RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

#BukaReview: Modal hanya 100 ribu untuk belajar gitar ukulele, dapat ukulele apa sih?


Setiap kematian butuh peratapan. Begitu juga cinta yang telah mati. Maka lakukanlah apa yang orang patah hati lakukan. Menangis hingga tidak bisa mendengar suara kamu sendiri. Makan coklat sebanyak-banyaknya, mandi air panas hingga jarimu pucat, pergi ke cafe dengan tatapan nanar, pesan satu buah es teh manis karena kopi mungkin terlalu pahit untuk diminum disaat seperti ini - Kepada Orang yang Baru Patah Hati, Raditya Dika
Ah, barangkali saya terlalu melankolis, ketika saya merasakan patah hati yang tidak biasa seperti ini dan saya menjadi se-melow ini. Iya, pernah sakit tapi tak pernah sesakit ini. Kisah cinta yang terjalin bertahun-tahun harus berakhir begitu saja.

Satu kata mengakhiri chat yang saya terima,"Kayaknya aku gabisa bareng-bareng lagi, maaf banget". Kita yang kemudian menjadi dingin lalu mengasingkan diri satu sama lain. Satu tahun kemudian, saya mendengar kabar baik dari orang-orang sekitar saya, dia menikah dengan seseorang yang menjadi pilihannya.

Saya? Tentu saja harus lapang dada sembari sibuk mencari banyak cara bagaimana membuka lembaran baru dan melupakan semuanya. Susah juga ya ...



Sebut saja dia mawar, orang yang pernah membuat saya jatuh cinta selama bertahun-tahun. Tapi kini, dia menjadi siluet hitam dan kadang sengaja dibuat nge-blur (memudar) seperti yang sering ditampilkan dilayar kaca, televisi. 

Sejalan bagaimana saya mendeskripsikan, saya akan membuat mawar dan kenangan-kenangannya dimasa lalu memudar dari kehidupan saya. Termasuk kenangan manis saat 'menepuk-nepuk' mesra dengkul mawar dipemberhentian lampu merah, berdua berboncengan diatas motor, itu manis. Kenangan yang dulu manis nan romantis kini berubah menjadi pahit sekali..



Begitulah kehidupan, sebagaimanapun menjalin hubungan asmara bertahun-tahun tidak juga menjamin kepastian dengan orang tersebut. Bahwa tiba-tiba hubungan asmara harus berakhir, tiba-tiba harus ada yang meninggalkan dan tinggalkan. Kita bahkan tidak akan pernah tau orang yang tepat untuk kita sebelum hari akad ... 
Kepada orang yang baru patah hati. Setelah kamu bosan bersedih. Ini lah saatnya kamu mengangkat dirimu kembali. Mulailah dengan hal yang mudah. Kamu bisa mencoba mengambil gitar Dan mengambil nada-nada mayor yang bahagia. Ambil piano dan bermin soneta yang indah. Atau jika dirimu tidak bisa bermain musik. Lihatlah dirimu didepan cermin dan bersenandunglah. Lalu diantara nada-nada itu bisikan kepada dirimu sendiri. Aku pantas untuk bahagia - Kepada Orang yang Baru Patah Hati, Raditya Dika


Membuat sibuk hari-hari dengan melakukan hal-hal yang saya suka, menemukan hal baru, (dan mungkin) orang-orang baru juga yang bisa membuat saya tidak sempat lagi memikirkan kenangan-kenangan pahit dimasa lalu.

Misalnya saja jika kamu suka hal-hal dibidang tertentu, maka explore dirimu dengan hal yang menjadi kesukaanmu itu. Begitu juga dengan saya, salah satunya menyibukkan diri dengan belajar bermain ukulele. Yes, Ukulele! You make me falling in love..



Dan kali ini saya akan bercerita tentang ukulele dan cerita dibalik ukelele yang saya miliki ini. Termasuk juga pengalaman yang satu ini. Modal hanya 100 ribu untuk bisa belajar gitar ukulele dapat ukulele apa sih?

Saya tertarik dengan alat musik ukulele sejak sekitar 3 tahun yang lalu. Waktu itu saya sering pulang-pergi dari kota tempat kuliah menuju kampung halaman dengan menggunakan bus. Didalam bus seringkali menjumpai musisi jalanan (mas-mas pengamen) yang membawakan lagu menggunakan iringan ukulele. 

Dari keseringan mendengarkan bunyi-bunyian ukulele yang menurut saya 'unik' dan khas sepaket dengan suara cempreng mas-mas pengamen #miripsuarasaya (cempreng tapi bagus, beneran) itu akhirnya saya mulai tertarik dengan ukulele. Hasrat untuk membeli ukulele saat itupun ada.

Namun waktu demi waktu berlalu, saya memiliki gitar akustik. Tidak, saya tidak membeli gitar akustik dan mengurungkan membeli gitar ukulele. Tetep kok. Bedanya Gitar yang menjadi wishlist beberapa tahun lalu terpenuhi begitu juga ukukele yang menjadi wishlist di tahun ini, terwujud.


Gitar akustik ini merupakan hadiah dari salah satu lomba blog yang saya menangi. (dalam hati) "yaudah lah buat apa beli ukulele belajar main gitar dulu aja kali ya". Akhirnya saya menunda untuk membeli ukulele. Lagipula, budgetnya belum ada sih. 

Tapi kalu tertarik banget dengan ukulele dan ngebet banget bisa memainkannya yaitu beberapa bulan terakhir ini. Kebetulan ada budget untuk membeli ukulele, yaudah deh beli. 

Karena budget yang ada juga tidak banyak (read: sedikitnya pake banget) saya sengaja mencari ukulele yang murah tapi bagus. Emang ada wak? Ada dong, inilah hasil saya kepo sana-sini akhirnya menemukan ukulele murah tapi layak untuk digenjreng. Bukan kaleng-kaleng ...

Ukulele yang sama seperti aku miliki ini bisa teman-teman beli di Bukalapak seharga 85 ribu. (ukulele seharga 65 ribu + tas ukulele 20 ribu). Ketik aja Gallery Music Semarang. Tuh kan ada!


Eh, ini bukan endorse atau tulisan beriklan dari toko tersebut ya, karena ditulisan saya kali ini akan menceritakan honest review tentang ukulele yang saya beli waktu lalu.

Bagian dari feedback juga karena toko dimana saya beli ukulele terpercaya dan berkwalitas. Begitu ... *eh kalau ntar diendorse, nggak nolak ding.. 

Tapi, saya beli ukulele tidak begitu saja. Sebelumnya saya dibuat bingung karena jenisnya banyak banget dan saya "0" (nol) tentang ukulele. Solusinya... 

Browsing sana-sini, lihat video-video ukulele trus kebetulan nemu seseorang diinstagram yang jago main ukulele dan dibagian badan ukulele bertuliskan sticker nama toko ukulele.

Ini loh mas-mas yang jago ukulele itu dan memainkan ukulele yang sama dengan yang saya beli. Keren mas! Ukulele yang kita miliki sama, cuman senar yang dipakai untuk ukulele dia  sudah diganti menggunakan senar raket (warna-warni).




Sebuah kiriman dibagikan oleh Aldy Prass (@aldyprass97) pada

Loh emang bisa pakai senar raket? Justru jika diganti dengan senar raket suara yang dihasilkan menjadi lebih 'kencring' (apa ya ini bahasa indonesianya). Pokoknya menurut saya lebih 'easy listening' dan mirip dengan nada asik yang dimainkan oleh musisi jalanan gitu.

Setelah auto fokus dengan sticker yang tertempel pada body ukulele, sotomatis deh, eh otomatis.Saya mencari toko tersebut. Ketemu tokonya-Lihat ulasan toko dari pembeli-yakin- trus order deh. Setelah barang saya terima (tepat waktu), ukulele benar-benar bagus meskipun murah. 


Meskipun seharusnya dengan harga 85k, saya mendapat item ukulele, tas, pik gitar, tapi kenyataannya barang yang saya terima minus tas gitar. Sempat ingin komplain kepada seller dan minta pengembalian dana untuk tas ukuele tapi tidak jadi. 

Setelah ngobrol dengan seller ternyata item tas habis stock sedangkan uang pengembalian sudah diselipkan dibalik alamat pengiriman (tanpa konfirmasi sebelumnya).. Good seller sih ini... 



Merk ukulele apa? Sepertinya ini produk buatan lokal gaes, karena dibagian badan gitar ukulele tidak ada label apapun. Begitu juga bagian dalam di rongga resonansi yang biasanya memuat label/lobo/merk sebuah gitar. Bagus nih, meskipun buatan lokal kualitasnya bagus.

  Bodi Ukulele  : Terbuat dari triplek sih, bukan kayu (solid). Tapi untuk takaran harga under 100k ini worth it banget. Tentu, head dan neck terbuat dari kayu 
  Senar  : Tanpa digantipun senar sudah enak untuk dimainkan, tapi kalau diganti dengan senar raket menurut saya jauh lebih enak didengar
  Tuner  : Plastik, seperti gitar akustik pada umumnya
  Fret  : Baja, biasanya yang lebih bagu terbuat dari kuningan sih.

Oh ya, selain gitar ukulele dengan warna standart seperti yang saya miliki, menariknya teman-teman bisa memilih ukulele versi karakter yang tersedia. Tapi sayang, karakter belum bisa custom. Ukulelenya  Lucu ih, kaya kamu :) 


Tapi kalau teman-teman punya budget yang cukup, bisa juga pilih jenis ukulele yang dibanderol dengan harga diatas ukulele yang saya beli. Secara fisik terlihat lebih solid dan keren, tapi soal kwalitas yang didapat (mungkin) bisa lebih bagus juga. Sifatnya subjektif yekaaan ...

Awalnya dengan modal 100 ribu saya psimis bisa mendapat ukulele yang enak buat dimainin. Urusan desain nomor kesekian, toh jika kurang enak dipandang mata nanyinya juga akan saya akali dengan tempelan-tempelan sticker. 

Lha wong ukelele yang sedari awal saya taksir karena desainnya yang keren pooool itu dibanderol degan harga 3 kali lipatnya. Berikut penampakan ukulele yang saya beli dengan harga 65 ribu ...


Jadi soal desain urusan belakangan deh, semoga barang yang saya beli dengan harga 65 ribu itu tidak banyak mengecewakan. Minimal harus sama dengan deskripsi yang ditulis dibawah produk dietalase lapak, itu aja sih.

Untuk item gitar ukulele yang saya beli ini saya beri nilai 4/5. Dengan harga yang 'remeh' tapi kwalitas tidak bisa di-'remeh'-kan. Bagus. Meskipun bahannya dari triplek dan enteng tapi nyatanya kwalitas tidak bisa di-enteng-kan.

Bermain ukulele itu sama halnya memainkan alat musik lainnya, harus sabar, telaten dan berlatih secara continue (berkelanjutan).

Jangan seperti saya.. meskipun terhitung punya ukulele sekitar satu bulan tapi, 2 minggunya ukulele ketinggalan di rumah dan tidak saya bawa ke kos. Jadi ya, ulang lagi dari awal ceritanya. Chord yang saya pelajari sebelumnya lupa lagi :(

Okelah, diluar cara (skill) main ukulele saya yang masih acak-acakan, suara yang dihasilkan dari ukulele ini menurut saya bagus. Lebih bagus dari ekspektasi saya dengan ukulele harga 65 ribu-an. Btw, maapin yak karena suara yang ala kadarnya dan skill main ukulele masih kaku :D



Yakali, minggu pertama sibuk hafalan chord/kunci ukelele kemudian beberapa minggu kemudian tidak menyentuh ukulele sama sekali. Trus kapan bisa main ukulele? Nah ini dia nih, step by step cara belajar ukulele  ..
  • Harus punya ukulele, pinjam juga tidak apa-apa sih (disarankah punya sendiri) 
  • Bagi kamu yang belum mengenal/memegang ukulele, kenali dulu bagian-bagian dari ukulele 
  • Stem (stel) ukulele agar nada pas! 
  • Pelajari dan berlatih chord/kunci dasar 
  • Belajar strumming/genjreng 
  • Berlatih perpindahan cord dengan cepat, tepat dan cekatan 
  • Belajar variasi petikan/genjrengan (ini saya belum bisa *hiks). Tiap genre lagu beda-beda ya gaes, ada pop, dangdut pantura-an, jazz, keroncong dsb. 
Eh, sebentar. Masih amatiran, nggak masalah kan? Jika nantinya ada yang kurang tepat atau saran untuk saya agar lebih baik lagi dalam memainkan ukulele boleh banget, seneng banget malah. Oh iya, sempat tadi saya mereview (diatas) tentang ukulele dengan bagian-bagiannya, jika teman-teman belum paham bagian-bagian (anatomi) ukulele dapat lihat gambar dibawah ini ya..


Cara stem yang paling mudah yaitu menggunakan applikasi yang bisa didownload di playstore (android user). Mungkin kalau buat iOS bisa dicari di apps store dengan aplikasi yang serupa yak!

Untuk stem chordnya menggunakan GBE. G (senar 3), B (senar 2), E (senar 1). Pemberian nama senar dimulai dari bawah ya ...


Stem menggunakan aplikasi tuner smartphone adalah cara yang paling praktis dan instan dibandingkan dengan cara stem manual yang mengandalkan feeling pemain. Dengan acuan chord GBE pada masing-masing senar (seperti diatas tadi) tinggal disesuaikan dengan aplikasi tuner. Bisa juga, jika smartphone teman-teman lagi lemot dan tidak memungkinkan install apps, teman-teman bisa tuning lewat website ini.

Misal: ketika yang distem adalah senar E, maka sambil petik senar paling bawah-sambil lihat aplikasi dan pastikan bahwa note E berwarna hijau dan tepat berada ditengah-tengah (jarum).

Biasanya, ini bisa dilakukan player yang sudah pro main ukulele dan saya tentu belum bisa melakukan stem dengan cara manual seperti ini. Jadi ya, pilih yang paling mudah dan instan-instan aja deh ..
Jika gitar ukulele sudah stem, selanjutnya yaitu belajar kunci/chord dasar seperti diatas. Saya juga masih memperlancar perpindahan chord dasar ini kok dengan cara menyelaraskan dengan lagu-lagu yang memiliki chord sederhana. 

Dari sini sekalian saya bisa koreksi apakah chord yang saya petik sudah sesuai dengan nada lagu yang saya mainkan. 

Dimulai dari kebiasaan menjumpai musisi jalanan di dslam bus kemudian saya juga banyak inspirasi lain yang membuat saya optimis untuk belajar gitar ukulele.

Diantaranya para youtuber ukulele yang videonya selalu saya tonton beberapa akhir ini. Youtubers nieche ukulele ternayata ada loh, tentu ini akan mempermudah saya dalam belajar gitar ukulele

Tidak hanya para cowok, ada juga cewek-cewek yang jago bermain ukulele dan memperlihatkan kepiawaiannya dalam bermain ukulele melalui channel youtubenya.

Tidak pelit ilmu, selain menunjukkan keahliannya masing-masing mereka juga membagikan tutorial-tutorial bermain ukulele step by step. Kayaknya aku perlu belajar main ukulele juga sih ini ....


Masa sih nur? Kata-kata mbak netizen menggiring saya untuk belajar musik, kali ini gitar ukulele. Saya belajar ukulele secara otodidak melalui tutorial yang saya tonton di youtube agar menguasai alat musik yang satu ini dan biar ganteng. Huehehe



Makanya harus belajar dong! Ya Mogimana lagi, karena orang-orang disekitar sepertinya tidak ada yang bisa memainkan alat musik yang satu ini termasuk bapak saya juga sendiri kaga bisa ... *nahloh jadi ya belajarnya 'mempeng' hanya lewat video-video youtube gitu...

Awalnya (waktu itu tuh) saya bermain ukulele awalnya coba-coba. Setelah dicoba-coba "kok enak", Akhirnya keterusan deh sampai sekarang.

Genjreng-genjreng sendiri gitu sambil lihat tutorial di youtube. Bahkan ukulele ini selalu saya bawa ketika travelling atau sekedar kumpul-kumpul bareng teman gitu. Bisa main kagak sih, yang penting kan sombong pede aja dulu.. hahaha *peace* ....... *love* & *gaul*


Jadi bermain musik itu tidak hanya sebatas mempengaruhi emosi, hiburan (include: pengalihan dari patah hati), mencairkan suasana, nembak cewek gombalin cewek aja. Tapi dibalik itu semua belajar/bermain musik membawa manfaat psotitif loh, sahabat...

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh  
Dengan bermain musik koordinasi tubuh menjadi semakin baik. Misalnya saja ketika saya belajar ukulele maka antara mata, jari dan otak akan saling bekerja dan membentuk koordinasi. 

Semakin terlatih maka jari jemari akan semakin lihai untuk berpindah dari satu chord ke chord lain atau melakukan variasi-variasi petikan yang spontan.

  2. Melatih konsentrasi, ketekunan dan kesabaran  
Seringkali saya merasa iri dengan mereka-meraka (yang saya lihat di youtube). Mereka begitu lihai memainkan alat musik.

Tapi akhirnya saya menyadari bahwa kemahiran mereka dalam memainkan alat musik tidak terlepas dari konsentrasi dan ketekunan dalam berlatih. Tidak ketinggalan, faktor kesabaran dalam menjalani ‘proses’ berlatih akan mempercepat dan membawa suasana positif dengan apa yang kita inginkan.

  3. Mengenal musik dan lagu daerah  
Ada banyak sekali genre dan jenis musik/lagu daerah yang bisa dipelajar. Yes, Indonesia adalah negara yang kaya dan terdiri dari beragam suku, budaya, bahasa. Hal ini sangat memungkinkan kita untuk mengenal musik/lagu dari daerah/bahasa dari daerah lain diseluruh pelosok Indonesia dan seluruh dunia.
  4. Menumbuhkan kreativitas  
Kok bisa? Dengan bermain musik, otak kanan akan semakin terasah. Dengan begitu, kreativitas akan terus berkembang. Terasah untuk memahami setiap detail alat musik yang sedang dimainkan, mencoba mencitakan kreasi dan inovasi musik/lagu. 

  5. Mempertajam ingatan  
Bermain musik tentu harus menghafal chord dong. Bisa sih dengan melihat/membuat contekan chord, tapi akan lebih terlihat luwes jika memainkannya 'selow' tanpa contekan chord. 

Hal ini terasa banget bagi pemula seperti saya, belajar menghafal chord, melakukan perpindahan chord dan menghafal lirik (memainkan ukulele sambil nyanyi) adalah sebuah tantangan.


Positif impact-nya, Kebiasaan dalam mengingat ini secara tidak langsung akan terbawa diaktivitas lain diluar bermain musik, kegiatan belajar mata pelajaran misalnya.

Tuh kan, aku sudah #BukaReview dan cerita banyak hal seputar Gitar Ukulele. Kira-kira ada juga tertarik main ukelele juga nggak ya? atau ada alat musik lain yang ingin kalian kuasai? ukulele harga 100 ribu.




Pemuda Sedikit Akal,
Banyak Rindunya ..
Related Posts

Related Posts

65 komentar

  1. Waduh, baru tau nih kalo gitar kecil ini namanya ukulele. Aq gak pernah main gitar sih hahaha... Kalo gak bw gini td mana tau namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, semoga jadi lebih tau dari tulusan review ini ya. Hehe

      Hapus
  2. Dulu sempet iseng belajar ukulele karena tetangga punya, kirain bisa gitar otomatis bisa ukulele, nggak taunya y tetap kudu penyesuaian dulu, hihihi. Tapi seneng mainin ukulele, suaranya juga khas dan enak didenger klo lagi bosen sama gitar.

    Btw murah juga y 85rb, g jauh beda sama gitar murahan saya dulu, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain cari ukulele murah, kemarin tuh juga cari review dari yg udah2 beli mas. Dan memang tepat, untuk pertama kali memegang ukulele, ini cocok sama harapan saya..

      Hapus
  3. Dulu sempat pengen beliin gitar ukulele ini juga buat anakku dan nyarinya emang di bukalapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahnya belanja di bukalapak, bisa pilih-pilih nih..

      Hapus
  4. sekarang tuh nyari apa aja ada di ecommerce yah, apalagi si bukalapak ini. Semua ada deh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi ada promo2,jadi makin betah langganan deh..

      Hapus
  5. Wah baru tahu ya dengan modal segitu bisa dapat ukulele..aku suka dengan alat musik yang satu ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat amu sih praktis dibawa kemana mana, dan aku suka banget ukulele.

      Hapus
  6. Ini nulis ukulele kan ya bukan e-commercenya? Hahaha komennya mau bilang gini aja ucapan adalah doa. Jadi kalau mau apa sebenarnya hanya masalah waktu aja ya nunggunya.

    BalasHapus
  7. Salfok saat baca kenangan yg dulu manis kini berubah pahit...duh yg sabar yah Mas.hahaha...senoga siluet itu jd semakin ngeblur san akhirnya mendingan hilang deh kalau oahit utk dikenang mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu akan mengajari semuanya hehehe

      Hapus
  8. Kenangan pahit dadah bhay aja mas, bikin kisah manis, hebeeh.
    Aku suka ukukele, dentingnya khas

    BalasHapus
  9. Wah, suka deh sama yang jago main ukulele. Bikin aku klepek-klepek nih. :)))

    BalasHapus
  10. Wuih belanja santai danpraktis. Bisa dapet barang bagus dan berkualitas. Dan gak lupa murah meriah. Kerennn.... anak jaman now banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Jaman now, apa2 dibikin mudah ya. ..

      Hapus
  11. Berwarna sekali hidupnya kakak.. dengan menulis tentang ukulele ini terlihat sekali hidupnya terlihat bewarna.. ini serius ka ukulele harganya 100 ribu? aku mau beli juga ukulele buat anak-anak dirumah, supaya bakat seninya semakin terasah dan terarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kak. Memang lebih baik dikenalkan banyak hal untuk dede nya..

      Hapus
  12. Niat belajar gitar dari dulu tuch besar banged, tapi nggak pernah kesampean. Kirain ukelele lebih gampang daripada gitar, ternyata nggak juga ya Mass.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun senarnya lebih dikit, susahnya sama mbk hehe...apalagi kalau mau dangdutan harus pake tempo yang cepet.. otak sama tangan harus singkron gitu deh... hehe

      Hapus
  13. Dulu kupikir ukulele itu adalah gitar kecil buat anak2.Ternyata beda gitar dan ukulele. Dan kmrn nyoba memperkenalkan ukulele sama anak di rumah. Pengen beliin juga buat anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ukulele senarnya 3 atau 4, kalau gitar senarnya 6. Ukuran gitar ada yang seukuran ukulele kak . hehe

      Hapus
  14. Dulu saya terbiasa main gitar, everytime everyday main gitar. Tapi belum pernah coba main ukulele ini. Info ukulelenya lengkap banget 😊😊, jadi tertarik pengen punya.

    BalasHapus
  15. yuk, belajar ukulele kak.. :)

    BalasHapus
  16. suara ukulele memang unik ya, apalagi kalau musiknya keroncong , mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. wedew.. wedew.. masih belajar genjrenan keroncong ini hehe

      Hapus
  17. Jadi ikut mellow baca patah hatinya... Eh iku alat musik kalau gak dikasih nama Ukelele, mesti tahuku ya cuma gitar saja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip gitar mbk april, cuma identik dengan senar 3 atau 4. hehe

      Hapus
  18. mantep nih nanti mas suga bisa mainin musik pas ketemu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen bgt ketemu koh ded, semoga suatu saat saya bisa bertemu 🙏👌

      Hapus
  19. Keren mas Suga bisa main ukulele, saya mah gitar aja gak bisa-bisa... jarinya bongsor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih ukulele concerto aja yg lebih lebaran mas. hehe. atau gitar yg jarak fretnya mendukung jari jari lebar 😄

      Hapus
  20. Manis banget sih masnya pas main ukulele hahaha

    Mau dong diajarin cara mainnya wkwkw #Mhodusss

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini kak, tapi diajarin sebisanya aku loh ya.. kan masih belajaran... hehe

      Hapus
  21. Ukulelenya keren mas..lagi mau belajar tentang alat musik ini

    BalasHapus
  22. ah.. musik ukulele itu unik... suaranya khas, dan membuat riang... saya suka mendengar anak2 yang memainkan ukulelee, bawaannya riang terus... Anivewi ini review tersoft dan keren.... suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah baca ya mbk ira... iya unik memang, dan ini membuatku suka ukulele

      Hapus
  23. Mantap ukulelenya, jadi ingat kalo saya juga pengen cari gitar. Kita duet yuk bang bikin duo blogger musik.... hehehe

    BalasHapus
  24. Oo itu namanya ukulele toh kak... Aku mah nyebutnya gitar anak anak aja masa, hahaha...

    BalasHapus
  25. Keren bisa main Ukulele. Soalnya kebanyakan cowok tuh maininnya gitar.

    Aku by the way, nggak bisa main alat musik apa apa. Pernah dilatih keyboard tapi aku malas. Suka riweuh sana sini. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. butuh ketelatenan juga sih ini. apapun yang dipelajari sih ya. :)

      Hapus
  26. Saya belum pernah liat ukulele secara langsung, hihih. Keren yah bisa main ukulele

    BalasHapus
  27. Wah beneran iNi ukulele sama tasnya dibawah 100k? Trims infonya ah, mau beli juga deh buat anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Cuma 85k include tas dan pick gitar ukulele kak.

      Hapus
  28. Ah kamu, bikin saya baper. Saya nau beli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah nih, bisa buat gonjrengan klo lagi sepi.hehe

      Hapus
  29. memebaca tulisan mas, aku jadi paham, memang rasa sakit mampu menggetarkan hati untuk berkarya lebih..biasanya yang keluar dari hati akan lebih bermakna..ea..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eaaa.. biarkan mengalir bagaikan air kak.. hehe

      Hapus
  30. Patah hati bukan berarti harus meratapi nasib ya Kak, justru sebaliknya harus bangkit dan berkarya..

    Kalau gitar udah pernah nyoba belajar dan berhasil bikin jari2 sakit, kalau Ukelele belum pernah niy!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak.iya masalah utama nih, kalo lagi belajar gitar emang nyeri dan kapalan dijari. Tapi bisa loh, sebelumnya dibalut dengan pembalut luka itu, dan pilih senar yang nylon bukan baja. hehe

      Hapus
  31. keren mas... ntar aku dateng dikonsernya yah... pasti engan terus menerus mengasah kemampuan maka akan semakin mantap. biasanya permainan musik menggunakan ukulele lagunya selalu ceria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tempo sih mas, hehe.. tapi untuk semua genre lagu bisa loh. Hehe

      Hapus
  32. Baguusss, jago ini review nya . Cocok jadi pemenang mas.. hehe, selamat yaa.. mampir ke blog ku ya mas. ibupertiwii.blogspot.com

    BalasHapus
  33. Keren mas. Hanya modal 100k dapat ilmu banyak

    BalasHapus
  34. Mas, mau tips dong biar bisa main ukulele sambil nyanyiin lagu. Masa aku bisa genjrengnya aja kalo sambil nyanyi jadi ngawur huhuhu

    BalasHapus