RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

#BeMoreProductive with XWORK: Co-working Space tawarkan ruang kerja yang lebih 'Aduhai' dibanding Kafe

  SUGATANGGUH.COM  Cara melarikan diri dari rasa penat atas pekerjaan itu biasanya saya keluar ruangan (selain nonton video). Lalu, saya menghirup udara segar sebanyak-banyaknya-hembuskan-tarik nafas-hembuskan, begitu seterusnya. Seperti fase meditasi gitu lah ya, hingga batin dan pikiran lebih fresh dan tenang.
                      
Cara lain, ((jika ada teman yang bisa diajak jalan-jalan)) maka kita mengunjungi tempat-tempat asyik ((masih)) dalam rangka me-refresh otak. Bisa wisata kuliner ala-ala mahasiswa kost yang budgetnya segitu-gitu aja, nongkrong di kafe atau angkringan layaknya tradisi mahasiswa pada umumnya.

 TERPENTING  pesen makanan/minuman lalu nikmati wifi sepuasnya. EH!. Jahat nggak sih? Tapi kalo pengunjung rame trus kursinya nggak cukup, kita rela pulang kok, gantian (terpaksa, walaupun kerjaan belum kelar juga)
     
                     AADC ( Ada apa dengan Cafe)?

(Saat dititipin beli sesuatu sama teman dan ternyata kita sedang ditunggu-tunggu)

 KEMANAPUN  kita pergi ujung-ujungnya pasti bakal jadi ajang "ngemil/makan" pelepas stress dari tugas, pekerjaan atau hal lainnya. Berlaku untuk cowok-cewek sih. Mungkin bedanya cowok melakukannya sembunyi-sembunyi sedangkan cewek ngemilnya terang-terangan. Hehe.

Aktifitas ngemil itu memiliki kekuatan dahsyat banget. Orang-orang yang bersedih sekalipun (banyak) melakukan pelarian ke makanan untuk mengurangi rasa stress. Putus cinta misalnya. Ituuuuuu, teman saya! Bukan saya loh ....

(Telepon dari teman ngajak nugas bareng di cafe karena dia bosan di kos)

Yaudin gais (read: yaudah guys), yuk kita keluar aja sambil bawa laptop buat selesain pekerjaan di kafe! Mendapat kiriman voice note atau telepon dari teman yang isinya ngajakin "nugas" bareng di kafe saya meng-iya-kan. Dalam kondisi seperti itu sebenarnya saya "ngarep" ada yang ngajakin juga sih. 

Saya bersiap-siap dengan mengganti pakaian, mengusapkan pomade dirambut biar kelihatan mandi fresh, menyemprotkan parfum aroma green tea favorit ke tubuh, tak lupa memanaskan motor dan "sreeeeeeeettt" bergegas keluar kamar sambil menjinjing tas. Seperti biasa, mereka sudah menunggu di kafe yang kami setujui.

 REALITA  Selama ini jarang ((sih)) menemukan kafe yang nyaman dan mendukung untuk mengerjakan tugas. Kalau pas lagi apes, kita menemukan kafe yang enak banget buat nugas tapi beberapa saat kemudian pengunjung rombongan datang dan suasana jadi rame banget. Suara percakapan tak terkendali begitu juga banyak anak-anak pengunjung yang lari-larian. Oh iya, sorry! Saya lupa. Tempat yang saya kunjungi kan' kafe. Waktu itu belum kenal co-working gitu sih. 


Jadi jarang bahkan mustahil mengharapkan suasana nyaman sebagai atmosfer kerja seperti co-working. Kebanyakan sih kafe rame itu karena punya wifi kencang dan makanan enak. Jika saya bisa berkonsentrasi dan "selow" aja saat mengerjakan tugas disuasana keramaian, sebenarnya ini bukanlah masalah besar sih. Sayangnya tidak gais. 

 SAYA  itu tipe orang yang sulit konsentrasi ditempat yang "over" ramai. Padahal definisi produktif itu sendiri adalah kemampuan untuk menggunakan waktu seminimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita. Padahal faktor lingkungan itu sendiri merupakan salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja.


Sebenarnya kita bisa loh mencontoh negara-negara maju agar SDM (Sumber Daya Manusia) lebih produktif. Produktif dalam aktivitas sehari-hari. Sebagai langkah gampang dan paling sederhana dapat kita amati dari lifestyle atau gaya hidup mereka (orang-orang negara maju) dalam memanfatkan waktu 24 jam dalam sehari.

Sebagai manusia sama-sama mempunya durasi waktu 24 jam dalam sehari bukan? Apakah pengunaan waktu 24 jam orang-orang negara maju sama dengan 24 jam orang-orang dari negara berkembang? Lebih efektif-kah?

Nah, jika berbeda (negara maju lebih baik) maka sedikit demi sedikit harus menerapkan nya pada diri sendiri agar menjadi sumber daya manusia yang lebih produktif. Semoga ya gais, dari tahun ke tahun peringkat Indonesia semakin meningkat.

 DATA  berikut ini bisa menjadi bahan rujukan untuk mengetahui peringkat negara dilihat dari aspek produktivitas sekaligus menjawab pertanyaan diatas. Rangking Indonesia jika dilihat dari tingkat produktifitas rata-rata sumber daya manusia.
                
Luar biasa! Dapat dilihat peluang dia Trend co-working space negara maju akhirnya bisa dicicipi di indonesia. Konsep yang sebelumnnya sangat umum ditemukan di negara-negara maju kini menjadi trend di negara berkembang. Co-working ada dimana-mana dengan fasilitas unggulan dan segmen harga sewa yang bisa dipilih. Sudah mengenal atau menggunakan co-working gais?
Singkatnya, co-working space itu adalah ruang atau tempat kerja yang sangat untuk dijadikan ''the real''' ruang kerja, pakai sistem sewa gitu. Beberapa poin yang akan didapatkan sekaligus menjadi kelebihan dari co-working space yang (mungkin) jarang atau bahkan tidak didapatkan ditempat lain sebagai ruang untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan juga ada loh.                            
Hal-hal minus yang saya rasakan ketika saat 'nugas' di kafe tidak terjadi lagi. Pokoknya co-working space ini mendukung banget sikon alias situasi dan kondisi makin efisien. Efisien waktu.  #BeMoreProductive , kita jadi lebih produktif dan tugas pekerjaan dapat terselesaikan sesuai dengan target waktu. Untuk mendapatkan atmosfer kerja yang menstimulus ide-ide brillian, ruang kerja sangat penting.
                        
Faktor ini gaes, penting banget khususnya bagi orang-orang yang ingin bekerja dalam situasi menyenangkan atau membutuhkan konsentrasi tinggi. Plus, co-working space menjadi lahan yang subur untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi sekaligus  mendongkrak produktifitas. Bayangkan saja, kamu bekerja disekeliling orang-orang produktif. Pasti semakin semangat kan?

 LINGKUNGAN & IKLIM KERJA  sangat memperngaruhi produktifitas. Sangat kontras dengan fenomena yang ada saat ini. Kian menjamurnya co-working space yang tersebar di kota-kota besar Indonesia baik diamati dari data dan fakta dilapangan membuktikan bahwa ruang atau space yang mendukung atmosfer kerja sangat dibutuhkan oleh banyak "pekerja keras" (para keranjingan kerja).


(XWORK.CO: You can work,meeting, refreshing all in one place! It's like coffee shop minus the noise)


Semakin banyak co-working space, semakin bingung pula memilih layanan penyedia co-working space yang berkwalitas. Apalagi jika sewa co-working space akan ditempati dalam rentang waktu yang cukup lama, sewa bulanan misalnya maka sangat perlu pertimbangan dan banyak referensi.
Oke, kali ini saya akan sedikit mengulas 5W+1H tentang  XWORK . Ituloh gais, co-working yang banyak juga dipilih anak muda saat ini. Eh ralat! Tidak hanya anak muda tapi segala usia yang tergolong orang-orang produktif gitu.


Jadi,  XWORK  ini bergerak dalam bidang persewaan berbagai macam space (ruang) dengan berbagai kegunaan. Antara lain ruang meeting, kebutuhan gathering, workshop, training karyawan, ruang kerja, ruang kantor, co-working space, event space, dan virtual office yang ada di Indonesia.

Setelah mengetahui fungsi space (ruangan) masing-masing yang terdapat di  XWORK  maka perlu mengetahui juga apa saja kelebihan dan fasilitas yang ada di  XWORK . Sehingga bisa diandalkan guna membantu memilih space yang tepat atau saat akan mengadakan sebuah acara, meeting komunitas atau perusahaan. 
Ada 2 metode pembayaran yang tersedia. Instant booking melalui kartu kredit dan manual booking melalui transfer. Pembayaran melalui transfer (ATM/SMS Banking/e-Banking/Bank Teller), ATM (Semua Atm dengan logo bersama, prima dan Alto), Kartu Kredit (Visa/Mastercard), Internet Banking (BCA Klikplay, Mandiri Clickpay dan CIMB Clik) dan tak kalah mudahnya yaitu melalui Indomaret. Pastikan penerima atas nama PT. URBAN SOLUSI DIGITAL. Fyi, pembayaran  XWORK  mempunyai tenggat waktu 2 jam saja.
 LANGKAH   terakhir, lakukan pemesanan dan pembayaran sesuai dengan langkah-langkah yang diarahkan pada website. Jika pemesanan dilakukan melalui apps mobile, android atau iOS juga sama saja. Ikuti step by step.


Fleksibel dan dimana saja. Dengan keberadaan unit yang tersebar di Indonesia, akses fleksibel bisa dilakukan. Begitu juga dengan waktu, filter pencarian akan membantu mencari ruangan yang "avaliable" dan bisa disewa. Bisa sewa perjam atau bulanan. 

Bahkan melalui  XWORK  reservasi ruang rapat 5 menit sebelumnya bisa dilakukan. Begitu juga dengan perpanjangan waktu sewa ruang. Jika ruang bersangkutan masih belum ada penyewa bisa diperpanjang tetapi jika tidak (sudah disewa orang lain) bisa memilih ruang lain yang tersedia.


Oh iya, nantinya penyewa ruang hanya perlu menunjukkan email konfirmasi reservasi saat berada di TKP. Tidak perlu tambahan biaya apapun karena harga yang tertera saat melakukan reservasi adalah total biaya yang harus di bayarkan.

 MUDAH  Step-step menyewa ruangan bisa dilakukan dengan teliti melakukan pencarian dan menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Misalnya saja saat sewa ruang untuk meeting harus mempertimbangkan banyak faktor. Antara lain: kapasitas ruangan, lokasi yang strategis, ketersediaan ruang dan lain hal yang bisa dilakukan filtering di kotak pencarian website  XWORK .


Saat ini  XWORK  sudah mencangkup seluruh kota besar di Indonesia dan memiliki 1.200++ ruang yang bisa digunakan sesuai keperluan. Oh iya, melalui  XWORK  juga memfasilitasi pemilik ruang untuk menyewakan unit ruangannya dengan lokasi strategis yang dimilikinya sehingga dari waktu ke waktu listing selalu bertambah banyak.


Dari berbagai macam latarbelakang sih.  XWORK  adalah tempat yang nyaman untuk bekerja apalagi pekerjaan yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Siapapun yang bekerja dengan komputer atau laptop co-working space  XWORK  adalah markasnya, bisa dibilang begitu. Semacam inkubator bagi mahasiswa, freelancer, orang-orang keren "startup", entrepreneur dan beragam background pengguna lainnya yang "giat kerja". Apalagi menyoal startup, kini startup Indonesia mulai bermunculan dan memiliki peluang yang masih sangat besar.

Peran  XWORK  menjadi pihak ketiga atau sebagai fasilitator yang dapat mengorganisir event mulai dari meeting mingguan, meeting bulanan atau mungkin ada special occasion lain yang membutuhkan ruang meeting dari  XWORK 

Lengkap dengan makanan serta coffee break. Jadi itungannya sewa paket meeting, sewa tempat nyaman sekaligus lengkap dengan fasilitas yang bisa didapatkan. Dapat diatur sesuai kebutuhan melalui fitur filter pencarian website atau aplikasi smartpone juga tuh.

Kepercayaan layanan  XWORK  dapat dilihat juga dari testimoni klien yang berasal dari pengguna individual, perusahaan nasional dan global, startup dan lain-lain yang puas dengan layanan yang diberikan.  XWORK  memberikan harga terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi untuk pelanggannya.


 #KESIMPULAN  sistem yang ada pada co-working itu bisa disebut dengan “working alone together”. Seperti kata Spinuzzi (2012), co-working adalah tentang bekerja sama secara indepen tetapi dihadapan orang lain. Co-working dipandang seagai model yang mendorong kreatifitas individu atau tim, memberikan ruang untuk kolaborasi, stimulasi, refleksi diri dan bermain, kemudian akhirnya memungkinkan terjadinya pertemuan kebetulan dan pertukaran pemikiran.

Sebenarnya itulah alasan saya menulis artikel berjudul  #BeMoreProductive  with  XWORK : Co-working space tawarkan ruang kerja yang lebih 'Aduhai' dibanding Kafe. Tentu dong, menurut saya co-working itu sangat layak menjadi 'sejatinya' ruang kerja. Udah dulu ya ulasannya, semoga teman-teman ((saya juga tentunya)) bisa lebih produktif menghadapi pekerjaan yang datang dan pergi bagaikan mati satu tumbuh seribu. See you dipost selanjutnya gais!

NB : All graphic by www.sugatangguh.com
Related Posts

Related Posts

13 komentar

  1. Wah coba di tempat saya, atau munkin lama lama bakal ada, pengen coba soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lagi travelling ke luar kota, bisa sekalia dicoba mas :D

      Hapus
  2. Apalagi sekarang ini co-working space tuh tempatnya enak dan bikin nyaman. Suasananya mendukung banget buat nyelesain kerjaan, ya

    BalasHapus
  3. Kalau mengerjakan tugas di kafe, betul sekali konsentrasi kurang begitu focus. Kadang tidak enak sama pengunjung baru jika terlalu lama duduk, bisa-bisa pulang sebelum kerjaan selesai. Atau bahkan bisa terlalu asek ngemil, sampai luma itu kerjaan yang harus diselesaikan.
    Lain waktu jadi pengen sewa itu xwork co

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaknya molor dari estimasi waktu hehe.

      Hapus
  4. Beneran loh mas, situasi yang nyaman dan tenang, mendukung banget untuk nulis, sehingga produktivitas tetap terjaga . Kalo rame2 ngeblog bisa nyobain yang co-working space

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, biar makin semangat juga klo bareng teman :)

      Hapus
  5. O jadi tau ada x work
    ini semacam e commercenya penyedia co working gitu kan
    Pasti membantu bgt pihak2 yg pingin ada kegiatan dines di luar kantor ya, misal yg nglibatin banyak orang dikumpulin dlm satu tempat meeting tertentu

    BalasHapus
  6. Kenyamanan menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas bekerja ya bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya dan tdk kaalah pentingnya :)

      Hapus
  7. Bisa nambah relasi juga kalo bekerja di coworking space. Buat tempat nulis juga kelihatannya nyaman ya jadi bisa lebih fokus :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus