Gorry Gourmet: Tragedi Ngantuk setelah perut kenyang, apanya yang salah?

14 comments
Lapar ditengah malam membuat tidak bisa tidur. Ya, dengan label anak kos, biasanya keluar menuju minimarket terdekat. Tidak seperti dirumah sendiri, kalau tengah malam lapar pasti dapur adalah ruangan yang dituju. Buka tudung saji dimeja makan atau tipe-tipe seperti saya, buka kulkas dan menyusuri stock  yang ada didalam kulkas untuk mencari 'sesuatu, apa saja yang bisa dimakan.' Asalkan bisa makan kenyang dan kembali tidur.


Berbeda cerita tapi masih berhubungan dengan makan dan tidur. Banyak yang mengatakan kondisi perut yang kenyang dapat mendatangkan rasa kantuk. Benar nggak ya? Berdasarkan pengalaman, saya tentu pernah merasakan kondisi seperti ini. Tapi al ini tragedi kebetulan atau memang secara ilmiah bisa dijelaskan, saya kurang begitu jelas mengetahuinya.

Pada akhirnya tragedi yang sama terjadi 2-3 kali. Saya merasakan kantuk yang tak tertahankan. Tidak menjadi masalah jika pada waktu yang sama, saya memiliki waktu untuk merebahkan tubuh di tempat tidur. Tapi sungguh, tragedi ini benar-benar tidak saya inginkan pada saat-saat seperti itu. Merasakan kantuk berat ditengah-tengah acara seminar atau acara resmi.


Berlipat bahaya jika pada event seperti itu, kita adalah bagian dari panitia penyelenggara. Rasa kantuk membuat kita tidak maksimal dalam melakukan pekerjaan yang menjadi tugas dan kewajiban. Tentu, tidak ingin mengalami kejadian yang sama kesekian kalinya, saya mencari solusi. 

Berusaha mengkaitkan apa saja yang saya makan dan kemungkinan-kemungkinan lain yang menyebabkan saya ngantuk  setelah kenyang.  Tidak lama kemudian, saya menggali informasi versi ilmiahnya melalui internet. Lalu, Tragedi Ngantuk setelah perut kenyang, apanya yang salah?


Reduksi oksigen adalah bianglalanya, eh, maksudnya biang keladi. Reduksi oksigen (pengurangan oksigen) yang diserap tubuh ini terjadi saat perut kekenyangan. Sebesar 20-40% atau sekitar 5-10 detik terjadi pengurangan karena hiperventilasi (pernafasan berat). Selain itu kejutan biokimia juga menyebabkan pernapasan menjadi berat dari kondisi normal.

Pernah mendengar istilah syok biokimia? 

Jadi, syok biokimia itu munculnya ditandai dengan rasa kantuk setelah makan atau tidur. Overbreathing (memerlukan kerja pernapasan yang lebih banyak) terjadi pada kadar oksigen otak ketika oksigen mengalami penurunan hingga berada dibawah 20 detik. 

Dari proses itu mengakibatkan darah menjadi miskin oksigen, berkurangnya pasokan enzim pencernaan, akumulasi dari produk sisa metabolisme dalam usus besar dan sel tubuh lainnya. Dilema banget ya, saat dihadapkan dengan makanan lezat (gratis pula).


Oh iya, mengantuk setelah makan juga bisa mempercepat proses penggemukan badan (obesitas) loh. Dan, biasanya orang penderita obesitas atau memiliki berat badan di atas normal lebih cepat mengantuk bila makan berlebih. 
Menurut Gabe Mirkin, M.D., jika kita merasa mengantuk setelah makan, terutama setelah permen atau produk roti, maka masih termasuk normal. Makan makanan manis menyebabkan otak kita untuk membuat sejumlah besar serotonin, neurotransmiter, yang membuat orang tertidur secara alami di malam hari. - www.republika.co.id
Sangat jamak memang permasalah yang terjadi. Sudah menjadi hal tentu, jenis makanan yang kita konsumsi juga sangat mempengaruhi hubungan antara kenyang-ngantuk-obesitias dan peluang terjadinya masalah kesehatan lainnya. Satu sama lain saling berhubungan. 

Selain dapat diindari dengan memperkaya pengetahuan tentang kesehatan, kebiasan kita untuk makan dan jajan juga harus lebih diperhatikan. Enak itu wajib, tapi makanan yang enak dan tidak menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang adalah prioritas.

Seiring dengan berjalannya waktu dan masa kemodernan, tidak susah juga untuk menemukan layanan chatering khususnya bagi orang-orang yang workaholic dan tidak mempunyai banyak waktu untuk menyusun makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari.
        
Halooo, workaholic pusat jakarta dan sobat yang tinggal di jantung negara, Gorry Gourmet mempermudah kita untuk menyiadakan jasa chattering dengan jenis makanan yang menyehatkan. Karena enak belum tentu sehat. Tetapi jika enak dan sehat bisa kita dapatkan, why not? Untung double dong.

Singkatnya, Gorry Gourmet adalah catering online di Jakarta yang menyediakan makanan kaya nutrisi plus citarasa yang nikmat dan sehat. Untuk workaholic dan orang dengan rutinitas sibuk gorrygourmet siaga. Dengan rutinitas yang padat, tentu bagi mereka (orang dengan rutinitas sibuk) sulit menyempatkan diri untuk berbelanja bahan-bahan berkualitas dan mengolahnya jadi makanan sehat dan makanan enak. 


Tingkat masakan yang bisa dipilih beragam. Mau masakan nusantara atau mancanegara bisa! Sekaligus ini juga meruakan solusi yang bisa diandalkan untuk diet sehat dan menjaga berat badan tetap ideal di tengah rutinitas yang padat. Selain kebutuhan nutrisi tercukupi setiap harinya dengan makanan enak juga sehat, hal ini tentu sangat memudahkan kita yang ingin mengatur pola hidup sehat. 


Semua bisa tercover dengan baik. Baik yang ingin menambah berat badan (seperti saya) atau menurunkan berat badan dengan cara diet alami dengan sebutan diet mayo -pun disediakan. Di racik oleh para chef profesional menciptakan menu-menu diet sehat lezat dengan terjaga garam rendah sodium yang terukur sebagai cara diet alami. 

Praktis dan kemudahan yang didapatkan otomatis akan mengatur pola hidup yang sehat dan anti kelaparan. Jika butuh camilan cepat, goeey gourmet juga memiliki menu yang bisa express delivery (pesan mendadak). 


Bukan makanan/minuman biasa yang kalian dapatkan dari gorry gourment. 3 value yang kamu dapatkan antara lain: Exceptionally Delicious, Customized Package, Customized Package.


For your information, dari sekian menu yang telah saya sebutkan diatas terdapat spesifikasi/kelompok menu yang dapat disesuaikan dengan program kesehatan yang kita rencanakan. Program diet, muscle atau sekedar camilanpun ada paket menunya.


Bagaimana dengan para pelanggan gorry gournet sebelumnya, apakah mereka puas dengan layanan dan menu-menu yang ada? Tentu dong. Silakan baca-baca testimoninya di website gourry gournet deh. Nah, sobat bisa juga klik disini

Jangan lupa lihat ribbon dipojok atas websitenya. Disana terlihat tulisan IWA Awards yang merupakan penghargaan yang diperoleh gorry gournet (www.gorrygourmet.com) di tahun 2017 ini.  Indonesia Website Awards 2017 (IWA) merupakan ajang penghargaan website terbaik yang didedikasikan khusus bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Digital di Indonesia yang diselenggarakan oleh Exabytes Group.

Exabytes Group ini sekaligus merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan Web Hosting terbesar di Asia Tenggara. Bertujuan untuk mengapresiasi kinerja serta kreativitas dari para web developer, web designer, serta pemilik UKM digital di Indonesia. Jadi, sekarang waktunya menjoba first delivery kamu di Gorry Gournet ya sobat workaholic. Salam workaholic :)

14 comments :

  1. *_* ya ampun... enak banget.... subuh-subuh jadi ngiler. Martabak pake Nutella itu bkin ketagihan banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget buat sarapan ya yang beginian :D

      Delete
  2. Wuihhhhhh pola makan sehat mah bagus banget buat aku mas. Coba ah

    ReplyDelete
  3. Makanan yang ada di gorrygourmet walaupun seperti siap saji, tapi takaran nutrisinya tidak akan membuat kita jadi gemuk. Itu karena telah di atur oleh ahli gizi yang telah berpengalaman di bidangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bukan asal masak. Tapi dimasak khusus oleh chef yang berpengalaman.

      Delete
  4. Sepertinya kalau aku udah masuk kesini susah banget buat keluar soalnya harus nyobain semua. enak enak banget ya :)

    ReplyDelete
  5. Hihi.Aku sambil nulis juga laper :p

    ReplyDelete
  6. Jadi tahu tentang istilah yang ngejelimet itu haha. Varian menunya warbiyasak menggoda ya :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
  7. Jadi ngiler ama makanannya, makanan sehat neh.

    ReplyDelete
  8. Ealah.... ngeliat nama makanannya lalu ngitung jumlah kalorinya. ditambahkan... lalu ngga jadi makan karena udah kelebihan heheheh

    ReplyDelete
  9. Keren bgt konsepnya, jadi makanannya tdk skedar enak, tp jg diperhatikan kndungan kalorinya. Jdi bisa disesuaikan sm kebutuhan kita.

    ReplyDelete