bikin Enakin hari menjalani rutinitas kuliah. Dulu saya merasa kwalahan dengan kesibukan kuliah dan kegiatan diluar kuliah yang banyak banget.Tugas- tugas kuliah rasanya  mati satu tumbuh seribu, tugas yang satu belum selesai, tugas-tugas yang lain bermunculan. Tak jarang antara kegiatan satu dan kegiatan lainnya berbenturan, kalau hal ini terjadi tentu membuat kebingungan untuk mengatasi dan memilih salah satunya. Ujung-ujungnya kurang istirahat dan badan drop (sakit), menyelesaikan pekerjaan dengan badan dalam kondisi sakit itu tantangan yang luar biasa dan tidak mengenakkan tentunya...

Enggak terasa ya, udah semester enam (#mikirskripsi)
Loh, sekarang waktunya bayar uang kost bulan ini?
Jatah uang kuliah bulan ini kok cepet habis ya..
Waduh, besok tugas manajemen konstruksi dikumpulin ! begadang lagi deh..

Justru hal-hal demikianlah yang menyadarkan bahwa rupanya telah beberapa hari, minggu ataupun tahun ini, saya berkutat dengan kesibukan dan aktivitas hingga melupakan beberapa hal tertentu (terlalu fokus dengan kegiatatan yang dilakukan).


Beberapa hari ini , rupanya teman-teman juga sangat sibuk dengan aktivitasnya terlihat ditweet mereka.Dulu akupun juga begitu, sibuk dengan tugas dan kuliah.Tapi berbeda dengan sekarang, lebih bisa menyelesaikan kesibukan dengan enjoy tapi tetap penuh target dong...
 

 

Come on guys...
Kita bisa menyelesaikan semuanya dengan baik :)
Semangaaaaat...
 






Sibuk itu tidak enak
Sibuk itu tantangan seru ...

Tanamkan prinsip ini dulu guys, biar kita punya pondasi yang kuat untuk bertarung dengan kesibukan.Taaaapi tenang aja, kali ini saya akan ceritakan bagaimana caranya saya bisa menyelesaikan aktivitas yang sangat padat tersebut tanpa terbebani dan bisa bikin  ENAKIN HARIMU ! 

Caranya? 
Pertama... Lakukan semuanya dengan iklas dan senang hati ! 
Kedua.......Buatlah konsep ataupun "cara kamu" agar kalian nyaman dan enjoy (santai tapi sesuai target) dalam melakukan pekerjaan. 

Yaay,dengan dua konsep ini saya berhasil merasa nyaman dan enjoy banget menjalani aktivitas kuliah tanpa keteteran.Mau tau tentang cara bikin ENAKIN HARIMU kuliah? ini loh resep rahasia saya...


1.Tepat waktu
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah salah satu kuncinya.Tetapi tepat waktu adalah waktu paling maximal yang boleh dipergunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Selesaikan tugas kuliah beberapa hari sebelum hari H pengumpulan ya (lebih baik diselesaikan jauh-jauh hari). Sering lupa? Jangan jauhkan alarm dari diri kita,atau buatlah catatan digadget kalian buat pengingat kapanpun dan dimanapun.Yaa, tentu alasannya karena kita tidak akan berada jauh dengan gadget kita.


2. Kombinasikan atau selingi kegiatan kuliah dengan hobi
Saya suka banget ngeblog dan juga utak-utik laptop untuk belajar desain.Jadi dengan mainan laptop rasanya dunia saya nggak terasa sempit dengan rutinitas kuliah dan tugas-tugas kuliah.Banyak hal baru  dapatkan dari situ dengan ilmu-ilmu gratisnya. Cuma modal modem dan paket data,semua yang ingin saya ketahui bisa langsung saya dapatkan. Aduh, buat bayar uang kos aja susah...
Tenang aja, jaman sekarang akses internet bisa dimana-mana, yaap manfaatkan jaringan wifi dimana aja dengan gratis.Dari ngeblog juga saya bisa menambah uang saku tambahan tanpa minta uang pada orang tua, yaitu dengan mengikuti lomba blog yang ada.Sedangkan dengan belajar desain, saya sedikit demi sedikit belajar membuatnya.Harapanya suatu saat saya bisa memiliki suatu bisnis clothing line yang tentunya desainnya dibuat oleh saya sendiri (ini cita-cita juga loh) .Semangaaat !!

 HAPPY BLOGGING ....


3. Sarapan dulu sebelum berangkat kuliah
Biar fokus sama materi yang dijelasin sama dosen, isi perut dulu sebelum berangkat kuliah.Nggak lucu kan, kalo temen yang duduk disebelah pas kuliah ketawa gara-gara suara perut itu?Jangan lupa juga konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.Dari pengalaman juga nih bahwa kurang minum air putih dapat menyebabkan rasa kantuk yang tidak mengenal waktu.Tetapi setelah memperbaiki pola makan dan minum, sekarang nggak ada ceritanya lagi tuh ngantuk diwaktu yang tidak tepat (saat kuliah). Tapi semakin padatnya aktivitas rasa kantuk seringkali datang saat  kuliah.Cukup makan permen aja, ngantuk saat kuliah bisa saya atasi.

Sarapan  diwarung dekat kampus di jeda waktu kuliah


Buseet ! 2 piring?
Bukan, itu piring teman sebelah ya, jadi kuncinya sebelum berangkat kuliah atau sesudah kuliah harus makan tepat waktu.Okey?

4. Sempatkan olahraga dipagi/sore hari
Tujuan utamanya sih berolahraga untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh,tapi.....
Tujuan kedua,ketiga, keempat dan keseratusnya ada juga..
-Bisa cuci mata (tau kan lagi jomblo? haha)
-Habis lari-lari, pulangnya bisa mampir beli makan buat sarapan/makan malam, lumayan loh bisa hemat bensin
-Atau kaya ini nih, jogging sore endingnya ngobrol kayak reunian...haha
Sumpah ini seru banget...

5. Jangan begadang! 

Begadang boleh nggak sih? Kalo menurut rhoma irama sih,"begadang jangan begadang kalo tiada artinya",tapi kalo menurut saya sih ,"begadang boleh tapi jangan kelewatan".Makanya Mengerjakan tugas kampus jangan ditunda-tunda ! kalo ada waktu segera kerjakan, sebelum penyakit "malas" menyerang dan membuat kita nempel aja dikasur..
Mulai hari ini Tidak ada alasan begadang hanya karena tugas ya...
Jika memang sangat diperlukan begadang maka pinter-pinterlah dalam mengatur waktu istirahat, biar kondisi tubuh tetap prima dan bisa menyelesaikan pekerjaan kalian hingga beres.

 
6.Temukan gaya belajar yang tepat buat kamu
Kalo saya suka belajar dalam kondisi sepi banget,kalo suasana rame bawaannya materi yang dipelajari nggak masuk ke otak meskipun sudah belajar berjam-jam, tapi itu dulu.Sekarang saya lebih suka suasana belajar sembari memutar musik favorit saya.
Ada nggak diantara kalian yang belajarnya bisa sambil nonton Televisi? Jika memang bisa "nggak masalah kok" yang terpenting materi pelajarannya bisa masuk ke otak.Wuuih untuk tipe-tipe orang seperti ini, saya salut banget.Konsentrasinya hebat !



7. Buatlah to do list 
Semua kegiatan ataupun tugas pastinya akan saya catat dalam sebuah buku yang telah saya persiapkan khusus untuk membuat to do list.Jadi fungsinya sebagai pengingat tugas kuliah, kuis, matakuliah yang diganti jadwal dan lain-lain. Soalnya pernah kejadian tuh bolos kuliah, karena lupa kalau matakuliah yang seharusnya ada dihari rabu di ganti ke hari kamis.berabe kaan?Dari sini saya juga bisa membuat prioritas kegiatan yang akan saya kerjakan. 



8. Buatlah reward dan punishmen untuk diri sendiri
Lagi-lagi untuk lebih semangat beraktivitas perlu adanya pancingan nih, kali ini justru diri kitalah yang harus membuatnya.Buatlah reward (hadiah) jika kalian berhasil menyelesaikan tugas pada  hari itu dan juga sebaliknya, kalian juga perlu mendapatkan punishmen (hukuman) jika gagal/memerlukan waktu yang lebih dari target yang ditetapkan. Kalau saya gini nih, jika saya berhasil menyelesaikan tugas maka rewardnya saya boleh jajan/makan enak ala anak kos pada har itu.Dan punishmen (hukumannya) jika saya lalai dan gagal mencapai target, saya rela untuk tidak jajan/ makan enak (ala anak kos) dan merelakan uang tersebut untuk dimasukin ke botol air mineral (ditabung).  


9.Siapkan sesuatu hal yang sekiranya diperlukan 
Jangan ragu untuk mempersiapkan sesuatu hal/barang yang kemungkinan akan kita perlukan.Misalnya jas hujan,payung, saputangan.Memang sih barang-parang sepele dan mudah terlupakan.Tetapi barang-barang ini bakalan sangat bermanfaat dalam kondisi urgent. Misalnya saat perjalanan berangkat kuliah, tiba-tiba turun hujan, keberadaan jas hujan sangat diperlukan


10.Nabung!
Mahasiswa adalah sekumpulan manusia yang rasanya sangat dekat dengan uang koin, dimanapun pasti sering menjumpai uang koin dimana-mana.Kadang bisa ditemukan dikantong celana yang mau dicuci, bertebaran dimeja belajar, dikotak pensil, dan kadang-kadang banyak bertebaran dilantai kamar.Coba deh, kumpulin uang-uang koin tersebut untuk ditabung.Nggak usah bingung cari celengen, cukup gunakan botol air mineral untuk dibuat celengan.
mudah dan hemat kaan...



Nantinya uang ini bisa buat uang fotocopy materi atau ngprint tugas kuliah.Bahkan barang-barang impianpun bisa kalian dapatkan dari uang-uang tabungan ini.



11.Tulislah hal/benda yang kamu inginkan dan catat sebagai tujuan
Bukan boros loh ya, karena dengan cara ini saya bisa membulatkan niat untuk memiliki semangat untuk mendapatkan hal/barang tersebut.Contohnya ketika saya menginginkan mempunyai printer.Mulai saat itu juga saya lebih rela jika uang jajan ditabung dulu buat beli barang yang sudah diidam-idamkan.Begitu juga dengan target belajar yang berwujud IP (Indeks Prestasi) jangan ragu untuk mencapai IP 4.00, karena dengan demikian saya lebih semangat untuk belajar dan berusaha mencapai angka tersebut. Nothing is impossible!
 

12.Telepon keluarga dirumah!
Kalo pas kangen rumah tapi nggak ada waktu libur kuliah gimana? Obatnya adalah telepon keluarga dirumah. Cukuplah berbagi cerita melalui telepon. Rasa kangen dan kepingin mudik sedikit terkurangi juga loh..

 
13.Perbanyak teman-temanmu 
Nggak usah kwatir dengan tagihan teman buat minta ditraktir ketika hari ulang tahun kita.Emang sih kebanyakan teman banyak yang ngomong,"traktiran dong,kan lagi ulang tahun...".Tapi dengan banyak teman kita jadi semangat beraktifitas, becanda bareng sampai jalan-jalan bareng ke tempat-tempat yang asyik buat refresing.seperti ini..



Seru banget kalo udah merasakan liburan dengan teman-teman seperti ini...
Ayo guys, kita main-main lagi yuk...



14.Rapikan kamar kos secara rutin

Manajemen yang baik, berawal dari kebersihan dan kerapian kamar kos. Lega banget deh jika pulang kuliah disambut dengan suasana kamar kos yang bersih dan segar. Mau belajar nyaman, buat istirahatpun juga nyaman.Beda banget rasanya jika pulah kuliah disambut dengan tumpukan baju kotor yang antri buat dicuci...fiiuh..bingung mana dulu yang mau dikerjakan ya?
Aturlah tata letak perabot kamar sehingga suasana kamar berbeda setiap periode tertentu.Bikin nyaman dikamar deh.
Dan akhirnya peganglah kuncinya ! bahwa pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan lebih awal juga..




15. Lakukan kegiatan yang baru
Masalah terbesar dari aktivitas kita adalah rasa bosan.Oleh karena  itu tips  ini sangat diperlukan.Untuk menghindari rasa bosan terhadap kegiatan yang terus menerus dilakukan. Ada banyak banget cara yang bisa kalian gunakan,salah satunya mencoba hal baru.Cukup lakukan aktivitas yang berbeda dari sebelumnya aja.Pernah nggak pergi ke kampus naik angkot (angkutan kota) ? Ya, naik angkot saat pergi ke kampus memberikan suasana baru buat saya, karena biasanya ke kampus dengan naik motor.Ada sensasi tersendiri jika naik angkot saat ke kampus loh...


 ini dia nih,angkot yang saya gunakan untuk pergi ke kampus...
Coba juga yuk..

16.Tidur
Luangkan waktu untuk tidur (istirahat) setelah atau sebelum bekerja.Tujuannya untuk membuat tubuh dan pikiran rilexs.Beberapa menit saja sangat berarti guys...

17.Vitamin
Kalau kalian sudah mempersiapkan bagus deh...
Tapi yang saya konsumsi ini bukan vitamin seperti biasanya loh, namanya nevramin. Udah pernah mengkonsumsi nevramin?Belum?





NEVRAMIN (NeuroVitamin) adalah solusi tepat untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin saraf (neuro)

KANDUNGAN NEVRAMIN
NEVRAMIN mengandung Fursultamin (Vitamin B1 aktif) 50 mg yang lebih cepat bekerja dalam tubuh, plus B6 100 mg dan B12 500 mcg yang berguna untuk mengatur metabolisme dalam saraf agar produktivitas tubuh tetap terjaga. 

PEMAKAIAN
Konsumsi NEVRAMIN 1x sehari, bisa pagi hari atau malam hari

KEGUNAAN
NEVRAMIN dapat meredakan keluhan Kaku, Kram, Kesemutan, Kebas, dan Kedutan pada mata.Karena pada umumnya aktivitas kita sehari-hari yang padat sangat erat hubungannya dengan adanya keluhan 5K (Kaku, Kram, Kesemutan, Kebas, dan Kedutan pada mata).Sejak mengkonsumsi NEVRAMIN masalah-masalah tersebut dapat saya atasi.

HARGA
satu strip NEVRAMIN  alah-masalah tersebut dapat saya atasi berisi 10 kapsul dijual seharga sekitar Rp.12000 (tergantung tempat dan wilayah masing-masing ya..)
 
DIMANA TEMPAT MEMBELINYA?
NEVRAMIN  dapat dibeli di apotek atau minimarket terdekat kok.Tunggu apalagi yuk pergi ke apotik atau minimarket terdekat untuk dapatkan NEVRAMIN.



Setujuuuuuu !!!
Oh, jadi kalo pengen sukses mulai sekarang harus menyibukkan diri ya?
Bukan menyibukkan diri, tetapi siap untuk menghadapi semua tugas dan aktivitas sebagai kewajiban kita dengan baik dan efisien.Yaaps, tepatnya belajar manajemen diri yang sepaket dengan evaluasinya.Dengan mengevaluasinya, kita dapat memperbaiki cara-cara kita tersebut apakah sudah cocok atau perlu ditingkatkan lagi.Semoga tips ENAKIN HARIMU kuliah nya bermanfaat dan semoga kuliahnya lancar ya..
Dan satu lagi nih, mulai sekarang masalah prioritas pekerjaan tidak akan terjadi lagi okey? 


Nah, inilah tips #EnakinHarimu buat kuliah, kira-kira gimana sih #EnakinHarimu versi kalian? Yuk share cara #EnakinHarimu dikomentar yaaaa...

Artikel ini dikutsertakan dalam ENAKIN HARIMU blog competition.Ikutan juga yuk, klik banner dibawah ini ya...
Untuk lebih tahu tentang NEVRAMIN kunjungi dan ikuti link dibawah ini...


Website | Facebook | Twitter
 

12 comments:

  1. asek asek....
    komplit banget Sob tulisan Ente,
    semua tips pernah ane coba tuk enakin hari, dan memang beberapa diantaranya dah terbukti tuk naikin mood ane.

    nais post Sob

    salam hoki

    ReplyDelete
  2. ane simpen nih tipsnya buat besok kalo udah masuk kampus :D

    ReplyDelete
  3. wow.. lengkap, tapi udah gak kuliah lagi nih, masih bisa minum nevramin gak ya? wkwkw :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong, siap siap nevramin buat aktivitas yang sibuk yaa :)

      Delete
  4. wah suka bikin list macam itu tuh tapi kadang ekspetasi beda sama realita :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..
      iya sama..
      tapi rajin-rajin evaluasi aja biar kedepannya lebih real schedulnya :))

      Delete
  5. Wah kalo gw nggak ada alasan buat nggak begadang nih. Jadi gimana dong? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat dulu begadangnya untuk hal penting nggak nih, klo kerja kejar target okelah, tapi harus diimbangi dengan olahraga,istirahat, dan makanan sehat tentunya..
      tapi klo begadang buat main game misal, dikurangi yaa hehe :-)

      Delete
  6. Yang jarang banget aku lakuin adalah sarapan, suka mikir aja, kalo saprapan nanti uang bulanannya nggak cukup samapi akhir bulan, terus yang paing sering aku lakuin adalah begadang...
    Nggak bisa dihindarin kalo begadang

    ReplyDelete
    Replies
    1. begadangnya diimbangi dengan olahraga,istirahat, dan makanan sehat ya bro,
      biasanya anak kost ngatur menu sederhana dan yg pnting diusahakan sarapan sebelum kuliah.. (o)

      Delete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D