RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Moto G5S Plus: Smartphone 3jutaan dengan TurboPower, charging 15 menit bisa dipakai 6 jam


Belum pernah memiliki smartphone dirange harga 3 jutaan keatas. Mentok punya smartphone mahal, ya 3 jutaan itu. Itupun reward dari lomba blog yang menjadikan saya akhirnya keturutan memiliki hape mahal yang sebelumnya sangat mengidam-idamkan. ~(‘▽’~) (~’▽’)~

Sebenarnya kategori mahal bagi saya aja sih, padahal kan smartphone yang saya maksud ini termasuk dalam kategori kelas mid range alias untuk kelas menengah. Eh tapi, 3 juta kan banyak duit juga to?.... Jika beli dengan budget sendiri, kira-kira harga 2 jutaan kebawah adalah harga smartphone yang pantas dan bisa saya jangkau. Ya, begitulah kira-kira cerminan ketebelan dompet. Hehe.

Apasih yang nggak bisa dengan nabung? Tapi kok lama juga ya... (?)

Saat membuat tulisan ini, sebenarnya saya lagi demam. Kali ini smartphone 3 jutaan.  Loh? Hape-hape fitur unik bemunculan. Malah sekarang hanya menggunakan hape jaringan 3G. Kangen saat memakai smartphone 4G juga ada (banget). Kebetulan ini momen yang pas banget, Jalan Tikus lagi ngadain lomba review. Jaman now, ada yang belum tau jalantikus.com? Jika belum, bisa baca artikel disini yaaa ....

Nah, Hape yang direview adalah hape idaman pula, Moto G5S Plus. Hape yang rame dibahas dan dibanding-bandingin dengan hape 3jutaan lainnya. Jadi ya .... mari kita berusaha mewujudkan harapan biar bisa memegang 1 dari 5 moto G5S Plus dari Jalan Tikus╭(^▽^)╯



Ngomong-ngomong, kalian yang tidak ketinggalan berita tentan duel gagdet "Moto G5S Plus x Musuh". Sejauh ini gimana? #Mendingini atau #Mendingitu? Sebelum ikut-ikutan bikin update sosmed dengan hastag #mending .... Alangkah baiknya membaca tulisan ini sebagai refernsi tambahan. Oke?

Memang, smartphone sekarang hobinya memang bikin kejutan kan? Bikin jantung deg-degan. Tanda-tandanya: Pertama-tama pamer fitur-fitur melimpah dan kekinian. Kemudian, dinyatakan bisa didapatkan dengan harga yang "ugal-ugalan" murahnya. Godaan iman. Ini dia, Moto G5S Plus. Idaman bangeeet untuk dimiliki, dicintai, dikasih sayangi sepenuh hati .... *welhadalah .... (⌣́_⌣̀)


Bapernya terasa , melihat gadget fitur oke tapi harga nggak wajar (murah) 

#curcolah dikit:sebenarnya sudah 2 kali suga punya smartphone harga 3jutaan. Tapi malang: smartphone pertama hilang di dalam bus. Selang beberapa bulan dapat pengganti (dari lomba blog lagi) kemudian sekitar satu tahunan rusak cukup fatal. Terjatuh dari tripod dengan posisi LCD terbentur dilantai keramik. Sungguh, saya kangen punya smartphone dikelas ini sebagai daily driver...  (-̩̩̩-͡ ̗--̩̩̩͡ )

Seperti sudah berjodoh dengan smartphone 3 jutaan, saya selalu mengincar smartphone dikelas ini jika suatu saat nanti membeli smartphone baru. Cukup. Belum memikirkan untuk membeli smartpone lebih dari itu apalagi membeli smartphone seharga 1 unit motor itu. Abang belum siap ..... 

Harga yang sesuai dengan ketebalan dompet. Tidak over budget maupun terlalu murah. Terlalu murah, yang kemudian saya yakini akan sebanding dengan fitur-fitur smartphone yang didapat. Iya tho? Sekotak yang berisi unit Moto G5S beserta printilan-printilannya yang dibanderol dengan harga 3jutaan kurang sedikit (sedikitnya 1000 ya = parkir) adalah idaman. Moto G5S Plus dengan harga Rp.2.999.000.


Kepopuleran Moto G5S Plus sampai ditelinga tidak lain juga berkat banyaknya youtuber dan reviewer mengulas Moto G5S Plus akir-akhir ini. Saya sebatas pengamat, jadi ya kalau nantinya nonton review terus kepengen, ya cukup ngebayangin aja didepan laptop. (kasihan ya?) 

Apalagi sejak kehadiran smartphone dengan fitur yang hampir sama (vendor yang berlainan) itu, keduanya sering dibanding-bandingkan. Memilki fitur andalan hampir sama, waktu rilisnya pun hampir bersamaan, juga memiliki harga yang relatif sama. Cukup polemik kan? Lalu ter-lebih bagus yang mana? \(´ー`)┌

Teruntuk mereka yang memiliki budget sekitar 3 jutaan dan berencana membeli smartphone dikelas ini, menjadi semakin bingung. Mau tidak mau, harus membandingkan deretan smartphone diharga yang sama untuk mencari satu smartphone pilihan yang terbaik. Jika harga menjadi patokan yang utama saat ingin membeli smartphone.

Harga smartphone penting gak sih? Bagi saya penting banget. Kan kalo nggak ada uang gimana mau beli smartphone. Dari patokan harga maka akan secara otomatis menyeleksi deretan kandidat hape pilihan yang ingin dibeli. Selisih harga memang hanya sedikit, mungkin hanya beberapa ratus ribu rupiah saja untuk spesifikasi yang akan didapatkan. Justru, perbedaan ini akan saya pertimbangkan matang-matang. Lumayan lah, selisih harga bisa buat membeli paket internet, bukankah begitu?



Moto G5S Plus. Hape yang akhir-akhir ini membuat saya menggebu ingin memilikinya dibandingkan dengan rival-rivalnya. Walaupun sebenarnya satu sama lain memiliki keunggulan fitur,  yang pada akhirnya relatif sebagai suatu pilihan yang sifatnya subjektif.



Saya akhirnya #Mendingmoto. Dengan harga yang relatif sama untuk saat ini (pre order di Lazada), moto G5S Plus memiliki keunggulan fitur yang cocok untuk saya. Kamu? Coba bandingkan sendiri mana yang lebih cocok dengan personality dan mau digunakan sering dalam hal apa smartphone yang ingin kalian beli.


FITUR-FITUR MOTO G5S PLUS INI SEBERAPA PENTING UNTUK KAMU?


(fitur seperti apa yang harus ada pada hape idaman kamu?)

Kelebihan itu tentu hasil banding dari smartphone yang memiliki harga relatif sama ya! Misalnya saja, saya sangat gemar mendegarkan radio. Apa jadinya jika saya terlanjur beli hape lain dengan harga yang sama tapi tidak ada fitur radio FM nya?

Tentu, saya akan menyesal akibat tidak jeli dengan spesifikasi penting yang saya harapkan. Bagaimana tidak, sebagaimana konsumen cerdas: membeli barang dengan budget seminimal mungkin, fitur yang didapat melimpah. Yes, Lets be smart consumer!

(Kalau kamu ada ditim mana sih?) To be honest, saya #Mendingmoto. Beberapa pertimbangan fitur yang suga temukan membuat suga (lebih) memilih Moto G5S Plus dibandingkan smartphone lain dikelas yang sama. Hasil kamera yang selalu diprioritaskan oleh saya.

(sengaja foto ditampilkan full page, biar pecinta bokeh makin terpesona hehe)

Dengan segala aktivitas yang saya lakukan sehari-hari, Moto G5S Plus lebih cocok digunakan sebagai daily driver alias perangkat yang saya gunakan sehari-hari. Berikut ini spesifikasi unggulan yang akan didapatkan dari Moto G5S Plus.

SLR be like. Dibekali dengan kamera belakang 13 Megapixel (apertur f/2.0 dan Dual LED Flash) mampu memberi efek-efek kekinian seperti efek bokeh misalnya. Itu loh, hasil foto yang ngeblur dibagian obyek foto yang tidak ingin ditonjolkan (background biasanya). #Motobokeh

Yups, kira-kira seperti hasil foto diatas. Foto diatas memiliki efek blur yang samar-samar (tingkat blur yang rendah). Tingkat blur (keburaman) background ini bisa diatur lagi setelah obyek selesai dicapture. Pengguna juga bisa memilih area titik fokus yang diinginkan.

(cakep kan hasilnya. nb: bukan mbak bulenya loh)

Eh, bagaimana dengan hasil kamera depan Moto G5S Plus ini? Dont worry-Be Happy, bagi pecinta selfie atau sobat yang nggak bisa berpaling dengan kamera depan saat nge-vlog, kamera depan 8MP bisa diandalkan. Hasilnya seperti diatas. Angle yang didapat juga lebi lebar. Cocok untuk foto rame-rame.

Ini berbeda dengan smartphone lain, dengan dual kamera yang biasanya menggunakan lensa tele atau zoom. Satu lensa RGB digunakan untuk menangkap warna, sedangkan lensa monokrom/BW (Black White) dapat menangkap informasi detil obyek lebih baik daripada lensa RGB.



Kwalitas kamera inilah yang diklaim Moto G5S dapat menghasilkan foto bokeh setara dengan DSLR/SLR. Hasil foto jadi lebih tajam dan minim noise dengan lensa RGB dan B/W yang bekerja bersamaan. Hasil dari foto Black and White juga kece parah. #Motobokeh


Dengan kamera seperti ini, urusan “potret memotret” membuat konten blog akan sangat terbantu. Suga bisa menciptakan foto-foto yang epic dan berkualitas tinggi meskipun tidak menggunakan kamera SLR, Mirrorless, DSLR dan sejenisnya yang kebanyakan blogger miliki (saya belum hehe). Ingat, kreativitas itu tanpa batas!  ... 

Soal jepretan lagi. Moto G5s Plus juga didukung software kamera khusus yang didukung mode "Selective Focus" untuk memilih posisi fokus dan efek blur setelah foto diambil jika dirasa efek blur too much (berlebihan). Bisa juga mengubah background jadi hitam putih atau mengganti background foto buat foto seru-seruan untuk sekedar diupload di story instagram.  ƪ(‾ε‾“)ʃ



Keren, kan? Tanpa harus buka photoshop untuk bisa bikin gambar-gambar meme yang menghibur netizen. Ya, salah satu tipsnya ambil foto ditempat yang memilki pencahayaan yang cukup makan seleksi yang didapatkan akan semakin sempurna.

Saat dipinjam cewek untuk selfie, kamera Moto G5S juga tidak bikin minder. Berkat kamera depan 8MP apertur f/2.0 lengkap juga dengan LED Flash akan menghasilkan foto selfie yang bisa diandalkan baik siang maupun malam hari (+mode beautification). Bikin video mah berkelas, bisa mengasilkan video high resolution hingga 4K Ultra HD (30 fps). 

(Hasil video HD 720p)

Plus, selfie rame-rame juga akan semakin seru berkat adanya fitur mode "Panoramic Selfie" dan "Pro Mode" di kamera depannya. Lebaaaar brooo, muat banyak orang difoto.

TurboPower, charging 15 menit bisa dipakai 6 jam. Meskipun banyak pemakai smartphone yang biasanya sudah prepare dengan kondisi baterai, misalnya dengan charging penuh sebelum berpergian atau membawa saving power seperti powerbank saat berpergian. Tapi ada saat dimana fitur TurboPower atau Fast charging dibutuhkan.


Meski menurut saya melirik kapasitas baterai 3000 mAh saja rasanya sudah cukup tinggi untuk kelas smartphone, fitur ini bisa diandalkan pada saat “kepepet”. Ketika kita lupa membawa powerbank dan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk charging smartphone karena terburu-buru.


Belum lagi jika masalah smartphone terjadi, seperti ketika smartphone dicharge cukup lama tapi presentase pengisian baterai tidak sebanding dengan lamanya menunggu. Bikin kzl. Mungkin sih, diluar rumah kita akan menemukan colokan sumber listrik, tapi apakah kita betah untuk berlama-lama ditempat itu hanya untuk menunggu baterai terisi sedangkan ada banyak hal yang harus kita kerjakan.

Bukan plastik, desain bodi full metal bro! Memang betul, jika dibandingkan lagi dengan vendor smartphone lainnya, Moto memiliki ciri khas dari segi desain. Terlihat mahal dengan bodi full metal-nya! Apalagi lekukan pada bagian cover serta sudut, lalu area kamera yang luas, ini adalah desain “Moto banget”.

Pada Moto G5S Plus, varian warna yang bisa dipilih ada Lunar Gray, Brush Gold, dan Nimbus Blue. Hayo, mau belikan suga yang mana? Eh, nggak ding. Maksudnya mana warna yang menurutmu dan kamu taksir?


Tampil dengan layar 5.5 inci, IPS Full HD 1920 x 1080 pixel dan terlindungi dengan Gorilla Glass 3 membuat layar terasa lega. Ini adalah kelengkapan performa idaman. Dengan ukuran layar seperti diatas, Moto G5S Plus bisa dikategorikan sebagai phablet. Mantaap nih, buat lihat foto-foto diinstagram maupun youtube-an, coy!

Phablet dengan dua slot Nano SIM serta sudah menjalankan OS Android 7.1 Nougat. Oh iya, nantinya OS ini juga akan mendapatkan update ke Android Oreo. Jangan khawatir!

Menghadirkan prosesor terpopuler saat ini yaitu 2.0 Ghz Octa Core Qualcomm Snapdragon 625 tidak dipungkiri akan membawa banyak kelebihan salah satunya daya tahan baterai. RAM 4GB dan memori internal 32GB sudah terpampang nyata dapat mendukung kegesitan dalam menjalankan multi task. Buka aplikasi ini-itu dengan gesit.


Sesuatu yang menarik dari Moto G5S Plus juga perlu dibayangkan. Jika dirasa tidak mencukupi, tersedia slot ekspansi via kartu SD hingga 128GB mampu memaksimalkan storage. Khususnya jika kalian gemar dengan aktivitas nge-vlog.

Menyimpan file video yang pastinya membutuhkan ruang yang teramat lega karena pasti membutukan beberapa kali take video dan storage yang mumpuni yang sebanding dengan kwalitas video. Hallo whasaaap bruuh, vlogger!

Motorola turut menyematkan beberapa fitur khas Moto yang dapat kita temui pada lini flagship Moto Z. Salah satunya adalah Moto Actions. Dengan aplikasi ini, Gadgeteers cukup gerakkan ponsel ke bawah dua kali untuk menyalakan senter, atau putar ponsel dua kali untuk langsung mengakses kamera.

Selain desain, fitur plus-plus inilah yang "menggegerkan dunia per-smartphone-nan" bahwasannya Moto G5S Plus ini sesungguhnya sangat layak jika dibanderol dengan harga hingga ampir 4 jutaan dengan spesifikasi yang dimilikinya. Fakta ini sebanding dengan stock unit Moto G5S plus di Lazada yang keterlaluan. Yang Restock-habis-Restock-habis lagi.


(lihatlah, tulisan soldout dengan text background color orange, kalau sudah ready stock kasih tau ya gaes)

Saat tulisan ini dibuat, saya coba buka Lazada dan ternyata masih belum ready stock lagi. Antusias sangat besar dengan datangnya Moto G5S Plus ini. Berbagai sumber mengatakan bahwa harga 2,999 juta ini adalah harga selama masa promosi dan kemungkinan bisa berubah (semakin mahal) ketika masa promo berakhir.

Tapi sampai saat ini, diwebsite Moto dan Lazada tempat preorder resmi masih tertulis akan segera hadir (out of stock). Mungkin seperti .... berlomba-lomba memanfaatkan kesempatan untuk mendapatakam Moto G5Sp plus kali ya?

Jika musim hujan telah tiba, Moto G5S Plus lebih aman dengan Splash Proof yang dimiliki. Sebagai kategori smartphone kelas menengah, tentu kemampuan waterproof sangat langka. Biasanya terkena cipratan air sedikit saja, yang sudah-sudah smarthone saya tiba-tiba ngehang atau macet.


Moto G5S Plus memang bukanlah smartphone waterproof yang bisa diajak cebur-ceburan ke dalam air. Melainkan hanya terbatas bersifat splashproof. Artinya jika terkena cipratan air (hujan misalnya), maka tenang saja, fitur Nano Coating-nya membuat smartphone ini kebal terhadap cipratan air. Ingat ya, hanya cipratan air! Tidak untuk selfie didalam air ya.


Moto G5s Plus memberi fleksibilitas lebih dengan menawarkan pilihan untuk menggunakan tombol navigasi virtual pada layar, atau lewat swipe gesture dari sensor fingerprint yang juga berfungsi sebagai tombol home. 

Ada yang tau tentang NFC? Sensor yang dimiliki oleh G5s Plus ada NFC, yang dapat digunakan untuk cek dan top-up saldo e-money ataupun melakukan pembayaran lainnya.Cukup install aplikasi T-Cash Wallet di G5s Plus, Gadgeteers bisa langsung bertransaksi hanya dengan menempelkan stiker T-Cash Tap di sisi belakang ponsel. Hello, wellome to cashless era ....

Dengan fitur ini selain kamu bisa menggunakan smartphone ini untuk terkoneksi dengan dompet digital. Apa saja yang bisa dilakukan dengan NFC ini? Diantaranya melakukan top up e-money atau membantu melakukan pembayaran elektronik non-tunai (cashless), sehingga sangat praktis dan mendukung program pemerintah yang mengharuskan pembayaran tol (seperti kota Jakarta), membayar Busway dan kereta.  

Mapping tentang Moto G5S Plus ini bisa membuat agan-agan semakin yakin untuk meminang Moto G5S Plus sebagai gadget idola. Berikut spesifikasi lengkapnya: 


Ya begitulah, spesifikasi idaman yang membuat saya “Love at first sight” alias cinta pada pandangan pertama dengan Moto G5S Plus. Untuk sobat yang sedang mengincar smartpone dikelas midrange (menengah) seharga 3jutaan, Moto G5S Plus menjadi salah satu smartphone yang saya rekomendasikan ditahun 2017 ini. 

Simple saja sih, jika sobat memerlukan fitur fast charging, perekaman video dan kamera depan yang lebih mumpuni plus fitur gestur khas Motorola yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, maka Moto G5s Plus wajib untuk dibeli. Kalo aku sih, Aku pengen belajar bikin video cinematic yang keren banget dengan kamera resolusi 4K (2160) Moto G5S Plus ini. Jernih bangeeet ....

(Resolusi video 4K (2080p))

For your information, dalam acara peluncuran bertajuk “Get Plus Get More”, Motorola meluncurkan tiga smartphone sekaligus. Motorola merilis Moto G5s Plus, Moto C Plus dan Moto E4 Plus. Yes, rasanya dengan spesifikasi dan harga yang dilabelkan, saya menemukan sisi “Get Plus Get More” pada Moto G5s Plus ini cocok untuk saya. 

Akhirnya, Yuk kembali nabung, penuhin celengan botol air mineralnya gaes.*semangat!!! Sekarang jadi nggak sabar buat download dan install apk buat (calon) hape baru diwebsite jalan tikus ya ( (٥ ˘з˘)~__ː̗̀/

Update : Nantikan kembali! 
Stock terbatas! 25 Oktober 2017, 11.00 wib only on Lazada!
Related Posts

Related Posts

20 komentar

  1. Gila, spek sangar gitu harganya cuma 3 juta, gokil banget ini Moto G5s Plus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berani banget ya harganya, bisa-bisa mengancam kompetitor #mendingmoto

      Hapus
  2. Reviewnya lengkap bingittt....ini Smartphone kameranya bagus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lengkap, biar manfaat sharingnya nggak setengah2. Siapa tau ada yang lagi cari referensi mbk :)

      Hapus
  3. Wihhhh hape ini emang keren ya, spek tinggi tapi harga terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaap. Ini yang gue suka. Idaman banget ditahun ini Diko.

      Hapus
  4. Kalo diliat dari speknya, harga 3 jutaan terhitung worth it alias masih wajar, apalagi merknya Motorola..

    Saya malah gak tau kalo ada lomba blog ini... Kapan

    BalasHapus
  5. Justru motorola termasuk vendor yang mengeluarkan gadget premium loh mas sebelum2nya. Tapi sayangnya, beberapa akhir ini (tahun) tidak muncul dipermukaan. Dan akhirnya, bhoom! Kejutan banget mengeluarkan deretan hp terbarunya. Salah satunya ya MOto G5S plus ini :)

    BalasHapus
  6. Lomba blog ini sangat menarik mas, saya saja sangat antusias dengan lomba blog ini karena Moto G5S Plus ini. Semoga keturutan punya hape canggih ini dari lomba blog Jalan Tikus ((amin)).

    wah ketinggalan ya? Jangan lupa ikutan lomba blog tema lainnya di web jalantikus ya. Masih ada kok tema lainnya :)

    BalasHapus
  7. Hapenya kereen mas, semoga bisa dapat smartphone kece ini, Aamiin..

    -handayat

    BalasHapus
  8. ((AMIN)) semoga disegerakan dengan cara yang baik2 punya hape yang satu ini :) Kemarin sudah ikutan lomba blog keren ini belum? Kamu juga berkesempatan menangin moto G5S plus dari Jalan Tikus loh. pantengin web jalantikus buat dapetin update lomba blog terbaru :)

    BalasHapus
  9. Waw ulasannya lengkap sekali. Sukses ya ��

    BalasHapus
  10. buat smartphone middle-range, moto G5S ini mantap jaya ya.. apa lagi dilengkapi dengan fast chargingnya, gak mati gaya nunggu baterai penuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi buru2 memang sangat dibutuhkan mas. Sambil nunggu temen biasanya mampir ke minimarket yang ada stop kontak listrik. Charging sebentar aja isi banyak ...

      Hapus
  11. yang saya suka dari motorola ini desainnya ituloh, khas banget xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang khas. Inilah nilai yang harus diapresiasi untuk cendor smartphone yang "tidak ikut-ikutan" trend dari vendor lain. Good job moto!

      Hapus
  12. Wih mantab banget nih HP.. Jadi pingin punya si motorolla.. Seumur-umur belum pernah punya nih merk.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo saya pernah dulu. Hape yang flip itu. Itupun dikasih tante saya hehe..

      Hapus