Hobi hanya memburu kesenangan dan membuang waktu?

4 comments
Sama sekali tidak setuju dong. Tidak hanya kesenangan yang bisa didapatkan dari sebuah hobi. Menurut saya, H-O-B-I harus bisa diartikan seindah mungkin. Maksudnya? Jadikan hobi yang kamu miliki mempunyai manfaat sebanyak-banyaknya, tidak hanya untuk memburu kepuasan batin saja. Tunjukkan pada semua orang bahwa hobi kamu adalah sesuatu yang bisa menjadikan kamu keren dan terkenal. Loh kok sombong? Tidak kok, tujuan agar kamu bisa menjadi contoh buat anak-anak muda di luar sana. Soalnya masih ada beberapa orang menyalahkan hobi. Menurutnya hobi hanyalah sesuatu menyita waktu dan menganggu terlaksanakannya aktifitas lain. Euuh..


Komik By : sugatangguh.com

Eh, memang benar juga sih, seseorang yang telah melakukan hal yang ia sukai (hobi) maka selama berjam-jam akan betah dengan kegiatannya. Sedangkan kegiatan lainnya akan lalai dan terlupakan. Tapi dengan manajemen waktu yang baik semua bisa diatasi kok. Bahkan dengan memanfaatkan hobi yang kita miliki dengan pintar, hobi bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Tak jarang, hobi itu pula yang mengantarkan mereka pada kesuksesan. So, tugas kita adalah membuktikan kepada orang-orang yang beranggapan seperti diatas bahwa hobi yang kita miliki saat ini bukanlah sekedar hobi tetapi hobi yang membuat kita semakin keren.

Nah, beberapa akhir ini saya sering nonton TV dan menjumpai sosok-sosok kreatif yang terkenal karena hobi yang mereka miliki. Mereka bermula dari hobi dan bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Kagum sekaligus termotivasi! Sebenarnya saya juga ingin menjadi seperti mereka. Keren dengan hobi yang mereka miliki dan tentunya bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, sejak termotivasi dengan hal tersebut, saya banyak membaca berbagai sumber seputar hal tersebut. Ya, aku siap menjadi orang berikutnya yang akan menjadikan hobi tidak hanya sekedar hobi tetapi sesuatu yang dapat menghasilkan uang.

Saya suka apapun yang berkaitan dengan seni, salah satunya menggambar. Mungkin karena kebiasan saat melihat kertas-kertas sisa yang tidak terpakai di kamar kos dan menggunakannya untuk sekedar menggambar sketsa gambar atau komik. Kertas sisa tersebut maksudnya adalah kertas yang sudah tidak di pakai lagi karena kesalahan pada saat cetak maupun kesalahan penulisan dari tugas maupun laporan-laporan kuliah. Pernah kepikiran nggak sih, kalau dibagian belakang dari kertas-kertas tersebut masih (sangat) bisa digunakan untuk menggambar?



Keberadaan kertas-kertas bekas tersebut sangat membantu dalam membuat sketsa sebelum terbentuk gambar-gambar yang ingin di digitalisasi. Ide-idenyapun saya dapat kadang secara spontan. Biasanya setelah melihat seuatu peristiwa aneh lucu ataupun unik. Bahkan ide-ide itu muncul ketika saya melakukan blogwalking ke blog teman-teman yang saya kenal dari berbagai daerah melalui komunitas blogger. Kemarin juga sempat baca-baca timeline dan menemukan satu lagi komunitas blogger NgeBlog.me dan menemukan informasi mengenai lomba blog yang diselenggarakan bersama CekAja.com.

CekAja.com adalah E-commerce finansial No. 1 di Indonesia yang memberi layanan keuangan untuk membantu Anda membuat keputusan finansial yang cerdas. Wah ini nih yang membuat saya mempunyai hobi ngeblog selain hobi membuat desain artwork. Selain menambah pengetahuan baru, denan ngeblog saya bisa mengikuti berbagai lomba blog yang ada saat ini. Itung-itung sambil mengasah kemampun menulis juga sih.



Eh, tapi saya bukan mahasiswa desain atau seni rupa. Saat ini saya adalah mahasiswa jurusan teknik sipil di salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur. Sejak awal kuliah hingga semester 8 ini, beberapa teman mengatakan jika saya salah mengambil jurusan kuliah. Ada pula yang mengatakan jika saya lebih cocok kuliah di jurusan yang berhubungan dengan seni dan desain. Loh kok bisa? Konon katanya, saya sering terlihat menggambar dan utak-atik grafis (hampir) setiap hari. Yaaps saya enjoy melakukannya. Memang hobi tidak mengenal latar belakang tetapi hobi dapat menentukan masa depan. Nah, berkaitan dengan hobi saya tersebut bisnis yang ingin saya jalankan untuk saat ini adalah jasa membuat desain tepatnya digital artworks.

Ada banyak pilihan item yang bisa dicustom dengan gambar-gambar yang saya buat sih. Mulai dari kaos, topi, mug, bantal bergambar, buff hingga item-item munggil seperti gantungan kunci.



Tetapi karena masih keterbatasan modal untuk saat ini saya memutuskan untuk menjual artwork yang saya buat dalam bentuk Gift Artwork. Sesuai dengan namanya Gift Artwork adalah Artwork yang dibuat untuk hadiah untuk sahabat, keluarga, pacar maupun orang-orang yang ingin kita beri hadiah. Artwork yang saya buat nantinya bisa dibeli dalam bentuk softcopy file atau Artwork yang sudah jadi dalam bentuk gambar dalam figura.Untuk samplenya seperti dibawah ini yaa...



Ide berbisnis Gift Artwork darimana? Sebenarnya awalnya iseng aja sih, membuat sebuah post di instagram mengenai digital artwork ini. Tetapi lama-lama respon postitif dari teman-teman memberanikan saya untuk terus berlatih membuat digital artworks untuk selanjutnya dijadikan bisnis. Mikirnya lumayan sih buat pendapataan anak kos. Ya pendapatan dari sebuah hobi yang ditekuni. Untuk media pemasarannya, untuk saat ini saya menggunakan media sosial yang masih nge-hits sampai hari ini yaitu instagram. Dan harapannya bisnis yang saya miliki ini mempuyai website dengan segera. Amin.

Ngomong-ngomong soal hobi, hobi kamu apa nih? Sangat memungkinkah loh jika hobi yang kamu kamu miliki bisa menghasilkan uang. Ceritakan di komentar ya.. Salam Kreatif!

Tulisan ini diikutsertakan dalam #CekAjaBlogContest





4 comments:

  1. mau donk dibikinin 1 artwork buat sy, sometimes ya.. hihi.. cantips dan sngt berbakat dgn hobi yg 1 ini,,,
    super dah,,

    boleh kunjung balik gak? trims ya
    http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/saya-ingin-menjadi-si-kecil-yang-besar.html

    ReplyDelete
  2. Itu gambar-gambar iseng di kertas bekasnya keren-keren. Omegad. Bener banget, hobi dan bakat itu nggak mengenal latar belakang pendidikan :D

    Salut sama orang-orang yang bisa menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Semoga sukses. Good luck buat kontes blognya.

    Kunjungi juga ya : https://noviyana-shiali.blogspot.co.id/2016/05/5-hobbies-that-make-you-smarter.html

    Thank you:3

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D