Showing posts with label konstruksi. Show all posts
Showing posts with label konstruksi. Show all posts

Jembatan Ospek Maba UNEJ

Dasar Maba ! 
Kata-kata ini bukanlah sebuah kata kutukan ataupun bermaksud untuk merendahkan maba alias mahasiswa baru,tetapi guyonan aja buat kita mahasiswa yang udah duluan jadi mahasiswa (aka.tua) buat mereka yang ngelakuin kesalahan/terlihat garing omongannya.kamu siapa?kamu maba juga? dari wajah "you know-lah" sini kayak maba,tapi kalo dilihat dari mikroskop?Ehek jangan nyamain sama jentik-jentik nyamuk!awas ye!

Ngomongin maba itu sepaket sama yang namanya ospek.Dan kali ini gue ngospekin tau (ehm..gue panitia).Nggak apalah meskipun bukan ketua panitia,cukuplah sekarang jadi tukang "usung-usung" (angat-angkat).udah bisa nebak gue masuk divisi apa?"IYA TAHUN INI GUE PANITIA OSPEK!".
Hebat kan?Kalau boleh tau kamu masuk divisi apa ya?ya..meskipun cuma perlengkapan.itu kan artinya gue lengkap bangetkan kaya kopi sachet.Dan ini merupakan sebuah awal kemajuan  dari tahun-tahun sebelumnya (ngaku aja males ikut organisasi).Soalnya otak ini terlalu cepet nyimpulin organisasi itu.....RAPAT-RAPAT-RAPAT-RAPAT dan RAPAT.Tapi sebenernya organisasi itu keren loh.Kalian bisa belajar ngomong didepan orang banyak dan dituntut untuk kerjasama.Cuman itu?
Endingnya kamu bisa dipertemukan dengan pasangan tulang rusukmu alias jodoh (hastag mungkin).HAHAHA..Balik lagi ke maba,kamu tau nggak mahasiswa TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS JEMBER?ituloh Universitas yang akhir-akhir ini tenar karena prestasinya?

Tau nggak?Tau nggak?anggep aja tau ya,klo belum tau silakan browsing apa saja dan dimana universitas jember itu berada.Khususnya buat kamu yang tahun depan lulus SMA,silakan langsung aja daftar kuliah di Universitas Jember (khusunya jurusan teknik sipil ya :* ).Tau alesannya kenapa?kamu bakalan bisa ketemu sama "AKU".HAHAHA.Enggak-enggak cuman becanda,tapi ada benernya juga sih #pikirpikirmulaisekarangya..

Kemarin maba jurusan teknik sipil 2014 membuat prakarya membuat miniatur jembatan daalam rangka serangkaian tugas dari ospek mereka.Karya mereka sangat patut diapresiasikan loh ya...Mau tau hasilnya seperti apa,ini loh rek..


 




Sebenernya ada juga yang lain,tapi karena udah malem ini dulu aja ye,selamat malem :)

Menghidupkan Wilayah Suramadu yang Setengah Hidup

"Suramadu mau dibawa kemana?"
Sekilas mirip judul lagu ya?Ya beginilah namanya ide,bisa muncul kapan saja secara tak terduga.Iya,seperti sekarang ini contohnya,menemukan ide saat membaca banner lomba blog yang bentar lagi deadline sambil dengerin sebuah lagu pop.Yaps,info lomba blog yang tepat,itung-itung bisa "nuangin" ide .Harapannya tulisan ini dibaca oleh semua orang, sehingga tujuan untuk menjadikan Jembatan Suramadu & wilayahnya semakin berkembang bisa SECEPATNYA terealisasikan dengan usaha bersama...ammin..
Membaca ataupun mendengar tentang Madura pasti tidak asing lagi,apalagi buat kalian nih yang punya cewek,cowok keluarga dari Madura pasti apal banget tuh jalannya,tapi ngomongin tempat wisata berani?.Mungkin sebagian besar orang hanya mengenal pulau Madura dari "cover" nya aja.Contohnya nih,coba tanya beberapa orang disekitarmu,apa yang mereka ketahui dari Pulau Madura.Pasti jawabanya sekitar sate Madura (sering lewat depan rumah) ,jembatan Suramadu,dan karapan sapi (gambar yang ada dikartu perdana handphone itu loh..HAHA).Cuma itu aja?
Sebenarnya dibalik itu semua masih ada hal-hal yang harus kita ketahui lho! Makanya,jangan kemana-mana dulu,simak ulasan berikut ini ya..


Mengenal Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura)


sumber gambar : madura.blogdetik.com
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang melintas diatas selat Madura dan menghubungkan antara pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan).Dengan panjang 5.438 m, Suramadu dikenal sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.Jembatan ini dibangun pada tanggal 20 Agustus 2003 (Masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri) dan diresmikan pada masa pemerintahan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono (10 Juni 2009).Dengan adanya jembatan ini,tentunya membawa perubahan yang besar bagi kehidupan masyarakat disekitar Suramadu.Dengan adanya fasilitas ini masyarakat yang tinggal di Pulau Madura dapat dengan mudah mengakses kota lainnya (surabaya khususnya),begitupula sebaliknya kota-kota lain dapat mengakses pulau Madura.Sudah bisa dibayangkan betapa vitalnya bangunan jembatan ini,khususnya masyarakat Madura.Apa jadinya jika jembatan ini tidak berdiri dengah kokohnya seperti saat ini?Ya,Bagaikan katak dalam tempurung,masyarakat Madura akan tertinggal dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia dalam hal interaksi.Hubungan/interaksi sosial akan terkendala (berlangsung sangat lamban) dibandingkan sekarang ini.Terus apakah dampak dari terkendalanya interaksi antar kota ini?
Tau nggak? Diperkiran pembangunan jembatan Suramadu ini menghabiskan dana sebesar 4,5 trilliun.Woow sekali ya...
Lhoh,sebelum ada jembatan Suramadu bagaimana masyarat masyarakat Madura dapat menyeberang ke kota Surabaya atau mengakses luar kota yang lainnya?
Sebelum jembatan Suramadu ini dibangun masyarakat Madura menyeberangi selat Madura dengan kapal.Dari sini udah kebayang kan?Betapa "jubel-jubelan" penumpang akan terjadi sangat menyita perhatian.Tak hanya menguji kesabaran tetapi secara tidak langsung kita memikirkan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.Butuh 5 menit buat nunggu "jubel-jubelan"?10 menit?atau 30 menit?
Sayangnya tidak sesingkat itu,penumpang harus rela panas-panasan antre dahulu sampai berjam-jam demi bisa menyeberangi selat Madura dan menuju kota Surabaya.Fiuhh...
Dari sini terlihatlah bahwa jembatan Suramadu sangatlah membantu masyarakat dalam hal interaksi dengan masyarakat yang lainnya.Untuk meyakinkan lagi kepada kalian bahwa jembatan adalah salah satu infrastruktur penting,kalian harus tahu dahulu nih apa fungsi dari jembatan agar kalian segera terbangun "rasa" untuk ikut serta bersama-sama memikirkan ide-ide cemerlang untuk membangun wilayah Indonesia.
"Jembatan berfungsi sebagai penghubung antara 2 wilayah/tempat yang terhalang karena adanya halangan berupa kenampakan alam,misalnya: sungai,danau,lembah,dsb."
Jembatan Suramadu di pulau Madura dibangun oleh pemerintah sebagai bentuk pemerataan ekonomi. Jembatan ini dibangun pemerintah sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang tinggal di Pulau Madura,yang termasuk dalam katagori masyarakat yang tertinggal.Apa jadinya jika masyrakat yang ada di pulau Madura tidak dapat berinteraksi dengan masyarakat dikota lain?Pulau Madura akan menjadi terus-terusan desa yang tertinggal.Interaksi sosial tersebut sangatlah besar andilnya dalam mempengaruhi pulau Madura menjadi daerah tertinggal.Ketertinggalan ini dapat kita lihat dari berbagai sektor,antara lain: Sarana & prasarana, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dsb.
Maksudnya apa ya? Masih bingung nih!
"Pengen sih ke pulau Madura,tapi masa cuma lihat jembatan aja?"
Mungkin kalian juga bingung,liburan ke pulau Madura masa' tujuannya cuma satu,lihat jembatan Suramadu aja?Ada referensi nggak nih?
Kasus diatas merupakan contoh kasus simpel yang sering terjadi saat kita mau pergi liburan tetapi kita masih bingung tempat wisata mana aja yang sekiranya bisa kita kunjungi dalam satu kunjungan.Prinsip ''Sekali mendayung 2,3 pulau terlampaui" masih sangat berlaku saat liburan.Nah,kalo udah begitu perlu adanya peninjauan lebih lanjut nih,bukan saatnya untuk menyalahkan siapa dan pihak manakah yang kurang aktif untuk merawat & memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada dan bisa dikunjungi. 
Nah,yang dimaksud "setengah hidup" diatas masalah ini nih,saat jembatan sudah dibangun dengan kokohnya tetapi perkembangan tersebut tidak diimbangi dengan kemajuan kekayaan daerahnya yang seharusnya sih bisa dipertontonkan ke seluruh dunia.Mungkin secara tidak langsung perkembangan itu ada akan tetapi perkembangan tersebut berjalan sangat lamban.Dan yang harus kita cari jalan keluarnya yaitu,"Bagaimana caranya untuk mempercepat perkembangan kekayaan yang dimiliki pulau Madura?"
Sebenarnya tempat wisata,baik wisata alam,buatan,kuliner maupun budaya suatu daerah itu pasti ada.Masalahnya cuma satu,tempat-tempat tersebut belum diketahui oleh banyak orang,yang mungkin juga lokasi untuk menuju tempat tersebut sangat terpencil dan membutuhkan kendaraan khusus.Sayangnya hal tersebut didukung dengan kurangnya dalam hal promosi sehingga kemungkinan untuk dikenal oleh banyak orang dinegeri ini juga semakin sulit.
r
Sarannya sih,mari kita promosikan wisata tersebut semenarik mungkin mulai dari hal terkecil dari mulut ke mulut atupun menawarkan paket-paket liburan yang menarik.Wisata madura adalah wisata negeri kita,itu artinya semua warga negara wajib mempromosikannya baik itu untuk wisatawan lokal maupun internesienel (Baca:Internasional,Hehehe)
Madura akan lebih "Asyik & Nagih" buat dikunjungi jika ada...? 
(isilah titik-titik diatas dengan jawaban yang tepat)
Eh,ini bukan soal ujian.Tapi pertanyaan buat masing-masing individu untuk menilai  pulau Madura sejauh ini.Kalau menurutku sih pulau Madura wajib memiliki :
1.Tempat pusat oleh-oleh
Disini buat ajang pamer kerajinan tangan yang dibuat oleh tangan kreatif masyarakat Madura,misal batik,kaos loreng, ataupun accesoris khas Madura.Tempat pusat oleh-oleh harus memiliki kawasan tersendiri agar tertata rapi dan sehingga para wisatawan mudah & nyaman untuk mengunjunginya.
2.Tempat wiskul (wisata kuliner)
Sebenarnya selain sate Madura,pasti banyak banget jenis kulinernya.Apalagi kalo udah muter-muter tempat wisata kerasa capekya,nah pelampiasannya ke makanan deh..
3.Tempat pertunjukan seni
Seni bisa berbentuk pameran alat musik, benda-benda yang mempunyai sejarah,tarian,nyanyian dll.
4.Taman Bermain
Tak hanya untuk anak-anak,tempat ini asyik banget dikunjungi.Dan tentunya taman bermain ini dilengkapi dengan kolam renang yang gedeeeee...banget.Bisa bikin momen indah buat keluarga tuh.Oh iya,tempat bermain yang ada kolam renangnya & banyak tanamanya juga ya,biar adem.Bisa jadi taman ini bakalan menjadi tujuan utama wisatawan karena setelah melewati panas matahari sepanjang jembatan Suramadu,para wisatawan ingin beredam di kolam ataupun sekedar berteduh dibawah-bawah pohon yang rindang.
5.Tempat penginapan
tempat wisatanya aja banyak banget yang wajib dikunjungi.Dan itu nggak cukup 1 atau 2 hari saja untuk mengunjunginya.Tempat penginapan pasti banyak dibutuhkan oleh wisatawan.Tempat penginapan ditepian pantai gitu seru kali ya,apalagi penginapannya didesain dengan warna-warni lampu lampion."Wuuuih so romantic".

Nah,Kalo lewat jembatanya aja udah menarik,trus baru nyampek Madura langsung disuguhkan dengan pesona seperti diatas,pasti wisatawan bakalan betah untuk berkunjung ke pulau Madura.Bisa jadi mereka ingin menetap tinggal di pulau Madura..atau paling enggak dalam hatinya bilang," OK,LIBURAN SELANJUTNYA AKU PASTI KE MADURA LAGI" xixixixi...
Cukup gunakan fasilitas yang murahpun sudah bisa,contohnya menggunakan berbagai jejaring sosial yang ada.Dengan jejaring sosial tersebut kita bisa unggah foto ataupun berbagai informasi terbaru mengenai tempat wisata yang akan kita promosikan.Tidak hanya itu saja,media cetak dan elektronik juga harus dimanfaatkan (Jika didukung dana yang mendukung hehe..).Media-media yang lain dapat berupa buku panduan wisata, brosur, iklan radio/televisi, peta navigasi wisata,baliho,website,blog dsb.
Jangan lupa ya.. menempatkan peta navigasi diberbagai titik-titik strategis yang banyak lalu lalang orang.Jangan ditempat yang salah (sepi orang)

Satu lagi tips yahuudnya nih,buat acara tahunan yang sedemkian menariknya,sehingga mampu menjadi,"vacum cleanernya" pulau Madura.
Vacum Cleaner gimana maksudnya?Membuat daya tarik,yang bisa banget menarik peratian & membuat ketagian para pengunjug.Ciri khas pulau Madura,bisa dalam bentuk pameran ataupun event seperti karapan sapi itu loh..
Okey,mungkin dulu para wisatawan sebenarnya ingin menyaksikan karapan sapi secara langsung,te...ta...pi dikarenakan untuk menjangkau pulau Madura saja butuh perjuangan banget (#kaya mau deketin cewe tapi bapaknya galak amat Hahaha..),bisalah mereka beralasan untuk tidak datang langsung menyaksikan karapan sapi di pulau Madura.Tapi sekarang,udah dibangun jembatan Suramadu tuh?masih punya alasan lagi?malu..dong...! Hahaha..
Setuju?
bayangkan coba jika pulau Madura dengan kota Surabaya tidak dihubungkan dengan Jembatan Suramadu,interaksi akan terjadi secara lambat,dan kesenjagan antara pulau Madura dengan Kota Surabaya akan sangat terlihat,padalah keduanya kan sama-sama wilayah Indonesia,menyedihkan sekali kalo hal tersebut terjadi.
Dulu untuk menyeberang saja membutuhkan waktu berjam-jam (inget:untuk antri saja).Tapi sekarang dengan adanya jembatan Suramadu ,hanya membutuhkan waktu sekitar menit-an aj,masyarakat Madura dapat mengakses kota Surabaya dan sebaliknya.Jika interaksi dan kegiatan berjalan dengan cepat dan lancar maka aspek-aspek lain yang menunjang Pulau Madura menjadi Pulau yang berkembangpun siap didapatkan.
Aspek-aspek tersebut dapat berupa pendidikan,kesehatan,perekonomian dan lainnya,terutama menyangkut kesejahteraan hidup.
Kalo pemikiran diatas sih termasuk pernyataan yang salah ya bro! Mewujudkan wilayah Suramadu TIDAK HANYA tugas pemerintah, tetapi tugas seluruh warga negara Indonesia. Tapi aku bukan masyarakat Madura loh,apa aku berkewajiban ikut serta memajukan wilayah Suramadu?.Peran pemerintah tanpa dibarengi andil kita (seluruh masyarakat Indonesia) tidak akan terwujud nyata.Oleh karena itu kalian (bukan masyarakat Madura) juga harus ikut serta didalamnya.Caranya gimana?
Tidak perlu hal-hal yang besar,dimulai dari hal terkecil dahulu juga bisa.misalnya : kamu bisa bercerita kepada teman atau orang disekitar kamu mengenai tempat-tempat yang pernah lihat/kunjungi saat berada di Madura atau biar bisa diketahui banyak orang secara langsung kamu bisa mendokumentasikan cerita kamu didalam sebuah web atau blog.Bukanlah itu mudah?Seperti web yang satu ini nih:

Sumber gambar : http://plat-m.com
Sebuah "teamwork"  yang bagus yang dikerjakan oleh blogger-blogger Madura (nak-kanak Madura).
Bersama-sama,mereka memperkenalkan all about Madura melalui tulisan-tulisan mereka dari berbagai hal,mulai dari budaya,sosial,sejarah,kuliner,update berita dll.

Mereka sangat bangga memilik Madura! Saya sebagai orang yang bukan dari Madura juga SANGAT BANGGA karena Madura adalah bagian dari INDONESIA.

Madura banyak potensi/kekayaan  yang bisa menjadi bibit untuk dipamerkan ke negeri "bule" (kanca Internasional).
Oh ya,ada juga lembaga yang namanya BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura) yang juga berperan dalam memajukan wilayah Suramadu.Apa sih visi dan misi lembaga BPWS?
                                                                        KLIK GAMBAR LEBIH JELAS :D
Saran-saran dan ide untuk Jembatan Suramadu :
 
1.Kegiatan perawatan (maintance harus rutin dilaksanakan oleh pihak terkait).
Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kondisi struktur yang aman dan kokoh
2.Patroli rutin yang dilakukan oleh petugas keamanan untuk menjaga     keamanan wilayah jembatan & pemakai fasilitas jalan tol 
(kriminalitas,misal.pencurian baut/komponen jembatan oleh pihak tertentu)
3.Dibeberapa titik tertentu mungkin bisa dipasang kamera pengintai 
(cctv) untuk membantu pengawasan diarea tersebut
4.Penjaga kebersihan siaga,supaya jalan tol terjaga kebersihannya
5.Antrian diloket pintu masuk tol terlalu panjang sehingga perlu 
   ditambah  adanya pintu loket
6.Tips yang mungkin sepele tapi perlu diperhatikan.Ada kaitannya degan kebiasaan yang suka foto selfie.Apakah kamu salah satunya?Sebenarnya kebiasaan untuk selfie itu sendiri tidak merugikan.Tapi bermasalah jika mereka berselfie ria ditempat yang salah,Jalan tol Suramadu.Wooih,gimana enggak bahaya tuh,apalagi buat keluarga yang mempunyai anak-anak kecil,jika si-ortu lenggah sanggat membahayakan juga loh.Tapi kenyataan yang ada banyak sekali pengendara yang turun dijalanan cuma sekedar ingin berfoto dengan background jembatan Suramadu.Kalau udah begini nih ya,ada 2 solusinya:
1.Sembarangan turun dijalanan dikenai sangsi yang tegas (denda)
2.Pemakai jalan dibuatkan spot khusus untuk berfoto-foto/istirahat.

7.Rest area sangat penting juga loh buat pengguna jalan tol Suramadu.
   Rest area ini tentunya strategis dengan pusat oleh-oleh khas 
   Madura & tempat makan & makan gitu
8.Bagian tepi jembatan diberi selang yang bisa memancurkan air & warna-warni & lampu yang terpasang warna-warni sehingga ketika malam hari air seperti pelangi dan menjadi pemandangan yang sangat indah
9.Disisi jalan dipasang detector yang bisa mendeteksi kecepatan pengendara,sehingga apabila melewati batas kecepatan yang dijinnkan,pengguna bisa dikenakan sangsi.

Referensi : -Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (http://bpws.go.id)

close