5 makanan khas Bali yang bikin goyang lidah, yuk ke Bali!

3 comments
Kapan hayooo terakhir kali liburan ke Bali? Jangan-jangan liburan akhir tahun ini teman tangguh berencana liburan ke bali? 

Meman sih, sebagian orang di sekitar kita (pasti ada) ada yang komentar "yaelah... bali lagi ... bali lagi....". Kalimat yang mereaka lontarkan saat mendengar jika kita akan berencana liburan ke Bali. 

Entah, apakah mereka sudah benar-benar bosan menikmati pesona Bali sehingga memberi reaksi seperti itu. Atau jangan-jangan mereka mengunjungi tempat yang hanya itu-itu saja saat liburan ke Bali?

Hingga saat ini, khususnya teman-teman saya juga, Bali itu layaknya surga yang seakan-akan tidak akan pernah habis untuk dieksplore. Alamnya, Budayanya, Kulinernya, dan banyak hal-hal lain yang identik dengan Bali. Ya, hanya ada di Bali, tidak ditemukan di tempat lain.

Keanekaragaman yang memanjakan mata di Bali itu mampu membius wisatawan yang perdana menginjakkan kaki di Pulau Bali untuk datang lagi... lagi... dan lagi. Tidak hanya sekali, duakali, tiga kali.


Jika keindahan alam Bali dengan segenap kedamaian masyarakat yang berada di dalamnya mampu mencipakan atmosfer ketenangan hati. Maka wisatawan lokal bahkan mancanegara menempatkan Pulau Bali menjadi salah satu wishlist tempat liburan yang wajib dikunjungi karena mampu menyegarkan kembali hati dan pikiran.

Saya yakin, orang-orang yang sempat mengatakan,"Bali lagi.. bali lagi.." adalah mereka-mereka yang belum begitu jauh meng-eksplore pulau Bali. 

Seperti, mengeksplore pulau bali tapi dari sisi terluar saja. Mengunjungitempat wisata yang itu-itu saja bahkan mainstreamnya tempat wisata yan biasa dikunjungi oleh wisatan lain. 

Ya, saya menyebutnya wisatawan saja, berbeda dengan jiwa seorang explorer. Mereka suka menjelaja tempat-tempat yang anti mainstream alias belum banyak dilakukan kebanyakan wisatawan. Meskipun explorer, ni bukan dora loh ya.. hehe

Bukan sebatas explore pesona alam saja melainkan explore makanan/minuman apa saja yang bisa kita temukan di Bali (khas bali). Sayapun yakin karena ayam betutu di Surabaya Bandung, Jakarta, Medan berbeda rasa dengan ayam betutu ala masakan orang Bali. Iya tho?

Nah, tidak hanya ayam betutu dan bebek betutu Bali yang famousnya nggak ketulungan, berikut 5 makanan khas Bali yang wajib dicoba saat teman tangguh melancong ke Bali.

1.Nasi Sela
Tertarik mencobanya, cobalah ke Warung Mek Luh di depan RSUD Karangasem ya! Sesuai dengan namanya sela artinya ketela. Cacahan ketela dan ubi jalar ini dicampur dan dibumbui khas masyarakat Karangasem. 

Selain kedua bahan itu, kadang juga dicampur dengan kombinasi tertentu. Biasanya dicampur dengan jukut (sayur) bejek, udang kecil, kacang tanah, bumu kalas (santan, daging, dan basa gede), sambal bongkot dan ayam betutu suwir, lalu disajikan dengan sambal matah yang sudah pasti bikin goyang lidah. Hmm..

syahidhas.com

Asal-usulnya masakan ini muncul sekitar tahun 1970-an ketika daerah Karangasem mengalami kesulitan ekonomi. Ide yang kreatif pada jamannya bahwa mencampurkan cacahan sela dan ubi jalar ini bertujuan untuk menyokong kekurangan nasi saat masa krisis. 

Bertahan hingga saat ini, nasi sela menjadi makanan khas ala masyarakat Bali bagian timur, gaes.


2.Tipat Blayag
Sebenarnya sih, Tipat Blayag adalah makanan khas Bali dari daerah Buleleng (Singaraja), Bali Utara. Tapi saat ini makanan ini bisa ditemukan dimana saja di Bali karena cukup populer. 

Misalnya saja nih, teman tangguh lagi berada di Denpasar maka bisa mampir di Warung Bu Agus di Jalan Tukad Yeh Aya, Renon untuk mencicip-cicip manja Tipat Balayang ini 

maps/kadek ray

Terlihat seperti lontong sayur? Yes, selain tipat (ketupat) ada telur, ayam suwir, lawar, dan sambal yang kemudian disiram dengan kuah bersantan yang rasanya gurih dan sedikit manis, seperti curry. Saya suka... saya suka ..

3.Srombotan
Suka sayur dan seger-seger? inilah dia srombotan/serombotan. Berbagai sayuran direbus setengah matang lalu ditambahi kelapa parut yang disangrai diatasnya. Nah, terakhir disiram dengan sambal encer pedas (bumbu kacang) yang menggugah selera. Makanan yang sekilas mirip urap jawa ini berasal dari Klungkung, Bali.

maps/endro adi

Kesegaran dirasakan juga dengan adanya bumbu kalas. Bumbu kalas adalah santan yang diberi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur lalu dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas srombotan.

4.Lawar
Kalau yang ini, makanan sedikit extrem. Memang sih didalamnya ada sayur-sayuran yang direbus tapi juga dipadukan dengan bahan lainnya. Ada kelapa yang dipanggang dan aneka daging cincang yang dibumbui. Dimana extreamnya?/Nah ini biasa kok .... 

Aneka daging bisa kalian pilih. Daging sapi, babi, itik, ayam dan penyu. Sementara sayur yang biasa digunakan antara lain buah nangka muda, pepaya muda, daun jarak, dan kacang-kacangan. Ada juga loh lawar yang dinamai sesuai dengan jenis daging atau jenis sayuran yang digunakan, semisal lawar babi dan lawar nangka.

maps/dion andrew samsoeri

Dari warnanya, ada lawar putih dan lawar merah. Lawar merah adalah lawar yang menggunakan campuran darah dari daging yang digunakan. Nah, disinlah letak extrem-nya. 

5.Tum Ayam
Saya menyebutnya dengan pepes bali karena dikehidupan sehari-hari ketika saya menemukan makanan dengan bentukan seperti ini namanya pepes. Hehe. Bahan dari makanan ini terdiri dari daging ayam yang dicincang dibumbui dengan berbagai rempah dan santan, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Mantap dimakan pakai nasi anget nih kalau saya ...

foodcomas.com

So, kalau lagi liburan ke Bali jangan lupa explore masakan bali juga yang 'endes' bikin goyang lidah. Menikmati alam bali dengan kulineran khas Bali itu perpaduan yang mantap surantap.

Sekarang mah apa-apa mudah, banyak transportasi yang bisa kita pilih untuk menuju bali. Khususnya jika naik kereta api,teman tangguh boleh mampir dulu ke rumah aku. Eh, sillaturahmi juga. Selain itu mampirlah juga untuk explore Banyuwangi yang tidak kalah indahnya dengan pesona Bali, yakin deh ini. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui gais ...

Mau lebih cepat sampe ke Bali, yaudah siapin waktu aja buat inti-intip website pegi-pegi. Itung-itung sambil nyaipin budget buat ke Bali akhir tahun juga. Terus iseng-iseng juga isi kolom cari tiket pesawat ke Bali. Hehe.


Jelas dong, akhir tahun seperti biasa pegi-pegi bertebaran promo. Mulai saat ini juga sudah terpampang nyata diskonnya dibanner website. Atau bisa juga melihat promo- promo tiket Pesawat Termurah Setiap Hari dibagian kalender. Bisa kepoin tiket termurah bulan ini, bulan depan atau beberapa bulan kedepan di tahun 2019. Spesifik banget ...

Pergi-pergi ya pegi-pegi. Hotel, pesawat, kereta api dengan harga termurah mah bisa dihandle pegi-pegi. Saya bisa mendapatkan hotel, tiket pesawat murah dalam satu tempat, mudah dalam hal pembayaran dan tidak kalah pentingnya "good service" .... 

Badeway, sudah pernah kulineran apa aja nih selama di Bali? 

3 comments:

  1. Belum pernah ke Bali, kayaknya keren banget nih

    ReplyDelete
  2. Aduhh ngomongin Bali rasanya udah gak kebendung lagi hasrat traveling pengen ke sana. Hahaha... belum tau kapan nih bisa Explore Bali...

    ReplyDelete
  3. Ke Bali terakhir th 2017 mas
    tapi nggak nyiyipi makanan khas sana
    padahal juga di daerah karangasem hlo heheee

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D