Yuk Kurangi Pengeluaran Biaya Rumah Tangga dengan Cara Lebih Hemat Menggunakan Listrik

Leave a Comment

Bertepatan pada hari Minggu, 4 Agustus kemarin, Jakarta beserta Pulau Jawa, Banten dan sekitarnya mengalami pemadaman berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 24 jam. Tentu saja hal tersebut memberikan dampak kerugian yang cukup besar bagi berbagai pihak, mulai dari anak-anak yang harus bersekolah, karyawan kantor yang tidak dapat bekerja, hingga pengusaha sekalipun. 

Walaupun pihak PLN telah memutuskan untuk memberikan ganti rugi dengan menggratiskan listrik sesuai dengan durasi pemadaman itu sendiri, bukan berarti kita dapat menggunakan listrik secara bebas. Melakukan penghematan listrik sangatlah penting untuk dilakukan. Telah terbukti bahwa dengan pemadaman listrik yang telah terjadi, bukan hanya kerugian saja yang didapat, namun juga beberapa dampak positif. 

Beberapa minggu yang lalu, Jakarta masuk ke dalam urutan pertama sebagai kota terpolusi di dunia. Namun, semenjak pemadaman listrik, nama Kota Jakarta bahkan berhasil terjun bebas ke urutan 19, yang tentu saja menjadi prestasi yang tak disangka-sangka. Tidak hanya itu saja, pemadaman listrik juga membuat masyarakat menjadi tidak punya pilihan selain saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain, dibandingkan menatap layar ponsel dengan waktu yang lama. 

Nah, sekarang terbukti bukan bahwa menghemat listrik merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Berpengaruh terhadap bumi dan memperbaiki komunikasi antar individu, satu pengaruh lagi yang tidak boleh terlupakan ialah, menghemat listrik juga sangat berpengaruh dalam mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga. 

Sebenarnya cara hemat listrik rumah tangga tidak susah kok. Dengan melakukan aksi-aksi kecil yang anda anggap sepele, anda sudah dapat lebih hemat dalam pengeluaran rumah tangga. Namun yang jadi permasalahan saat ini ialah, bagaimana kah cara hemat listrik rumah tangga yang tepat? 
Tips Hemat Listrik Rumah Tangga 

1. Selalu Mematikan Lampu 

Cara hemat listrik rumah tangga paling sepele dan paling sering kita lupakan ialah, selalu mematikan lampu setelah digunakan. Cukup membiasakan diri dengan mematikan lampu setiap keluar dari ruangan, anda sudah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menjaga bumi sekaligus mengurangi pengeluaran rumah tangga. 

Selain selalu mematikan lampu setiap keluar dari ruangan, cara lainnya anda juga bisa untuk selalu mematikan lampu setiap pergi tidur dan ketika siang hari. Ketika pagi hingga sore hari, manfaatkannya cahaya dari sinar matahari dari pada menyalakan lampu. 

2. Gunakan AC Seperlunya 

Jika udara tidak terlalu panas, janganlah menyalakan AC secara terus menerus. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan tanpa dilebih-lebihkan. Walaupun menggunakan AC memang sangatlah nyaman, tetapi perlu diketahui pula bahwa penggunaan AC merupakan kontribusi utama dalam tagihan rumah tangga yang melonjak. 

Maka dari itu, cara hemat listrik rumah tangga yang paling ampuh ialah dengan tidak terlalu banyak menggunakan AC. Selain itu, hindari pula mengatur AC dengan suhu terkecil karena akan dapat membuat tagihan listrik anda menjadi meningkat sangat tajam. Jika anda sering lupa ketika menggunakan AC secara berlebihan, memanfaatkan fitur timer juga bisa dijadikan sebagai solusi terbaik. Sehingga AC akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan. 

Sedangkan bagi anda yang baru akan membeli AC, cobalah untuk membeli AC yang telah menggunakan teknologi inventer guna membantu dalam penghematan listrik. 

Cara hemat listrik rumah tangga memang tidak sesulit yang kita perkirakan, bukan? Jika anda memang begitu perduli dengan pengeluaran anggaran rumah tangga yang meningkat secara terus menerus, melakukan beberapa aksi kecil seperti mematikan lampu dan menggunakan AC seperlunya memang harus dijadikan sebagai kebiasaan atau habit. 

Tidak hanya kedua hal tersebut, masih banyak sekali aksi-aksi kecil mengenai cara hemat listrik rumah tangga yang bisa anda lakukan. Aksi seperti apakah itu? Baca saja informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/ 

0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D