Brother Printer : Warna-warni Cerita yang tertempel di Dinding Rumah

57 comments
2 tahun yang lalu saya tinggal berempat dalam satu rumah. Ada bapak, ibu, adik dan saya. Sejak kehadiran adik di keluarga kami suasana rumah memang menjadi berbeda. Lebih ramai dengan tangisan dan tawa bayi disetiap pagi dan sore hari.

Bahkan tengah malam kala adik memberi kode untuk dibuatkan susu formula. Interaksi satu sama lain di rumah terasa lebih hidup. Satu sama lain layaknya tim yang saling bekerja sama untuk menggendong, mengajak bermain, menyiapkan makanan, popok, bedak bayi dsb.


Adik, bayi laki-laki anak dari kakak perempuan saya yang saat itu baru saja memperoleh pekerjaan di luar pulau (Kalimantan). Dengan seizin kakak dan suami, waktu itu adik dibawa pulang ke Pulau Jawa untuk dirawat sejak usia 1 tahun. Begitulah naluri seorang ibu, tak ada yang ingin melihat anaknya kerepotan. 

Sehingga saat itu mempunyai inisiatif membantu kakak dengan merawat adik sementara waktu hingga kakak dan suami beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Memiliki pendapatan stabil, tempat tinggal tetap sehingga adik bisa mendapat pengasuh bayi yang bisa dipercaya saat ditinggal kakak bekerja sehari-hari.

Setiap liburan sekolahpun (per-semester), kakak dan suaminya selalu pulang ke Jawa untuk menengok anaknya. Jika tidak liburan semesterpun, hari-hari biasa/cuti ketika memiliki hari libur yang cukup panjang. Tapi mereka datang seringkali tidak bersamaan karena masalah waktu libur yang tidak sama.

Saat adik berusia sekitar 3 tahunan, adik diajak untuk tinggal menetap di Pulau Kalimantan bersama kedua orangtuanya. Mulai saat itulah suasana rumah kembali seperti semula. 

Kini dirumah hanya tinggal 2 orang saja, bapak dan Ibu. Seperti semula, saya harus menyelesaikan misi kuliah di kota lain. Biasanya saya pulang ke rumah 2 minggu sekali. Jika saya sedang memiliki agenda yang padat bisa 1-2 bulan selang waktu untuk pulang ke rumah menemui bapak dan Ibu.


Setiap kakak update postingan terbaru aktivitas adik di facebook, saya langsung berinisiatif mendownload dan mengumpulkannya. Agar tidak kerepotan karena bagimanapun juga signal di rumah sangat lemah. 

Tanpa didownload terlebih dahulu, jelas akan membuat saya kerepotan. Kemudian foto-foto itu saya kumpulkan dan perlihatkan kepada uti dan kakungnya (bapak dan Ibu saya) ketika saya pulang ke kampung halaman.

Mimik wajah meneduhkan yang terlihat dari wajah bapak dan ibu setiap melihat foto-foto cucunya membuat saya selalu ingin selalu menunjukkan foto-foto terbaru adik setiap kali pulang ke kampung halaman. Apalagi pada waktu-waktu tertentu, ibu selalu berkaca-kaca ketika kangen atau teringat dengan suasana ketika adik berada dirumah.


Cara melepas rindu selain menunjukkan foto-foto yang tersimpan di hape saya yaitu menelepon adik. Hanya melalui suara karena untuk video call dan bertatap muka, spesifikasi hape saya kurang mendukung. Apalagi sinyal dirumah yang bikin uring-uringan.

Cara lain yang bisa saya lakukan yaitu dengan mencetak foto-foto adik pada kertas foto ukuran A4 kemudian meletakkannya dibuffet dan beberapa lainnya ditembok. Tujuannya agar jika sewaktu-waktu ketika bapak dan ibu kangen cucu dan anak-anaknya bisa sedikit terobati rasa kangennya dengan melihat foto-foto tersebut.


Oh iya, Kebetulan juga memanfaatkan pirantu baru yang saya punya. Beberapa waktu itu saya memiliki tabungan yang saya dapatkan dari menang suatu lomba blog. Sebagian saya sisihkan untuk membeli sebuah printer. Saat itu printer menjadi item barang mendesak yang harus dibeli dalam rangka misi penyelesaian tugas akhir. 

Dengan budget seadanya saya berusaha mencari printer terbaik agar saya lebih hemat dalam hal pengeluaran sehari-hari diperantauan. Selain itu juga efisien waktu karena bisa cetak kapanpun, tengah malam misalnya. Tidak lagi menunggu antrian mengular disetiap copy center seperti hari-hari sebelumnya.


Memang terkesan terlambat saya lakukan bahwa nyatanya setelah memiliki printer saya bisa lebih hemat dan efisien soal urusan cetak-mencetak. Eh jangan salah, meskipun hanya Rp.500-1000 rupiah per lembar untuk satu kertas print jika dikalikan sekian banyak lembar akan terakumulasi dalam jumlah yang banyak bukan? 

Apalagi mahasiswa seperti saya yang uang sakunya bisa dikategorikan ngepress alias pas-pasan harus bolak-balik print tugas, laporan praktikum, modul, revisi tugas dan sebagainya yang rasanya tidak ada jedanya. Lelah jasmani dan rohani hehe ...

Bagi mahasiswa, printer sangatlah penting bahkan saya sarankan untuk memiliki unit printer sejak awal kuliah jika memiliki budget yang bisa digunakan untuk keperluan membeli printer. 


Percayalah, berdasarkan pengalaman yang saya rasakan selama ini. Walaupun pada kenyataanya saya sendiri baru bisa mewujudkan membeli printer diakhir-akhir semester. Ya nunggu terkumpulnya budget tanpa harus minta pada orang tua sih. Hehe. 

Dan memilih printer sebelum membeli wajib kalian lakukan sebelum eksekusi membelinya. Pertama siap dan sesuaikan budget. Kedua, pilih printer yang sudah handal dan terpercaya dari segi kwalitas brand/merk. Hingga kini, sudah banyak sekali pengguna printer Brother di dunia yang puas dengan kwalitasnya. Ya, namanya juga printer yang di produksi perusahaan kelas Internasional, jadi tiap-tiap negara pasti mengenal printer Brother.


Presdir PT Brother Indonesia, Masahiro Isobe. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

PT. Brother International Sales Indonesia (Brother Indonesia) merupakan perwakilan dari Brother di Indonesia yang menjual produk-produk seperti printer, printer label, scanner, mesin jahit, dan mesin bordir. Dari tingkat kepercayaan tinggi yang di buktikan dengan beberapa penghargaan yang bisa teman-teman lihat disini.

Printer Brother terpercaya menjadi pilihan. Harga printernya sendiri sekitar Rp 2 s/d Rp 5 jutaan. Tapi harga tintanya hanya sekitar Rp 90 ribuan aja. Printer Brother terbaru yang bisa kalian pilih dan specially disesuaikan dengan budget yang kalian miliki diataranya:

1.DCP-T310  Rp.2.389.000
2.DCP-T510W Rp.2.890.000
3.DCP-T710W Rp.3.590.000
4.MFC-T810W Rp.4.590.000
5.MFC-T910W Rp.5.890.000

Sistem refill ink tank pada printer akan memberika pengalaman yang lebih baik dari printer yang kamu miliki sekarang. Apa saja itu? Lihat video dibawah ini dong ....

Pengalaman baru seperti apa yang akan kamu rasakan dengan printer Brother?

Udah pernah dengar kwalitas printer Brother belum? Mendapat julukan sebagai smart printer, tipe-tipe Printer handal dari Brother bisa menjadi pilihan tepat dan terbaik untuk kalian yang sedang ingin membeli printer atau mengganti printer yang selama ini kalian gunakan (upgrade printer).

Permasalah printer seperti lambat saat mencetak bahkan hal menebalkan saat pengisian ulang tinta printer yang juga banyak dialami orang. Jadi, Produk printer Brother menjadi solusi urutan pertama yang ingin saya miliki khususnya untuk tipe multifungsi (Print, Scan, Copy).

Udah cantik,ganteng, rapi, harum,wangi kemudian baju dan kulit terkena tinta menyebalkan bukan?

Printer yang membuat saya tanpa sadar tiba-tiba belepotan tinta diwajah ataupun tangan karena rembesan tinta yang saya rasa ada dimana-mana. Pengalaman buruk yang saya dapati pada printer selain pada kecepatan cetaknya yang super lambat. 

Apalagi jika ang dicetak berupa gambar full page (satu halaman penuh). Nunggu selesai cetak iya, nunggu kering juga. Pokoknya printer yang pernah saya pakai seperti ini tidak bisa diajak "buru-buru" saat waktu kepepet.

Ya, selain itu kebutuhan akan printer yang mumpuni juga sejalan dengan cita-cita saya bisa memiliki bisnis percetakan di desa tempat tinggal saya diwaktu yang depan (rencana). Mempermudah masyarakat sekitar tempat tinggal saya dalam urusan cetak/copy. Sehingga mereka tidak harus jauh-jauh menuju kota atau desa tetangga hanya untuk cetak dokumen, tugas-tugas sekolah atau cetak foto.

Oh iya, mau tau nggak alasan yang membuat saya mengincar printer Brother sebagai smart printer idaman sekaligus partner bisnis kedepan? Simak ya ...

Bisa diandalkan ketika diperlukan proses mencetak diwaktu mendesak. Dengan kecepatan cetak dokumen hingga 12/10 ipm. Mesin Brother mempercepat alur kerja Anda dalam waktu yang lebih singkat. Diajak kejar-kejaran sama deadline pekerjaanpun siyaaaap.


Apakah printer yang kamu miliki saat ini lebih cepat dari ini? 

Hasil cetakan gimana nih? Tetap dalam kwalitasnya dong. Dapat mencetak berbagai dokumen, laporan professional hingga brosur yang menarik dengan kwalitas tajam dan mantap.

(Brother T710DW, credit: aryanatarazqi.com)

Bisa lebih hemat pula! Salah satu cara yang bisa saya gunakan untuk memulai bisnis percetakan yaitu melakukan pengeluaran sehemat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Prinsip ekonomi kan ya? #BukanMahasiswaEkonomi :p

Dengan memiliki printer Brother, saya bisa mengurangi biaya cetak per halaman dengan tinta ultra high-yield.

(Brother T810W, credit: aryanatarazqi.com)

Pada beberapa tipenya, sistem refill tintanya mudah dan dapat mencetak hingga 6500 halaman hitam-putih dan 5000 halaman berwarna. Yuk coba dikalkulasi, prospek yang menguntungkan bukan untuk dijadikan bisnis?

Pengisian ulang tinta dipermudah dengan desain penutup tangki tinta yang berada dibagian depan printer sekaligus memberikan akses mudah menuju tangki tinta dan menyederhanakan proses pengisian ulang tinta. Tangki tinta seperti menjadi kesatuan didalam body unit printer (tidak terpisah diluar) sehingga terkesan simple dan hemat ruang.

Refill dapat dilakukan dengan mudah dan akurat tanpa khawatir proses isi ulang tinta tercecer seperti kasus printer pada umumnya, sistem refill tinta Brother dilengkapi dengan tutup transparan sehingga level tinta inktank dapat dicek dengan mudah.

Selain resiko tinta berceceran berkurang, penutup tangki tinta akan memberikan kesan rapi

Pemantauan volume tinta juga bisa dilakukan secara mudah dengan penutup transparan tangki tinta dibagian depan. Pengisian ulang tinta lebih optimal pada sudut pengisian 45 derajat yang membantu meminimalisir kemungkinan kebocoran tinta ataupun noda yang tercecer saat pengisian ulang tinta.

Fyi, hadirnya refill printer Brother memberi pilihan lain ke konsumen untuk menghasilkan cetakan berkwalitas namun lebih irit dalam biaya operasional. Penggunaan jenis tinta refill (tinta asli Brother) dapat meminimalisir resiko kerusakan “printer head” yang disebabkan oleh penggunaan tinta isi ulang tiruan.

Jelas, ini bisa menjadi pertimbangan yang penting untuk mengurangi biaya perbaikan dan komponen printer kita jika misalnya terjadi kerusakan seperti diatas.

Fitur satu ini membuat saya semakin mantap dengan printer yang akan saya pilih. Printer Brother dilengkapi dengan fitur layar LCD 1,8 inch (untuk model tertentu ya) dan keypad navigasi menu secara cepat dan mudah digunakan. 

(Brother T510W, credit: aryanatarazqi.com)

LCD ini sekaligus bisa mengetahui notifikasi error sehingga kita bisa mengetahui dan memberi solusi error secara cepat. Dengan adanya fitur seperti ini, proses cetak dokumen atau scan dapat dilakukan secara langsung melalui USB tanpa perlu terhubung dengan PC. Disinilah letak ke-fleksibel-an dan produktivitas berlipat ganda tanpa ribet membuang banyak waktu.

Bekerja secara efisien. Nilai plus pada printer Brother yang membuat saya tertarik yaitu dengan adanya paper tray yang muat hingga 150 lembar kertas dan dapat disesuaikan untuk berbagai ukuran kertas.


Brother Refill Tank System

Mesin Brother juga dilengkapi dengan Auto Document Feeder (model tertentu) dapat melakukan scan, copy maupun fax hingga 20 lembar halaman secara otomatis. Ada juga multipurpose tray (model tertentu) yang dapat memuat hingga 80 lembar kertas dengan gramasi variatif. 

Dengan opsi konektivitas yang fleksibel, printer Brother dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan semua lingkungan kerja. Berbagai tipe printer Brother bisa kita pilih sesuai kegunaan yang disesuaikan dengan budget, fitur dan lainnya baik untuk penggunaan pribadi (perorangan) atau komunitas (lingkup kerja). 

Untuk lingkungan kerja, printer yang sudah built-in Wi-Fi dan Ethernet network bisa dipilih dan memungkinkan penggunaan bersama grup kerja. Jadi ya, kemudahan cetak wireless bisa dilakukan dengan berbagai macam device seperti desktop PC, laptop, handphone maupun tablet.

Lebih sering menyimpan data di smartphone? Cetaknya juga mudah.

Menggunakan printer Brother sekaligus menjadi misi dalam menyelamatkan lingkungan dengan fitur cetak 2 sisi yang dimilikinya. Fitur ini secara otomatis bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50% loh! 

Yaudah, tanpa melewatkan kesempatan, itulah alasan kali ini saya buru-buru bikin draft untuk mengikuti lomba blog dari Brother yang berhadiah printer keren ini untuk mewujudkan sebuah hal yang bernama "harapan". Ya, namanya juga usaha hehe.

"Begitu banyak warna-warni cerita kehidupan. Tentang keluarga, teman dan kisah-kisah hidup yang memorable bagi saya"

Berbagai kenangan yang terabadikan dalam bentuk foto-foto yang terpasang didinding rumah, kos maupun mengisi sudut-sudut ruangan. Menjadi topik bahasan obrolan di ruang tamu kala teman-teman, keluarga ataupu tamu datang ke rumah dan melihat foto-foto tersebut.


Warna-warni cerita dalam foto yang saya yakini (pasti) akan terus bertambah dari waktu ke waktu dan mengiasi seluruh ruangan rumah. Menjadi sarana “kangen-kangenan” dengan orang-orang istimewa dan peristiwa yang pernah ada dalam hidup saya. Dan mungkin kamulah yang akan menjadi salah satunya *kode

Tentu, untuk orang-orang yang teristimewa, sayapun juga menginginkan hasil foto yang saya cetak memiliki kwalitas terbaik dibandingkan cetakan foto yang saya lakukan sebelumnya. Dan itu cetakan-cetakan berikutnya sangat saya harapkan dari printer Brother :)

Catatan: Tulisan dan illustrasi ini dibuat oleh sugatangguh.com untuk mengikuti blog review competition "Coloring Indonesia with Smart Printers" yang diselenggarakan oleh Brother Indonesia x www.cerita-astri.net

57 comments:

  1. Keren Mas, banyak gambar ilustrasinya.....pilih yang seri apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. T910 W sih mau pake banget.Tapi klo mentok2 budget pilih brother yg bisa all in one cukup ๐Ÿ˜‚

      Delete
  2. Wah keren ilustrinya Gus, danp printer brother emang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur suwun mas amir. Semakin banyak pake berarti kwalitasnya juga oke ๐Ÿ˜

      Delete
  3. Keren ulasannya mas, printer brother memang cocok buat mereka yang suka negprin ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur suwun mas rustam. suka ngeprint, khususnya gambar/foto krn hasilnya yg tajam. hehe

      Delete
  4. Ini printer kece yg lagi ini ya...
    Sukses buat artikelnya..semoga menang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Yuk ikutan mbk nova. Yakin nih mau skip kompetisi keren ini? ๐Ÿ˜

      Delete
  5. Saya juga punya printer jenis ini..recommended sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini ini testimoni langsunf dri pengguna. thks ya mas charles ๐Ÿ˜

      Delete
  6. Semoga menang ya Kakak, printer satu ini kece emang kok. Aku kepngen punya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mbk dewanti, smga demikian. Oh iya jgn lupa sharing info inu ya jika teman2nya lagi bingung milih printer hehe.

      Delete
  7. Gambar yang dihasilkan dari printer ini keren banget aku jadi pengen punya printer ini 1 aja di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2. beli sendiri atau mau saya belikan?hehhe

      Delete
  8. Ih keren ulasannya... Keren jg printernya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasig mbk ida, jangan bingunf ya klo lagi milih2 printer ๐Ÿ˜

      Delete
  9. Hasil printnya cemerlang banget ya kayak blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbk gita siwi, masih belajar dari teman2 keren sperti mbk gita juga hehe

      Delete
  10. brother printer favorite, g berserak tintanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yg pling dicari. klo udah berserakan bikin unmood sih sama kerjaan

      Delete
  11. wah bagus nih ya printernya, pas banget printer rusak bisa jadi pilihan nih buat gantinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jodoh berarti ya. Kwalitas printer brother berbanding lurus dgn banyaknya pemakai printer ini ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘Œ

      Delete
  12. Mudah2an menaaang ya..

    Suka banget menyimak ceritanya dari tadi,

    Btw, mgkn aku kudet banget ya baru tahu ada Printer dengan merek Brother hehhe..Thank you ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Sama2 mbk sinta ๐Ÿ˜๐Ÿ™

      Delete
  13. Mantap banget ilistrasinya. Ajarin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2.. tapi versi pemula ya kak ๐Ÿ˜ lagi belajar juga sih aku

      Delete
  14. Semoga keinginannya punya printer brother tercapai. Btw gambar/ ilustrasinya keren2 :D
    Gmn cara bikinnya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manual pake gambar tangan kak trus nanti discan dan coloring deh pake laptop. Nah, itulah betapa pentungnya printer brother all in one buatku hihi

      Delete
  15. suka banget dengan info grafisnya. keren. kalo dicetak pakai printer brother pasti tjakep ituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ih tau aja maunya.. hehe
      ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

      Delete
  16. Kalau ada rejeki jadi kepengen beli printer brother juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak. Boleh juga loh ikutan blog competitionnya sperti info yang ada disidebar blog aku ๐Ÿ˜ Ditunggu sampai tanggal 15 Maret ya..

      Delete
  17. Bicara printer saya jadi ingat jaman skripsi dulu sempat ketika lagi revisi ternyata printer rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ya kehidupan, sesuatu kalo lagi dibutuhin ada aja cobaanya. So, memilih printer itu harus tepat ya.

      Delete
  18. Cocok nih buat ilustrator dan animator. Gambarnya cling warna warni vivid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, enak banget buat yang suka gambar. Proses digitalisasi dan pewarnaan bisa mudah dilakukan dengan printer yang bisa all in one

      Delete
  19. Keren ilustrasinya, semoga kelak bisa mendapatkan printer seperti yang diinginkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((Amin)) semoga demikian. Memang saat menggambar saya membutuhkan printer dengan spesifikasi lengkap seperti ini mbak :)

      Delete
  20. Printer jadulku dulu juga merk brother

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktunya upgrade ke brother printer yg series baru brarti ya mbk eni hehe

      Delete
  21. Brother memang keren dan handal ya Mas. Cocok banget buat semua profesi nih. Apalagi kehebatan-kehenatannya itu, sudah pasti buat siapa saja jadi jatuh cinta.. Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbukti. Sudah banyak baik perorangan atau perusahaan yang memakai printer Brother :)

      Delete
  22. Seru baca blog ini... Berasa baca komik, jadi ga bosen... Printer brother mah emang udah yang paling kece lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siyaaap.. Brother ya SmartPrinter ๐Ÿ‘Œ

      Delete
  23. Komiknya keren, bisa ae mas Agus... Mau tipe apa?? Printer Brother cocok untuk semua kalangan dan profesi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Betul biaa menghandle pekerjaan kita ..

      Delete
  24. wah kerena juga nich printer brother, hasil print sangat bagus dan tidak terlalu maha harganya cuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap dan banyak fitur sih bang, kan kalo punya printer all in one jadi gampang. hehe

      Delete
  25. Printer itu sebuah kebutuhan sekali ya di rumah dan untuk aktivitas lainnya di kantor atau usaha-usaha kecil, printer brother memang sahabat keluarga ya hasilnya keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diandalkan dan tidak mengecewakan hehe

      Delete
  26. Gambarnya keren2 Mas ��
    Kebetulan adikku lagi cari printer nih, tak saranin beli merek ini aja ahh ��

    ReplyDelete
  27. Komiknya lucu :D
    Tak kira awalnya ini blog resmi Brother loh karena backgroundnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaaan.... tapi blognya pengemar printer brother hehe

      Delete
  28. Aku ngakak liat ilustrasinya kok bisa ya mas bikin2 gitu? Hehehe menarik bangeeeed :D Tulisannya juga keren euy, mantap deh. Memang printer Brother ini ga ada duanya. Bisa cetak, copy, fax dll dalam 1 mesin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, belajar gambar mbak nurul hehe. Sekalian beli kalo bisa ya sekalian multifungsi :)/

      Delete
  29. manteb banget nih printer kekinian banget

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D