5 JAJANAN SEKOLAH POPULER TAHUN 90'AN

8 comments
Sekitar tahun 2000-an kalau nggak salah. Masuk sekolah SD kelas 1 dan diiming-imingi dengan aneka ragam jajanan sekolah yang jelas berbeda dengan jajanan di Taman Kanak-Kanak. Hanya melihat jajanan yang beraneka ragam SD menjadikan saya menyimpulkan bahwa dunia itu tak sesempit yang saya bayangkan sebelumnya.

“Waaaah... jajanan di SD lebih banyak dan beraneka ragam daripada saat TK. Sesimpel itu. Dari itu saya juga membayangkan jika saat SMP, SMP dan jenjang berikutnya jajanan yang saya temukan juga semakin bermacam-macam.



Postingan soal jajanan hits masa kecil ini terinspirasi dari postingan mbak vindy yang sangat menarik disini. *Tosss .... sama-sama geng generasi tahun 90’an jajanan yang ditulis oleh mbak vindy ini juga dulu saya temui bahkan menjadi jajanan yang favorit beberapa diantaranya. Nah selain jajanan yang suda diceritakan didalam blognya. Bentar – Bentar – Bentar ....

Beri beberapa menit untuk mengingat-ingat apa saja jajanan hits yang menghiasi masa kanak-kanak saya (jajanan saat masa SD ya). Nah, mungkin saja jajanan berikut sama-sama sempat sobat temui pada zamannya. Jangan-jangan kita memang seumuran lagi?

1. Permen berbentuk rokok
Tampilan yang menarik membuat jajanan ini begitu diminati. Tampilan seperti rokok lengkap dengan sulutan apinya membuat jajanan ini  “gaul” bagi pemakannya. Barang yang biasanya hanya boleh digunakan oleh orang dewasa tapi kali ini aman dimakan sebagai jajanan anak-anak. Tapi hal ini benar-benar aman atau gimana ya terkait bungkus yang menyerupai rokok?



2. Es Kopi
Eh, maaf sebelumnya mungkin nama asal yang saya labelkan. Entah itu namanya es potong atau es batik (bungkus kertas kado batik) atau es kopi. Es ini berbentuk silinder memanjang yang kemudian dipotong sesuai dengan harga pembelian. Dan ... momen yang paling mengesankan saat mencelupkan sendiri es setelah dipotong kedalam sebuah cairan hitam (seperti kopi) yang menambah dasyatnya es potong.
 ini.

3. Agar-agar mini
Kalau dijual khusus sepertinya tidak ada. Hanya saja disekolah dasar jajanan ini sangat pasti dan mudah didapatkan. Seorang penjual sebenarnya menjual “semacam game” dari sekumpulan benang yang bagian ujung bawahnya diberi hadiah tatto atau stiker. Nah jika beruntung dengan benang yang ditarik (dipilih) maka akan mendapat tatto atau sticker. Tapi jika tidak beruntung, kita akan mendapatkan agar-agar mini. Hehe. Paham?



4. Mie Fajar
Entah yang ini khusus jajanan anak desa atau hampir sama dengan yang lainnya. Mie instan yang seharusnya diseduh sebelum dimakan, benar-benar dimakan secara instan sebagai jajanan. Cukup dikremes dan ditaburi bumbu-bumbu yang sudah bundling didalamnya membuat mie fajar adalah idola semua anak. Oh iya, mie fajar ini menurutku mie instan ter-kriuk (baca: renyah) diantara mie instan lainnya.



5. Sejenis kerupuk tapi berwarna pink
Cukup sulit menemukan gambar ini di mbah google karena nama pasti jajanan ini sumpah saya tidak tau. Lebih spesifiknya kerupuk ini didominasi hanya 2 warna pink dan kuning. Lebih terasa nikmat jika kerupuk bulat dan tipis diini dibubuhi cokelat berbentuk batang yang dapat dipencet (coki-coki mungkin) dan dilukis dengan gambar-gambar sesuka hati.




https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/673/59?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.zenrooms.com%2F
Inilah  5 jajanan hits pada era saya sekolah di tingkat sekolah dasar. 5 jenis jajanan juga yang secara cepat muncul dari “flashback” yang saya lakukan tadi sebelum menulis artikel ini. Tentu dong masih banyak jenis jajanan yang lainnya. Sobat punya kenangan dengan jajanan diatas atau jajanan yang tidak kalah populer dan mirip dengan jajanan yang saya sebutkan diatas. Share dikomentar dong ..... 

sumber gambar : 
himajuriisipjkt.wordpress.com 
http://www.udincakung.com
bukalapak
http://resepmakansedap.com

8 comments :

  1. Itu, yg permen rokok juga populer di jamanku loh mass, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bberapa waktu lalu sempet lihat ditoko jajan ini, berarti sampai sekarang ada :D

      Delete
  2. Astaga, nomor 4 itu rasa mienya bikin nagih, gurih2 sedep kebanyakan MSG.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak manusia lagi berinovasi. Gak ada mie kremez mie instan pun jadi :p

      Delete
  3. Permen berbentuk rokok itu mirip bener dengan rokok sungguhan ya. Aku dulu juga suka makan permen ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sambil makan sambil sok gaya-gayaan :p

      Delete
  4. Aku kurang tahu yang mie fajar... kayanya enak deeeh...

    ReplyDelete
  5. Semuanya pernah rasain kecuali yang mie fajar,,, :)

    ReplyDelete