Asupan Nutrisi untuk Ibu Menyusui

1 comment

Pada saat menyusui anak, Anda membutuhkan banyak asupan gizi yang dapat menunjang tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui. Dengan demikian, anak Anda akan mendapatkan asupan gizi yang seimbang melalui ASI (air susu ibu).

Nutrisi yang Bagus untuk Menyusui apa saja sih?

1.Vitamin D 
Vitamin D sangat bagus untuk ibu yang menyusui. Vitamin D dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti minyak hati ikan kod, susu, kedelai, udang, keju, salmon, ikan tuna, dan lain-lain. Selain itu, Anda dapat memperoleh lewat sinar matahari pada pukul 7 hingga 8 pagi. 

2.Asam folat 
Asam folat sangat bagus untuk pembentukan jaringan otak anak Anda. Sumber asam folat dapat ditemukan pada alpukat, jeruk, pepaya, bayam, kacang hijau, wortel dan lain-lain. 

3.Vitamin E 
Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan kualitas ASI dan mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Sumber vitamin E dapat diperoleh dari kacang hijau, talas, sawi, brokoli, bayam dan paprika merah. 

4.Vitamin A 
Vitamin juga bagus untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu menyusui. Sumber vitamin A diperoleh dari brokoli, kangkung, pepaya, wortel, ubi jalar, mangga, telur dan lain-lain. 

Anda dapat mengkombinasikan beberapa bahan makanan agar meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, ibu yang menyusui harus memperhatikan pola makan sehat. Informasi lebih lanjut, Anda kunjungi website gue sehat, yaitu www.guesehat.com. 

5.Vitamin B6 
Ibu yang menyusui memerlukan asupan vitamin B6 sejumlah 2 mg per hari. Vitamin B6 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam, pisang, ikan tuna, tomat, semangka dan lain-lain. 

6.Vitamin C 
Fungsi vitamin C sangat beragam, yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh, untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga kesegaran tubuh. Asupan vitamin C diperoleh dari berbagai macam sayuran dan buah seperti jambu biji, strowberi, brokoli, kubis dan lain-lain. 

7.Kalsium 
Makanan atau minuman yang mengandung kalsium wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui agar tulangnya tetap kuat. 

8.Zat Besi 
Fungsi zat besi adalah untuk membentuk sel darah merah sehingga mencegah terkena anemia. Anemia menyebabkan ibu yang menyusui menjadi kurang fit. 

1 comment:

  1. Memang benar banget, sesuai pengalaman saya dulu hamil dan menyusui :D

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D