Tugas dan Peran Data Center

Leave a Comment
Salah satu pilar yang memegang peran utama di era digitalisasi masa kini adalah dengan adanya data center atau pusat data. Pusat data tersebut membantu mendorong tranformasi digital di masyarakat. Bahkan hingga saat ini perkembangan definisi pusat data itu sendiri mulai berubah.

sumber : idntrepreneur.com

Dari yang tadinya sekedar ruangan dengan banyak komputer kini menjadi virtual. Terdapat beberapa layanan pusat data yang menawarkan masing-masing kelebihannya, tak terkecuali Nex Datacenter. Anda bisa juga menggunakan layanan tersebut akan tetapi sebelumnya akan lebih baik untuk mengetahui tugas dan peranannya secara detail.

4 Tugas dan Peran Data Center di Era Digitalisasi
Dengan adanya banyak pilihan dalam memilih data center setidaknya terdapat beberapa tugas dan peran penting yang wajib untuk dilakukan pusat data tersebut. Tugas serta peranan tersebut antara lain:


1.Mendukung Pertumbuhan Bisnis
Sebuah pusat data bisa berperan dari segi agility atau pertumbuhan bisnis. Pusat data tersebut sudah sepatutnya memangkas biaya dan waktu dari klien yang bekerjasama dengan mereka. Mereka juga harus bisa membantu perluasan bisnis. Hal tersebut tentunya didukung dengan dukungan staff serta jangkauan geografis yang memungkinkan. 

Dengan begitu maka pusat data bisa membantu menembus celah pasar baru. Biaya overheadynyapun rendah. Selain itu, pusat data juga bisa mengurangi latensi ke pelanggan akhir di sebuah tempat tanpa rintangan yang berarti. Itulah mengapa pusat data berperan dalam pertumbuhan bisnis.


2.Mendukung Green Data Center
Perusahaan yang bergerak di era digitalisasi pasti butuh dukungan infrastruktur yang tidak sedikit. Dengan meningkatnya kapasitas pusat data maka kebutuhan akan sumber daya energi juga akan meningkat. 

Dukungan perusahaan untuk meningkatkan kebutuhan energi ramah lingkungan untuk infrastruktur IT adalah hal utama. Hal itu terjadi karena konsumsi sumber daya energi akan berdampak dengan biaya operasional suatu perusahaan. Maka dari itu pusat data berperan penting untuk mendukung energi ramah lingkungan.


3.Menjaga Akuntabilitas serta Keamanan
Peranan pusat data selanjutnya adalah menjaga akuntabilitas dan keamanan. Keamanan menjadi hal yang penting karena itulah kunci di tiap komponen pusat data. Apalagi untuk perusahaan yang memanfaatkan jaringan internet secara terus menerus. 

Data center seperti Nex Datacenter bisa membantu menjaga kekuatan keamanan data kliennya. Mereka akan bisa membantu mengatasi serangan cyber crime dengan beberapa teknologi canggih misalnya real-time monitoring, firewall, manajemen patch, enkripsi, dan sejenisnya.


4.Mendukung Layaran Pemulihan Bencana
Layanan pemulihan bencana menjadi peranan penting yang tak bisa dikesampingkan begitu saja. Keberlangsungan suatu bisnis menjadi hal krusial di era digitalisasi seperti ini. 

Bayangkan jika layanan bisnis milik Anda terhenti karena adanya bencana alam. Yang ada maka pelanggan akan kehilangan kepercayaan dan merasa kecewa pada Anda. Dengan hilangnya kepercayaan maka pelanggan Anda akan berkurang.


Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku jika Anda menggunakan pusat data. Layanan yang memiliki nama lain Disaster Recovery Services ini bisa dibilang menjadi sebuah peranan penting untuk menjaga kepercayaan klien. Pada saat bencana terjadi maka operasional dan bisnis dari perusahaan bisa tetap berjalan di minimal downtime.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai tugas dan peran penting data center. Kemudahan akan didapat apabila Anda menggunakan pusat data. Terlebih di era modern seperti sekarang ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika NEX Datacenter menawarkan itu semua. Anda bisa mengunjungi nexdatacenter.com untuk informasi lebih lengkapnya.

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D