Ramadan Ekstra : Konsumen Cerdas saat Belanja Online di Tokopedia

12 comments
Ramadhan Extra, rasanya caption ini cocok banget untuk menggambarkan kesibukan yang akan terjadi dimasa mendatang. Eh bukan masa akan datang ding, tapi waktu dekat-dekat ini. 

Menjadi salah satu bagian dari tim inti di Komunitas Blogger Jember Sueger, kali ini saya dipercaya untuk menjadi panitia dalam pelaksanaan lomba blog. Lomba blog yang diadakan Komunitas Blogger kami dengan salah satu destinasi wisata di Kota Jember, Jawa Timur dan dinas pariwisata.

Akan ada rentetan kegiatan dalam event ini. Pastilah, saya butuh tenaga super extra juga untuk menghandle semuanya. Menjaga stamina agar tidak loyo dari awal hingga akhir kegiatan agar terlaksana dengan baik dan lancar sesuai harapan. 

Sekaligus event akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena event ini akan menjadi sarana "meetup" atau "reuni" diantara kami, anggota  blogger Jember seperti keseruan yang biasa terjadi jika kami kopdar. 


Spesialnya, dengan serangkaian event lomba blog ini, saya juga berpeluang bisa bertemu dengan blogger-blogger nasional dan menjadi "energi" tambahan sebagai penyemangat seperti beberapa waktu lalu. Blogger Jember Sueger berhasil mengundang Blogger Perempuan untuk datang memberi ilmunya di Kota Jember.

Tidak hanya itu, kalau bulan ramadhan pastinya bakal banyak hal yang dilakukan. Acara bukber bareng teman silih berganti, kegiatan-kegiatan menyemarakkan bulan ramadhan dan segala persiapan menyambut lebaran. Otomastis kebutuhan akan semakin membengkak, padahal jika dilihat promo lebaran dimana-mana. Duh, bakalan bingung deh. Eits, belajar jadi konsumen cerdas yuk gaes!

Jadi belanja juga harus cerdas ya gaes, terutama belaja online biar barang yang kita beli sesuai dengan harapan. Akhir-akhir ini saya sering belanja di Tokopedia karena lebih  nyaman dan puas dengan orderan-orderan  aja sih ketika belanja di Tokopedia. Dengan berbagai promo yang diberikan tentu faktor "hemat" saya dapatkan. Dan itu penting banget. 

Jadi, sekarang waktunya sharing Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia  versi saya. Hwehe. Ramadhan Extra biar Hemat Extra gitu ...

1.Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia  
Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2.Pilih produk berkualitas dari kreator lokal  

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3.Cari toko online terdekat  
Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

4.Pilih cara pembayaran yang tepat  
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5.Pilih metode pengiriman paling efisien  
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

6.Manfaatkan promo dan diskon  
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Dibalik tips-tips yang saya tulis diatas sebenarnya saya juga masih penasaran, kira-kira kejutan apa aja yang bakalan dihadirkan Tokopedia. Dan semoga, saat itu juga kondisi keuangan khusus budget belanja-belanja juga mendukung hehe. Jadi bisa beli item barang kebutuhan yang diincer deh.


Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei 2018 dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special? Kalau prediksi (sekaligus harapan) ada flashsale gila-gilaan hingga 90%. Hehe. Ah, sambil nunggu yang sukses bikin penasaran, yuk semangat nabungnya hehe.

12 comments:

  1. waaah... makasih suhu sudah diingatkan :D

    ReplyDelete
  2. manfaatkan promo dan diskon emang cara saya banget tuh jadi sebelum belanja bandingin dulu promo dari berbagai e-commerce. Gratis ongkir dan cashback adalah promo yang paling bisa bikin saya belanja terus haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Aku juga gitu banget, soalnya meskipun di Pulau Jawa tapi ujung banget hehe

      Delete
  3. wah harus nungguin nih buat dapat ramadhan ekstra nya, thx gus hehehe

    ReplyDelete
  4. Membandingkan harga biasa aku lakukan sebelum fix membeli. Terlebih kalau udah ada promo atau diskon, itu yang dimanfaatkan anak kost :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang selisih seribu dua rebu mah berarti banget buat anak kos hehe

      Delete
  5. Wow, bentar lagi Ramadhan....

    Btw skrng lebih suka belanja jauh sebelum Ramadhan nyari momen paling sepi belanja (biasanya awal tahun), lumayan bisa dapet diskonnya gede juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanja diawal juga salah satu smart buyer loh. Hehe

      Delete
  6. Baru nyadar puasa sebentar lagi ya. Mending belanja sekarang ya jadi bisa ibadah puasa dengan tenang

    ReplyDelete
  7. jadi mellow ngeliat gambarnya mas, huahaha...
    sekarang, apa sih yg gak dijual di tokopedia?

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D