RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Transformasi & Digitalisasi Layanan Perbankan BRI, Semakin Membawa Kemudahan Untuk Masyarakat

Pesatnya digitalisasi yang ada saat ini nyatanya harus dihadapi oleh berbagai sektor kehidupan. Tugas besar untuk kitas semua yakni harus belajar dan menyesuaikan diri jika tidak ingin ketinggalan, tidak ada pilihan lain. Dari berbagai sektor tersebut, sebut saja sektor perbankan. Melalui Transformasi & Digitalisasi Layanan Perbankan BRI, Semakin Membawa Kemudahan Untuk Masyarakat.

Berbelanja dari rumah sangat mudah dilakukan bukan? Inilah manfaat yang transformasi digital pada layanan perbankan. Dari Bank Rakyat Indonesia, sebagai nasabahpun juga merasakan perubahan dari waktu ke waktu terkait dengan pelayanan. Layanan demi layanan semakin menajdi mudah diakses sehingga saya sebagai nasabah merasa dekat. Inilah perubahan digital dari layanan yang memberi manfaat untuk saya yang tinggal di pedesaan.


Sebagai salah satu lembaga perbankaan kenamaan di Indonesia, BRI rupanya juga turut aktif berpartisipasi dalam hal mewujudukan layanan yang serba digital. Digitalisasi BRI produk dan layanan semakin bertambah dan menjawab kebutuhan para nasabahnya. Dari situasi inilah, saya ingin berbagi cerita melalui tulisan ini tentang Transformasi & Digitalisasi Layanan Perbankan BRI, Semakin Membawa Kemudahan Untuk Masyarakat. Lalu, apa saja sih yang bisa dilihat dari Transformasi & Digitalisasi yang sejauh ini telah dilakukan oleh BRI?

1. BRI berdiri menjadi Pilar Ekonomi Rakyat

Hadir sejak tahun 1895 tentu saja Bank Rakyat Indonesia (BRI) mempunyai cerita sejarah Panjang. Kedudukannya memiliki peran penting sebagi pilar ekonomi rakyat Indonesia. Sehingga bukan hanya sebagai Lembaga keuangan namun menjadi mitra utama yang menyokong berbagai usaha baik itu ekonomi kecil, menengah hingga skala besar. Sebut saja BRI sebagai mitra yang tepat dalam pengaruh dan fokusnya pada ekonomi rakyat Indonesia.

Konsistensi BRI dalam inovasi membangun manfaat besar yang berfokus pada ekonomi rakyat. Dalam hal utama sebagai penyedia layanan perbankan kepada petani dan pedagang kecil dan terus berjalan dalam mendukung UMKM hingga saat ini. Bahwasanya BRI punya ambisi bawa UMKM Indonesia bisa tembus pasar global. 


Tentu saja kehadirannya tidak dipertanyakan lagi, bagi Masyarakat pedesaan (seperti saya) maupun Masyarakat yang tinggal di pelosok daerah begitu dekat dengan layanan BRI. Menyentuh pelosok daerah yang ada di Indonesia, BRI memiliki cabang yang terus meluas.

Kesempatan bagi siapa saja, khusunya masyarakat yang tinggal di pedesaan. Pedesaan yang kaya akan UMKM yang berada di dalamnya, berkat cabang-cabang BRI yang tersebar merata ini, mereka dapat dengan mudah mendapatkan akses layanan perbankan. Bisa dilakukan kapan saja dari jejaring cabang terdekat dari tempat tinggal dan diyakini akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

BRI melakukan Pemberdayaan UMKM juga. Berupa bimbingan kepada para pelaku UMKM yang ada. Bentuk program yang dijalankan untuk mewujudkan UMKM yang maju pesat. Jadi memang bukan hanya sebagai penyedia layanan perbankan saja. Bentuk peran aktif lainnya yang dilakukan BRI dapat dilihat dari pelaksanaan program-program pelatihan. Misalnya saja program pelatihan pengelolaan keuangan beserta dengan saran-saran produk keuangan yang sesuai tersebut dengan yang dimiliki oleh BRI.

Bahkan, bisa dibilang BRI menjadi salah satu pionir yang memberikan akses kemudahan pembiayaan mikro kepada pelaku mikro. Dimana sangat mungkin terjadi jika pelaku usaha mikro sulit mendapat dukungan dari bank lain termasuk dukungan terhadap pertanian yang membutuhkan produk keuangan khusus bidang pertanian.

2. Layanan Konvensional vs. Layanan Digital: Transformasi BRI

Jujur saja, dahulu saya yang tinggal di pedesaan baru mengenal transaksi perbankan Ketika memasuki dunia perkuliahan. Ketika saya diharuskan untuk merantau dan proses transkasi itu sering saya lakukan. Saat orangtua melakukan setor tunai untuk mengirim sejumlah uang untuk kebutuhan kuliah dan kemudian saya juga mengenal transaksi perbankan lainnya di kota perantauan.

sumber : www.tribunnews.com

Mungkin yang bisa saya rasakan, saat itu yang saya tau layanan perbankan terbatas pada operasional secara konvensional. Hanya setoran tunai dan penarikan di kantor cabang, begitu juga tidak banyak layanan digital yang bisa diakses seperti saat ini, berbeda kondisi seperti sekarang ini.

Waktu telah membawa banyak inovasi dan perubahan. Adanya perkembangan teknologi yang pesat membawa BRI dalam menghadirkan setiap layanan terbaiknya. Siapa saja dan dimana saja saat ini dapat mengakses layanan dan produk terbaik dari BRI hanya dari genggaman tangan, secara digital tanpa harus dating ke kantor cabang. Untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, tentu ini menjadi sebuah keuntungan karena dirasa lebih efisien. Sudah install aplikasi Mobile BRI yang memberi kemudahan berbagai transaksi belum?

3. Mobile Banking: Kemudahan di Ujung Jari

Nah, tidak perlu jauh-jauh mencari contohnya, mobil Banking. Inovasi besar yang dihadirkan oleh BRI sebagai wujud digitalisasi layanan. Dulu, sebelum saya mendaftarkan diri sebagai nasabah yang memiliki mobile banking, saya harus melakukan pembayaran ke Bank maupun ATM, namun tidak setelah saya menggunakan mobile banking.


Hanya dengan aplikasi mobile banking, berbagai transaksi sehari-hari seperti belanja online, cek dan kirim dana, pembelian produk keuangan, pembayaran tagihan dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Mudah, tanpa harus keluar rumah tanpa harus datang ke kantor cabang.

4. Internet Banking: Akses Global untuk Nasabah

Bukan hanya mobile banking, layanan internet banking yang disediakan oleh BRI saat ini memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi dengan syarat terhubung dengan internet saja. Dengan terdapat dalam layanan internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi lebih kompleks lagi. Misalnya investasi dan manajemen portofolio, yang jelasnya memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mengelola keuangan secara lebih terperinci.

5. Inovasi Teknologi: ATM Cerdas dan NFC Payment

Inovasi itu nyata tidak terhenti. Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga secara terus-menerus menghadirkan inovasi teknologi untuk meningkatkan layanan mereka kepada nasabah. Meskipun sudah umum, ATM BRI telah diperbarui dengan teknologi yang pastinya paling terbaru, contohnya teknologi terbaru deteksi wajah dan NFC (Near Field Communication) dalam perwujudan pembayaran, semua ini dapat meningkatkan keamanan, juga meningkatkan pengalaman nasabah dalam bertransaksi.

6. Keamanan dan Perlindungan Data: Prioritas Utama BRI

Tentang keamanan dan perlindungan data yang menjadi prioritas utama BRI. Perjalanan digital selalu diantisipasi dan diawasi dari segi keamanan dan perlindungan data. Investasi sumber daya besar dilakukan BRI dalam tujuan mengamankan infrastruktur IT yang mereka miliki. Hal ini penting dilakukan untuk menumbuhkan keyakinan yang kuat kepada nasabah. Bahwa, nasabah dapat melakukan transaksi aman dan memastika juga data/informasi pribadi mereka aman terjaga.

7. Pemberdayaan UMKM melalui Digitalisasi

Berkaitan dengan kiprahnya yang begitu melibatkan UMKM, Digitalisasi BRI bukan hanya untuk kenyamanan nasabah perorangan, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Tentu saja, dalam hal ini BRI Pahlawan UMKM sebagai penyedia platform digital untuk membantu UMKM. Kebutuhan UMKM dalam mengelola keuangan memperoleh akses ke pembiayaan, dan meningkatkan visibilitas mereka di pasar.

Kesimpulan: 
Dengan langkah-langkah yang sudah saya sebutkan diatas, Bank Rakyat Indonesi (BRI) terus bertransformasi untuk beradaptasi dan memenuhi tuntutan era digital. Dengan serba digital, layanan perbankan yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat adalah salah satu kunci penting pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Dengan digitalisasi pula, BRI membawa kemudahan dan inovasi ke tangan Masyarakat sekaligus nyata membuktikan diri sebagai pelopor perubahan positif dalam industri perbankan Indonesia Menuju Masa Depan Perbankan Digital. Ya, BRI Untuk Indonesia.

Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. Bank BRI ini Bank yang cukup besar dan punya banyak nasabah. Cabangnya juga tersebar di berbagai daerah bahkan di pelosok negeri, memberikan kemudahan akses layanan bagi seluruh nasabahnya. Tidak sangka, di umurnya yang sudah 128 tahun, BRI terus berinovasi menghadirkan layanan perbankan prima dan inovatif kepada seluruh nasabahnya. Keren.

    BalasHapus