Menjajal Aplikasi Saham, Perhatikan Langkah Membeli Saham yang Tepat

Leave a Comment
Menjamurnya permintaan untuk trading juga investasi dari masyarakat mendorong munculnya berbagai aplikasi saham online sebagai alternatif terbaik untuk dipilih. Apalagi jika Kamu terlalu malas untuk pergi menemui broker dan pialang. Hal tersebut bisa menjadi pilihan yang paling rasional. 

Meskipun hampir semua aplikasi saham itu didesain user friendly, masih banyak orang yang salah kaprah dengan langkah yang tepat untuk mulai membeli saham yang ada. Alih alih memperoleh keuntungan, Kita malah bakal kena rugi jika langkah yang diambil salah. 


Oleh karena itu, Kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai langkah yang tepat untuk membeli saham melalui aplikasi online untuk seorang pemula. Simak ulasan di bawah ini, yuk! 

1. Perdalam Riset dan Strategi 
Sebelum memulai semuanya, riset dan strategi ini sangat penting untuk didahulukan. Kamu dianjurkan untuk memperdalam ilmu mengenai pengetahuan tentang saham dari perusahaan yang hendak kamu beli. Hal tersebut tentu dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian akibat salah analisis. 

Selanjutnya adalah strategi apakah Kamu akan memilih investasi atau trading. Hal tersebut bergantung pada kebutuhan dan tujuanmu membeli saham. 

2. Membuka Rekening Sekuritas 
Untuk bisa membeli saham, Kita diharuskan memiliki akun dari perusahaan sekuritas. Apa itu sebenarnya sekuritas? Sekuritas bisa diumpamakan sebagai perantara bagi Kamu sebagai investor dan juga perusahaan penerbit saham yang akan Kamu beli. 

Salah satu perusahaan sekuritas terbesar yang sudah terjamin kredibilitasnya adalah mandirisekuritas.co.id

3. Install Aplikasi Trading 
Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah install aplikasi trading. Hal tersebut tidak lepas dari fakta bahwa Kita melakukan trading secara online. Jadi mau tidak mau perlu menggunakan sebuah wadah untuk transaksinya. Wadah tersebut adalah aplikasi trading ini. 

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, Kamu bisa mengunduhnya di google play store secara gratis. 

4. Setorkan Deposit Pertama 
Setelah berhasil mendaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas, Kita akan dibuatkan satu akun rekening bank baru yang biasa disebut RDI atau Rekening Dana Investor. 

Meskipun begitu, jenis rekening yang satu ini hanya bisa digunakan untuk transaksi jual beli saham saja. Bukan untuk kegiatan transaksi sehari hari. 

Sehingga jika ingin membeli saham baru Kamu harus mentransferkan sejumlah uang ke rekening ini kemudian pihak sekuritaslah yang akan mendebet sejumlah uang. Selanjutnya Kamu bisa melakukan transaksi pembelian saham dari perusahaan yang diinginkan. 

Juga ketika Kamu menjual sahamnya, uang tersebut akan masuk dulu ke rekening RDI. Baru kemudian bisa dipindah ke rekening bank setelah Kamu membuat order melalui aplikasinya. 

5. Beli Saham 
Hal ini tentu menjadi sesuatu yang paling Kamu tunggu-tunggu. Apalagi kalau tidak membelinya? Nah ketentuan pembelian dari setiap sekuritas sendiri berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya Kamu bisa membuka web resmi dari mereka. 

Tapi secara garis besar, pembelian saham melalui aplikasi ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu perlu memilih saham yang ingin dibeli kemudian ‘klik’. 

Selanjutnya akan muncul pop-up yang biasanya menampilkan detail saham terkait. Pastikan juga jumlah lot dan harganya sudah sesuai. Lalu tinggal tekan ‘buy’ dan saham tersebut sudah berhasil dimiliki. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan bertransaksi melalui aplikasi saham secara online? Yuk, segera investasi saham!

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D