Kembangkan Bengkel dengan Pilihan Perangkat Terbaik

1 comment

Jumlah kendaraan di Indonesia yang kian hari kian bertambah, membuat usaha bengkel sebagai salah satu pilihan usaha jangka panjang yang cukup menjanjikan keuntungan dan kestabilan pendapatan bulanan. Bahkan jika bengkel dikelola dengan baik, pendapatan bengkel bisa lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga. 

Baik bengkel mobil maupun bengkel motor, keduanya sama-sama memiliki potensi mendatangkan cukup banyak konsumen setiap minggunya. Terlebih jika bengkel dipadukan dengan jasa pencucian kendaraan, maka akan membuat pelanggan semakin merekomendasikan bengkel tersebut, mengingat kendaraan yang baru saja keluar dari bengkel seringkali meninggalkan noda oli di beberapa bagian bodi kendaraan. 

unsplash/neonbrand

Membuka usaha bengkel dapat disesuaikan dengan budget, keterampilan, serta pengetahuan yang dimiliki. Dilihat dari lingkupnya, membuka bengkel mobil tentu mengharuskan kita menganggarkan budget yang sangat besar jika dibandingkan dengan membuka bengkel motor. 

Apabila terobsesi untuk memiliki bengkel mobil dan modal yang dimiliki sudah cukup besar, jangan tergesa-gesa untuk segera membuka bengkel mobil. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah hal tersebut diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup banyak dalam hal "memegang" mobil. 

Jika pengetahuan dan keterampilan bukan pada mobil, dan lebih kepada motor, maka lebih disarankan untuk membuka usaha bengkel motor. 

unsplash/belart84

Pengetahuan dan keterampilan yang cukup banyak untuk hal-hal tertentu menunjukkan teman-teman memiliki hobi pada hal tersebut. Membuka usaha yang terdapat hobi di dalamnya dipastikan akan lebih menyenangkan. Ide-ide kreatif pun akan sering muncul dengan sendirinya. 

Jika rumah kita berada di lokasi yang cukup strategis, kita dapat menggunakan halaman rumah sebagai bengkel. Dengan begitu, pun telah menghemat pengeluaran dari biaya sewa lokasi. Sisa budget yang dimiliki pun dapat digunakan untuk membeli peralatan bengkel terbaik yang nantinya dapat memberikan hasil yang memuaskan kepada pelanggan. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan pilihan perangkat instalasi listrik bengkel yang dapat dipadukan secara aman dengan rangkaian instalasi listrik yang terdapat di dalam rumah. 

Oleh karena bengkel menyatu dengan rumah, sediakan juga generator kelistrikan terbaik sebagai penunjang aktivitas bengkel, serta untuk persediaan tambahan pasokan daya listrik seandainya daya listrik rumah tak cukup besar untuk mendukung penggunaan peralatan listrik bengkel.

1 comment:

  1. Info yang mencerahkan bagi mereka yang ingin merintis usaha di bidang perbengkelan. Setuju, instalasi listrik & safety, apalagi bengkel menyatu dengan rumah, juga bagaimana jika ada situasi darurat misal korsleting

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)