Sayang Jantung? 5 kebiasaan ini akan menjadi inventasi buat jantung sehatmu

Leave a Comment

Saya benci asap rokok, bukan perokoknya. 

Tulisan sebuah meme (gambar) di instagram, seketika saya teringat beberapa tahun lalu. Sekitar tahun 2006. Situasi dimana aktivitas merokok masih dianggap tabu untuk dilakukan oleh remaja sekolah menengah pertama. Terbukti, tidak banyak anak seusia saya yang merokok. Jikapun ada, mereka melakukannya sembunyi-sembunyi. Sanksi tegas diberikan oleh sekolah jika siswanya dipergoki melakukan aktivitas merokok.


Aktivitas tersebut dilakukan sembunyi-sembunyi. Kadang di lapangan belakang sekolah yang jauh dari hiruk pikuk, warung-warung luar sekolah hingga rumah-rumah warga, tempat mereka menitipkan sepeda. Tak jarang, pemandangan tersebut sering saya lihat ketika pulang sekolah, tempat-tempat biasanya mereka nongkrong.


Rokok itu rasanya seperti apa, entahlah hingga saat ini (kuliah) saya belum pernah merasakan. Dampak horor merokok telah mengalahkan rasa penasaran saya terhadap rasa batang berasap tersebut. Ya, Saya benci asap rokok, bukan perokoknya. Tetapi dua jempol lagi, jika si perokok bisa menghargai non-perokok dengan tidak merokok di sekitarnya.


Bagaimana jika kita berada ditempat umum? Ya memang asap rokok sekarang ada dimana-mana. Salah satunya ketika berada dalam angkutan umum. Banyak orang yang tidak ragu untuk memainkan asap-asap manja dan menyemburkannya ke udara. Orang-orang di sekitarnya (bukan perokok) sesekali bahkan kerapkali melirik ke arah si perokok, pertanda kurang berkenan dengan aktivitas yang dilakukannya.


Saya sangat setuju dengan tindakan orang-orang anti asap rokok yang mereka lakukan. Tidak lain karena saya juga melakukan hal-hal tersebut untuk menghindari asap rokok, salah satunya selalu sedia masker kemanapun saya pergi. Kami peduli dengan kesehatan dan berusaha menjaga jantung sehat. So, hargailah kami dengan tidak merokok disekitar kami!


Fakta lain, jika seseorang yang merokok aktif selama kurang lebih dari 20 tahun atau lebih, akan meninggal dunia lebih cepat karena penyakit jantung di banding mereka yang tidak merokok.


Ya, penyakit jantung dapat dicegah yaitu dengan penerapan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat yang mudah dan bisa kalian lakukan diantaranya:


Tentu, jangan merokok dan hindari asap rokok. Rokok mengandung lebih dari 600 zat kimia yang dapat merusak sel di dalam arteri. Hal ini dapat memicu peradangan yang dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam jantung dan resiko terkena penyakit jantung dapat menurun hingga 50%. 

Bahaya merokok sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, rokok yang berbahaya ada pada tembakau dan juga asapnya. Asap yang dihembuskan oleh perokok dibagi menjadi dua, yakni asap utama dan juga asap samping. Asap utama ini merupakan asam tembakau yang dihirup oleh si perokok, sedangkan asap yang kedua ini adalah asap tembakau yang kemudian akan disebar ke udara debas dan dihirup oleh jutaan manusia yaitu non-perokok.



Hasil penelitian menemukan setidaknya ada 4.000 jenis bahan kimia yang ditemukan dalam kandungan rokok. Dari 4.000 tersebut, 40 diantara bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Dan zat yang bersifat karsinogenik tersebut lebih banyak justru ditemukan pada asam samping yang dihirup oleh orang lain, bukan si perokok. 

Jika asap rokok tertelan? Bisa menyebabkan kanker paru-paru bagi perokok aktif maupun perokok pasif (penghirup asap rokok). Oleh karena itu, hindarilah kawasan penuh rokok ya sob!

Perhatikan komposisi makanan (gizi seimbang) dalam setiap asupan makanan setiap hari. Singkatnya, dalam setiap piring usahakan terdiri dari 50% sayur dan buah, 25% protein, 25% karbohidrat. Mudah kan?



Memang kehidupan selalu muncul masalah, mulai dari masalah pekerjaan hingga masalah pribadi. Tapi percayalah, semua masalah akan terselesaikan. Jangan sampai stress, jalani dengan rilexs, luangkan pikiran untuk beristirahat menikmati hiburan. Baca komik, jika kalian suka komik, nonton film, mendengarkan musik atau bermain medsos untuk mencari gambar dan video lucu sebagai hiburan seperti yang biasa yang saya lakukan. Jika hiburan yang kalian cari bisa membuatmu tertawa, lakukanlah. 


Dengan tertawa, itu artinya kalian telah menurunkan hormon stres yang diketahui dapat merusak lapisan pelindung pembuluh darah. Saat sedang stres,  jantung  menerima adrenalin dalam dosis lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknormalan irama jantung dan bertambah lengketnya trombosit yang pada akhirnya mengakibatkan sempitnya arteri.

Hormon yang dilepaskan saat seseorang depresi juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Karena itu, penderita depresi harus mendapatkan pengobatan sesegera mungkin, salah satunya mencari hiburan yang bisa membuat pikiran rilexs dan lebih fresh.



Waktu tidur ideal adalah 6-7 jam sehari. Jika  tidur kurang dari lima jam, tubuh cenderung mengalami penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung. Dan suatu saat dapat pecah dan menimbulkan serangan jantung plus stroke. Hasil penelitian The Journal of the American Medical Association, 495 orang dewasa menunjukkan bahwa jumlah orang yang mengalami pengapuran arteri dapat diturunkan 1 dari 10 orang dengan menambah jam tidur ekstra loh.

DOcar bukan mie instan, tapi DOcar bisa bikin liburan kamu jadi Instan

6 comments

Tahun ini, tahun keempat kita berteman. Aku, Ari, Arga, Faisol, Putra, Lia, April dkk. Kisah persahabatan masa kuliah akan segera berakhir menjadi kenangan manis tak terlupa. Mereka bukan sekedar sahabat, lebih pantas menyebut mereka keluarga. Saling berbagi dan membantu satu sama lain.

Satu persatu dari kami lulus kuliah dan kini meninggalkan kota perantauan. Selamat tinggal kota Jember, selamat datang kota perantauan kita yang baru. Dimanapun kalian merantau (bekerja) nanti, jangan lupa piknik ya rek! Jangan sampai teman terdekatmu ini (aku) bilang ...

Kalau sudah begini, tak jarang, salah satu dari kami tiba-tiba menetukan jadwal liburan on the spot (dadakan). Mengunjungi tempat wisata yang sama untuk kedua atau kesekian kali sebagai bentuk pelepas penat bukanlah suatu masalah. Meskipun diantara kami sudah pernah berkunjung ke tempat yang sama lebih dari satu kali, nyatanya sensasinya bisa berbeda. Tempat yang sama, orang dan waktu yang bereda, sensasi liburan yang dirasakan pasti berbeda. Betul kan?

X-BADENG ADVENTURE : Wisata arum jeram di Kecamatan Songgon, Banyuwangi

Masih banyak tempat yang kita rencanakan sejak dulu. Sebagian besar tujuan wisata impian kami belum terwujud dan sampai sekarang masih menjadi wacana. Mulai dari impian liburan ke Bali, Malang, Yogyakarta, Lombok, Bandung dan banyak tempat lain yang kata orang sih wajib dikunjungi karena bikin nagih. Keinginan tersebut semakin menguguat dan menjadikan telinga berdengung saat saya mendengar slogan, "jangan di rumah saja, Indonesia itu indah" :) 

Bagi kami, traveler amatiran, masih ada-ada saja faktor yang menggagalkan liburan. Mulai dari khawatir masalah biaya hingga masalah transportasi ketika berada di kota tujuan wisata. Jelasnya, bingung memilih jenis transportasi yang bisa di gunakan oleh kita (rame-rame). Alasannya kita tidak memilih mobil pribadi, apalagi kepiawaian untuk menyetir mobil sendiri.


Hallo rek, jika nanti kita punya waktu libur cukup panjang dari rutinitas kesibukan masing-masing, yuk kita liburan ke Yogyakarta? Salah satu tujuan wisata kita yang belum terpenuhi itu.

Masalah transportasi? Tenang, kali ini kita bisa menggunakan jasa . Jasa dapat kita gunakan untuk explore dan main-main di Yogyakarta. M
enikmati kekonyolan bareng sesuai gaya liburan kita yang rame-rame itu bray. Liburan rame-rame, foto sana-sini, manjain perut dengan kuliner dan kegiatan seru lainnya. Ngomongin manjain perut jadi lapar nih, saya belum makan saat menulis ini hehe... Eh, meskipun sifatnya instan tapi Bukan Mie Instan loh ya. Persamaannya,  bisa buat liburan kamu jadi instan dan "NO RIBET".

Liburan ke Yogyakarta nanti, saya pengen mengajak kalian pergi ke Bukit Bintang, Pantai Parangkusumo, Gua Pindul. Pokoknya tempat-tempat instagramable di Yogyakarta. Kalau kalian, ada nggak tempat wisata rekomendasi di Yogyakarta?



Dengan aplikasi  kita bisa menuju tempat wisata dengan cepat, aman dan nyaman plus ada driver (sopir) yang bisa diandalkan sekalipun kita tidak tau arah di tempat tujuan wisata. Benar, kali ini tidak usah bngung lagi siapa yang akan menyetir mobil. Kita tingga tiduran, tengo kanan-kiri kita akan dibawa menuju tempat wisata. Cocok banget buat kita yang ingin liburan tapi tidak ada transportasi maupun bingung akan transportasi di tempat tujuan wisata.

Jadi, Aplikasi  adalah aplikasi layanan sewa mobil online Solo, Jogja dan Semarang berbasis Android. Aplikasi ini bisa didapatkan di playstore android dengan ukuran 18,47 MB. Saya sudah mendowload juga kok.


Dengan aplikasi ini, nanti kita bisa menyewa mobil untuk jalan-jalan di kota Yogyakarta tanpa kerepotan naik transportasi apa dan gonta-ganti alat transportasi. Selain mudah dan tepat, ada beberapa keuntungan jika kita menggunakan aplikasi  dibandingan metode lain ketika menyewa mobil. 


Poin-poin diatas adalah kelebihan sewa mobil dengan aplikasi  di bandingan sewa mobil dengan metode lain (tanpa aplikasi). Jika teman-teman masih belum jelas, hayo apa lagi yang ingin ditanyakan? Mau tahu lagi tentang aplikasi ? Okeey..

Poin pertama, Mudah dan Fleksibel. Kemudahan bisa kita rasakan saat melakukan transaksi menyewa mobil dengan aplikasi . Hanya membutuhkan 3 tahap untuk menyelesaikan transaksi. Fleksibelnya, transaksi ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan tujuan masih tercover oleh jasa sewa mobil

Aplikasi  bisa kalian gunakan di kota Solo, Jogja dan Semarang. Jalan-jalan ke beberapa tempat di kota tersebut bisa semakin instan tanpa memikirkan ini-itu. Selain itu tempat-tempat tujuan yang masih dalam area satu pulau juga bisa sob. For your information, untuk masing-masing kota tersebut memiliki batas-batas cangkupan daerah sebagai berikut:



Poin kedua, dengan aplikasi , kita bisa mendapatkan harga termurah. Jelas dong, mobil-mobil yang akan kita sewa bisa kita bandingkan. Mulai dari harga hingga spesifikasi mobil. Disini sewa mobil dengan harga menarik dan pelayanan yang terbaik tentu bisa kita dapatkan. Menurut saya, salah satu bentuk layanan terbaiknya yaitu dengan adanya 7 fitur andalannya. 


Mencari perusahaan rental mobil yang memberikan harga menarik dan bersaing juga tidak perlu lompat sana-sini. Cukup mengakses aplikasi  di android, perbandingan harga beserta spesifikasi mobil ditampilkan oleh jasa rental yang bekerja sama menjadi partner .


Sangat cocok untuk kita karena bisa disesuaikan dengan budget liburan yang kita miliki. Mau sewa mobil tanpa BBM, sewa mobil+BBM, atau sewa mobil dengan paket lengkap All in One (BBM+makan driver+parkir+tol, dll) juga bisa loh. Harga bebeda-beda, tergatung kebutuhan da permintaan kita. Sehingga, paket ini sangat cocok untuk kita-kita yang nggak mau ribet. Untung double juga ketika  menyediakan promo-promo kejutan di menu promo.


Poin ketiga, Banyak jenis mobil yang bisa dipilih. Sebagai e-marketplace, bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. mempertemukan partner-partner penyedia jasa sewa mobil yang ingin memasarkan jasa sewa mobil dan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.



Eits, jika kita berpergian dengan anggota keluarga atau banyak teman sebaiknya gunakan mobil jenis keluarga seperti mobil avanza, toyota kijang atau mobil keluarga lainnya ya bray. Sesuaikan kapasitas tumpangan mobil dengan kebutuhan kita, jika kita liburannya rame-rame alias rombongan. Mau sewa mobil, butuh peta navigasi? Lihat disini kuy ...


Untuk melayani rental dan sewa mobil kota Solo, Jogja dan Semarang,  menyediakan hampir semua jenis mobil. Mulai dari city car, mobil mewah hingga big bus, Avanza, Xenia, Nissan March, Grand Livina, Travello, ELF, HiAce, Alphard, Vellfire, Camry, APV Arena, Grand Innova, Fortuner, Pajero, Pregio, dll. Banyak deh pokoknya ...


Poin keempat, manajemen sewa jelas. Mulai dari awal transaksi hingga mobil sewaan menghampiri kita, prosesnya tersistem dengan baik di aplikasi . Mulai dari masalah (jika) mobil yang datang tidak sesuai dengan pesananan atau hal lainnya dapat terkontrol dan kita koordinasikan kepada pihak . Sobat bisa menyampaikan keluhan tersebut ke customer support.



LALU, CARA PEMBAYARAN BISA LEWAT APA AJA?

Pembayaran penyewaan mobil melalui aplikasi dipermudah dengan beberapa pilihan yang disediakan. Metode pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank (BCA, Mandiri, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima), kartu kredit (Mastercard, Visa) dan PayPal.


TIPS : Sebenarnya bisa sih, kita menyewa mobil di kapan saja. Tetapi waktu terbaik untuk melakukan pemesanan adalah 1 minggu sebelumnya untuk memastikan ketersediaan mobil yang kita inginkan. Kalau jauh-jauh hari sudah persiapan, tinggal enaknya juga kan?


Kesimpulan: 

1.Hallo braay reader, jika ingin liburan di kota Solo, Jogja dan Semarang sekarang tidak perlu bingung lagi. Dengan adanya aplikasi , mobilitas liburan kamu bisa mudah dan tidak memakan waktu alias serba mudah & instan. Mau solo traveling, rombongan traveling dan tanpa kendaraan? Siapa takut! Videonya dibuatin dibawah ini ya brayy ...


2.Satu lagi, saat kalian memutuskan sewa mobil sebaiknya perhatikan mengenai pelayanannya. Pilihlah penyedia jasa sewa yang memberikan pelayanan cepat, tanggap dan terbaik. Jika kalian mendapatkan pelayanan yang tidak baik (tidak ramah, tidak cepat dan terbaik) sebaiknya carilah sewa mobil lainnya yang lebih baik. Oke! 

Masalah transportasi solved ya, jadi sekarang Yogyakarta, Solo dan Semarang ada rekomendasi tempat wisata apa nih brey buat saya? 


  Situs                            Playstore 
 Google Plus             
close