Bernostalgia: Taman Botani Sukorambi Dulu dan Kini

3 comments
Bernostalgia kembali di kota Jember, Jawa Timur. Berkunjung ke wisata keluarga Taman Botani Sukorambi beberapa bulan yang lalu adalah kedua kali yang saya lakukan. Pertama mengunjungi tempat itu pada tahun 2014, kali kedua ya beberapa bulan yang lalu.


(Taman Botani Sukorambi, 2014)

Sama halnya, dua kali mengunjungi Taman Botani Jember tidak pernah sendiri ataupun berdua, melainkan ‘’keroyokan”. Selalu rame –rame bersama teman. Dulu berkunjung bersama teman-teman maba (mahasiswa baru) tapi bulan lalu (tahun 2018) saya mengunjungi Taman Botani Jember bersama teman-teman yang berbeda. Bersama Vadil, Faisol, Ilham, Gusti, Niera, Noya, Nia dan temennya mbak nia (saya lupa namanya). Hehe. 



Saking lamanya tidak berwisata di TBS (Taman Botani Sukorabi), saya sedikit pangling alias lupa-lupa ingat dengan rute jalan menuju tempat wisata. Untung saja, saya ‘’nebeng” vadil. Jadi rute perjalanan saya serahkan kepada teman saya itu hingga tak terasa tiba digerbang TBS yang bertuliskan “Welcome to Taman Botani Sukorambi. Hehe. 



Meskipn tidak terletak di tepi jalan utama tapi rute perjalan dapat dijangkau dengan mudah. Rute jalan yang dilalui sudah beraspal dan mulus. Atau jika teman-teman berasal dari kota dan masih belum familiar dengan wilayah kota Jember, teman-teman hanya perlu Google maps.



Silakan memilh transportasi umum dari tempat tinggal, kemudian turun di terminal, stasiun dsb yang ada di kota Jember. Sedangkan untuk menuju lokasi TBS, bisa menggunakan pilihan transportasi online yang banyak tersedia di kota Jember untuk mengantar ke tempat wisata tujuan TBS. Lebih mudah dan efisien bukan?

Memang sih, TBS yang dulu bukanlah TBS yang sekarang. Dari halaman suka terlihat sanga berbeda dengan TBS yang saya kunjungi beberapa tahun (silam). Lebih tertata dan seperti dilakukan pembangunan lebih baik sebagai salah satu tempat wisata favorit di kota Jember. Begitulah perbandingan kilat yang saya amati dlihat dari cover atau halaman tempat wisata TBS.



Begitu juga bagian dalam Taman botani Sukorambi. Tiap Sudut-sudut lokasi terlihat lebih rame dengan wahana-wahana. Lebih hidup gitu. Lebih ramai pengunjung juga. Pokoknya, TBS adalah taman wisata keluarga yang wajib di kunjungi di akhir pekan. Eh, tidak hanya akhir pekan tapi juga bisa dikunjungi setiap hari. 

Awalanya saya sempat bingung lokasi pintu masuk ketika pandangan terpaku dengan gerbang tinggi dan disitu terdapat tulisan Taman Botani Sukorambi. Pintu kanandan kiri sama-sama terbuka dan kemudian saya bingung untuk masuk melalui pintu yang mana. Tidak terlihat tulisan pintu masuk/parkir/pak satpam yang menjaga pintu wisata.



Hingga beberapa saat (sambil menunggu kedatangan teman saya yang lain), kebetulan ada rombongan wisata yang tiba-tiba parkir dan berbaris di pintu sebelah kiri. Yaudah, kita masuk melaui pintu sebelah kiri dan ternyata loket juga berada disitu. Oh iya, berarti pintu sebelah kiri tadi adalah pintu keluar ya... 

Buka setiap hari, kecuali hari Jum’at dengan jam operasional 08.00-17.00 WIB. Harga tiket untuk menikmati wahana yang disediakan taman botani sukorambi sebagai berikut. Rp.12000/orang saat weekday (hari-hari biasa) dan Rp.20000/orang saat weekend (akhir pekan). Untuk wahana yang ditawarkan ada wahana rekreasi dan wahana edukasi. So, cocok banget sebagai wisata keluarga untuk mengajak adik-adik menimati akhir pekannya. Eh, buka hanya adik-adik, sejenis saya yang bukan lagi adik-adik. Hehe.



Penasaran ada apa aja di dalam wisata Taman Botani Sukorambi? Lihat nih,foto-foto yang saya jepret via hengpon jadul aku. Hihi. Juga diantaranya adalah spot-spot instagramable yang ada di Taman Botani Sukorambi. Check this out ...











Tidak hanya kelinci, beberapa spesies hewan juga ada di Taman . Sukorambi. Kolam ikan koi juga ada. Cukup dengan Rp.5000 (beli makanan ikan) dapat memberi makan ikan koi. Oh iya, tidak hanya 3 macam kolam renang dengan kedalaman masing-masing, disana juga ada berbagai macam wahana. Flyng Fox, wahana permainan anak,  kolam renang muslimah, rumah pohon, taman baca, kantin ada juga kebun edukasi hidroponik. Pasti seru!

Tak kalah seru, @bloggerjember lagi mengadakan lomba blog berhadiah jutaan rumah nih. Note: lomba blog ini berlaku untuk nasional, WNI loh. Yuk buruan ikutan gais ....





3 comments:

  1. Tambah baguss sekalie ya mas Botani ^_^
    Pengen lagi dan lagi ke sana hheeee

    ReplyDelete
  2. Iya, lebih tertata dan dalemnya lebih banyak wahana mbak .. ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Mas suga jaman dulu lucu baaaangeeeet

    Alhamdulillah sekarang lebih berisi yaa

    Hmmm dompet berisi juga gak??? ��

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D