RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

ASYIK! STREAMING MUSIK BISA HEMAT KUOTA Plus BELAJAR BAHASA INGGRIS


Memang, sudah lama Jawa Timuran lagi demam Via Vallen vs Nella Kharisma. Tepatnya, sebelum nama Via Vallen dan Nella Kharisma bermunculan ditelevisi seperti saat sekarang. Saya juga ikut deman dangdut koplo. Setiap nonton aksi panggung kedua mbak anggun itu bikin betah. Saya, yang selalu nggak tahan ketika sudah mendengar suara gendang atau ketipung”. In my opinion, penampilan mereka berkelas serta pantas mewakili kalimat, “ This is Dangdut, Original genre music from Indonesia”. 


(Suaranya sebagus apa sih? Bisa putar lagunya di LangitMusik ya rek!)

Ikut merasakan demam Via vallen vs nella kharisma karena kebetulan saya juga tinggal di Jawa Timuran, tepatnya Banyuwangi. Tempat kelahiran saya ini seperti memperoleh kutukan. Siapa saja yang berasal dari sana, dipastikan bisa menyanyi (suaranya bagus). Buktinya juga banyak penyanyi yang 'famous' ditingkat jawa timuran yang berasal dari kota Banyuwangi.

Saya heran, karena kutukan itu tidak berlaku bagi saya. Meskipun lahir dan tinggal di Banyuwangi. Ya tetap saja, saya tidak pandai dalam hal menyanyi. Eh, tapi beneran. Saking besarnya antusias masyarakat dengan musik genre koplo, Industri musik berkembang pesat di Banyuwangi. Kelompok-kelompok musik dangdut, penyanyi-penyanyi daerah bermunculan dan ada dimana-mana. Saya? Hehe. Saya jadi penonton saja.


(Pernah lihat penonton yang joget berkelompok, kompakan trus gerakannya unik-unik? Sebutan mereka "teman holic")

Penyanyi-penyanyi dengan usia random mulai dari anak-anak hingga "senior" bermunculan. Setiap ada event, hajatan nikah atau acara, hiburannya tidak lain adalah orkes dangdutan. Lagu-lagunya ya lagu daerah juga (bahasa osing).

Via vallen dengan Vyanisty-nya, Nella Kharisma dengan penggemarnya yang disebut Nella lovers. 2 Pedangdut yang terkenal sebagai penyanyi daerah dari panggung ke panggung, secara perlahan naik daun. Kini muncul diberbagai stasiun televisi hingga lagu-lagu yang dibawakannya seringkali dijadikan backsound film dan ftv. Tidak berhenti sampai disitu, penyedia layanan streaming musik sekeren LangitMusik juga menyediakan lagu-lagu mereka berdua. Dari hajatan ke nasional.



Meskipun saya tidak begitu yakin apakah mereka (penikmat musik yang berasal dari luar daerah) mengerti dan paham dengan isi lagu yang mereka nyanyikan. Karena sebelumnya kebanyakan lagu-lagu yang mereka nyanyikan menggunakan bahasa daerah. Disinilah keunikan musik, bisa memberi energi positif hanya melalui dentuman instrumen musik saja selain lirik lagu yang ada didalamnya.

Cara asik versi saya untuk nikmati streaming jutaan lagu sepuasnya dan merasakan yang namanya “musiknya hidup kamu”. LangitMusik dikenal juga sebagai storage lagu-lagu yang jumlahnya jutaan dari Telkomsel bersama Melon (PT. Melon Indonesia). Meskipun begitu nggak usah khawatir bakal ngabisin kuota. Aneh bukan? 

Tentu, hemat dan sesuai ketentuan yang berlaku. Bebas kuota data untuk streaming & dengar lagu offline bagi Pelanggan Telkomsel & dalam jaringan Telkomsel. Cukup cari lagu yang diinginkan, lalu klik icon ●●● dilagu yang diinginkan dan pilih Listen Offline untuk streaming lagu tersebut secara offline. Jika user dalam keadaan tidak ada koneksi, user masih dapat mendengarkan lagu tersebut.



Rasanya sangat banyak perubahan yang menjadikan LangitMusik semakin baik. Hal ini gue sadari ketika saya mencoba menginstall (lagi) aplikasi LangitMusik dismartphone. Dibandingkan beberapa bulan lalu (sebelum hape saya hilang) LangitMusik kini terasa banyak sekali perubahan. 

Mulai dari desain tampilan hinggan fitur baru didalamnya seperti fitur “video’’. Tidak hanya menghibur dari lagu-lagu yang dihadirkan tapi juga video-video yang tidak kalah menghibur. So far, Good job LangitMusik!




Saya harus obyektif dan jujur ketika memberi nilai bukan? Secara keseluruhan LangitMusik memuaskan. Saya gunakan lagitmusik sebagai bahan menghibur diri dengan konten-kontenya. Tidak ada alasan lain, karena saya sangat suka mendengarkan radio yang acaranya musik-musik atau musik itu sendiri. Ada yang belum pernah menggunakan LangitMusik untuk mendengarkan lagu-lagu update layaknya tangga lagu radio-radio?

Tapi ‘nggak seru banget’ jika sobat pembaca belum kenal dengan LangitMusik. Oleh sebab itu, yuk berkenalan terlebih dahulu secara menyeluruh tentang aplikasi LangitMusik, layananya, kenapa harus LangitMusik dan kelebihan LangitMusik dibandingkan penyedia layanan streaming musik pada umumnya.

                              (Video preview aplikasi LangitMusik yang simple tapi elegan)

Nah, itu karena saya hanya tidak mau aja sih, setelah selesai memberikan rate layanan musik diakhir artikel kemudian muncul pertanyaan “LangitMusik itu apa ya? Cara langganannya gimana? Bisa pakai provider lain nggak?" Hehe. So, biar sama adilnya, sambil memberikan review tentang LangitMusik sekaligus saya berikan “rate” atau penilaian saya pribadi dengan layanan LangitMusik maupun aplikasi LangitMusik yang sudah saya rasakan.



LangitMusik itu adalah penyedia layanaan streaming dan download lagu secara legal. Legalitas ini tentu akan mengurangi pembajakan karya musik para musisi, baik local maupun Internasional. aplikasi LangitMusik bias didapatkan diplaystore atau apps store hape kalian. Selain menggunakan aplikasi smartphone, lagu juga bisa dinikmati melalui laptop, tablet atau PC Desktop loh!


(Aplikasi LangitMusik compatible dengan berbagai device loh!)

Caution! Penggunaan lagu tanpa izin diatur dalam Pasal 9 UUHC dan juga bentuk-bentuk pelanggaranya penggunaan musik sebagai komersial dikenakan sanksi hukum secara pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 113 UUHC. Pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah). Hingga pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)

(Beberapa waktu lalu sempat heboh bahasan tentang copyright, kan?)

Yang tidak kalah pentingnya, dengan LangitMusik, masyarakat dapat menikmati musik secara legal dan mudah. Musik yang diunduh dari aplikasi LangitMusik tidak dapat dimainkan menggunakan aplikasi pemutar musik selain aplikasi LangitMusik itu sendiri. 

Hal ini karena seluruh musik pada aplikasi ini dilengkapi oleh sistem DRM (Digital Rights Management) sehingga semua label dan musisi dipastikan aman dari pembajakan. Setuju dengan pernyataan di insta post kapan hari, hargai musisi ya. Sungguh, Karena menyusun lagu begitu juga dengan instrumennya itu sangat sulit (dulu pernah ada tugas aktu SMA bikin lagu tapi hasilnya nggak seberapa, sulit).

Downloadnnya aplikasi gratis. Tapi untuk bias menikmati layanannya sebagai pengguna premium (bisa memutar lagu offline) berlaku tarif berlaku. Dengan metode pembayaran yang dapat dilakukan melalui potongan pulsa. Pilihan lain download aplikasi LangitMusik bisa dilakukan di website jalanTikus. 

(Klik gambar untuk download aplikasi LangitMusik ya!)

Jalan tikus juga merupakan situs download aplikasi dan sumber berita informative, applikasi smartphone salah satunya. Jadi jika sobat mengalamai kendala dalam mengunduh aplikasi apapun itu (smartphone atau komputer) sobat bisa mengunjungi website jalantikus solusinya. Ukuran unduhan aplikasi LangitMusik




1.Pilih menu LOG IN pada aplikasi, kemudian klik tombol = (sudut kiri atas) dan pilih Account. Di dalam Account terdapat menu Subscription 
2.Di dalam menu Subscription ada pilihan paket untuk PREMIUM untuk 30Hr & 7Hr. Kemudian ada tombol UPGRADE untuk melanjutkan


(Tidak ada yang perlu dijelaskan berkaitan dengan proses daftar atau upgrade layanan LangitMusik, karena mudah tinggal next-next-next mengikuti petunjuk yang ada)

3.Halaman confirmation akan muncul yang memberitahukan mengenai berlangganan. Pilih √ untuk berlangganan dan X untuk membatalkan berlangganan. Dan secara otomatis akan mengirimkan SMS ke 96161. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS : “Anda akan berlangganan LangitMusik dengan tarif Rp.22000/30hari. Balas “YA” utk melanjutkan.

4.Jika registrasi sukses maka pelanggan akan menerima SMS balasan “Aktivasi LM Premium dari PT. MelOn Rp.22000/30hari sukses, aktif sd dd-mm-yyyyy. Login: <MSISDN_user> & Psw:<passwrd>. Berhenti: UNREG PMUSIC ke 96161. CS:02172800044

Eits, tapi jangan salah pilih aplikasi yang diunduh ya sob! Karena biasanya apps creator yang tidak bertanggung jawab “sembarangan mengupload” alias tidak bertanggugjawab dengan keaslian aplikasi buatannya (yang bukan asli) menyerupai aplikasi asli. Nama, thumbnail, bentuk dan deskripsi aplikasi yang kadang sekilas mirip dengan aplikasi sesungguhnya. Untuk itu, lihat terlebih dahulu rate dari para penggunanya.


(Sekilas logo LangitMusik terlihat gambar headphone saja, ternyata kabel headphone membentuk huruf LM artian Langit Musik. Oalaaah ...)

Pastikan logo LangitMusik tepat dan terbaru. Logo berbentuk bulat dengan gambar headphone dan jika diperhatikan dengan seksama kabel headphone membentuk huruf L-M. Ya, (L) Langit, (M) Musik. Logo yang kreatif!

Saya baru menyadarinya belum lama juga sih. Hehe.Sedangkan untuk background logo dan aplikasi warna ungu tua dan biru tua adalah warna yg mendominasi. Pastikan terlebih dahulu versi OS android kamu (bagi pemakai android). LangitMusik baru hanya untuk pengguna Android minimal versi 4.4.0.

Meskipun terkenal dengan layanan streaming lagu tanpa batas, apakah kalian sudah tahu jika lagu-lagu LangitMusik bisa didengarkan secara offline? Jadi, ini sekaligus mematahkan anggapan horror kebanyakan orang jika layanan musik streaming pasti akan memakan banyak kuota. ”Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota”. 

Caranya: Pertama, upgrade akun dan layanan langitmusk kamu menjadi premium. Dengan begitu, fitur download file musik (lagu) yang kemudian bisa diputar dan dengarkan secara offline ini bisa dilakukan.


(Kalau saya mending berlangganan bulanan aja sekalian dengan selisih seperti itu. Tapi, disesuaikan dengan keinginan aja sih)

Ukuran file musik yang didownload juga tidak sebesar file musik yang pada umumnya (berekstensi .mp3). Filenya lebih rendah meskipun kwalitas audionya ‘‘nomero uno’’ nomor satu. Jadi ya, hemat storage smartphone. Hemat juga biaya langganan jika menggunakannya semakin lama. Pembayaran praktis dan mudah karena menggunakan potongan pulsa Telkomsel.


Berjumlah lebih dari 6 juta lagu yang tersedia di LangitMusik bisa kita nikmati. Mulai dari lagu pop, dangdut, rock, R&B, local dan internasional. Ini hanya diantaranya yang sudah saya sebutkan, lainnya masih banyak. Jadi nggak susah-susah untuk menemukan lagu yang ‘’loe banget’ ketika membuat playlist lagu yang akan sering kalian dengar.

Sekaligus LangitMusik adalah media yang berfungsi sebagai wadah mutualisme untuk menghubungkan musisi dengan para penikmat musik. Satu sama lain sama-sam diuntungkan. Pelanggaran hak cipta yang lagi marak belakangan ini diiindustri musik dapat terhindarkan. Dan jika kita berlangganan layanan LangitMusik, kita adalah bagian dari pelopor menghargai hak cipta karya musik para musisi hebat.



Ini adalah jalan yang benar untk memutuskan menginstall aplikasi LangitMusik begitu juga berlangganan rutin. Alasanya: bagi kalian yang ingin memperkaya “kefasihan bahasa inggris”, lagu-lagu barat juga siap kalian nikmati. Lebih mudah kan? Belajar melafal kata-kata dan kalimat bahasa inggris melalui sebuah lagu. Mskipun tanpa guru les, autodidakpun sangat banyak membantu jika semakin hari familiar dengan kata-kata dari lagu yang sudah didengarkan.




Kalau soal ini tidak bisa dibohongi. Bayangkan saja, audio sebagus dan semantap yang sering kita dengarkan pada film-film bioskop bisa kita rasakan juga saat mendengarkan musik, di rumah, dimana saja. Dolby Digital itu sendiri merupakan teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Jadi jelas, sensasi kwalitas audio original dan bukan itu sangat mudah dibedakan telinga.


Asal usulnya teknologi ini dikembangkan oleh Dolby Laboratories. File hasil download lagu diLangitMusik juga tergolong rendah. Lagu yang Pelanggan download di LangitMusik punya format sebagai berikut: Format file DRM (.dcf) dengan ukuran file lagu rata-rata 1-3MB dengan bitrate : 128 kbps.

Apabila pelanggan mengganti handphone, maka pastikan file sudah tersimpan pada device atau memory card agar sistem dapat dengan mudah mengenali jenis handphone. Memperkecil kemungkinan kesalahan file yang dikirimkan. Kemudian, User dan Password yang digunakan pada saat download lagu dan memutar/Play lagu harus sesuai.



Desain aplikasi yang mata saya mengatakannya sebagai desain yang adem, latar belakang yang berwarna gelap bahkan terasa menjadikan tulisan dan obyek lainnya terasa jelas. Background yang adem alias tidak gonjreng tapi menu dan tulisan-tulisan malah terlihat jelas.


(Menu-menu yang ada tidak terlalu banyak, tapi sudah cukup dalam mempermudah penggunaan aplikasi LangitMusik)

Menu-menu dan pintasan yang ada didalamya juga saya rasa menarik. Contohnya ketika saya memutar lagu maka yang ditampilkan adalah animasi berbentuk piringan yang berputar. Itu loh, benda berbentuk bulat yang sering dimainkan DJ (Disk Jokey). Jadi ya, bukan lagi bapa-bapak misterius seperti ketika memutar lagu gratisan. Seninya lebih ada. Antara lain ada menu explore, tag station, trending, my music, notification.

EXPLORE : Didalamnya terdapat dua sub menu pilihan lagi. Ada sub menu FOR YOU dan BROWSE. Jika lagu-lagu rekomendasi dari LangitMusik (berdasarkan kepopulerannya) ditampilkan pada menu FOR YOU beda dengan sub menu browse. Ada beberapa pilihan kategori yang bisa dipilih untuk menjelajahi lagu-lagu setiap kategori. New release, top hits, trending artist, moods atau berdasarkan genre.

(Mood yang berubah-ubah tentu harus disesuaikanj dengan genre lagu yang dipilih untuk didengar)

NOTIFICATIONS : Menampilkan notifikasi (pemberitahuan aplikasi) eperti updates, share with me dan promo-promo menarik yang bisa dinikmati pada periode tertentu.
MY MUSIC : Berisi kumpulan lagu yang sudah pernah saya dengarkan juga jumlah lagu dan album

TRENDING : Melacak sesuatu yang unik. Lagu-lagu yang menjadi trend dan kekinian dikota-kota tertentu. Misalnya saya lagi di Banyuwangi, maka saya mencari lagu-lagu yang lagi trend (banyak diputar) di Banyuwangi. Bhoom! Muncullah judul lagu yang lagi hits dan menemani perjalan wisata di tempat-teampat wisata keren di Banyuwangi.

TAGSTATION : Boleh menyebutnya hastag. Yak, karena fungsinya sama aja dengan hastag diberbagai media social juga sih. Hehe. menu yang berisi Playlist rekomendasi dengan berbagai pilihan warna musik. Fitur ini sebagai kata kunci pelacakan lagu sesuai dengan hastag yang kita inginkan. Kemudian LangitMusik akan secara random menampilkan lagu-lagu yang related dengan hastag pencarian.

Tidak kalah pentingnya untuk diotak-atik. Ada Equalizer dan manage storage. Equalizer : Pelanggan dapat mengatur settingan suara atau EQ dalam streaming musik di aplikasi. Sedangkan Manage Storage : Pengaturan dari kapasitas data yang digunakan di aplikasi LangitMusik.

Saran: overall semakin kesini saya suka dengan perubahan-perubahan yang pada LangitMusik. Rasanya cocok dengan “maunya saya”. Oleh karena itu star alias bintang alias nilai rentang 1-5, saya beri nilai 4 untuk LangitMusik. Menurut saya ada beberapa hal yang mungkin bisa ditambahkan pada aplikasi dan layanan LangitMusik. Spesial, ini versi saya setelah merasakan LangitMusik sejauh ini.

1.Ditambah translate lagu dari lagu bahasa daerah dengan translate bahasa Indonesia. Biasanya tak jarang lagu popular dan sedang kekinian biasanya merupakan lagu daerah tertentu. Padahal yang deman dengan lagunya juga tidak hanya masyarakat yang ada di daerah tersebut, bahkan seluruh Indonesia. Jika terdapat translate dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya alunan musik yang bisa dinikmati tapi juga paham dengan isi lagu yang ada didalamnya. Keren kan?

2.Sayang, tidak seperti penggunan layanan LangitMusik premium layanan LangitMusik basic ada iklannya ya. Tapi tidak masalah juga sih jika ini menjadi kebijakan yang terbaik LangitMusik. Asalkan unsur kenyamanan saat mendengar musik tetap bisa dirasakan. Ya, tampilan iklan cukup dibuat sederhana dengan ukuran yang tidak menganggu tampilan LangitMusik saat digunakan untuk memutar lagu.

3.Genre yang bias dinikmati ditambah kategori ost film dong. Hal ini memudahkan para pecinta film juga untuk mencari ost film-film yang bikin mereka hanyut dalam alur ceritanya. Ini saya banget. Saat suka dengan cerita film, tiba-tiba ingin mencari ost dari film tersebut.

4.Fitur auto fill dipencarian asyik tuh. Misalnya saat saya mencari lagu Via vallen, saat mengetik via kemudian secara otomatis akan nada pilihan/rekomendasi Via vallen gitu. Lebih memaksimalkan fitur pencarian aja sih.

5.Ubah-ubah tema dipemutar musik. Kalau saya sih nggak masalah. Cuma smelihat antusiasme para ladies yang seringkali suka mengganti background atau latar aplikasi dengan foto mereka mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk mereka.

6.Pengaturan font dan display yang tidak terkait dengan pengaturan android (terpisah). Jenis, ukuran, warna dan ukuran font dapat dicustomize dengan kenyaman masing-masing. Terpenting, pengaturan ini tidak terpengaruh dengan pengaturan dismartphone.

7.Fitur request lagu. Mekipun jumlah lagunya yang banyak banget (6jutaan lebih) dengan adanya fitur request lagu akan melengkapi koleksi lagu-lagu dilibrary LangitMusik. Ya, meskipun sangat banyak jumlahnya. Ada kalanya pengguna mencari judul lagu tertentu tetapi tidak menemukannya. Semakin banyak lagu yang didengarkan atau dishare, pelangganan mendapatkan reward. bisa dalam amulasi bulanan atau periode tertentu.

8.Kini, Nggak perlu repot lagi untuk mengatasi kebingungan memilih layanan streaming musik seperti apa yang akan kalian install dismartphone. Apalagi setelah membaca review ini, sobat juga bisa merekomendasi LangitMusik yang nyatanya meskipun layanan streaming musik dengan jutaan lagu tidak akan menghabiskan banyak kuota dengan fitur offlinenya (kwalitas audio tetap sama dibandingkan saat mendengarkan secara streaming).

9.Semakin lengkap jika ada fitur karaoke, jadi dengan install aplikasi LangitMusik bisa nikmati sepaket gitu.Dengerin lagu iya, karaoke juga.

Saya sih, biasanya saat terkoneksi dengan wifi publik, inilah saatnya saya beraksi untuk download lagu yang saya inginkan sebanyak-banyaknya. Lebih double hematnya ya kan? Eh, Sudah paham kan. Yaudah aku lanjutin dengerin lagu jaran goyang di LangitMusik ya!

DamDudidam... aku padamau
I love you I cant stop loving you darling
Jarang goyang menunggumu.. –Jaran Goyang

Temukan berbagai informasi menarik dari LangitMusik di :
·         Website : LangitMusik.co.id
·         Email : CS.LangitMusik@melon.co.id
·         Twitter : @LangitMusik616
·         Fanpage : LangitMusik616
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar