RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

6 Hal Ini Bisa Bikin Anak Kos Ganteng Maksimal Meskipun Budget Terbatas

Setiap orang pasti punya sosok idola. Sosok idola itu selain orangtua kita tentunya. Sosok idola bisa merupakan seorang penyanyi, pemain sinetron, aktor layar lebar, model “internesyenel” (a.k.a internasional) bahkan dari selebgram alias Selebritis instagram.
Selebgram, Selebritis instagram: memilik follower puluhan hingga ratusan ribu, endorse bejibun tiap hari, tidak pernah terlihat dilayar kaca atau layar lebar tapi kok 'famous' syekali. Ibaratnya: Cuma modal cantik dan ganteng plus jago joget-joget sambil muter-muterin smartphone aja udah potensial banget jadi selebgram. Yagitu deh, seperti fenomena belakangan ini, explore instagram sesak dengan aplikasi musik joget. Hwehehe
Mula-mula mengagumi idola. Dari sosok idola, mereka memperoleh inspirasi kemudian cenderung akan menirukan apa-apa yang menjadi bagian dari lifestyle sang idola. Mulai dari gaya rambut, mode pakaian, make up, hingga kebiasaan-kebiasaan yang menjadi ciri khas dari idola mereka.

ilustrasi : sugatangguh.com

Kemudian, muncullah berbagai merk atau brand dari para idola yang rupanya juga akan mereka beli agar tampil mirip-mirip idola yang packagingnys sempurna. Cantik, Ganteng, Menawan dan Istimewa tidak hanya pada menghadiri acara-acara tertentu saja. Tapi tampil maksimal setiap saat! 

Sebenarnya sah-sah aja sih. Paling penting harus disesuaikan dengan kemampun alias budget masing-masing ya gaes. Udah nggak jaman aja sih hanya karena mengikuti trend yang menjadi lifestyle idola kita jadi tutup mata dengan keadaan. Jangan bro! Lebih baik jadi ganteng versi kamu aja sih.

Gue punya tips dan trik nih buat yang ingin tetap tampil stylish dengan budget yang terbatas. Tips ini cocok banget untuk mahasiswa budget terbatas (mirip gue gini) yang ingin tampil stylish tanpa harus mengikuti atau banyak beli item fashion ini-itu. Mau kan ganteng maksimal tanpa beli banyak item? 

Bisa kok. Apalagi agar selalu terlihat tampan nan mempesona dimata cewek-cewek. Wagelaseeh, ini sih gue banget (siap kabur dikeroyok haha). Yaudah, berikut tips dan trik dari gue yang harus ada pada diri kamu agar tampil ganteng maksimal walaupun budget pas-pasan:


Tempat kos kamu sering krisis air? Mending pindah kos aja deh jika hal itu menjadikan kamu sering beralasan jarang mandi. Minimal mandi setidaknya 2 kali dalam satu hari untuk menjaga kebersihan tubuh.

Selain itu, ketika kita bertemu orang lain maka kita memiliki look yang fresh (tidak kucel) sehingga menambah kepercaaan diri. Orang yang berinteraksi dengan kamu juga bakal nyaman dan segar ketika melihat kamu. Nah!

ilustrasi : sugatangguh.com

Tidak hanya kebersihan tubuh, pakaian yang kita kenakan juga harus bersih sehingga mendukung kegantengan kamu ya gaes. Gunakanlah parfum baik itu pewangi badan, pakaian dan sebagainya dengan aroma dan kadar wangi yang sedang dan soft sehingga memberikan aroma yang menyegarkan.


Untuk masalah mix and match ini memang dibutuhkan latihan. Perlu membaca dari berbagai sumber referensi tentang fashion cowok. Mulai dari apa saja item pakaian yang cocok dikombinasi beserta perpaduan item tertentu yang harus dihindari.

Gue juga banyak membaca refernsi untuk memperbaiki penampilan. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan cowok dalam berpenampilan.
Bahkan kombinasi warna yang akan dipadu padankan juga sangat berpengaruh. Sehingga Mix and match akan menghasilkan perpaduan yang enak dipandang dan menambah cowok terlihat cool dan manly.

Satu lagi soal proporsi badan dengan ukuran item fashion yang dikenakan harus disesuaikan. Misalnya saja, cowok yang memiliki proporsi badan kurus harus menghindari pakaian yang ketat atua press body.


Isi lemari kamu akan menentukan penampilan kamu. Tapi, masalah itu timbul ketika kamu adalah anak kos yang sulit bahkan tidak mempunyai budget khusus untuk menunjang penampilan kamu untuk membeli item fashion.

Belanja item fashionpun bisa dibilang gue sangat jarang. Untuk update item sesekali boleh kok. Ingat, buat anak kos syaratnya harus menyisihkan uang jajan bulanan dulu ya . Jadi dengan keterbatasan ini hanya mix and match saja dengan item seadanya. Hehe

Dok.pribadi
Mahal itu pada umumnya berkwalitas sedangkan murah itu bukan berarti abal-abal. Jadi, tetaplah menjadi konsumen cerdas untuk membeli item fashion dengan harga lebih murah tapi berkwalitas. Tidak harus brand internesenel lah ya ...
Kebingungan ini akan dialami ketika kamu akan menghadiri acara tertentu kemudian bingung untuk menggunakan baju yang mana dan seperti apa. So, jika kamu ingin berhemat tapi tetap terlihat stylish berikut item fashion yang harus kamu miliki sehingga bisa dimix and match. Itulah alasannya gue hobi banget memakai kaos polos seperti kaos putih polos. 
Dengan memiliki 7 item wajib ini, kamu tidak akan lagi kebingungan untuk memikirkan pakaian yang akan kamu kenakan ketika menghadiri sebuah acara atau event. Especially, 7 item fashion ini nyatanya tidak pernah ketinggalan jaman dan bisa dipadu padankan ketika berpakaian.

Kemeja putih polos, jas hitam polos, dasi hitam polos, sepatu formal, kaos polos putih, jam tangan casual, celana jeans. Oh iya, referensi 7 item fashion wajib ini gue dapatkan dari youtube channel kak Kevin Sinarli. Berikut cara mix & match 7 item diatas:


Gue sendiri sih selain 7 item diatas, perlu 2 item yang tidak kalah pentingnya yaitu celana bahan dan sepatu sneakers bro. Untuk warna-warna yangmenurut gue cocok banget dan aman untuk cowok yaitu warna-warna kalem dan netral seperti gelap hitam), merah maroon, biru navy, hiaju army, abu-abu dan sebagainnya.

Warna-warna tersebut akan menambah cowok cool dan manly. Selain itu juga warna-warna yang mudah untuk dipadu padankan dengan item fashion lainnya. Salah satu yang jadi favorit saya yaitu fashion dari Carvil. Saat ini item fashion carvil bisa saya dapatkan dengan mudah di Blibli. Carvil men juga jual baju carvil beraneka ragam yang biss membuat kita semakin modis di malam pergantian tahun baru loh. 

Seiring waktu, soal tatanan rambutpun mulai berganti. Jika beberapa belas tahun yang masih asing dengan dengan istilah barbershop, kini barbershop ada disetiap titik di perkotaan. Tinggal pilih saja, mau model rambut seperti apa kemudian kapster (tukang cukur) siap melayani dan menjadikan tatanan rambut seperti apa yang diminta. 


Fyi, Potongan Rambut Ideal itu harus disesuaikan dengan bentuk wajah ya! Biar ganteng dan selalu fresh pake pomade dong. Hehe. Tidak perlu yang mahal asal tiap hari klimis. 

Memakai aksesoris memang tidak bisa digeneralisasikan. Ada yang suka memakai bahkan identik dengan aksesoris tertentu, ada juga yang terlihat tidak pernah terlihat menambahkan aksesorisnya disetiap penampilannya.

So, kenakan apa yang kalian suka dan yakini aksesoris itu akan menambah kamu menjadi percaya diri dan ganteng tentunya. Hehe. Jam tangan, gelang, kalung, cincin, topi, kacamata atau lainnya yang mungkin sangat ciri khas untuk penampilan kamu. Kamu tim yang mana nih gaes?

Menjadikan idola sebagai panutan sih tidak menjadi masalah. Tetapi yang paling penting dari semuanya yaitu perlunya menyesuaikan dengan kemampuan dan keadaan. Misalnya saja, ketika saat ini kamu masih menjadi anak kos dan satu-satunya pemasukan masih dari orangtua maka item fashion atau trend fashion yang sifatnya menguras kantong tidak perlu dilakukan.

Apalagi biar dibilang hits atau hanya karena istilah "gengsi". Berani mengorbankan dan menyisihkan sebagian dari uang jajan untuk membeli fashion item adalah cara cerdas. Yoi, jadilah diri sendiri dengan style khas yang kamu miliki.


ilustrasi : sugatangguh.com

Cukup berpenampilan bersih, wangi dan rapi (sesuai situasi dan kondisi) rasanya sudah cukup celebrate our life dengan hasil maksimal meskipun dalam keterbatasan. Yes, dengan 6 HAL INI BISA BIKIN ANAK KOS GANTENG MAKSIMAL MESKIPUN BUDGET TERBATAS. Nah, itulah tips dan trik ekslusif yang sudah gue terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Related Posts

Related Posts

21 komentar

  1. ilustrasi terakhir jadi ingat wak doyok :D
    Kalau di kalangan cewek mah begini, "semua bisa cantik asal ada modalnya"
    cowok juga begitu kali ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, berarti gambarnya udah lumayan lah ya. Hehe. Itulah alasan cowok harus kerja lebih keras hehe.

      Hapus
  2. Betul bangetlah, yang penting bersih, rapi dan wangi udah cukup menunjang penampilan sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap jadi diri sendiri dan sesuai kemampuan :)

      Hapus
  3. Bersih dan wangi gak hanya berlaku buat cowok tapi juga cewek.
    Sip kiatnya, semoga tambah ganteng maksimal mas. Hehe

    BalasHapus
  4. Kece badai mas suga, hehehehehe

    BalasHapus
  5. Mantab banget gue jadi berasa muda dan style banget baca artikel ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering2 mampir kesini ya om, biar awet muda hehe

      Hapus
  6. klo jidat lebar cocoknya model apa yah kak? jangan bilang curly -_- hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tidak bilang apa-apa ya wak. haha. Pake topi aman banget mah sudah :D

      Hapus
    2. Bantu jawab, kalo jidat lebar paling cocok kalau rambutnya straight berponi atau wavy berponi, yang bisa menutupi sebagian jidat.

      Konsekuensinya mesti rajin pakai pembersih wajah dan rambutnya harus selalu bersih juga biar jidatnya nggak jerawatan. Hehe

      Tapi kalau lagi bad hair day, pakai topi dan pakai headband saputangan seru juga

      Hapus
  7. Kiatnya bagus juga nih ..
    Aku sendiri selalu bersihin wajah tiap malam. Secapek apapun pasti kulaksanain.

    BalasHapus
  8. Syukurlah udah tau sebagian besarnya
    Tapi tetep nggak nambah ganteng juga hahaha

    Awesome article.
    Ilustrasi nya bagus-bagus dan niat banget kereennnn

    Kayak baca majalah huhu
    Kapan deh bisa sbeagus ini jugaa *_*

    Salam kenal jugaaa

    BalasHapus
  9. Jadi tipsnya cuma buat anak kos doang nih, wkwkwk... Itu bewok banyak amat ya, dah kayak wak doyok. Pake bajunya yang rapih biar mirip rapi ahmad, ntar dikatain orang, "rapih amat"

    BalasHapus
  10. Tampil bersih dan wangi itu kewajiban. saya juga suka dengan baju dan celana warna putih.
    Murah dan kwalitas, jadilah konsumen yang cerdas. Kadang kalau saya termakan dengan harga, eh tahunya kualitasnya rendah.

    BalasHapus
  11. kunci utamanya sadar diri,,, kalo gak ganteng-ganteng amat jangan maksain diri :D

    BalasHapus
  12. Ulala, ternyata untuk ganteng maksimal, bentuk wajah dan potongan rambut mempengaruhi ya.. Harus pinter melihat diri ini mah

    BalasHapus
  13. mantap mas! nyimak tips yg bikin anak kos ganteng haha
    kalo tips buat anak cewenya, akan dibuatkah mas? :D

    BalasHapus
  14. wah total abis nih gayanya.

    BalasHapus