Jenis-jenis Meja Kantor dan Masing-masing Fungsinya

Leave a Comment

Dalam berbisnis, tentu kita perlu membutuhkan yang namanya kantor, baik yang ukurannya minimalis, sedang, maupun yang luas. Adanya kantor tentu membuat kerja menjadi lebih terstruktur dan karyawan pun merasa nyaman dengan kelengkapan fasilitas tempat bekerjanya. Tapi, furniture kantor yang paling penting dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja yaitu meja kantor.


Meja memang selalu menjadi perabotan yang penting, karena menjadi tempat atau area untuk meletakan barang-barang tertentu. Begitu juga dengan di kantor. Karyawan yang memiliki meja tentu membuatnya bisa bekerja lebih optimal, apalagi mereka yang benar-benar membutuhkan meja, seperti sekretaris, pekerja IT, dan sebagainya.

Karena di kantor kebutuhannya berbeda-beda, sudah seharusnya Anda mengetahui jenis-jenis meja kantor agar Anda lebih memahami fungsi masing-masingnya.

1. Meja resepsionis
Ketika Anda bertamu ke suatu perusahaan, pastinya hal pertama yang Anda lihat adalah meja resepsionis, bukan? Meja tersebut merupakan tempat menerima tamu maupun yang mencari informasi mengenai perusahaan tertentu. Biasanya meja resepsionis diletakan di ruang paling dengan dekat pintu masuk, sehingga tamu yang datang langsung menuju ke area tersebut.

Pada umumnya meja yang satu ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari meja karyawan lainnya atau bisa dikatakan setinggi dada orang dewasa. Bahan material yang digunakan bermacam-macam, mulai dari kayu, plastik, dan sebagainya.

2. Meja karyawan
Meja karyawan merupakan hal yang sangat penting keperluannya untuk para karyawan kantor. Sebagian besar staff pastinya bekerja di meja karena memang jenis pekerjaannya yang membutuhkan meja, seperti admin, finansial, IT, dan masih banyak lagi yang lain.

Ukuran dan model meja karyawan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan staffnya. Misalnya saja untuk para pekerja IT, mereka pastinya membutuhkan meja komputer untuk meletakan monitor, keyboard, dan CPU. Sedangkan meja sekretaris sudah sewajarnya diberikan model yang lebih kompleks karena pekerjaannya yang membutuhkan banyak kertas, komputer, perlengkapan menulis, dan sebagainya.

3. Meja rapat
Setiap kantor tentunya memiliki ruang meeting untuk mengadakan rapat atau pertemuan dengan pihak-pihak tertentu. Untuk pemilihan meja rapat, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan luas ruangannya. Kalau ukurannya minimalis, sebaiknya pilih yang modelnya minimalis dan simple. Berbeda jika memang ukuran ruangannya besar, tidak ada salahnya menggunakan model yang besar.

Pemilihan desain meja kantor ini sebenarnya beragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan gaya kantor Anda. Jangan lupa pertimbangkan pemilihan bahannya agar awet dipakai.

4. Meja direksi
Meja direksi merupakan perabotan kantor yang penting karena sangat dibutuhkan oleh pemimpin perusahaan. Biasanya desain meja yang satu ini lebih kokoh dan tegas dibandingkan jenis-jenis meja kantor lainnya. Tentu saja hal tersebut melambangkan kalau pengguna meja tersebut memiliki status kedudukan yang lebih tinggi.

Modelnya pun juga bermacam-macam. Bahan-bahan yang digunakan pun juga lebih bervariasi, tapi cenderung lebih mahal biayanya dibandingkan yang lainnya. Sebagian besar meja direksi menggunakan bahan kayu jati agar awet dan tentunya Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.

Pemilihan jenis-jenis meja kantor juga harus diikuti dengan pemilihan tempat membelinya yang tepat. Ada baiknya Anda mengecek arkadiafurniture.co.id yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kantor, termasuk meja. Tidak perlu mengkhawatirkan harganya karena biayanya termasuk kompetitif sehingga sangat cocok masuk ke pertimbangan Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D