Puncak Bintang Bandung yang Mempesona

1 comment
Puncak Bintang Bandung bisa dibilang tempat wisata yang masih baru di Bandung. Lokasinya tidak jauh dari warung deweung atau moko yang sudah lebih dulu terkenal diantara para traveller. Itulah sebabnya tempat ini juga dikenal dengan sebutan puncak bintang bukit moko ataupun puncak bintang moko.

sumber: atourin.com

Puncak Bintang berlokasi di kampung Buntis bongkor, kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung. Berjarak sekitar 8-9 km dari Cicaheum ke arah Padasuka. 

Jika dari arah bandung sobat bisa langsung menuju terminal Cicaheum, setelah itu jika ada perempatan sebelum lampu merah Cicaheum silahkan ambil belokan kiri ke arah Padasuka. Sobat tidak perlu khawatir karena sudah banyak petunjuk jalan menuju Puncak Bintang.

Dari padasuka sampai caringin Tilu, jalannya menanjak namun kondisi jalan sudah bagus. Sedangkan dari caringin Tilu sampai Puncak Bintang jalanan masih berlubang dan kecil namun masih bisa dilewati motor maupun mobil. Setelah anda sampai di gerbang masuk Puncak Bintang, jalanan sudah mulai bagus.

Diresmikan pada tanggal 23 september 2014 oleh kepala perhutani Divisi regional Jabar dan Banten, Puncak Bintang Bandung secara resmi beralih rupa dari yang tadinya hutan pinus sadapan menjadi hutan dan area wisata Puncak Bintang.

Tempat wisata ini sering dilingkupi kabut karena letaknya berada di 1442 mdpl (meter diatas permukaan laut). 

sumber: tribunjogja.com

Tempat ini juga sudah banyak berbenah, mulai dari jalan masuk yang dulunya jalanan masih berbatu kini sudah menjadi bagus. Sarana parkir yang sudah rapi dan teratur, jalan buat mengelilingi area wisata juga sudah bagus dan ada penambahan view pemandanan yang baru yakni Dermaga Bintang. Menarik kaannn...

Berikut adalah tempat tempat dan spot wisata yang bisa anda nikmati di area Puncak Bintang :

1. Menikmati Sunset dan Landscape kota Bandung yang Ciamik

Menikmati Sunset dari Puncak Bintang adalah salah satu tujuan wisatawan datang kesini. Karena letak ketinggiannya menikmati Sunset jadi lebih indah di tempat ini. 

Selain menikmati Sunset di sore hari anda juga bisa menikmati Landscape pemandangan kota Bandung dari tempat ini. 

Siluet yang indah dari tepi hutan pinus menambah keindahan suasana sunset di Puncak Bintang, di tambah keindahan lampu lampu kota Bandung yang mulai menyala dan terlihat begitu berwarna membuat suasana begitu syahdu dari atas Puncak Bintang. 

Namun sayang kita tidak bisa menikmati Sunrise yang indah di Puncak Bintang dikarenakan terhalang oleh bukit.

Mungkin sebelumnya teman teman sudah pernah mengunjungi warung deweung atau moko dan menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian di moko tersebut.

sumber: ngetripyuk.com

Nah Puncak Bintang ini lokasinya tidak jauh dari lokasi warung daweung atau moko tersebut, hanya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi warung deweung. Jadi Puncak Bintang lokasinya lebih tinggii lagi dari warung daweung. 

Recommended banget deh pokoknya, cocok banget untukk menikmati keindahan kota Bandung dari ujung ke ujung karena memang lokasinya yang mendukung dan terletak di ketinggian 1442 mdpl.

Jika teman teman ingin berfoto dan mengambil spot spot menarik dari warung daweung, soabt cukup membayar 10.000 saja. 

Namun jika ingin lebih murah, sobat cukup ke warung warung kopi sekitar warung daweung jika hanya ingin mengambil spot spot pemandangan yang indah.

Dan jika sobat ingin berburu foto Sunset, maka sobat harus ke puncak bukit yang berlokasi dari gerbang masuk naik ke sebelah kiri, disitu sbat bisa sepuasnya mengambil gambar gambar terbaik dari suasana Sunset di sekitar Puncak Bintang.

Dermaga Bintang
Nah ini nih tempat wisata yang baru saja di tambahkan di area wisata Puncak Bintang. Tempat ini sangat memanjakan pengunjung Puncak Bintang untuk menikmati pemandangan yang indah di Puncak Bintang ini.

Dermaga Bintang merupakan dek yang besar banget sob. Ketinggiannya hampir sama dan sejajar dengan pohon pohon pinus di Puncak Bintang, sangat keren sob. Kudu anaik ke dek ini deh bagi teman teman yang ingin melihat view kota Bandung yang indah.

sumner: satulensa.com

Camping di Puncak Bintang juga menjadi alternatif bagi teman teman jika ingin camping di sini karena pengelola juga menyediakan Camping Ground di tempat ini yang bisa anda gunakan untung camping bersama teman dan keluarga anda. Namun jika anda ingin mencari villa sendiri untuk bermalam bisa klik disini.

Untuk harga yang dipatok buat camping disini sebesar Rp.20.000/orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan bisa di parkirkan di warung Daweung. Harga sewa tempat parkir 15.000/motor. Untuk camping di tempat ini tidak ada sistem booking, jadi ketika anda datang langsung sewa dan bayar, begitu sob.

Anda juga bisa menikmati Sunrise di sini, namun harus berjalan sekira 30 menit perjalanan dari gerbang masuk, baru akan terlihat Sunrise dari Patahan Lembang disini.

2. Jalan-jalan di hutan Pinus
Di Puncak Bintang Bintang teman teman juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus sekitar area Puncak Bintang dengan berjalan jalan santai di area hutan pinus.

Hutan pinus disini cocok banget buat yang suka selfie di alam terbuka. Area hutan pinus yang bersih serta pemandangan cahaya matahari yang indah menembus disela sela hutan pinus sangat cocok buat anda yang suka fotografi mengambil dan mengabadikan gambar gambar keindahan alam.

sumber: petatempatwisata.com

Jalan disekitar hutan pinus berlapiskan rerontokan daun pinus sehingga menimbulkan kesan yang sangat asri dan alami. 

Selain itu anda bisa menembus hutan pinus untuk menuju patahan lembang guna menikmati Sunrise dari patahan lembang. Anda bisa berjalan sekitar 2 km menuju patahan lembang sebelum bisa menikmati Sunrise disana.

Fasilitas yang Tersedia
Fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola adalah Musholla, Toilet, tempat istirahat selain area Camping yang sudah disediakan. Ada juga Trek Hiking yang juga telah disiapkan dan disediakan pengelola.

Namun jika anda ingin nyemil makanan di dalam area, anda harus bawa sendiri karena tidak ada warung di dalam area wisata.

Tempat Penginapan
Di Puncak Bintang tidak ada tempat penginapan maupun hotel untuk bermalam karena letak lokasi tidak jauh dari pusat kota Bandung, anda bisa menginap di kota atau bisa mencari informasi tersebut di internet dengan mudah. Misalnya saja dengan mengetik keyword cari villa di Bandung maka secara cepat bisa menemukannya. 

Tiket Masuk
Harga tiket masuk wisata Puncak Bintang adalah Rp.15.000 di tambah Rp.5000 untuk biaya parkir/motor.

Bagaimana Sobat? Apakah Anda Tertarik untuk berkunjung ke sana? langsung meluncur kesana saja yaaah jika anda liburan di Kota bandung. Kira-kira di Bandung ada air terjun yang kece juga nggak ya.. soalnya saya suka banget dengan wisata air terjun. Terakhir kali melihat air terjun keren sih waktu liburan ke Banyuwangi beberapa bulan yang lalu.

Air Terjun Jagir, Air terjun dekat pusat kota Banyuwangi

Sekian sob ulasan mengenai tempat wisata Puncak Bintang sebagai destinasi wisata baru di kota Bandung. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi Anda untuk mengeksplore tempat wisata terbaik di kota Bandung.

Gimana udah nggak sabar nunggu liburan akhir tahun? Eh tapi ada tips khusus nih buat sobat yang ingin liburan menyenangkan diakhir tahun. 5 Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan. 

Jaga selalu kebersihan dimanapun berada apalagi di tempat wisata karena kebersihan area wisata adalah tanggung jawab kita bersama.

1 comment:

  1. Cakepnya lihat kerlap-kerlip lampu kota dan bintang-bintang begitu. Dulu sepertinya saya pernah ke tempat ini waktu ke Bandung tapi memang saya nggak tahu nama tempat dan jalannya karena ngikut aja sama temen. Pengen deh kesana lagi bareng pasangan ^^

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D