Air Terjun Jagir, Air terjun dekat pusat kota Banyuwangi

1 comment
14 Januari 2019 – Kemarin, saya mengunjungi salah satu tempat wisata alam yang ada di Kota Banyuwangi. Ini merupakan momen perama kali saya mengunjungi air terjun jagir banyuwangi meskipun saya sebenarnya juga bertempat tingal di Banyuwangi. Banyuwangi ujung barat tepatnya. Sedangkan Air terjun jagir terletak di Banyuwangi seblah timur (dekat perkotaan).



Ini merupakan bentuk kunjungan ke tempat wisata d Banuwangi setelah kepincut dengan foto-foto orang yang telah berkunjung ke sana. Di kota Banyuwangi sendiri sebenarnya memiliki beberapa air terjun yang tidak kalah indahnya satu sama lain.  

Ada air telunjuk raung, air terjun lider dan banyak lainnya.  Ya, beberapa yang saya sebutan diatas merupakan nama-nama wisata air terjun yang paling terkenal di Banyuwangi.

Kali ini saya hanya berbekal maps karena lokasi air terjun saya (rombongan) akan kunjungi ini belum kami ketahui secara pasti. 

Itulah kemudahan yang diberikan google maps, seakan kita dituntun hingga tempat tujuan. Paling-paling untuk memastikan tujuan yang tepat, kita bisa tanya kepada orang-orang di dekat lokasi tempat wisata. Itupun saya rasa jarang dilakukan karena google maps bisa menuntun hingga lokasi yang tepat.


Dusun Karang Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Air terjun Jagir merupakan air terjun yang paling mudah di Jangkau karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Sekitar 10 Km dari pusat kota Banyuwangi. Bukan jarak jauh terlebih jalan menuju air terjun Jagir sangatlah baik untuk dilalui.

Disini pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukkan dan segarnya air  terjun Jagir. Ada pula yang menyebunya air terjun kembar karena air terjun jagir memiliki tiga air terjun dalam satu lokasi. Tidak hanya itu, Air terjun three In one, air terjun bersaudara, air terjun bidadari, air terjun pawon adalah julukan lain untuk air terjun Jagir.

Hanya dengan tiket masuk Rp.5000 rupiah saja, pengunjung dapat dengan puas menikmati keindahan dan kesegaran suasana air terjun jagir. Tanjakan dan turunan dari loket pembayaran tiket masuk dan lokasi air terjunpun mudah dilalui meskipun hanya setapak. Setapak tapi berupa anak tangga sehingga mudah dilalui.


Fasilitas yang ada disana cukup lengkap, Toilet dan termasuk juga kamar ganti yang dapat kita gunakan setelah basah-basahan di air terjun. Kopi, kacang rebus, jagung bakar dan penjual makanan ringan juga tersedia disana.

Pengunjung dapat mengunjungi air terjun Jagir setiap hari mulai pukul 07.30 – 16.30 WIB. Tapi menurut saya, teman-teman mengunjungi air terjun Jagir di weekdays saja untuk menghindari tumpukan pengunjung. Hal ini saya terapkan juga loh kemarin. Liburan dikala orang lainnya selesai berlibur.

Baca disini : Bernostalgia di taman botani sukorambi

Dengan begitu, pengunjung tidak begitu banyak sehingga kita sebagai pengunjung bisa selfie atau berswafoto dengan bebas. Biar terasa air terjun milik pribadi gitu. Tapi kalau misalnya teman-teman workaholic hanya bisa liburan di hari libur kerja misalnya akhir tahun atau libur di tanggal merah tidak masalah kok. Tapi kalau punya hari libur beberapa hari ya mendingan habis liburan di Banyuwangi dilanjutin ke Bali hehe, kan dekat. 

Sebelum liburan ke Bali, baca ini deh : 5 makanan khas bali yang bikin goyang lidah



Apakah teman-teman ingin berkunjung di Air terjun Jagir, Banyuwangi? Mudah kok. Teman-teman yang berasal dari luar kota juga bisa menuju air terjun jagir dengan mudah. Dari terminal atau stasiun kota bisa menyewa ojek online atau taksi online. Atau jika teman-teman menggunakan alat transportasi pribadi, berikut rute yang dapat dilalui.

Rute perjalanan saya mulai dari pusat kota Banyuwangi (Simpang lima kota Banyuwangi). Dari simpang lima perjalanan dianjutkan menuju terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. 

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti arah lurus ke arah barat hingga teman-teman menjumpai pertigaan jalan yang terdapat patung barong di desa Banjarsari. Kemudian jalur yang diambil adalah jalur lurus  melintasi Desa Kemiren dan Desa Taman Suruh. Kemudian perjalan diteruskan hingga masuk Dusun Kampung Anyar. Lalu tinggal cari papan nama lokasi air terjun jagir atau bisa tanya penduduk setempat ya.



Mudah dan cukup jelas bukan? Saya yakin banget, apalagi teman-teman pemuja google maps seperti saya. Jadi kapan nih, main-main ke Banyuwangi yang punya tempat wisata alam luar biasa keren? Besok saat libur tahun baru imlek 2019 liburan bareng yuk? Hehe.

1 comment:

  1. Kereen mas ...
    Didekat perkotaan ada air terjun secantik ini.

    Doain ya, kelak aku kesampaian liburan ke Banyuwangi dan air terjun Jagir ini seperti ajakanmu :)

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D