#ResolusiBisnis : Dari Anak Kos yang ingin mempunyai Bisnis Kos-kosan dengan dukungan fasilitas lengkap tapi terjangkau

 Beraktivitas  di tengah malam adalah sebuah pilihan. Ketika sebagian besar orang asyik berlayar di pulau mimpi, tidak berlaku untuk orang-orang tertentu, saya salah satunya.

Tengah malam adalah waktu terbaik sekaligus ternyaman untuk membayangkan hal-hal indah yang terjadi akan datang, selain membaca buku. Perlu dibayangkan memang, karena hal itu membuat saya semakin semangat untuk mewujudkannya.

Gambar : Dokumen pribadi

 Resolusi,   harapan, mau jadi seperti apa di waktu depan, pencapaian apa saja yang ada dikepala dan ingin dicapai di tahun ini, hingga refleksi atas hal yang sudah dilakukan tiba-tiba semua muncul di tengah malam seperti ini.

Ketika saya sedang menulis postingan serambi ditemani lagu-lagu folk indie, genre musik kesukaan yang membuat suasana malam semakin menenangkan.

Ide atau keinginan bisnis ini sebenarnya sudah terfikirkan sejak beberapa tahun lalu.

 Dilatarbelakangi  pengalaman saya sewaktu duduk di bangku SMA, banyak dari teman-teman baru saya di sekolah yang kebingungan mencari tempat kos di sekitar sekolah. Masalahnya jumlah kos yang terbatas sedangkan siswa baru di sekolah yang bisa dibilang tidak sebanding dengan kondisi tersebut. Kasihan ya harus bolak-balik .. ((auto pengen jadi juragan kos-kosan))

Gambar : Dokumen pribadi. Nemu foto SMA jadul di laptop. Heuheu

 Mereka  yang saya maksud adalah teman-teman baru saya (siswa baru di sekolah) dari beberapa kota yang memiliki jangkauan cukup jauh dari sekolah.

Resiko dengan pilihan sekolah tentu, mereka harus menempuh jarak puluhan belasan bahkan puluhan kilometer setiap hari untuk menuju ke sekolah. Atau jika tidak, kos adalah solusinya. Sejak saat itu hingga sekarang saya ingin memiliki sebuha bisnis kos-kosan dengan beberapa pertimbagan berikut. 

Saya menjadi sangat beruntung saat itu, sekolah baru tidak cukup jauh dari rumah tempat tinggal. Hanya berjarak kurang dari 5 km atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit. Saya tidak perlu kos, setiap hari pulang-pergi.
 Bahkan  sebenarnya, jika tidak ingin terlalu sore untuk pulang ke rumah karena sebelumnya ada kegiatan sekolah seharian penuh saya bisa langsung menuju rumah nenek yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari gedung sekolah. Lagi-lagi rumah adalah tempat ternyaman, saya selalu pulang ke rumah meskipun pulang sekolah sore sekalipun.

Ketika memasuki bangku kuliahpun membuat saya benar-benar merasakan menjadi anak kos. Suka duka anak rantau yang harus mencari kos-kosan yang aman dan nyaman dan tak kalah penting sewa bulanan yang harus saya sesuaikan sesuai kemampuan.

 Tidak  bingung memilih, saat dibangku kuliah berbeda dengan waktu SMA karena sangat banyak tipe kos-kosan yang bisa dipilih. Sayangnya, keleluasaan memilih bagi saya menjadi terbatas saat saya harus menyesuaikan dengan budget bulanan yang saya miliki (read: terbatas).

Eh, tapi dengan nge-kos ada banyak manfaatnya tuh buat self improvement alias nilai-nilai kehidupan.

Dan inilah alasan kenapa saya memilih kos yang letaknya sekitar 2 Km dari kampus dengan kamar kos berukuran 3,5 x 4,5 m2. Dengan berbagai pertimbangan, nyaman, lebih murah meskipun fasilitas yang ada ya seadanya gitu deh. Hehe.

 Berbekal  ilmu "pernah menjadi anak kos" ini saya mulai merancang ide untuk membuat bisnis kos-kosan. Dengan harga yang relatif terjangkau "harga pelajar" dan dukungan fasilitas lengkap dan "banyak dicari" (berdasarkan pengalaman saya sebagai anak kos lah ye hehe) maka peluang isi sangat potensial menarik perhatian pencari kos. Harga pelajar Rp. 350.000/bulan dengan kelebihan-kelebihan yang dalam hal ini saya manfaatkan sebagai teknik marketing.
Dimulai dari pemilihan lokasi strategis, jumlah unit kamar kos, fasiltas apa saja yang sangat dibutuhkan anak kos saat ini dan lain-lain yang menjadikan bisnis kos yang saya miliki menjadi tempat ternyaman dan bikin betah pengtepathuninya. Merasakan suasa kos seperti rumah sendiri, ya meskipun rumah sendiri benar-benar tidak ada yang mengantikan sih. Nah, dengan perkiraan memiliki 10 unit kamar maka penghasilan per bulan 10 x Rp. 350.000 = Rp 3.500.000/bulan. Penghasilan yang bisa dijadikan aset passive income untuk saya, bapak ibu khususnya di hari tua mereka :)

Lalu dimanakah lokasi yang ingin saya jadikan bisnis kos-kosan? Berdasarkan survey, hingga saat ini kos-kosan di daerah tempat tinggal saya masih berpotensi sangat besar untuk menjalankan bisnis ini. 
Nb : SMAN 1 Gambiran, Banyuwangi adalah sekolah saya sewaktu SMA loh..

 Salah  satunya yang menjadi fokus yaitu lokasi terdekat dengan sekolah-sekolah/kampus atau lokasi tertentu (startegis) yang dekat dengan perkotaan (khusus untuk pegawai/karyawan) untuk mendirikan rumah yang didalamnya menyedikan kamar-kamar kos yang bisa disewakan. Kamar kos minimalis dengan suasana segar karena adanya penghijauan disekitarnya.


Ya, sesuai dengan semula yaitu konsep kos-kosan yang sifatnya minimalis, modern, nyaman dan harga sewa yang terjangkau. Satu lagi, lengkap dengan fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan sehingga penghuni kos dapat tercukupi kebutuhannya hanya di area kos saja. Wifi yang kenceng, Parkiran Luas, Ruang Tamu, Ruang nonton, Dapur nggak boleh absen pastinya. Karena faktor-faktor ini sangat dicari calon penghuni kos. Iya kan? 

 
 Tanpa  membuang peluang, fasilitas Laundry, Minimarket yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari termasuk stationary, percetakan, kios pulsa & BBM hingga warung makan (dengan menu berganti setiap hari ya gais, biar nggak bosen hehe #curhat) yang melengkapi kebutuhan penghuni kos-kosan harus tersedia.

Jadi sih, kelengkapan iya, keamanan iya, kenyamanan juga. Sederhana tapi idaman banget deh buat pencari kos. Berhubung di sekitar sekolah hanya ada 1 percetakan (kopsis siswa), nah disini saya juga ingin membuat sebuah percetakan dilingkup kos-kosan. 

Gambar : Dokumen Pribadi

Oh iya, ngomongin percetakan, ini sih termasuk juga bagian sebagai  #ResolusiBisnis2019 . Dengan memiliki studi foto dimana saya bisa menyediakan jasa fotografi dan videografi lengkap dengan jasa percetakaannya. Menjalankan hobi dengan senang tapi bisa menghasilkan, lumayan kan?

Gambar : Dokumen Pribadi (foto diambil saat sedang ngeprint di jasa percetakan yang berjarak beberapa km dari rumah, dan itu jauh bro)

 Kalau  dibanyangin memang modalnya tidak sedikit, hehe. Berbekal niat yang besar, semoga satu persatu resolusi bisnis yang saya rencanakan ini bisa terwujud ((AMIN)). Apalagi untuk semua perkakas/utilitas yang digunakan untuk mendukung bisnis diatas.

Salah satu tantangannya saya harus bisa menyiapkan anggaran (modal) dengan penggunaan se-efesien mungkin. Itu artinya saya harus jeli untu memilih perkakas dan segala kebutuhan dari supplier. Mesin fotocopy, mesin per-laundry-an, rak dan etalase dan banyak lainnya. Jika memang tipe/spesifik barang yang dicari tidak ditemukan, itu artinya kamu perlu mengetahui fitur dari ralali yaitu Ralali Quotation.
Niat untuk mewujudkan bisnis impian semakin bulat saat saya mengetahui adanya Ralali yang menyediakan berbagai macam peralatan untuk memulai usaha. Harganya tentu bersaing (harga grosir), karena barang berasal dari suppliernya langsung dan sudah terpercaya. Jadi kalo misal teman tangguh butuh unit dengan jumlah yang cukup besar (untuk keperluan bisnis) bisa nih langsung ke Ralali.
Pembayaran aman terpercaya, harga grosir cocok untuk dijual kembali, banyak pilihan penjual, banyak promo dan mudah dalam bertransaksi adalah kelebihan dari ralali. Btw, sudah tau Ralali sebelumnya?
 

Tepat sekali,  Ralali.com  adalah Platform B2B Marketplace terbesar di Indonesia. E-commerce yang menjual produk atau barang yang digunakan untuk keperluan bisnis. Puluhan ribu pebisnis Indonesia dengan ribuan supplier saling terhubung untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya melalui Ralali Mobile App. 

 Nah,  dengan adanya ralali ini menjadi solusi bagi kita yang ingin mendapatkan barang ekslusif dari supplier langsung atau siap menyuplai berbagai kebutuhan bisnis.

Mulai dari kebutuhan bisnis hotel, restoran, kafe, fashion, elektronik, gadget, kebutuhan kantor, hingga kebutuhan bisnis otomotif. Inilah yang membedakan antara Ralali dengan e-commerce yang lainnya. 


 Ralali  merupakan Platform B2B (Business to business) dan merupakan marketplace (terbesar di Indonesia) sedangkan kebanyakan e-commerce seperti yang kita ketahui lebih kearah pada penggunaan oleh konsumen terakhir. So, Ralali.com sebagai website yang tepat untuk berbelanja kebutuhan usaha.

C2C, B2C, B2B: perbedaan distribusi barang 

 Itu  sih tentang resolusi bisnis saya, bagaimana dengan resolusi bisnis kalian? Kalau belum ada ide bisnis, coba deh buka website ralali atau install apps Ralali buat lihat-lihat sekaligus cari inspirasi buat bisnis masa depan. Ralali.com,business starts here.



 Sekarang jadi gampang! #IniSaatNya  Menjalankan bisnis menjadi semakin mudah dengan Ralali Mobile Apps. Penuhi segala kebutuhan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan terpercaya cukup lewat sentuhan jari. Iya dong ... :)

Salam,
Pemuda Sedikit Akal
Calon Juragan Kos-kosan. Heuheu.

Beli Handphone di Bukalapak dengan Cara Kredit


Seumur-umur baru kali ini bisa nyicil handphone dengan cara kredit di Bukalapak. Itu pun awalnya agak ragu, soalnya sekarang lagi marak penipuan dari beberapa jasa layanan kredit online. Tapi, setelah tahu kalau Kredivo ternyata sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadinya nggak ragu lagi.


Sekedar informasi aja kenapa saya akhirnya memilih Kredivo karena proses pendaftaran di Kredivo itu gampang dan gak ribet. Semua proses pendaftaran bisa dilakukan dengan cara online. Cukup hanya tinggal mendownload aplikasinya saja di Google Play Store ataupun di App Store.

Oh ya, untuk bisa daftar menjadi member Kredivo itu harus memenuhi persyaratan berikut ini;

  1. WNI berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
Buat yang belum tahu cara kredit di Bukalapak dengan menggunakan Kredivo sebelumnya sangat mudah kok. Jadi, Kredivo ini adalah kartu kredit digital yang Kredivo ngasih kredit limit sampai dengan Rp30 juta. 

Limit ini bisa dipakai buat belanja online di e-commerce partnernya Kredivo, atau dicairin dalam bentuk tunai. Jadi kalau kamu emang punya otak bisnis, sebetulnya layanan yang ditawarin Kredivo inikesempatan ini bisa dijadikan sebagai modal usaha. Yang jelas, perputarannya bisa kamu atur sesuai dengan tenor yang diberikan sama Kredivo.

Bunga Kredivo itu jauh lebih rendah 50% dibandingkan dengan perusahaan non bank lainnya. Kalau kamu pakai Kredivo buat belanja online, cCicilannya bisa kamu angsur mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga 2.95% perbulan. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan kamu sendiri.

Kelebihannya, kalau kamu emang gak mau bayar bunga, kamu bisa memilih metode pembayaran dalam waktu 30 hari. Nah, metode pembayaran ini juga ngebantu banget buat bayar beberapa tagihan misalnya tagihan telepon, tagihan listrik, iuran BPJS sampai buat beli token listrik langsung lewat aplikasi Kredivo.

Selain buat belanja online, itu Kredivo juga punya fasilitas layanan pinjaman tunaii secara online. Jadi sewaktu-waktu saya butuh uang tunai, kamusaya bisa langsung ngajuin pinjaman mini dengan nilai mulai dari Rp500.000, atau sampai dengan pinjaman jumbo mulai dari Rp1.000.000 dengan limit maksimal yang akan disesuaikan dengan limit pada tenor 6 bulanmu.tenor yang bisa disesuaikan.

Sebelum mengetahui cara kredit di Bukalapak kamu harus tahu dulu cara melakukan pendaftaran melalui aplikasi Kredivo dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Install aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store
  2. Pilih opsi “Cicilan”
  3. Upload foto selfie sebagai pengganti KTP
  4. Sambungkan akun e-commerce yang sudah pernah digunakan buat belanja atau transaksi
  5. Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan (khusus Cicilan Express)
  6. Atau unggah foto KK & STNK serta slip gaji & rekening koran (khusus Cicilan Reguler)
  7. Tunggu konfirmasi persetujuan paling lambat dalam 1×24 jam
Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu notifikasi persetujuan kredit dari Kredivo. Kalau sudah dapet notifikasinya lewat sms atau lewat email, kamu bisa langsung belanja di Bukalapak dengan cara kredit.

Nah, langkah-langkah ini yang bakal ngebantu kamu gimana cara kredit di Bukalapak dengan menggunakan Kredivo.

  1. Pilih barang yang mau dibeli. Kalau kamu mau menggunakan fasilitas Cicilan Kredivo, maka total keranjang belanjamu minimal harus sebesar Rp 1 juta.
  2. Jangan membeli barang yang harganya melebihi limit yang diberikan. Jadi, cek dulu aja berapa besar limit yang bisa kamu pakai.
  3. Setelah yakin dengan barang yang mau dibeli, pilih “beli sekarang”
  4. Setelah itu pilih Metode Pembayaran dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit, lalu pilih Kredivo
  5. Pilih tipe pembayaran atau cicilan, lalu klik tombol bayar
  6. Login ke Kredivo dengan memasukkan PIN
  7. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan one time password (OTP) dari ponsel kamu
  8. Setelah transaksi selesai kamu akan mendapatkan notifikasi melalui pesan dan email

Nah gampang banget kan caranya? Oh ya, selama sisa kredit kamu masih ada di Kredivo, kamu bisa menggunakannya untuk belanja lagi untuk kebutuhan lain. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman tunai secara online. Yang penting masih ada sisa kreditnya aja sih.

Sekadar jelasin aja sedikit tentang total transaksi cicilan minimal Rp1 juta itu bukan cuma dari satu barang aja kok. Misalnya kamu butuh handphone murah dengan aksesorisnya. Nah, kamu bisa beli satu handphone ditambah dengan aksesoris dengan total harga minimal Rp1 juta supaya bisa dicicil lewat Kredivo. Jadi enggak mesti beli satu handphone seharga Rp1 juta dulu. Sampai sini paham kan ya.

Nah, jadi mau pilih cicilan atau bayar dalam waktu 30 hari juga bisa aja kok. Limit untuk bayar dalam 30 hari juga cukup besar kok. Kamu bisa belanja maksimal seharga Rp3 juta, keuntungannya dibayar tanpa bunga pada bulan berikutnya. Simple banget kan?

ASUS Zenfone Max M2 : Hape Gamers Tanpa gelar “Pro”, ragu nggak buat dimiliki?

“Adik’e ngambek dari kemarin di rumah le, katanya hapenya rusak trus minta hape baru. Sampeyan punya hape bekas atau murah-murahan nggak buat adike?” 

Begitulah curhatan paklik (paman) ketika bertamu di rumah saya beberapa waktu lalu. Ketika buah hatinya merengek untuk sebuah hape baru, (katanya sih) hape yang selama ini adik gunakan rusak. 


Menurut paklik juga bukan hapenya yang rusak melainkan lebih tepatnya bisa dibilang kalau hape yang adik pegang sudah jadul alias ketinggalan jaman dibandingkan teman-temannya di sekolah. Apalagi, kini adik sudah duduk di bangku SMP yang saya yakin juga membutuhkan hape lebih mumpuni untuk mengakses internet dan dunia per-gaming-an. 

Warnet kini sudah asing dipergunakan sebagai markas untuk mengerjakan tugas-tugas dan per-klipping-an sekolah. Sumber referensi tugas kini bisa dicari hanya melalui ponsel sambil leyeh-leyeh di rumah. Kirim-kirim tugas juga paperless, lewat email. Bermain social, nonton video dan mencari hiburan semuanya streaming lewat hape. Jadi ya hape yang mumpuni kini memang sangat dibutuhkan oleh semua kalangan.

Itulah muncul motto kehidupan “Mending beli kuota internet dibandingkan membeli pulsa untuk SMS maupun telepon”. "Mending nggak jajan daripada telat kuota internet". Jelas, saya pernah diusia adik dan sayapun mengerti akan kebutuhan gadget saat ini sangat menunjang untuk media belajar sekaligus hiburan.


Termasuk adik saya yang beberapa akhir ini ketahuan sudah gabung banyak grup whatshapp semenjak memiliki hape baru. Bukannya mas-mu ini kepo, tapi suara notif whatshapp itu tidak bisa bohong kalo kamu tiap hari banjir notifikasi chat whatshapp lo furgusoo dek. Haha. 

Pernah nggak? Drama seperti apa yang terjadi saat kamu merengek minta hape untuk pertama kalinya waku dulu, hayo? Lupa-lupa ingat atau lupa-lupa ingat? 

Saya dan teman-teman pasti memiliki drama yang hampir sama dalam rangka minta hape baru kepada orang tua saat kita remaja dulu. Dulu remaja tapi kini terjadi anak-anak yang beranjak remaja, adik gue (sepupu) misalnya. 

Tapi mengenang cerita seperti itu, di masa-masa itu membuat saja menjadi semakin bersyukur, jika dahulu saya hanya mentok bisa memiliki hape dengan game snake mania ‘lungsuran’ a.k.a warisan dari mbak (kakak). Dulu, saat saya kelas 1 SMP, saya memiliki hape pertama warisan dari kakak. Hape jadul dengan layar monocrome kaya lagunya tulus


Kini perjalanan panjang itu membawa saya bisa merasakan hape dengan kamera dengan pixel kamera yang mumpuni setara dengan kamera digital dan multitasking untuk apa saja. 

Dan akhirnya adik sepupu sayapun tidak lagi uring-uringan setelah punya hape baru. Begitulah kehidupan saya sebagai anggota keluarga yang begitu dekat dengan perkembangan teknologi, sungguh berisiko. 

Beresiko untuk siap ditanya-tanya tentang perkembangan teknologi, diantaranya yang paling sering seputar gadget. Ketika mereka ingin membeli sebuah gadget, saya berperan sebagai penasehat gadget di keluarga. *bhahaha (merasa berguna) 


Sebetulnya, kebanyakan dari mereka tidak menyebut secara spesifik hape yang mereka ingin beli. Jadi tugas saya yaitu menyesuaikan spesifikasi sebuah hape dengan kebutuhan mereka. Misalnya nih, adik sepupu saya tadi. 

Meskipun ia tidak menyebutkan secara spesifik hape seperti apa yang diinginkannya tapi saya begitu paham bahwa seeumuran mereka pasti sangat butuh hape untuk keperluan nge-game. 

Secara arus mobile legend, PUBG dan game kekinian masih begitu kuat untuk dimainkan, mabar bareng teman. Oleh karena itu, hape gaming adalah jenis smartphone yang paling sering saya rekomendasikan khusunya series Zenfone Max dari Asus. 

Series Zenfone max jelas memiliki kapasitas baterai yang mumpuni untuk menemani keseharian mereka di sekolah maupun ketika di rumah akhir pekan (saat di rumah). Khususnya Zenfone Max M2 yang menjadi idola bagi bagi netizen disegmen entry level.

Mana yang paling cocok untuk kamu?

Selain itu zenfone max M1 dan M2 masih menjadi hape idaman para netizen untuk menjadi daily driver. Game mumpuni, Kamera juga oke, multitasking bisa, cukup banget deh buat dipakai sehari-hari. All in one deh.
Berkat user experience juga dari teman-teman yang sudah menggunakan series ini, mereka sangat puas dengan performa zenfone Max M1 dan M2. Jadilah ini alasan, saya berani untuk merekomendasikan smartphone untuk keperluan gaming untuk adik-adik saya dan lingkup keluarga. 

Tapi sekarang sih, karena series Zenfone Max M2 lebih baru dari series Zenfone Max M2 jujur saja saya lebih merekomendasikan untuk mereka. Secara fitur lebih baru. Tinggal pilih deh antara Zenfone Max M2 atau Zenfone Max Pro M2. Mudah bukan? 


Mudah untuk mereka yang punya budget cukup dan lebih sih ya. Tapi karena kebanyak dari adik dan keluarga saya memiliki budget yang terbatas, Zenfone Max M2 (tanpa embel-embel pro) inilah solusi terbaik. 

Hape Gamers Tanpa gelar “Pro”, ragu nggak? Cukup banget sih menurut aku sebagai pakar gadget keluarga dan kemudian menyarankan Zenfone Max M2 ini sebagai perangkat gaming dan penunjang aktivitas sehari-hari. Saya menyebut Zenfone Max M2 sebagai hape terjangkau tapi kualitas tetap terjagaKhususnya bagi pemilik budget terbatas. Hehe. Spesifikasi Zenfone Max M2 yang jadi andalan buat aku antara lain ..

sumber gambar : fonearena.com

1. BATERAI TAHAN LAMA
Ini sudah bisa ditebak, series Max sesuai dengan penamaannya menunjukkan bahwa Zenfone Max M2 ini memiliki daya jual utama yaitu baterai. ZenFone Max M2 kali ini menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas besar 4.000 mAh. 

Buat ngegame sendiri ataupun mabar nih, jabanin dah tanpa bingung cari senderan tembok yang ada colokan listriknya. Baterai yang diproduksi secara khusus tersebut mampu membuat ZenFone Max M2 memiliki waktu standby di jaringan 4G selama 33 hari. 


 problem yang bikin Bete saat ngegame

Selain itu, smartphone ini juga bisa menemani penggunanya menonton video selama 21 jam, berselancar di internet menggunakan WiFi selama 22 jam, hingga bermain game selama 8 jam non-stop.

Oh iya, hal-hal yang tidak menyenangkan dan biasa kamu alami saat bermain game rasanya tidak mungkin terjadi karena dengan system operasi pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game. No lag-lag club yes!

2. LAYAR LEGA
Baterai yang powerfull juga didukung dengan layar yang melegakan. ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama di seri ZenFone Max yang menggunakan layar 6,3 inci all-screen 19:9 HD+ (1520x720) loh. Satu hal yang menjadi sepakat bagi kita bahwa main games menggunakan layar lebar itu memanjakan mata. 


Dengan ukuran layar tersebut, screen-to-body ratio hingga 88% sehingga dapat memperkaya pengalaman penggunaan yang menyenangkan selama menatap layar. Meski lebih ringkas, smartphone ini tampil lebih powerful dan masih mengusung baterai besar. Ingat, meskipun demen games jangan lupa managemen waktu dengan baik dan jadikan games menjadi hal yang bernilai postifi ya gaes!

3. TIDAK CEPAT PANAS
Ragu? Sangat jauh lebih baik dari series terdahulu kini series Zenfone datang dengan daya pikat yang benar-benar memikat netizen. Ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 632 merupakan komponen pamungkas yang membuat ZenFone Max M2 punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.

Lalu, apakah Zenfone Max M2 ini kamu banget? ZenFone Max M2 ini cocok bagi kalian pengguna entry level yang menginginkan performa smartphone gaming untuk penggunaan sehari-hari. Keseruan mabar bareng temen dan geng kamu tidak akan terganggu deh, yakin.


Kamu yang gamers, hobi streaming video, dengerin musik, bahkan jika kamu adalah seorang blogger/konten kreator, Zenfone Max M2 ini bisa banget mendukung hobi kamu tersebut. Sedangkan untuk spesifikasi lengkap lainnya yang mungkin menjadi fitur yang paling dicari bisa teman-teman lihat dibawah ini ...

sumber gambar : yahyakurniawan.net


ZENFONE MAX M2 SPECIFICATION

Color
Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Capacity
Internal storage
eMCP 32GB / 64GB
MicroSD card
Supports up to 2TB
Google Drive
100GB free space (1 year)
Weight and Dimensions
Weight: 160 grams
Display
6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Processor
CPU : Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU : Qualcomm® Adreno™ 506
Memory
3GB / 4GB / 6GB
Main Rear Camera
13MP, F1.8 aperture, 26mm equivalent focal length in 35mm film camera, Phase-detection autofocus, LED flash
AI Photography : AI Scene Detection in 13 types: people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text
Camera modes : Auto, Beauty, Portrait, Pro, HDR, Sports, Night, 9 various filters
Second Rear Camera
2MP, Depth sensing
Front Camera
8MP, F2.0 aperture, 26mm equivalent focal length in 35mm film camera, Softlight LED Flash, Face recognition unlock
Camera modes : Auto, Beauty, Sports, Night, 9 various filters
Video Recording
4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera
1080p FHD video recording at 30 fps
720p HD video recording at 30 fps
3-axis electronic image stabilization for rear camera
Take still photo while recording video
Audio
Speaker
5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output
Audio CODEC integrated into PMIC
NXP smart amplifier
Microphone
Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology
FM Receiver
FM radio
Wireless Technology
WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct
Bluetooth 4.2
Navigation
GPS, AGPS, GLONASS
SIM Cards
Triple slots: Dual SIM & one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 3: Supports up to 2TB microSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
VoLTE / VoWiFi support
VoLTE / VoWiFi varies by region, please check compatibility with local carriers.
Sensor
Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Battery
4000mAh with fast charging
Up to 33 days 4G standby
Up to 35 hours 3G talk time
Up to 22 hours Wi-Fi web browsing
Up to 21 hours video playback
Up to 8 hours Garena Free Fire
Operating System
Stock Android™ Oreo™


Regards,
Pemuda sedikit akal, banyak rindunya.