RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sudah Kenal, "Eh ... Lolos Kampus Impian”.


Bagaimanapun saya juga sempat merasakannya. Saya harus bersaing dengan puluhan bahkan ribuan orang untuk merebutkan beberapa kursi prestise yang tersedia dari sebuah perguruan tinggi bergengsi di Indonesia ini. Tes sana-sini, Gagal berkali-kali, perjalanan saya ini menjadi perjalanan yang begitu berkesan, terpatri hingga sekarang sebuah usaha penuh tunggang-langgang dan penuh perjuangan. Hasil dari perjuangan, tekad dan berbekal kepercayaan dari kedua orang tua yang begitu besar supportnya saya rasakan, anak desa yang saat itu akhirnya bisa mewujudkan keinginannya. Keinginan dari seorang anak buruh tani untuk melihat kedua orang tua bangga. Untuk Bapak, Ibu, dengan apapun kesulitan yang saya tahu selalu terus mengupayakan.


Begitu juga saat saya belakangan ini tidak sengaja menemukan video ini, saya seakan kembali diingatkan dalam keharuan, bahwa segala sesuatu memang butuh perjuangan dalam hidup ini. Bahkan dari pengalaman-pengalaman mewujudkan pendidikan perguruan tinggi itu, jika nantinya saya mengalami rintangan besar dalam mencapai tujuan dalam hidup ini, saya akan diingatkan lagi dan lagi soal hidup sejatinya tidak terlepas dari sebuah perjuangan. Untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitar.

Bahkan yang saat itu saya menjadi gamang karena persoalan ekonomi yang perpeluang besar bisa menggagalkan keinginan untuk melanjutkan Pendidikan, ternyata bisa saya lalui dengan tegar. Saya berupaya untuk mengikuti berbagai seleksi masuk perguruan tinggi dengan jalur beasiswa, begitu gagal tentu saya tidak tinggal diam untuk mencoba pintu-pintu peluang lainnya. Segala sesuatu yang sekiranya sulitpun bagi kita sebenarnya mungkin saja terwujudkan oleh sebuah perjuangan yang terus-terusan dan mungkin harus lebih besar dari orang-orang.


Saya Agus Setiawan, Anak laki-laki yang berasal dari sekolah di desa, sungguh bahagia karena akhirnya mendapat pemberitahuan lolos seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN (Sekarang SNBT) pada Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Jember. Sekaligus mendapatkan beasiswa penuh S1 untuk melanjutkan Pendidikan.

PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK

Dari pengalaman saya beberapa tahun yang lalu ini sangat relevan dengan perjuangan teman-teman sekarang yang sedang mewujudkan perguruan tinggi/kampus impian. Oh iya, saya bisa lolos tes perguruan tinggi hingga officially menjadi mahasiswa Teknik bukan dari tes pertama saya, namun sebelumnya saya sudah beberapa kali mengalami ketidaklolosan atas seleksi perguruan tinggi lainnya, termasuk melalui jalur prestasi yang sebelumnya juga saya coba loh (Sekarang dikenal sebagai SNBP). 

Bukan UGM (Universitas Gadjah Mada), Bukan juga ITS (Institut Teknologi Sepulun November), melainkan berjodoh dengan UNEJ (Universitas Negeri Jember) yang tidak kalah keren karena menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di ujung pulau jawa bagian Timur. Ahh, sungguh lega hati ini dibuatnya. Akhirnya saya tetap bisa melanjutkan kuliah ditahun yang sama, tidak perlu GAP year dengan alasan apapun.

***
Hai teman-teman, apapun hasil seleksi SNBP ditanggal 28 Maret nanti, adalah bagian dari hasil perjuangan, doa, dan rezeki teman-teman. Kalaupun gagal, ingatlah masih ada banyak jalan terbuka untuk mencapai tujuan lolos perguruan tinggi impian teman-teman. Ingat ya! Masih ada SNBT dan Seleksi Mandiri, persiapkan semuanya sebaik mungkin dengan sisa waktu yang ada. Namun jikapun teman-teman belum berhasil juga, itu artinya teman-teman masih diberi waktu dan kesempatan ditahun depan untuk mempersiapkan lebih baik dan menjadi versi terbaik dari diri teman-teman untuk mengikuti seleksi yang sama tersebut. Chayooo! Kalian pasti bisa.


Jadikan kegagalan menjadi sumber belajar. Jikapun teman-teman belum punya pengalaman menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi tentu teman-teman bisa belajar dari pengalaman orang lain. Jika perlu teman-teman boleh minta tips maupun saran dari orang lain yang menurut teman-teman sangat diperlukan. Tidak hanya soal persiapan dalam hal belajar, namun banyak aspek kesalahan sepele yang mungkin saya membahayakan dan berakibat ketidaklolosan. 


Pengumuman seleksi perguruan tinggi yang SNBP memang tinggal menghitung hari saja. Kemudian, jika belum berhasil pada SNBP, perjuangan teman-teman akan diteruskan dengan seleksi ujian tulis SNBT pada bulan Mei. Sudah siap menerima hasilnya? Hehe. Pasti deg-deg-an..

Hasil seleksi itulah kenyataannya, setiap tahunnya berbagai seleksi untuk menyaring mahasiswa baru khususnya PTN (Perguruan Tinggu Negeri) begitu semarak. Seleksi-seleksi inipun pastinya diserbu oleh para calon mahasiswa karena keinginan mereka tentu bisa mendapat kursi di perguruan tinggi/kampus impian dan bergengsi. Semakin bergengsi, semakin susah persaingannya hingga mendapatkan pemberitahun LOLOS, begitu bukan?

AMBIS BUKANLAH SUATU HAL YANG BERLEBIHAN, AMBIS ADALAH HAL YANG MENDEKATKAN TUJUAN

Ambis bukanlah suatu hal yang berlebihan Ketika teman-teman ingin mewujudkan PTN favorit dan terbaik di negeri ini. Jika pada seleksi SNBP yang salah satu indikatornya menggunakan rerata nilai raport 5 semester terakhir, itu artinya memasuki bangku SMA bukanlah waktu yang banyak untuk bersantai-santai ria. Semester demi semester adalah perjuangan. Perjuangan mempertahankan dan meningkatkan nilai akademik maupun terus bersemangat untuk mengukir prestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional sesuai bidang prestasi yang teman-teman miliki yang juga menjadi indikator penilaian SNBP.

Semua bisa terjadi. Bahkan dengan rasa percaya diri karena memiliki prestasi dan nilai akademik yang tinggipun tidak menjamin kelolosan loh. Peluang dan persaingan jangan dilupakan. Semua teman-teman kamu yang bersaing pada perguruan tinggi favorit yang sama merupakan mereka dengan versi terbaik mereka juga. Oleh karena itu,meski teman-teman sudah mengikuti seleksi SNBP tidak lantas ongkang-ongkang kaki. Teman-teman harus tetap mempersiapkan plan A,B,C,D… Z jika kemungkinan buruk terjadi, Ketika teman-teman dinyatakan tidak lolos SNBP yaitu dengan mempersiapkan menghadapi seleksi SNBT.


Ketika tidak lolos, teman-teman juga sudah siap menghadapi SNBT yang selang waktu penyelenggaraannya bisa dibilang tidak jauh. Seperti tahun 2023 ini, pengumuman kelolosan SNBP tanggal 28 Maret 2023 sedangkan ujian seleksi SNBT diselenggarakan mulai tanggal 17 Mei 2023. Sungguh-sungguh sangat singkat bukan jika teman-teman tidak mempersiapkan materi ujian dari jauh-jauh hari. Saya sangat setuju dengan teman-teman ambis, persiapan seleksi perguruan tinggi bisa direncanakan sejak memasuki bangku SMA.

Bukan terburu-buru, sebut saja semua ini mencicil. Kenali sedikit demi sedikit materi-materi yang diujikan dalam seleksi masuk perguruan tinggi hingga nantinya di kelas 12 teman-teman akan merasakan sendiri manfaatnya. Soal-soal tes potensi kognitif, tes penalaran matematika, tes literasi Bahasa Indonesia, tes literasi Bahasa Inggris yang menjadi materi ujian SNBT untuk tahun ini bukan?


Tidak mudah untuk membangkitkan semangat belajar menyukseskan belajar menghadapi ujian SNBT. Mulai dari persiapan niat, mengumpulkan materi-materi, konsistensi waktu belajar, pemahaman materi, bukanlah persoalan yang mudah bagi kami. Belajar Bersama temanpun yang menjadi keinginan saya sangat sulit saya dapatkan di desa. 

Belum lagi, ketakutan saya akan materi-materi yang sulit saya pahami sejauh saya mempelajarinya dari buku-buku persiapan SNBT yang saya beli. Hal ini berbeda sekali dengan kemudahan-kemudahan yang ada saat ini, semua serba online. Mulai dari bimbel online, mengumpulkan bank soal, Latihan soal-soal, Try out, mencari Teman belajarpun saat ini mudah didapatkan. Benar-benar atmosfer yang mendukung bisa mewujudkan SNBT yang sukses di jaman serba digital saat ini.

BRAIN ACADEMY, BIMBEL ONLINE MAUPUN OFFLINE JADI MUDAH

Boleh nggak sih diri ini iri? Hehe. Kalau yang ini tanpa dengki, tapi iri dalam kemudahan yang memanjakan yang ada di era serba digital sekarang ini. Beberapa tahun lalu, sebelum ada layanan bimbel online seperti Brain Academy dari Ruangguru seperti sekarang ini, saya harus merantau ke kota orang. 


Tidak seperti sekarang, tidak keluar rumahpun mengerjakan tryout bisa dilakukan. Brain Academy Online dari Ruangguru, semakin terdepan dan memudahkan. Berbanding terbalik dahulu, saya harus menempuh perjalanan 6 jam menggunakan kereta api dari rumah dalam rangka untuk mendapatkan bimbingan belajar (yang dikenal salah satu yang terbaik saat itu) dalam persiapan ujian SNBT. Bolak-balik antar kota juga jikalau tiba-tiba harus mengurus beberapa hal yang berhubungan dengan sekolah. Sungguh, jika boleh mengeluh… Iqbal Ramadhan saat itu sangatlah Lelah…. Tapi tetap menegakkan bahu mengingat kampus impian di depan mata menjadi tujuan..

Sekarang ini siapa sih yang tidak kenal Ruangguru? Tidak mungkin. Salah satu produk terbaiknya yaitu Brain Academy yang sejujurnya saya idam-idamkan hadir beberapa tahun lalu, Ketika saya berjuang keras menembus tembok SNMPTN Tulis. Dengan eksistensinya seperti sekarang ini, jika Brain academy hari ditahun-tahun saya, rasanya lebih mudah bagi saya untuk menembus perguruan tinggi TOP yang sebelumnya begitu saya inginkan. Namun itulah garis tangan, semua pengalaman yang saya dapatkan bisa saya tularkan. Bagaimana cara saya menembus SNMPTN Tulis, dan tips-tips yang sebisa mungkin saya bagikan.


Begitu mudah bagi saya membandingkan, antara bimbel zaman saya beberapa tahun lalu dengan bimbel yang saat ini beragam. Banyak pilihan, banyak keunggulan, pasti membuat teman-teman bingung kan? Hehe. Tidak perlu bingung, jika teman-teman memilih Ruangguru itu artinya pilihan yang tepat sudah diputuskan. Tidak perlu jauh-jauh pula, orang-orang terdekat saya pastinya saya rekomendasikan untuk bimbel di Ruangguru dengan mudah alasan saya utarakan, terutama untuk adik-adik saya maupun tetangga ya tahun-tahun ini mulai panik dengan kelanjutan pendidikannya pada jenjang perguruan tinggi. Jangan panik, ambil bimbel di Brain Academy-nya Ruangguru, saya tegaskan.

Adik-adik : Kak, brain academy kelebihannya apaan ya? Sama Ruangguru bedanya apa?

Baiklah saya jelaskan secara terperinci apa itu Brain Academy dan sejauh mana Brain Academy saya yakin bisa membantu adik-adik perpeluang sukses pada seleksi masuk perguruan tinggi SNBT. Saya bagikan pengalaman kepada kalian, agar kalian semakin semangat berjuang menembus tembok SNBT setinggi apapun, sesulit apapun persaingan. Hanya melalui genggaman, akses video materi dan live teaching bisa didapatkan. Sangat gampang bukan. 

Sebelum ngomongin kelebihan Brain Academy lebih jauh, saya jelaskan dulu mengenai perbedaan Ruangguru dan Brain Academy ya.. Singkatnya, Brain Academy itu bagian dari Ruangguru. Salah satu produk yang dimiliki Ruangguru. Perlu diketahui Ruangguru punya banya produk, diantaranya Roboguru, Dafa dan Lulum Ruang belajar, English Academy, Skill Academy, dan lain-lainnya…


Nah, karena adik-adik sedang membutuhkan bimbel untuk persiapan SNBT yang super komplit seperti yang kalian mau, produk Ruangguru yang paling cocok yaitu Brain Academy Online. Dari segi kemudahan ruang dan waktu, bisa lebih fleksibel karena kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, sesuai namanya. Melalui Brain Academy Online kalian bisa diajari oleh pengajar (Star Master Teacher) terbaik, dan kegiatan belajar secara langsung dan interaktif.

Ini berbeda dengan produk Ruangguru “Ruang belajar”, dimana sama-sama bimbel online dari Ruangguru namun memiliki beberapa perbedaan. Meskipun sama-sama bimbel online dan diajarkan oleh Master teacher terbaik, namun sumber belajar melalui puluhan ribu video belajar beranimasi. Namun tidak secara langsung. Serupa tapi tak sama, saya rangkum perbedaan Ruang belajar dan Brain Academy Online karena memudahkan pemahaman kalian ya.


Bisa dibilang Brain Academy Online lebih lengkap ya. Cuma Kembali lagi ke kalian tipe pelajar yang seperti apa? Bisa belajar sendiri melalui video-video (pilih Ruang belajar) atau perlu belajar langsung dengan Master teacher (Pilih Brain Academy)?

Kak, aku semakin tertarik sama Brain Academy, bisa dijelaskan lebih detail lagi nggak? Tentu bisa dong, dengan senang hati akan kakak jelasin lebih terperinci karena kakak mau memberikan saran terbaik untuk adik-adik dan teman-teman semua yang membaca tulisan kakak di blog ini.

BRAIN ACADEMY, KOMBINASI BIMBEL ANTARA ONLINE DAN OFFLINE PERTAMA DI INDONESIA

Maksudnya, siswa juga bisa berinteraksi dengan guru langsung jika mempunyai pertanyaan. Begitu juga fasilitas yang ada pada Ruang belajar bisa diakses oleh pelanggan Brain Academy. Ada materi yang bisa diakses secara online, siswa Brain Academy online juga mendapat live teaching dari guru terbaik.


Dimana guru-guru terbaik ini diseleksi ketat dari bimbel top, sekolah hingga dari perguruan tinggi favorit kemudian sudah mendapatkan pelatihan dan standardisasi terbaik. Bisa dibilang Brain Academy merupakan satu-satunya yang menawarkan kombinasi bimbel offline dan online. Untuk Bimbel Brain Academy kalian bisa memilih antara Bimbel Academy Online atau Bimbel Brain Academy Offline.


Bingung kak… aku pilih Bimbel Brain Academy Online atau Oflline ya? Setelah membaca kelebihan masing-masing, antara bimbel online dan offline coba sesuaikan dengan diri masing-masing. Saya suka berinteraksi dengan teman baru, saya juga lebih senang belajar Bersama teman-teman seperjuangan dalam kelas secara bareng-bareng, maka saya tentu akan memilih bimbel Brain Academy offline. Jika kalian sibuk beraktivitas seharian di sekolah, bimbel Brain Academy Online bisa jadi solusinya karena lebih fleksibel soal waktu belajar.

Kapanpun dan dimana saja saya bisa buka aplikasi Ruangguru untuk belajar atau mengikuti kelas

Perlu digaris bawahi bahwasannya Brain Academy tidak hanya untuk kelas 12 yang ingin persiapan menghadapi UTBK saja loh ya, tapi juga menyediakan kelas untuk beberapa tingkatan. SD, SMP, SMA dan persiapan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) bahkan yang terbaru bimbel masuk kedinasan.

BRAIN ACADEMY OFFLINE

Sebelum memutuskan untuk memilih bimbel BRAIN ACADEMY secara offline, baiknya juga adik-adik mengetahui cabang-cabang kantor bimbel (Brain Academy Center) terdekat yang tersebar dibeberapa wilayah di Indonesia. Misalnya untuk adik-adik yang tinggal di Jember, kalian bisa mendaftarkan diri pad bimbel Brain Academy Center di Jalan Jawa Sumbersari. Agar bisa menggunakan fasilitas dan penunjang smart classroom yang modern, gadget dan high speed wifinya. Hehe.

Melalui Bimbel Brain Academy offline, kalian juga akan ditawarkan fasilitas kelas pengembangan diri. Ada critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy dan lainnya. Pengembangan soft skill dapat, kebutuhan akademis juga terpenuhi. Ada mini tryout, klinik PR yang bisa menyelesaikan kesulitan PR sekolah kalian, hingga fasilitas konseling konsultasi pendidikan gratis oleh ahlinya.


Kalian tinggal dimana? Yuk cari cabang-cabang kantor bimbel (Brain Academy Center) terdekat dari rumah kalian. Ada lebih dari 80 kantor cabang yang tersebar se-Indonesia. Bayangin juga, punya banyak teman-teman bimbel dari berbagai sekolah yang saling berbagi semangat ambis, ataupun nongkrong santai sambal berinteraksi di cozy lounge seru banget dehh …


Antara Bimbel Brain Academy Online maupun Offline sama-sama bisa kalian rasakan vibesnya sebelum kalian benar-benar mendaftarkan diri dengan programnya. Bimbel brain Academy Online gratis bisa adik-adik rasakan dengan mengikuti kelas live teaching GRATIS. Atau jika ingin merasakan vibes kelas offline, kalian bisa mendaftarkan diri mengikuti kelas percobaan dengan mendatangi brain academy center terdekat.

Tidak perlu khawatir, melalui bimbel brain academy Online, teman-teman juga bisa mendapatkan kelas pengembangan diri, konseling, klinik PR, dan modul-modul pembelajaran sama halnya Brain Academy Offline.


Brain academy Online (BAO) memiliki 3 macam paket pilihan. Paket BAO Reguler, Paket BAO Premium dan Paket BAO Elite. Secara detail benefit yang didapatkan dapat dilihat sebagai berikut sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.


Yuk perbesar peluang untuk lolos PTN idaman dengan jurusan yang teman-teman cita-citakan. Apalagi teman-teman yang pada tahun 2024 giliran maju di medan perang SNBT. Berbagai informasi pada tulisan ini sudah saya berikan, sekarang saatnya teman-teman mengakses Brain Academy Online merasakan sendiri betapa interaktif dan fitur lengkap dimiliki Brain Academy Online by ruangguru. Mudah saja untuk dapatkan aplikasinya, semua gadget bisa. 

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru dengan cara download aplikasinya di Google Play, Apps Store, atau Apps galeri sesuai sistem operasi smartphone kalian. Tidak berhenti memberikan kepuasan dalam menikmati konten dan materi produk-produk Ruangguru, kalian bisa juga menginstall aplikasi Ruangguru untuk Desktop. Baik windows maupun Mac.


Brain Academy Bimbingan Belajar Abad 21. Tidak hanya fokus utama pada pelajaran sekolah, namun ada juga pembelajaran soft skills agar dapat mengikuti perkembangan kompetensi global. Sebut saja yang gratis akses ruang belajar, interior gedung yang modern, punya kurikulum yang lengkap dengan beragam jenjang sekolah, konsep belajar yang berbeda, ada kelas pengembangan diri, dan harga lebih terjangkau dengan layanan dan fasilitas yang didapatkan.


Abad 21 merupakan abad dimana teknologi berkembang begitu pesat. Hingga pada akhirnya semua dari kita baik siswa maupun pengajar harus mengikuti perkembangan yang ada saat ini. Pembelajaran yang menggabungkan kecakapan literasi, penguasaan teknologi, kemampuan pengetahuan, ketrampilan, serta perilaku.


Melalui Ruangguru, kompetensi 4C sebagai adaptasi pembelajaran diabad 21 menjadi semakin berkembang dengan inovasi yang dihadirkan. Tidak hanya mahir dalam ilmu pengetahuan. Namun bagaimana mempermudah siswa untuk mencapai kompetensi 4C. Creative and innovation, Collaboration, Communication, and Critical Thinking and problem solving. 


Hal ini semakin terbukti, bahwasanya Ruangguru dengan produknya Brain Academy mampu mengantarkan banyak sekali siswa meraih perguruan tinggi yang selama ini mereka impikan. Tak Kenal Maka Tak Sayang, Sudah Kenal, "Eh ... Lolos Kampus Impian”. 

Ini dia kata mereka sebagai alumni pengguna bimbel Brain Academy. Sudah siap menjadi giliran berikutnya untuk mengisi testimoni? Yuk perbesar peluang kamu lolos dengan mengikuti jejak sukses teman-teman kita ini yang telah meraih PTN dengan jurusan bergengsi!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar