Gerakan Domainisasi .com Untuk Kawan-Kawan Blogger Jember #AutoKeren

Leave a Comment
Definisi #AutoKeren di Bulan Februari 2019 versi aku yaitu bisa menjadi salah satu pembicara di gelaran pelatihan blogging komunitas blogger Jember. Agenda ini bertujuan untuk mengedukasi teman-teman blogger baru (maksudnya teman-teman yang tertarik dengan dunia blogging tapi masih dikit banget pengetahuan tentang apa-apa soal ilmu perbloggingan). 


Gimana nggak ngerasa #Autokeren coba, saya disandingkan dengan blogger-blogger keren di Jember dan menjadi salah satu blogger baik, tampan dan mempesona untuk memberikan materi dalam pelatihan blogging yang berlangsung diakhir Januari-awal Februari itu. Oh, itu tanggal dibanner salah ya, karena beberapa waktu lalu acara diundur (dengan konfirmasi) karena suatu hal. Dan akhirnya acara pelatihan berlangsung lancar dalam 3x pertemuan dalam 3 minggu. 




Sebuah kiriman dibagikan oleh sugasetiawan (@stiawansuga) pada

Aku, foto deretan nomor 3 dari kiri di banner #ehm, ngerasa jadi #Autokeren karena dipercaya untuk memberi narasumber untuk teman-teman blogger newbie oleh mbak Prita selaku founder BJS (Blogger Jember Sueger). Ituloh, komunitas blogger yang isinya orang-orang kece dari salah satu kota berkembang di Jawa Timur, Jember.

Saya diberi tugas negara ini (secara gratis) untuk teman-teman blogger newbie agar mereka lebih paham tentang dunia blogging dan misi visi menjadi blogger yang kece dan bermanfaat di muka bumi ini. Jelas dong jadi blogger itu kece banget deh. Menjalankan hobi iya, tambah teman iya, tambah wawasan iya, dapat ilmu baru iya, menghasilkan uang jajan juga bisa. Hwehehe.


Eh iya, sebagian besar dari kami adalah mahasiswa, jadi ya aktivitas ngeblog sehingga bisa menghasilkan "uang jajan" adalah dua hal yang tidak dipungkiri. Teman-teman newbie ini harus tau betapa syahdu-nya menjadi seorang blogger yang bisa jajan karena pekerjaan dari aktivitas blogging.

Tapi ya itu, kita (anak-anak blogger senior lama) tidak menfokuskan teman-teman blogger newbie untuk terjun menjadi blogger yang orientasinya duit...duit ... kesini dong aku mau duit ... duit .. duit   *AutoNyanyiLaguAlam.

Wajib bangun pondasi menjadi blogger terlebih dahulu dong, banyak belajar dari blogger lain se-nusantara, belajar bikin konten yang yahud, menjalin interaksi dengan blogger lain dan banyak hal lainnya yang harus dipersiapkan untuk menjadi the real blogger, blogger profesional ((berpenghasilan)) dan tidak kalah penting yaitu konsistensi menjadi blogger. Bukan lagi nggak tuh ...

Saya sebagai mentor untuk memberikan materi pembahasan dalam membuat konten kreatif untuk blogger

Sedikit demi sedikit kita memberi gambaran entang manfaat ngeblog. Misi kita tidak lain adalah menguatkan minat teman-teman untuk tahu dunia per-blogging-an dan terus semangat untuk sharing bermanfaat melali media blog. Mentor yang memberi ateripun menjadi semakin semanngat karena antusiasme dari peserta pelaihan bogging, mas ilham ini nih misalnya.

Mas Ilam mah pokokna ter-handal SEO lah diantara kita

Oleh karena itu, kita juga sedikit demi sedikit meberi gambaran sebagaimana menjadi blogger diera digital saat ini sangatlah menjanjikan. Dan untuk mendapatan itu semua, teman-teman blogger atau blogger newbie harus menyiapkan itu semua. 

Mempelajari banyak hal tentang blog yang jelasnya memang belum mereka ketahui sebelumnya. Ya, kami yang kebetula lebih dahulu terjun di dunia blogging dan merasakan manfaatnya harus dong sharing kepada blogger newbie lain. Ini Gratis loh...

Mentor Vadil memberikan materi tentang SEO Content

Pelatihan blogging ini berlangsung 3 kali pertemuan (weekend) dengan pembagian materi dan mentor. Pertemuan I : Pengenalan blogging + menentukan niche blog + desain blog + layout oleh mbak Vindy Putri. Pertemuan II : Personal Branding + SEO Content oleh Mbak Prita dan Vadil. Pertemuan III : Photography + Monetize + Merawat blog oleh Mas Nana, Mas Ilham & Dek Faisol (yayaya, dia temuda diantara kita karena masih duduk di kelas 3 SMA).

Salah satu step yang bisa teman-teman blogger lakukan agar terlihat lebih profesional dalam mengelola dan mau dibawa kemana hubungan kita blog yamg dimiliki yaitu dengan membeli sebuah domain. 

Itu tuh, seperti extensi a.k.a embel-embel penamaan blog yang mengikuti nama alamat blog kita. Misalnya nih, www.sugatangguh.com, nah .com disni adalah domain. Ini nih diperlukan untuk personal branding. Apa tuh personal branding?


Memang sih, dengan hanya mendaftarkan blog dengan domain gratisan untuk blogger pemula bisa dibilang cukup. Juga dengan memiliki domain yang masih nebeng gratisan di blogger dimana nanti blog teman-teman akan memiliki ekor (namablog).blogspot.com atau (namablog).worpress.com aktivitas ngeblog masih bisa dilakukan. eits, ada tipsnya nih buat penamaan blog teman-teman biar kece abess ....


Tetapi sangat dianjurkan teman-teman membeli domain tersendiri baik itu .com .net .id .blog dan sebagainya akan membuat blog yang teman-teman kelola semakin terlihat terkontrol, termanajemen dengan baik, lebih elegan, lebih premium, lebih profesional dan lebih-lebih lainnya. Kalau bisa sih, pas buat blog baru sekalian aja dah dibelikan domain. Pengaruhnya apa?

Selain faktor profesionalitas, fyi, blog itu mempunyai semacam rapor (nilai blog) yaitu nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Semakin tinggi nilai DA, maka berpeluang mendapakan fee yang lebih gede daripada DA yang nilainya kecil. Berdasarkan pengalaman sampai sejauh ini sih, client yang ingin bekerja sama dengan blog kita menentukan besarnya fee dilihat dari nilai DA loh. Biasanya sih nilai DA 20 keatas.

Cara cek nilai DA & PA di www.seoreviewtools.com

Alasan lain, jika blog yang teman-teman miliki gratisan dengan embel-embel/ekor nama dot blogspot atau dot wordpress sudah melangkah cukup jauh (nilai DA sudah terlanjur tinggi), maka jika saat itu teman-teman ingin mengganti nama domain menjadi berakhiran .com .id .net .blog dsb, maka nilai DA dan PA akan ulangi menjadi 0 lagi. Sangat disayangkan bukan? Padahal meningkatkan nilai DA itu tidak mudah, sayang ..

Harus rajin bikin postingan blog, blogwalking, bersih-bersih link dan banyak lainnya untuk menaikkan nilai rapor blog. Ini sih sebenarnya problem yang dialami oleh teman aku yang bernama mbak Niera. Cieee ... yang belum lama #Autokeren dengan menganti domain blog dari www.celotehniera.blogspot.com (wedew ... panjang amat bu ...) menjadi www.celotehniera.com. Syeeeelamat ....

Jadi, domainisasi adalah istilah kece yang nggak sengaja gue dapetin. Ya, memaksa mengompori teman-teamn blogger yang belum migrasi menggunakan TLD (Top Level Domain) untuk segera membeli domain. Biar kita satu geng Blogger Jember #AutoKeren gitu. Apalagi suka nggak tega kalo diantar kami dapat job kerjasama blog yang mensyaratkan blog harus TLD. Kita kan sama-sama anak perantauan..

Ciee, yang paling depan barua aja beli domain .com 85K dari Jagoan hosting :p

Otomatis deh, kawan-kawanku yang belum ber-TLD tidak bisa merasakan manisnya jajan dengan fee dari hasil ngeblog. Menurut aku, sebenarnya sih dengan domainisasi, sekaligus untuk kita investasi. Biaya domain TLD juga bervariasi bahkan murah jika kita pandai mencari-cari. 

Seringin aja deh kepoin instagram Jagoan hosting @jaghostid. Emang, jagoan hosting tuh nggak aturan kalo ngasih promo, tiap scroll timeline instagram, die lagi-die lagi dengan promonya ... Goodjob kak ...


Nah kemarin tuh aku lihat postingan mimin kece yang gaul itu trus gue mention tuh mbak niera. Jadilah .... www.celotehniera.com dengan promo domain .com senilai 85 rebu doang. Asyik nggak tuh? Ya asyik syekali dong ....


Jadi, merekomendasikan kawan-kawanku memilih penyedian layanan domain dan hosting yang akan mereka gunakan itu juga (harus) nggak sembarangan.Dan karena sejauh ini jagoan hosting selalu memberikan yang terbaik sekaligus menarik, sampai saat ini salah satu list teratas rekomendasi layanan domain dan hosting yaitu Jagoan hosting. Menjadi blogger keren itu harus! Blog kamu juga harus ter-domainisasi biar #Autokeren kaya blog kita. Langsung aja ke web  jagoan hosting Dengan penjelasan-penjalan aku ditulisan ini, sekaligus menjawab Bagaimana Jagoan Hosting Bisa Membuat kita Jadi #AutoKeren.
"Coba deh bayangin, pas lo diminta name card, trus di name card tersebut terpampang nyata blog .com/ .net /.id /.blog ... keren dan branding everywhere dah pokokna"
Benar kan kak min instagram jagoan hosting yang gaul ituw? Jadi senapsaran, eh penapsaran sama mimin di @jaghostid, hayooo yang mana ngaku ....



Salam,
Pemuda Sedikit Akal,
Tapi banyak rindunya 

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D