Kacang Hijau, Makanan yang Bermanfaat untuk Tubuh

Leave a Comment

Kacang hijau adalah jenis bahan makanan yang juga bisa diolah menjadi minuman. Baik diolah menjadi makanan, maupun minuman, manfaat kacang hijau sendiri sangatlah besar. Selain itu, makanan yang satu ini tidak sulit kita temukan. Baik yang sudah diolah, maupun bahan mentah yang bisa kita olah sendiri di rumah. Setidaknya ada 3 manfaat penting yang terkandung di dalamnya. Berikut penjelasan lengkapnya.
sumber gambar : 1Health.ID
1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Kacang hijau bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena, kacang hijau sendiri merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Selain itu, kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan usus, melancarkan proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.
Dalam setiap 100 gram kacang hijau, terdapat kurang lebih 347 kilokalori dan 1,15 gr lemak. Kandungan lemaknya tergolong rendah, sehingga mengkonsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu para penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhnya secara alami.
2. Dapat Meningkatkan kepadatan tulang
Selain susu, ternyata kacang hijau juga mampu menjaga kesehatan tulang. Karena kacang hijau memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada perempuan serta bisa meningkatkan kepadatan tulang. Mengkombinasikannya dengan susu, tentu akan menjadi solusi kesehatan tulang Anda. Salah satunya susu dari Frisian Flag, atau susu bendera.
3. Menjaga sistem Imunitas
Makanan tersebut memiliki kandungan protein kurang lebih sekitar 3,16 gram per cangkir. Kandungan protein, membuat kacang hijau menjadi makanan, ataupun minuman alternatif bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi daging-dagingan.
Tidak hanya sampai di situ, bahkan kacang hijau memiliki kandungan lemak dan kolesterol jahat yang rendah daripada daging. Protein penting untuk menjaga sistem imunitas, atau kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel pada tubuh. Setiap orang yang kekurangan protein dapat terjadi kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan beberapa penyakit lainnya.
Itulah 3 manfaat dari kacang hijau yang masih jarang diketahui. Setelah Anda mengetahui manfaat-manfaatnya di atas, alangkah lebih baiknya Anda mengonsumsi kacang hijau setiap hari.

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D