Harga mobil SUV murah, yakin murah?

1 comment
Harga mobil SUV murah, yakin murah? Bagi beberapa orang akan menjadi garuk-garuk kepala apabila tiba-tiba teman atau saudara bertanya minta rekomendasi atau pertimbangan harga mobil SUV. Masalahnya, jangankan soal harga dan lain-lain, kategori atau type mobil SUV seperti apa juga belum banyak tau bahkan tidak tau. 

Hal inipun sesugguhnya pernah saya alami. Tapi dari kejadian itu membuat saya kepo lebih jauh tentang mobil SUV. Nah, setelah kejadian itu saya tidak khawatir lagi karena sudah tau lebih banyak tentang mobil SUV. 



Sekedar sharing bagi yang belum tau, mobil SUV adalah salah satu kelompok atau kategori Sport Utility Vehicle. Kebanyakan klasifikasi mobil jenis ini bisa ditandai sebagai mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan. Mobil yang berjenis ini sering disebut "Jip" sih di Indonesia 

Khusus untuk type-type mobil SUV di Indonesia sampai saat ini masih menjadi salah satu primadona. Informasi dari berbagai Sumber yang terpercaya juga menyebutkan bahwa segmen ini memang telah terjadi persaingan yang sangat ketat. Buktinya hingga saat ini, baprikan mobil kelas ini saling mengeluarkan inovasi inovasi terbaru serta fitur fitur yang sudah berteknologi cangih dan modern. 

Oke, simpelnya mobil SUV itu sejatinya merupakan perpaduan antara sedan dan jip. Dengan memiliki bodi yang besar dan ground clearance tinggi, model mobil ini memang ditujukan untuk mobilitas dalam menembus berbagai kondisi jalan, baik jalan raya dengan kontur jalan halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang atau rusak. 

Juga, mobil sport utility vehicle (SUV) saat ini mulai menerapkan konfigurasi mobil dengan penumpang yang banyak, yaitu hingga tujuh penumpang (Seperti mobil MPV). Wah apalagi mobil type MPV itu? Singkatnya, multi purpose vehicle (MPV), mobil dengan berbagai banyak tujuan, salah satunya sebagi mobil keluarga karena dapat mengangkut banyak penumpang. Selebihnya untuk mengetahui perbedaan dari kedua type mobil ini bisa teman-teman googleng ya. Hehe. 

Melihat dari aspek mesin, mobil SUV kebanyakan dilengkapi dengan mesin yang berkapasitas besar. Ya sesuai yang sudah saya sebutkan diatas, tidak lain alasanya karena dibutuhkan tenaga mobil yang harus kuat untuk bisa melewati berbagai jalanan dan medan yang sulit. Hal ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Tidak dilengkapi dengan sistem pengelolaan bahan bakar yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit. 

Tidak dipungkiri dengan ketangguhan mesin dan performa, tipe mobil SUV tetap dihati para penggemarnya. Memang mobil-mobil dengan jenis SUV sangat laris dipasaran hingga saat inii. Daya jual desain yang gagah dan sporty plus perfoma mesin yang sangat tangguh membuat mobil jenis ini banyak di buru oleh para konsumennya. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki mobilitas tinggi dan cocok untuk tipe mobil seperti ini? 

Harga mobil SUV murah, yakin murah? Sebagai pembeli cerdas, faktor ini harus diutamakan sebelum membeli mobil. Bisa menyesuaikan harga pasaran dengan tipe mobil yang didapatkan/dibeli. Dengan kwalitas dan performa yang ada pada mobil tersebut apakah harga yang akan dikeluarkan sudah pantas untuk meminang mobil SUV pilihan. 

Lagi-lagi ini tidak jauh dari persoalan budget. Tentukan budget yang disediakan untuk membeli mobil SUV. Pahami Ukuran, Kebutuhan dan Kemampuan dan segala sesuatu (penting) yang berkaitan dengan kelengkapan mobil. Sangat lebih baik jika selain membaca berbagai referensi, kamu juga bertanya kepada orang-orang terdekat (paham tentang dunia per-mobil-an) sebelum membeli mobil yang benar-benar sesuai dengan harapan dan kebutuhan. 

Pada umumnya, SUV memiliki kategori dengan berbagai ukurannya. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh dengan harga yang melabelinya. Sebagai contoh, SUV Compact sebagai varian standar dijual dengan harga dibawah 500 Juta Rupiah, sementara untuk untuk kategori mid-size dan full-size dibanderol mulai Rp 500 juta sampai 2 Miliar Rupiah. 

Oh iya, tipe-tipe mobil SUV berdasarkan ukurannya ada tipe compact SUV, mid-size SUV dan juga full-size SUV. Misalkan saja pertimbangan soal tempat parkir di tempat kerja yang terbatas, maka tipe mobil SUV yang tepat dipilih adalah tipe compact SUV. 

1 comment:

  1. Mobilnya terlihat gagah, ya. Tapi harganya ituuuu, harus nabung2 dulu deh kalo mau beli :D

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D