RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

ASUS ExpertBook B3 FLIP (B3402): Laptop Produktifitas 4G yang Tak Melulu Mengandalkan Internet Wifi

Seperti biasa yang sudah menjadi ciri khas, ia seringkali mengenakan baju-baju ala princess atau baju tema tertentu saat datang ke rumah. Hari ini Yuni memakai baju setelan cheongsam yang sama persis ia pakai saat hari imlek beberapa bulan lalu. Sayapun jadi teringat kembali, saat itu ia begitu antusias menanti hari H dan mengenakan baju yang baru dibelinya ini. Sengaja, mau dipamerkannya saat hari imlek tiba, katanya begitu. 7 hari baju itu sudah dibelinya, rasanya 7 kali juga (setiap hari ke rumah) ia selalu menceritakan ketidaksabarannya mengenakan baju itu. Xixixi. Jika belum tahu, baju cheongsam adalah pakaian khas/baju tradisional tionghoa. Pakaian Tradisional Cina yang Identik dengan Tahun Baru Imlek. Warnanya dominan merah-merah itu loh.


Meski sebenarnya tidak merayakan imlek, begitulah umumnya menjadi wajar euphoria terlihat dari anak-anak di kampung saat mendengar perayaan hari-hari besar tertentu, dan Yuni salah satunya. Sejak satu minggu menjelang imlek ia begitu antusias menyambut imlek dengan cerita-cerita baju cheongsam ini. Saya kira ini sih terinspirasi dari iklan-iklan atau serial kartun di televisi menjelang imlek gitu. Haha. Karena baik di rumah dan sekolah sebenarnya ia tidak merayakan imlek. Lucu sekaligus menghibur sih, mendengar cerita-cerita random dari mereka setiap harinya.

Oh iya, saat kegiatan sekolah libur karena tanggal merah, namun tidak untuk kegiatan les ya yang tetap masuk. Hari ini saat Yuni datang belajar di rumah, ia tampak berbeda dan sumringah menggenakan baju cheongsam warna merah itu lagi. Inilah yang menjadi salah satu kesibukan saya saat ini, selain sibuk menjadi jobseeker, saya sembari menyibukkan diri menjadi pengajar/pembimbing belajar adik-adik di rumah.

Senin-Rabu adalah hari wajib yang tidak bisa diganggu gugat. Tiga hari dalam satu minggu (11.00-17.00) dimana saya harus mengajar dan mendampingi adik-adik belajar di rumah. Kecuali ada keperluan penting dan sifatnya tidak bisa ditunda disitulah saya beberapa hari sebelumnya “broadcast” ke grup whatsapp untuk ijin mengosongkan kegiatan les kemudian mengganti kelas pada hari lainnya. Inilah sesungguhnya alasan saya memiliki waktu terbatas dan “banyak enggak bisanya” jika diajak untuk melakukan sebuah kegiatan atau hal oleh teman-teman secara tiba-tiba, meskipun saya sedang berada di rumah aja sih.


Apalagi saat-saat beruntun dengan ujian-ujian sekolah yang harus mereka lalui, begitu kegelisahan mereka, begitu juga saya harus memastikan kesiapan mereka dalam menghadapi ujian sekolah ini. Kesibuan-kesibukan ini menjadikan saya banyak bersyukur ditengah-tengah juga merasakan kerasnya kehidupan sebagai jobseeker. Bagaimana tidak, tertolak berkali-kali dari seleksi dan serangkaian tes untuk memasuki dunia kerja. 

Terimakasih untuk diri sendiri, sejauh ini bisa lebih tangguh untuk belajar banyak hal tentang kehidupan. Terimakasih juga atas kebersamaan ini, Laptop ASUS ini telah bekerja keras membantu pekerjaan dan aktivitas saya sejauh ini. Jika bisa berbicara mungkin laptop ini akan sedikit mengeluh juga kali ya. Tiada hari tanpa henti, membuat dan mencetak latihan soal-soal untuk 15 murid bimbingan belajar saya.


Kegiatan inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu kesibukan saya pasca menuntaskan pendidikan di perguruan tinggi. Selain mencoba belajar lebih jauh untuk menjadi freelancer di bidang fotografi dan blogger dan sayapun memiliki kesempataan untuk memberanikan diri mengambil job-job tertentu dalam bidang ini. 

Dari perjalanan belajar dan pengalaman selama (masih di rumah saja) inilah pada akhirnya membuat saya seakan dituntut untuk selalu upgrade pengetahuan khususya dalam bidang yang terkait. Bisa dibilang tuntutan yang nantinya sejalan dengan hasil karya terbaik yang bisa saya hasilkan. Dari usaha saya yang menggunakan perangkat seadanya yang saat ini dimiliki, sambil besar harapan nantinya saya bisa mengupgrade ataupun memiliki satu per satu perangkat yang mendukung produktif saya dalam bekerja.

Mungkin saya seperti beberapa orang, dan beberapa orang mungkin juga seperti saya. Suka sekali mengikuti perkembangan teknologi yang hadir dari waktu ke waktu yang pada akhirnya cukup mendoakan ((semoga)) bisa memilikinya suatu waktu nanti. Tidak sulit membayangkan karena pada menjadi spontan membayangkan jika perangkat atau alat tersebut nantinya bisa dimiliki, oh … betapa senangnya yaaa …..

Kebetulan juga bulan lalu, tepatnya tanggal 7 Juni Asus baru saja melaunching produk terbarunya ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402). Jelasnya laptop inilah yang cocok dengan aktivitas dan kebutuhan saya. Spesifikasi yang dihadirkan terbayang sudah akan membuat saya menjadi semakin produktif. Multitasking alias gesit dalam mengerjakan ini itu, banyak hal. 

Aktivitas keseharian saya ini, tidak hanya untuk kegiatan mengajar namun juga belajar. Teman-teman simak, betapa aktivitas dan kebiasaan yang sudah sempat saya ceritakan diatas terasa akan sangat terbantu dengan hadirnya ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) yang membawa fitur terkini saat hadir di atas meja kerja saya. Inilah highlights fitur dan spesifikasi yang ada pada laptop ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402).

1.Prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru mendukung kerja yang gesit 
Hadirnya Laptop modern ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Inilah spesifikasi utama yang lebih dari cukup dengan kebutuhan saya. Soal produktivitas, bagaimana saya bisa memanfaatkan 24 jam waktu saya dengan baik dan efisien untuk berbagai kegiatan. Jika laptop bisa produktif dan optimal, maka pekerjaan-pekerjaan lainpun kiranya juga menjadi efisien. Cepet selesai.


Resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 7 Juni 2022, laptop ini cukup memukau. Rasanya juga Intel® Iris® Xe Graphics baru ini bisa menghadirkan GPU yang transformasional dan grafis terintegrasi. Sangat mendukung pengalaman menyenangkan dan kecepatan yang lebih tinggi untuk desainer dan kreator. Laptop seperti ini bisa saya gunakan sebagai perangkat belajar-mengajar dan menjalankan pekerjaan kreatif lebih professional.

2. Desain Flip 360 Ringkas, belajar dan bekerja dimana saja 
ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) memiliki desain yang unik dengan desain flip 360 derajatnya. Convertible. Mudah di tekuk-tekuk sesuai dengan mode kenyamanan yang diharapkan. Jika nasi goreng special dengan 2 telur, maka laptop ini spesial dengan dimilikinya 2 kamera. Satu terletak seperti pada umumnya laptop yaitu diatas bingkai layar dan satu lagi terletak diatas papan ketik yang menakjubkan dengan resolusi 13MP. Pada mode tenda atau tablet, kamera 13MP (disebut World Facing Camera) ini akan berfungsi layaknya kamera utama yang bisa membidik objek dibagian depan.


Masih sama selalu terdepan soal kenyamanan papan ketik ala laptop Asus, kali ini keyboard masih menggunakan style travel distance 1.5mm dan memiliki kemampuan untuk tahan dari cipratan atau tumpahan air (Spill resistant). Kemudahan akses numpad juga disajikan hanya dengan menyentuh touchpad. Tempelkan jari pada logo numpad di pojok kiri atas touchpad, indicator LED langsung muncul. Oh iya, tombol microphone mute yang tersedia dibaris bagian atas, sepertinya juga sangat berguna.


Tidak adanya fitur Ergolift tidak menjadikannya begitu masalah karena putaran engsel hingga 360 derajat ini memastikan sirkulasi udara yang terjadi tergolong memadai. Selain memiliki lubang untuk sirkulasi udara, Adapun lubang dibagian bawah bodi laptop yang menjadi ventilasi udara dan terletak diantara engsel dan bodinya. Desain keyboard yang menawarkan fitur yang bisa membuat penggunanya ini tidak kalah menarik.
  • Numberpad 2.0: keypad numerik bercahaya LED untuk mengolah angka. Ketuk ikon NumberPad 2.0 untuk menyalakannya, dan ketuk ikon di sebelah kiri untuk beralih di antara dua pengaturan kecerahan. 
  • Backlit keyboard: Keyboard dengan lampu latar menyala memungkinkan pengguna dapat mengetik dengan mudah di lingkungan atau ruangan yang gelap.
  • Function-key shortcuts: barisan tombol pintasan untuk melakukan perintah-perintah cepat dan penting berderet pada tombol keyboard bagian atas. Ituloh, tombol-tombol dengan tulisan "Fn". Tombol ini diantaranya menjalankan fungsi sebagai perintah cepat menangkap tangkapan layar, mengaktifkan webcam, menonaktifkan mikrofon, mengaktifkan pembatalan kebisingan AI, atau mengakses aplikasi MyASUS melalui pintasan tombol fungsi ini.
  • LED user-status indicator: lampu indikator yang berukuran kecil terdapat di cover/tutup laptop. lampu ini dapat menyala secara otomatis saat laptop sedang melakukan panggilan melalui Teams, Skype, Zoom, Google Meet. Sebagai indikator jika pengguna lagi sibuk dan tidak bisa diganggu gitu.
Perlindungan bakteri pada keyboard dan perlindungan radiasi sinar biru terdapat pada layar ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402). Sinar biru efeknya jangka Panjang dapat merusak mata. Fitur EyeCare. Fitur yang sudah mendapatkan sertifikasi low-blu light dari TUV Rheinland ini memastikan Kesehatan mata anda terjaga khusunya bagi anda yang betah dan dituntut untuk berlama-lama di depan layar laptop. Lebih baik daripada laptop pada umumnya, tingat radiasi sinar biru 70% lebih rendah berkat adanhya fitur Eye Care ini. 


Tentu kedua fitur ini ada pada ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402). Lapisan anti bakteri yang terdapat dibagain sekitar keyboard dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. Faktanya memang keyboard adalah bagian dari laptop yang sering disentuh oleh pengguna. Lapisan anti bakteri ini telah secara resmi teruji secara ilmiah (ISO 22196 dan JIS Z 2801).

Oh iya, diluar aktivitas saya sehari-hari sebagai pembimbing belajar, saya juga masih aktif belajar untuk meningkatkan kualitas diri. Mengikuti berbagai kursus yang mengarah peningkatan skill dan kualifikasi yang menjadi tujuan saya melewati serangkaian seleksi di dunia kerja. Setelah beberapa kali mengikuti serangkain seleksi tes masuk kerja dengan hasil nihil alias gagal, dari situlah menjadikan saja terus belajar dan memperbaiki diri. Saya yakin dari waktu ke waktu kesempatan itu pasti ada lagi dan lagi. Saya harus mempersiapkan itu semua untuk rutin belajar dan mengikuti berbagai course guna meng-glowing-kan CV (Curiculum Vitae).


Desain yang dihadirkan memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk fleksible dan punya mobilitas tinggi. Coba bayangkan, dengan bobot keseluruhan 1,6 kg (ketebalan 1,95 cm) apakah laptop ini tergolong lebih ringkas daripada laptop yang pernah teman-teman gunakan? Bagi pengguna laptop-laptop versi jadul pasti dengan lantang “iyaaaa”.

Teknologi yang memungkinkan saya untuk terus mengekplorasi skill dan melakukan lebih banyak hal. Ini dia sebuah kolaborasi prosesor kemudian menjadikannya sebagai prosesor terbaik untuk laptop yang tipis dan ringan. Mudah dibawa kemana-mana, mudah bekerja dimana saja. Achieve more, anytime, anywhere.


ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) dengan layar touchscreen dan dibekali stylush pen ini untuk aktivitas coret-coret idaman. Stylus pen bisa membantu saya mempermudah dalam melakukan tandatangan digital misalnya. Saya juga membayangkan betapa mudahnya dengan stylush pen jika digunakan untuk membuat coret-coretan secarang langsung di layar laptop ketika belajar atau membuat peta konsep pekerjaan. Ada lagi, aktivitas saya yang sangat terbantu dengan adanya stylush pen ini yaitu aktivitas “retouching” saat mengedit foto.


Pena bawaan ini sangat cocok digunakan saat laptop berada pada mode tablet, dan paling asyik bisa digunakan untuk presentasi ke klien sih. Slot tidak hanya sebagai tempat stylush pen saja namun juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan namun juga tempat charge (pengisian daya) secara otomatis. Baterai stylush Expertbook B3 flip dapat diisi dengan cepat hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk penggunaan stylush selama 45 menit. Tidak hanya coret-coret untuk kebutuhan belajar mengajar, segala aktivitas telekonfersi dapat dengan lancar dengan laptop ini berkat fitur Ai Noise Cancelling yang fungsinya dapat menyaring suara yang masuk pada microfon bawaan saat melakukan telekonferensi.


Meski bodi tergolong cukup ramping namun dari segi layar bisa diandalkan. Memiliki kecerahan layar 250 nits, dan rasio screen to body 80 persen. Saya bisa leluasa bereksplorasi melalui layarnya 14 inch yang beresolusi Full HD 1920 x 1080 (16:9). Kebetulan ini saya tertarik untuk menekuni bidang desain grafis yang komersil. Oh iya, pada kesempatan lalu, dengan kemampuan desain yang saya akui belum seberapa ini saya (masih saja tetap) dipercaya oleh teman untuk mendesain logo dan label kemasan dari produk yang ia miliki. Dan taraaa ....


Inilah hasil desain pertama saya yang sudah diwujudkan dan bisa dilihat hasilnya dipasaran. Sungguh senangnya sekaligus menjadi pemacu semangat lebih-lebih ya. Ternyata saya bisa mengemban amanah untuk desain produk ini hingga produk dijual dipasaran. Besar harapan saya memiliki perangkat baru untuk mendukung aktivitas keren saya ini. Semua pengalaman ini saya dapatkan saat pandemi. Salah satu hikmah yang saya peroleh yaitu berlajar skill baru foto produk sekaligus desain label dengan output diterapkan untuk bisnis teman sendiri.

Sangat jelas bukan, dengan ini saya bisa belajar dan bekerja dari mana saja. Buat kebutuhan mobile, kebutuhan akan jaringan internet saat ini tidaklah sulit ditemukan. Di working space, café-café, bahkan tempat umum sangat mudah ditemukan jaringan internet. Berbeda cerita jika misalnya sedang berada di suatu tempat yang notabene terpencil, atau keadaan khusus tidak tersedia jaringan wifi. Jaringan internet yang berasal dari provider kartu SIM adalah andalannya.


Tentu jaringan internet yang bersumber dari ponsel sangat berguna adanya, hotspot/thethering dari ponsel. Hal inipun pernah juga saya alami ketika berada didusun saat pelaksaan sebulan program KKN (Kuliah Kerja Nyata). Benar-benar hanya mengandalkan jaringan internet dari ponsel, itupun hanya berlaku untuk jenis provider tertentu yang mempunyai signal dan jaringan di daerah tersebut. 

Memakai smartphone untuk hotspot mudah, tapi ada yang dikorbankan. Baterai cepat habis dan ponsel cepat panas. Inovasi cemerlang saya temukan pada ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) ini. Laptop Produktifitas 4G Yang Tak Melulu Mengandalkan Jaringan Wifi. Karena tersedianya slot SIM yang dapat digunakan untuk menyisipkan kartu SIM berukuran nano untuk mendapatkan akses internet browsing tanpa harus melakukan thetering dari ponsel.

3.Mudahnya terhubung dengan banyak perangkat berkat konektivitas lengkap 
Jujur saya, salah satu pertimbangan kuat saya ketika memilih laptop adalah soal konektivitas. Minimal Sebagian besar perangkat yang biasa saya gunakan dapat terhubung dengan baik (kalau bisa) tidak perlu dongle tambahan dan bisa langsung colok saja. Dengan aktivitas yang saya lakukan sehari-hari seringnya saya menghubungkan laptop dengan kamera mirrorless, proyektor, webcam eksternal, audio jack. Oleh karenanya syarat minimum harus dipenuhi dari sebuah laptop untuk memiliki jenis jack yang sering saya butuhkan ini. 

***
Saya juga senang melakukan kegiatan sosial atau volunteer, oleh karena itu pada berbagai kesempatan saya mengikutinya. Cukup sering juga mendapati masalah yang berkaitan dengan konektivitas ini, sehingga cukup memakan waktu dan mengurangi durasi. Belum lagi jika terjadi kurangnya kompatible laptop dengan perangkat tertentu sehingga perlunya kabel/alat tambahan untuk menyelesaikannya. Jika konektivitas dan port yang tersedia pada laptop cukup lengkap seperti yang ada pada laptop ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402), kejadian seperti ini dapat diminimalir.


Pada ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) memiliki konektivitas yang cukup lengkap. Enam macam port input/output tersedia. Hal inipun didukung dengan fitur wifi 6 yang memberikan kecepatan internet mumpuni. Bahkan teknologi master yang ada secara otomatis akan menghubungan dan memilih jalur konektivitas terbaik yang ada. Barisan port yang ada antara lain 2 port USB-C merangkap sebagai Thunderbolt 4 dan pengisian daya. Satu port HDMI pada pinggir kiri. Pada sisi kiri juga ada penyimpanan pena. Sedangkan pada pinggir yang berlawanan terpasang satu port USB 3.2, Slot micro SD dan SIM hybrid, indicator status laptop, tombol volume dan audio jack 3,5mm.

Port yang beragam ini sekaligus menunjukkan bahwa pengguna ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) adalah sosok yang produktif. Penggunaan laptop tidak hanya untuk pekerjaan namun juga bisa maksimal untuk multimedia dan hiburan. Audio dan ketahanan baterai. Soal ketahan baterai, melalui medcom.id disebutkan bahwa tekah dilakukan pengujian bahwasannya baterai pada ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) mampu bertahan hingga 7 jam melalui pengujian PCMark 10 Battery. Penggunaan baterai inipun bahkan bisa bertahan hingga 11 jam saat menjalankan aplikasi Microsoft office atau Google suite.

Oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics lebih dari sekedar cukup untuk menghandle pekerjaan-pekerjaan saya yang menggunakan laptop. Series expertbook essensial, Expertbook yang sejatinya dirancang sebagai lini dengan sasaran konsumen korporasi atau B2B sehingga untuk mencakup kebutuhan dasar, ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) sangatlah lebih dari cukup. Segudang fitur dan inovasinya mungkin cocok bagi anda untuk menjadi professional dalam bidang yang anda tekuni, baik dalam bidang pendidikan (pelajar, mahasiswa, guru atau dosen) maupun laptop untuk keperluan seni mencipta konten kreatif.

4. Dirancang Dengan Durabilitas Extra Tercipta Bodi Yang Tangguh  
Bercengkrama dengan laptop sehari-hari seperti saya tidak dipungkiri rawan sekali mengalami kejadian spontan yang tidak diinginkan. Meski sudah berhati-hati, tidak dipungkiri kejadian seperti tumpahnya kopi pada laptop, laptop tersenggol dan jatuh pada ketingian tertentu tidak dapat dihindari. Oleh karena itu ada Langkah preventif yang bisa kita lakukan utnuk menghindari segala kemungkinan yang terjadi tersebut. Misalnya, jika anda hobi bekerja sambal menyeduh minuman hangat, letakkanlah minuman agak jauh dari laptop. Atau perlunya memasang case/cover untuk melindungi laptop dari benturan atau goresan.

ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) telah mengantongi serttifikasi lolos uji ketahanan berstandart militer AS (MIL STD-810H) membuatnya memiliki konstruksi khusus agar tidak mudah rusak. Bekerja indoor OK, bekerja di lapanganpun tidak masalah. Daya engsel sudah teruji ketahanannya hingga 30ribu kali buka tutup bahkan sudah melalui serangkain test lainnya seperti daya tahan terhadap tekanan hingga 25 kg dan daya tahan saat terjatuh dari ketinggian 120cm.


Beruntungnya, ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) dirancang dengan durabilitas OK. Berbagai pengujian telah dilakukan untuk menciptakan sebuah laptop dengan durabilitas tinggi sehingga laptop ini memungkinkan bisa bertahan pada kondisi ekstrem tertentu. Konstruksi bodi yang sangat Tangguh siap untuk petualangan produktif.

Pun tidak perlu berlama-lama menunggu laptop istirahat saat terasa panas dan mulai melamba untuk memulai bekerja dengan laptop lagi. Itulah keuntungan memiliki laptop dengan teknologi terkini. Prosesor memiliki pengaruh yang besar pada kinerja sebuah komputer/laptop. Karena sejatinya Prosesor adalah otak dari komputer. Hadirnya Laptop ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics selalu menemani penggunanya untuk tetap produktif sepanjang waktu.

Sebagai laptop produktivitas maka sudah jelas, ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) dengan fitur modern terbaru bisa memberi manfaat untuk aktivitas saya sehari-hari. Tidak hanya produktif untuk kegiatan belajar mengajar namun juga media tumbuh dan berkembang mempelajari banyak hal sebagai maksud pengembangan kompetensi diri. Lalu bagaimana dengan keamanan pada ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) yang didapuk sebagai expertbook alias laptop bisnis? 

Tidak perlu khawatir, karena sudah dibekali dengan modul TPM 2.0 untuk melindungi data pengguannya. Pun ada fitur pembaca sidik jari yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello tidak hanya memudahkan untuk login pada windows tapi juga menambah tingkan keamanan akses laptop. Dari sisi kamera, keamanan bisa ditingkatkan dengan adanya webcam shield yang fungsinya dapat menutup kamera webcam dan menghindari dari ancaman spionase. Ya semua fitur perlu dijelajahi agar bisa mengoptimalkan gadget yang anda miliki. Sudah kah mengoptimalkan laptop Asusmu dengan fitur Aplikasi MyAsus.

Secanggih apapun gadget yang dimiliki, tanpa memahami seluk beluk dan fitur yang ada pada gadget yang dimiliki akan menjadi nihil. Itulah alasannya apapun gadget yang dimiliki harus benar-benar kita pahami. Apakah anda menyadari bahwa pada laptop Asus memiliki fitur aplikasi yang bernama MyAsus untuk mengoptimalkan produktivitas?


Aplikasi dan fitur berguna dari MyAsus ini juga ada pada laptop ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402). Aplikasi ini menawarkan fitur yang menarik untuk melakukan sinkronisasi secara cepat antara laptop dan smartphone. Sangat berguna jika seperti saya sering transfer file dari smarphone ke laptop ataupun sebaliknya. Transfer foto dan video, menjawab panggilan telepon smartphone di laptop, menjadikan layar smartphone sebagai layar tambahan hingga bisa terhubung dengan layanan purna jual. Jika anda pengguna laptop Asus dan sampai sekarang belum pernah memanfaatkan fitur pada aplikasi MyASUS, coba deh ketik di kolom pencarian windows “MyAsus” inilah aplikasi berguna yang saya maksud.

Semakin terbaru dan bagus sebuah processor, maka juga memiliki performa yang kuat, tapi harganya juga pasti lebih mahal. Oleh karena itu keputusan yang paling tepat adalah memilih laptop dengan prosesor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Spesifikasi dan fitur Kembali lagi perlu disesuaikan dengan kebutuhan jika dalam hal ini berada dalam keterbatasan budget. Kalau masalah budget tidak begitu berarti, Laptop ASUS ExpertBook B13 Flip (B3402) ini layak untuk dipinang mulai dari harga 17jutaan (tergantung varian laptop yang dipilih berdasarkan spesifikasi). 



Dari ASUS Business juga memberikan layanan purna jual yang menarik. Pelaku bisnis atau instansi bisa memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention sampai 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dimana memungkinkan garansi perlindungan sampai 100%, layanan Onsite Service, sampai VIP Support Line yang bisa memberi dukungan teknis khusus.

Adapun tersedia beberapa varian yang bisa dipilih yaitu dari kebutuhan CPU Intel Core i5/i7 dan memori penyimpanan yang dapat diupgrade hingga 1TB, hingga kebutuhan dukungan 4G LTE. Itulah yang menjadi pembeda selain itu semua spesifikasi yang tertera sama. Tersedianya RAM 8GB atau 16GB ini memungkinkan untuk bisa diupgrade hingga 48GB. Untuk mengetahui spesifikasinya lebih jauh bisa dilihat pada table dibawah ini ya!

Main Spec.

ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Built-in speaker Built-in array microphone with Cortana support

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp17.542.000

Warranty

2 tahun garansi global


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar