#GadgetStoryOppoFindX: Dari Jember untuk menjadi 100 orang pertama yang merasakan teknologi Ciamik Oppo Find X #TheFutureFlagship

2 comments
 #GadgetStoryOppoFindX  - Blogger Jember keluar kandang tapi versi rombongan. Kali ini untuk menghadiri event di kota besar seperti Surabaya. Sepertinya ini perjalanan keluar kota rame-rame untuk yang pertama kalinya bagi kita. Perjalanan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 5 jam dari kota Jember menuju Surabaya menggunakan transportasi kereta api.


 Ini  merupakan pengalaman keren dan sangat dinanti sejak saya menerima undangan acara via email. Jember-Surabaya demi menjadi salah satu dari 100 orang pertama yang akan memegang smartphone flagship  sebelum beredar di pasaran smartphone tanah air. Gadget series flagship Oppo Find X di Kuppel, Surabaya (Sabtu, 28 Juli 2018). Sekaligus ajang bertemu dengan blogger-blogger hits kota Surabaya. Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Suroboyo!

Akhirnya tiba juga di @kuppel.id jam 13.00 WIB, padahal acara dimulai jam 15.00 WIB

 Kita  datang ke acara lebih awal dari acara dimulai, kebetulan juga penginapan checkout jam 12 siang. Perjalanan kita menuju lokasi acara menggunakan taksi online karena kita menjadi ber-lima setelah bertemu teman-teman yang lain, Mbak Prita dan Mas Nana. Lebih murah dan mudah menuju lokasi acara.

 Setelah  berada di tengah perjalanan, mbak Prita mengajak kami untuk kulineran dulu di Gwalk. Sambil makan siang juga istirahat dari teriknya kota Surabaya yang luar biasa. Lagi pula, waktu masih cukup lama hingga acara dimulai sedangkan saat itu waktu masih menunjukkan pukul setengah satu siang.

Sebenarnya dari awal keberangkatan, pemesan taksi online dimulai dari penginapan dan berakhir di tempat tujuan acara yaitu Kuppel. Tetapi pada akhirnya kita berhenti di kawasan kuliner Gwalk lebih dahulu untuk makan siang sambil jalan-jalan. Lalu sisa perjalanan dari tempat kulineran menuju Kuppel ditempuh dengan berjalan kaki. Seriusan? 
 Yes . Sambil berpedoman google maps untuk mencari lokasi yang katanya tidak terlalu jauh jika ditempuh dengan naik taksi online lagi (obrolan dengan driver di taksi online sebelum kita turun). Serasa backpackeran yang tidak direncanakan gitu deh, itung-itung olahraga (hemat, ding) karena kita pada memilih jalan kaki daripada memesan taksi online. Setelah berlelah-lelah, akhirnya ketemu juga lokasinya ....

           Kita tiba @Kuppel.id. Muka kusut, capek setelah jalan kaki sekitar 2 km

 Jauhnya  kaki menyusuri jalan, sesekali menguyurkan air mineral untuk menguyur kepala di teriknya Surabaya yang khas. Lega banget setelah melihat bangunan unik dengan memiliki papan nama dibagian depan bertuliskan Kuppel. 


                          Papan nama Kuppel, lokasi event yang terlihat diujung jalan

 Meskipun  jalan kaki kita masih menjadi rombongan pertama yang datang di lokasi acara. Lokasi masih sepi dan panitia masih terlihat mengatur tata letak ruangan. Hingga panitia acara menyambut kita dengan ramah dan menjelaskan bahwa ruangan masih di tata. Maaf ya mas-mbak, kita datangnya terlalu awal banget ....
                                    Struktur bangunan keren dan unik ala Kuppel

 Setelah  dihampiri oleh mas-mas panitia, selang beberapa menit kita dipersilakan untuk registrasi terlebih dahulu. Saat itu juga diberi pilihan mau menunggu di luar ruangan atau dalam ruangan. Akhirnya kita masuk ruangan untuk registrasi sebelum peserta undangan lainnya hadir sekaligus bisa memilih tempat duduk yang diatur berkelompok-kelompok dengan dipasangkannya nomor kelompok. 


                                          Registrasi  ulang undangan yang baru hadir

 Rulesnya , 1 kelompok terdiri dari 5 orang. Itu artinya kita yang datangnya rombongan berlima bisa berkumpul menjadi satu kelompok. Yuhuui, kita bisa memilih tempat yang nyaman bin teduh siang itu, bangku teduh dipojokan yang terpasang angka 20.   


                    Bisa memilih tempat duduk yang nyaman karena datang lebih dulu .....

 Alhasil , perjuangan tidak sia-sia dari Jember ke Surabaya. Acara berjalan dengan begitu meriah lebih dari apa yang saya pikirkan. Satu lagi, saya bisa bertemu langsung dengan reviewer kece youtube paling favorit yaitu bang Mouldie Satria dari Sobat hape itu loh.
 Rasanya  gimana sih keturutan pegang hape flagship seharga 13 juta? Gemetar, keringat dingin bro. Takut lecet, takut jatuh, takut rusak, ah ngeri pokoknya! Sampai pikiranku parno kalo tiba-tiba Oppo Find X yang aku pegang jatuh dan aku harus ganti rugi. Hwaaaaa.... tidaaaak!!! (kelihatan sih ini gak pernah pake hape flagship sebagai daily driver:p) 

         Mas Budiono Sukses mencoba Oppo Find X, sukses bikin melongo mas? hehe 

 Jadi ya.. , Cuma berani lihat teman-teman yang mengulik Oppo Find X tapi saya sendiri tidak berani pegang Oppo Find X yang diperlihatkan bang Mouldie sebelum acara di mulai. Kebetulan kemarin itu, kita adalah rombongan blogger dari Jember dan masih beberapa undangan yang datang berada di meja duduk bang momol (panggilan sayang haha) alias bang Mouldie. 

 Teman -teman ngobrol-ngobrol sama bang Mouldie yang saat itu membawa 1 unit smartphone Oppo Find X. Terus kita dipinjami untuk di "pegang-pegang" dan foto-foto Oppo Find X. Gitu deh, kelihatan banget  kalo sedang dihadapkan dengan hape mahal ya gais. Weeii, sudah kepoin di google tentang spesifikasi dewa Oppo Find X belum nih?

                Foto-foto gadget sebelum bang Mouldie naik ke panggung nih ceritanya ...

 Acara  yang bertajuk #GadgetStoryOppoFindX itu juga diselingi dengan games-games seru berhadiah. Undian, kontes foto dan tanya jawab+challenge seputar fitur Oppo Find X. Jadi selain masing-masing dari kita bisa mengetahui dan mencoba fitur-fitur dari Oppo Find X. secara langsung, kita juga berkesempatan mendapatkan hadiah dari games dan kuis yang diadakan seputar pengetahuan kita tentang fitur Oppo Find X.


                             Sesi perkenalan narasumber #GadgetStoryOppoFindX 

 Seperti  yang disampikan, Pihak Oppo tak menyangka event yang digelar di Surabaya bakal mendapat antusiasme yang tinggi dari Ofans. Tidak hanya orang-orang lokal dari Surabaya tapi juga luar Surabaya. Misalnya rombongan kita dari jember nih. Hehe.
 Alasan  kenapa memilih mengikuti roadshow di kota Surabaya karena lokasinya yang terdekat dengan kota Jember dibandingkan dengan 2 roadshow serupa yang sebelumnya di gelar di Jakarta & Bandung.

 Tak  kusangka, ada undangan yang hadir dan domisilinya lebih jauh daripada kota Jember. Ada yang datang dari kota makassar, seperti mbk cantik yang memiliki nama populer "gadis merah". Jadi selain blogger, undangan juga berasal dari berbagai background maupun komunitas. Semuanya meramaikan acara dan memenuhi ruangan. Luar biasa antusiasnya ...


Ruangan penuh dengan undangan yang nggak sabar cobain Oppo Find X

 Selain  bang Mouldie Satria (Sobat hape), roadshow #GadgetStoryOppoFindX Surabaya x Kompas juga dihadiri oleh beberapa orang yang mengisi panggung, seperti: Aryo Meidianto (PR Manager Oppo Indonesia), Oik Yusuf (Redaksi Kompas.com) dan Mbak cantik Hana Qosim sebagai host. Nah, Jadi semangat deh cowok-cowoknya ... Hehe.

                       Bang Mouldie memegang Oppo Find X sambil memberikan review

 Acara  dibuka dengan suara lantang ala-ala MC kece mbak Hana Qosim yang sukses membuat kaget kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing narasumber kemudian membahas seputar Oppo Find X. Setelah para narasumber mengulas fitur Oppo Find X dan latar belakang hape flagship ini. 

 Nah , setelah pemaparan narasumber, setiap meja yang jumlahnya 20  kelompok/meja (undangan terbagi menjadi 20 kelompok, masing-masing kelompok berisi kurang lebih 5 orang) di datangi 1 promotor dari Oppo untuk mendampingi kita mencoba fitur-fitru Oppo Find X. Terangnya kita mencoba langsung Oppo Find X.


                          Uji coba gadget Oppo Find X kelompok 20 ditemani mas Michakel

 Yes , pada sesi ini kita juga berkesempatan mencoba kamera Oppo Find X yang jernihnya cetar banget untuk menjepret foto kelompok kita. Pada sesi ini foto di lombakan juga lewat instagram loh! Tidak melewatkan kesematan, coba selfie pake hape flagship ah .... 


     Coba selfie ah, wagelasih ... jadi ganteng banget pake kamera super jernih gini

 Masing -masing dari kita giliran pegang hape Oppo Find X yang alus banget. Sampai lupa kita shoot foto buat photo competition saat acara. Buru-buru jepret deh, sebelum hapenya dikembalikan ke mas-mas promotor. Inilah hasil wefie kelompok kita (kelompok 20). Cakep-cakep dah ....


   Jauh-jauh dari Jember, kita harus selfie juga pake kamera Oppo Find X dong gais ... 

 Acara  berikutnya dilanjutkan dengan test fitur Oppo Find X secara outdoor di halaman Kuppel. Masing-masing dari kita diberikan kertas yang bernomor 1-4 untuk melakukan challenge dan trial dengan menggunakan fitur-fitur istimewa Oppo Find X. Slow motion, panorama, Omoji (animasi emoji), sticker dan fitur-fitur yang ada di kamera Oppo Find X.


                                                Fitur Omoji lucu Oppo Find X 

 Jika  1-3 challenge dilakukan di outdoor (halaman kuppel), untuk test terakhir kita digiring menuju dalam ruangan belakang di kuppel. Disini sekaligus kita mencoba menjajal hasil kamera dalam kondisi yang minim cahaya sekaligus menunggu antrean untuk menguji filter Bi-color kamera karena disana memang disediakan background khusus berwarna putih.


                            Coba hasil foto low light menggunakan kamera Oppo Find X 

 Sedangkan  fitur keempat yang dicoba yaitu fitur kamera Oppo yang dengan filter Bi-color Light yang menghasilkan foto selfie kerena tanpa harus pergi ke studio. Nah, percobaan no. 4 ini dilakukan didalam ruangan dengan menggunakan backround warna putih. Katanya mas-mas promotor yang mendampingi kita tuh, filter ini akan secara otomatis menyeleksi color bagian wajah. Nah sample hasil filter  Bi-color Light saya ambilkan dari model mbak @gadismerah_ dari makassar nih yaa...


                                   Filter Bi-Color Oppo Find X, foto seperti di studio 

 Keluar  dari ruangan seusai menyelesaikan challenge menggunakan filter Bi-color, kita diarahkan untuk melakukan foto produk dari Oppo Find X. Lumayan nih, foto-foto ini nantinya bisa saya pamerkan pada teman-teman tentang penampakan Oppo Find X yang sudah saya lihat malam itu. Yah, namanya 100 orang pertama yang mencoba Oppo Find X, sombong dikit lah... hwehehehe.


    Saling dokumentasi saat pegang Oppo Find X, karena jadi saksi No Pict=HOAX :D

 Setelah  itu kita dipersilakan untuk dinner. Sambil peserta menikmati hidangan di meja masing-masing dilanjutkan dengan obrolan dan pemaparan sesi 2 mengenai fitur-fitur dan pengujian terhadap Oppo Find X oleh bang Mouldie. Salah satunya soal 3D Face Recognition. Instantly and securely unlock. Bang Mouldie menunjukkan slide di monitor mengenai hasil pengujian fitur security, face unlock.

 Dan  acara terkakhir bagi-bagi hadiah. Pengumuman dari berbagai kompetisi dan challenge saat acara. Lomba foto, challenge+tanya jawab seputar Oppo Find X dan pemberian hadiah untuk 5 penanya dengan pertanyaan yang bagus. Sayangnya dari semua challenge, Blogger Jember tidak beruntung. Hehehe. Meskipun begitu, kita tetap pulang membawa souvenir dari Oppo dong. Terima kasih Oppo ....
             
                                Souvenir yang diberikan Oppo saat acara berakhir ...

 Rangkaian  acara berakhir sekitar pukul 20.00 WIB, tapi kita bertiga (Saya, mas ilham, Faisol) masih beristirahat di halaman kupple.id karena kelelahan sehabis teriak-teriak mengikuti games super seru di dalam ruangan. Sedangkan 3 teman kita lainnya tidak pulang bareng karena masih ingin menemui teman-temannya di Surabaya.

 Sambil  istirahat juga sambil berpamitan dengan teman-teman yang datang pada acara tersebut. Sekitar pukul 21.00 WIB (kalau nggak salah), kita menuju Stasiun Wonokromo menggunakan taksi online. Sebentar-sebentar, jika teman-teman penasaran dengan acara kemarin, tonton video dibawah ini ya ...
 Tidak  seperti malam sebelumnya, kita memutuskan untuk tidak mencari penginapan dengan alasan ber-he-mat. Maklum, budget kita (masih) ala anak-anak sekolah dan kos. Hehe. Jadi malam itu berencana untuk langsung menuju Stasiun Wonokromo dan bemalam di stasiun sambil menunggu keberangkatan pagi. Tapi niat tersebut gagal karena kita kehabisan tiket kereta untuk keberangkatan besok paginya.

Akhirnya kita memutuskan untuk bermalam di masjid (lupa namanya) terdekat dengan stasiun dan berencana menuju Stasiun Wonokromo pukul 03.00 WIB untuk membeli tiket on the spot kereta.
 Nasib  berkata lain, tiketpun tidak tersisa untuk kita meskipun diawali pagi-pagi buta menunggu loket dibuka di depan gerbang. Beberapa saat kemudian kita mencari tempat istirahat disekitar stasiun wonokromo, sambil mencari sarapan dan colokan charger karena hape dari kita bertiga lowbatt.


                          Istirahat di masjid perkampungan dekat stasiun Wonokromo

 Saat  tengah hari sekitar pukul 12 siang, kita kembali menuju ke stasius. Hari itu sudah booking tiket online untuk keberangkatan pulang sore hari. Kita harus menunggu hingga sore hari dengan keberangkatan kereta pukul 15.30an di Stasiun Wonokromo. Dengan harga tiket 3x lipat dibandingkan keberangkatan di pagi hari yang kita rencanakan. So, pagi hingga sore kita hanya menunggu dan beraktifitas disekitar Stasiun Wonokromo. Istirahat di beberapa masjid terdekat.


     12.30 WIB : Sedang menunggu jam keberangkatan pukul 15.30 WIB

 Sedangkan  tiga teman kita pagi itu sudah siap kembali ke Jember menggunakan kereta pagi karena mereka sudah membeli tiket kereta PP (Pulang-Pergi). Sebenarnya mereka juga menyarankan kita untuk menuju Terminal Bungurasih, tetapi dengan banyak pertimbangan akhirnya kita bertiga memutuskan untuk tetap menggunakan kereta api, salah satunya lebih nyaman dan malas untu wira-wiri.

Detail spesifikasi Oppo Find X seharga 12.999.000 seperti apa sih? Ini nih rangkuman spesifikasi ke-flagshipan-an Oppo Find X:
Diantaranya (tabel diatas) menjadi spesifikasi unggulan Oppo Find X loh. Nah ini nih, fakta tentang spesifikasi Oppo Find X yang harus diketahui.

Diklaim menjadi smartphone pertama di dunia, Oppo Find X memiliki konsep panoramic designed phone. Membawa keindahan alam melalui produk teknologi yang unggul dan berbeda dari yang lainnya. Oppo Find X mengkombinasikan dengan mulus dua potongan gelas pada layar depan dengan tampilan panoramik yang mengagumkan.



 Hadirnya  series Oppo Find X ini sekaligus membuktikan keberanian oppo keluar dari zona notch. Desain layar berponi yang akhir-akhir ini sedang trend sebagai desain smartphone bezel-less. Kombinasi bebas notch ini membuat Oppo Find X terlihat nyaris sepenuhnya layar. Persentase layar mencapai 93,8% dibandingkan body. Video yang lucu ini sempat diputerin sebelum para undangan pulang loh ...
 Dengan  konsep layar dual-edge-curved (melengkung pada kedua sisinya), menurut saya sangat nyaman untuk di pegang. Apalagi kalau yang dipegang milik sendiri hehe *kode



 Yups!  mumpung ingat juga karena kemarin ada yang tanya-tanya soal fingerprint ya, meskipun tidak memilki keamanan fingerprint scannerOppo Find X memilki teknologi pemindai wajah tiga dimensi sebagai gantinya. 



 Teknologi  ini sudah didemonstrasikan saat acara roadshow kemarin di Surabaya. Mulai dari tes menggunakan penutup wajah maupun beberapa bagain dari wajah yang ditutup untuk menguji seberapa baik kinerja teknologi ini. Terbukti, teknologi Instantly and securely unlock berjalan sangat cepat membuka layar smartphone. Kelompok kamipun juga sudah menjajal dari sisi ini.


Inovasi Oppo Find X adalah penggunaan metode kamera geser untuk menaik turunkan penampang kamers depan dan belakang. Ini membuat tampilan luar terlihat polos seperti absen dalam hal kamera dari luar. Secara otomatis modul kamera akan naik jika aplikasi kamera di buka dan turun jika aplikasi kamera ditutup dan hanya membutuhkan waktu 0,5 detik. Kilat men!


      Hanya butuh 0,5 detik untuk modul kamera naik setelah aplikasi kamera dibuka

 Bagaimana  jika ponsel terjatuh dalam keadaan aplikasi kamera digunakan? Oppo Find X sendiri dibekali dengan fitur autoretract. Jadi dengan adanya fitur ini ponsel akan mengenali situasi ketika akan terjatuh dan otomatis kameranya akan masuk ke dalam.

 Pelindung  corning gorila glass 5 (sisi depan dan belakang) diklaim menambah keamanan kamera dari goresan. Mungkin banyak netizen yang meragukan ketahanan sistem naik turunya kamera Oppo Find X, kamera bisa naik turun hingga ratusan ribu kali. Lebih tepatnya sudah teruji sekitar 300.000 kali. Pak Aryo juga menambahkan ketahanan kamera minimal lima tahun. 

Jika dilihat dari kapasitas baterai, Oppo Find X memiliki kapasitas baterai yang tergolong tidak besar. Beberapa orang mungkin akan mengatakan “hanya” 3.730 mAH jika dibandingkan dengan kapasitas rata-rata smartphone flagship yang berada diangka 4000 mAh-5000 mAh. Walau demikian, oppo memiliki alasan tersendiri ..
“Analoginya oppo beda dengan vendor lain”. Bukan memperbesar kapasitas baterai tapi charging dengan waktu seefisien mungkin. – Aryo (PR Manager Oppo Indonesia)
 Menurut  pak aryo, (PR Manager Oppo Indonesia), oppo ingin mengubah paradigma yang berkembang soal flagship yang berbaterai besar. Bahwa, flagship itu bukan tentang baterai yang besar tapi baterai yang cukup bertahan ketika digunakan seharian (12 jam).

 Dibekali  VOOC fast charging, oppo mengklaim bisa mengisi daya dari nol % hingga 75 persen hanya dalam 30 menit. Berdasarkan pengalaman bang mouldie sendiri, Ini worst case ya, ngecas saat kondisi nyala sambil dipakai, dari 2% dalam dua puluh menit naik 45%.


Meski berkapasitas tidak jumbo, namun daya tahan baterai Oppo Find X disebut cukup mumpuni. Ketahanan baterai gak bisa dibilang oke banget tapi masih bisa dibilang masuk kategori oke aja tapi bukan yang luar biasa. - Mouldie Satria (Sobat Hape)
 Seberapa  lama pemakaian dengan kapasitas baterai tersebut? Dalam daya maksimal ponsel bisa digunakan selama 16 jam. Namun jika hanya melakukan pengisian daya lima menit, bisa digunakan menelpon selama 2 jam.



 Nilai  plus lagi, dengan adanya modul kamera naik turun yang dibekali dengan teknologi micromotor tersemat di dalam modul 3D Stealth kamera. Hanya memakan konsumsi baterai 1% saja jika kamera digunakan 150 kali sehari (naik-turun).

Hallo gamers! Oppo Find X telah dibekali gaming mode yang bisa diatur penggunaan ke low mode agar baterai tetap irit. Libas banget untuk nge-games battle royal seperti PlayerUnknowes Battleground (PUBG), Mobile Legends atau Arena of Valor (AOV).

Karena  sudah jelas game kelas ini membutuhkan spesifikasi smartphone yang garang. Ini mah jelas, ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 845 dan 8 GB running memory, Oppo Find X menawarkan performa tinggi yang ekstrim.


 Pengguna  bebas menentukan dan mengatur mode games dalam high performance, balance dan low power. Misalkan saja jika memilih high performance, semu aplikasi background dimatikan dan kapasitas RAM dibebaskan hanya untuk memainkan games.



 Oh  iya, ada juga fitur yang mendukung kenyamanan bermain games buat kalian. Eits, tapi gunakan fitur ini dengan bijak ya, hehe. Karena jika penggunaan tidak tepat maka semua urusan bisa ‘berabe’. Menjadi fitur asyik lagi pada Oppo Find X saat digunakan ngegames bisa nge-block notifikasi agar tidak menganggu saat nemainkan games. Antara lain: Block Banner notifications, Block Calls and banner notifications dan show incoming call and notifications.
 Last , kalau seandainya suruh milih dari segi pilihan warna Bordeaux red dan Glacier Blue, kalian lebih sreg warna apa nih gais? Aku sih Glacier Blue. Eh, tapi kalo ada yang mau ngebeliin atau ngasih aku mau warna apa aja kok :p



 Begitulah  sebenarnya behind the scene perjalanan kita dan informasi yang berhasil saya ketahui langsung di acara #GadgetStoryOppoFindX x Kompas kemarin. Ini merupakan perjalanan yang seru dan saya nikmati selama 3 hari lalu di Surabaya. Kapan nih Oppo Indonesia bikin event lagi di Surabaya? See you Oppo, See you Surabaya! :D

2 comments:

  1. Alhamdulillah sudah jd 100org pertama di Surabaya yg nyobain OPPO FIND X ini ya mas..

    ReplyDelete
  2. Keren semangatnya untuk hadir ke Surabaya... OPPO Find X memang keren...

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D