Menelusuri Jejak Kerja SEO Specialist, Pekerjaan Jurusan IT dengan Gaji yang Tak Terduga

Leave a Comment
Pesatnya perkembangan dunia digital tentunya berdampak pula dengan ranah pekerjaan jurusan IT. Tidak hanya Software Engineer, Programmer ataupun IT Consultant saja yang paling banyak diburu perusahaan saat ini, nyatanya SEO Specialist yang termasuk dalam profesi di bidang IT juga kian diincar beberapa perusahaan besar.

Kemudahan pencarian informasi di internet adalah salah satu faktor penting keberhasilan suatu perusahaan. Tidak bisa dipungkiri, beberapa nama besar seperti Go-Jek, Zalora, dan Shopee Indonesia bisa dikenal luas oleh masyarakat karena kehadirannya di internet. Untuk itu, beberapa perusahaan yang baru dirintis ataupun telah sukses membutuhkan suatu tim kerja yang mampu mengoptimasi website mereka agar mudah dicari melalui situs pencarian.

SEO Specialist hadir ditengah keresahan perusahaan akan menurunnya performa suatu brand karena tersaingi brand lainnya yang dengan mudah menduduki peringkat satu di situs pencarian. Nah tanpa berlama-lama, mari kita bahas mengenai apa saja tugas dan kisaran gaji yang akan diterima oleh seorang SEO Specialist. Yuk, dicek!

Apa Itu SEO Specialist?
SEO (Search Eengine Optimization) Specialist juga termasuk pekerjaan jurusan IT yang mana tugas utamanya ialah mengoptimasi sebuah website supaya bisa menduduki peringkat pertama di situs pencarian, seperti Google. 

Sehingga seseorang yang mengetik satu kata kunci (keyword) yang relevan, website tersebut bisa muncul di halaman pertama situs pencarian Google. Hadirnya seorang SEO Specialist dinilai sangat membantu meningkatkan traffic pada website, serta berpotensi menaikkan pendapatan dari hasil penjualan suatu produk di website tersebut.

Pekerjaan jurusan IT yang satu ini terbilang cukup unik dan juga menantang. Karena seorang SEO Specialist dituntut untuk mampu menganalisa sebuah website dari sudut pandang user maupun robot mesin pencari. 

Tantangan terbesar yang dirasakan oleh SEO Specialist adalah mesin pencari. Karena robot Google tidak bisa ditebak dan bisa jadi melakukan pembaharuan algoritma yang membuat seorang SEO Specialist harus mampu menyusun strategi baru untuk mengoptimasi website. Selain mesin pencari, persaingan dengan situs kompetitor juga menjadi tantangan tersendiri bagi tim SEO Specialist.

Untuk mengoptimasi sebuah website, biasanya tim SEO Specialist diminta melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan website yakni menyebarluaskan link website (Dofollow), memasang kode meta tag, dan menghasilkan konten-konten berkualitas pada website yang dimiliki.

Meski profesi ini bisa belajar secara otodidak, SEO Specialist juga membutuhkan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dalam pekerjaan jurusan IT. Karena orang IT biasanya jauh lebih mengerti beberapa hal yang berhubungan dengan teknologi dibandingkan dengan lulusan lainnya.

Berapa Gaji Seorang SEO Specialist?
Di Indonesia sendiri, gaji yang akan diterima oleh SEO Specialist terbilang cukup besar. Tak tanggung-tanggung, kisaran gaji yang akan didapat bila menjalani pekerjaan jurusan IT yang satu ini adalah Rp 6 hingga 17 juta perbulan. 

Bila tiap bulannya kamu mendapat gaji Rp 6 juta, berarti dalam setahun kamu bisa menikmati hasil jerih payahmu sebanyak Rp 72 juta. Benar-benar profesi yang menjanjikan bukan? Walaupun salah satu pekerjaan jurusan IT ini terbilang menantang, tetapi gaji yang akan diterima nantinya benar-benar sepandan dengan beratnya tugas yang diemban.

Nah itu tadi beberapa penjelasan penting mengenai dunia kerja SEO Specialist. Di zaman yang serba modern ini, profesi SEO bisa dikatakan sebuah keharusan yang dimiliki setiap perusahaan. Apalagi perusahaan yang bergerak dibidang bisnis online. Kamu bisa saja menjadi SEO Specialist asalkan bersungguh-sungguh dan sabar dalam menekuni dunia SEO. 

Untuk kamu mahasiswa IT yang sudah memasuki semester akhir di bangku kuliah dan bingung kedepannya akan melanjutkan karir kemana, maka coba simak artikel berikut ini sebagai bahan referensi https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/. Semoga bermanfaat ya.

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D