Jatuh cinta dengan produk handmade asli Indonesia, Qlapa.com adalah surga!

108 comments

Saya masih punya sebuah keinginan dimasa depan. Memiliki satu ruangan khusus disalah satu sudut rumah ......

Ruangan khusus itu nantinya berfungsi sebagai “workspace” a.k.a ruang kerja. Ada lagi, ruangan untuk membuat video, mendesain dan mengerjakan apa-apa yang menjadi hobi saya. 

Ya semuanya akan saya lakukan di ruangan itu. Tidak harus berukuran besar sih, menginggat dimensi luasan rumah saya juga minimalis. Tentu saya harus membagi dengan fungsi ruang lain karena saya tinggal bersama orang tua (bapak & Ibu). 

Workspace idaman, GoodsHomeDesign

Ruangan yang masih dalam bentuk imajinasi ini nantinya dapat saya gunakan sebagai “workspace” yang memiliki desain interior dan display yang “gue banget”. Ruangan itu akan menjadi gambaran siapa saya sebenarnya. Seseorang yang begitu menyukai hal berbau seni yang kemudian menvisualisasikan dalam bentuk dekorasi ruangan minimalis bernuansa vintage.

Oh iya, masih dalam misi mewujudkan ruangan idaman tersebut, saya beruntung mengenal Qlapa. Dari situ, saya menemukan banyak sekali inspirasi termasuk item produk yang sepertinya cocok untuk mengisi ruangan idaman dengan sentuhan produk handmade vintage.


Pada umumnya, masyarakat lebih memilih produk pabrikan dengan satu alasan yang nyata soal harga. Tidak dipungkiri hal ini benar adanya. Harga produk handmade lebih mahal daripada produk hasil pabrikan mesin yang diproduksi secara masal. 

Kira-kira mending mana, menggunakan produk handmade yang awetnya bisa hingga 10 tahun atau menggunakan produk yang harus menggantinya setiap 1-2 tahun karena rusak atau tidak layak pakai?

Meskipun demikian, masih ada saja orang ang lebih memilih produk handmade daripada produk pabrikan mesin. Berikut alasan yang (mungkin) belum teman teman sadari:



Kehadiran Qlapa terang saja memudahkan saya maupun orang-orang lain khususnya orang yang sangat menyukai produk handmade untuk mencari (a.k.a membelinya). Tidak perlu jauh-jauh mendatangi pusat/galeri handmade di daerah produksi.

Saat ini Qlapa memang menjadi rumahnya produk handmade Indonesia yang mempermudah kita menemukan produk handmade unik maupun produk yang sifatnya limited edition loh. 
Cocok banget, untuk kita yang ingin mencari kado handmade istimewa sekaligus “anti mainstream” untuk orang-orang tersayang. Bahkan kebutuhan koleksi dengan barang-barang unik untuk mengisi rumah/ruangan seperti saya dapat mudah terpenuhi dengan adanya situs produk handmade Qlapa.


Nah setelah “kepoin” produk handmade yang dijual di Qlapa khususnya pada menu rumah dan dekorasi yang sedang saya inginkan, Inilah beberapa produk handmade Qlapa yang menarik hati untuk kemudian menempatkannya di workspace saya ...


Seperti e-commerce lain, kita bisa melihat-memilih-membeli/memesan produk handmade yang kita inginkan dari Qlapa secara online melalui website atau aplikasi smartphone yang bisa didownload di apps store. Hanya saja, Qlapa dikhususkan jual-beli produk handmade (kerajinan tangan).

At this time, menemukan produk handmade unik di Indonesia dengan Qlapa. Perkembangan dunia jual-beli online memiliki perkembangan pesat di Indonesia. Banyak sekali e-commerce bermunculan dengan ciri khasnya masing-masing. 

Salah satu e-commerce yang didirikan pada tanggal 1 November 2015 dengan ciri khas dan mengusung konsep “Indonesia Original handmade” alias kerajinan tangan asli Indonesia yaitu Qlapa. Cari produk kerajinan tangan Indonesia terlengkap secara online dimana gaes? Yaa ... Qlapa dong. 


Benny Fajarai & Fransiskus Xaverius adalah dua sosok pemuda hebat yang berada dibalik nama e-commerce Qlapa. Melalui situs Qlapa kamu bisa menemukan berbagai produk unggulan dari para pengrajin di Indonesia, seperti: pakaian etnik, perabot rumah tangga, aksesoris, dekorasi, dan banyak lainnya.


Website preview

Meskipun masih terbilang baru, kehadiran Qlapa sangat memiliki andil besar dalam transaksi jual-beli produk handmade Indonesia. Situs Qlapa mempertemukan pengrajin dan pembeli dengan sentuhan teknologi digital yang trend masa kini sebagai strategi pemasarannya. 

Proses pemasaran produk semakin efektif dan menyeluruh untuk ditemukan masyarakat Indonesia walaupun produk handmade berasal dari berbagai pengrajin di pelosok nusantara.


Sudahkah kita sebagai masyarakat Indonesia bangga dengan produk handmade lokal? In fact, begitu besar minta warga negara asing terhadap produk handmade Indonesia. 
Dikutip dari Economy. Okezone: Nilai ekspor produk kerajinan indonesai ke seluruh dunia pada bulan Januari-Oktober 2016 mencapai USD615,7 juta atau Rp.8,198 triliun (kurs Rp.13.315). Angka ini mengalami peningkatan sekitar 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2015. 
By the way, kenapa sih kita harus tetap bangga menggunakan produk handmade lokal ditengah gempuran berbagai produk dari negeri seberang yang masuk ke indonesia? Apa pula alasan orang-orang tertentu sangat interest dengan produk handmade daripada produk pabrikan mesin?

Jawabannya: Nasionalisme. Eh, selain atas nama rasa nasionalisme, adapun berbagai alasan kompleks alas yang pada akhirnya menjadikan masyarakat lokal (harus) lebih memilih produk-produk handmade buatan dalam negeri.

Dengan adanya Qlapa harapannya produk-produk handmade lokal semakin dikenal khususnya diminati oleh masyarakat lokal Indonesia bahkan secara global.

Coba bayangkan ... :p

Jika sudah begitu, tidak menutup kemungkinan produk handmade Indonesia bakal semakin di kenal di kanca internasional. Bisa-bisa bule famous sekelas ariana grande yang cantiknya segitu, ditambah lagi selena gomez yang cantiknya segitu dan mereka punya produk handmade asli Indonesia ke-ba-ya. Cantiknya bakal berlapis-lapis ....


Marketplace produk kerajinan tangan indonesia tidak hanya satu. Ada beberapa e-commerce yang bisa kita temukan di google searching jika kita melakukan pencarian dengan keyword tertentu.

Eh, tapi tulisan kali ini secara khusus mengulas sejauh pengalaman saya mengetahui e-commerce Qlapa dan apa saja yang ada didalamnya. Poin-poin yang cukup mendeskripsikan Qlapa antara lain:

Selain itu jaminan uang kembali jika produk yang diterima rusak/batal (masakah yang terjadi dari pihak Qlapa). Coba deh, buka website Qlapa atau install aplikasi di smartphone kalian sekarang. Dari situ, teman-teman akan menemukan produk-produk handmade yang unik dan terasa “indonesia banget”. Jatuh cinta dengan produk handmade asli Indonesia, Qlapa.com adalah surga!

Dan setelah itu, tidak ada kata telat untuk mensyukuri betapa potensialnya masyarakat Indonesia dengan produk-produk kerajinan tangan yang telah mereka buat. Ayo bangga & #CintaProduk Lokal!

108 comments:

  1. duh, suka frustasi aing kalo mas Suga ikutan lomba:(
    pen nulis ini tp jd ciut huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok gitu :( Aku ajak makan-makan, keliling kampung, trus malamnya ke pasar malam ya biar nggak frustasi and always happy ...

      Delete
    2. ya desain grafiknya oke sih, memperkuat tulisan juga hiks
      tuh kan jd sedih lagi:"
      Tapi boleh deeh diajak main ke pasar malam hahaha

      Delete
    3. Belajar kok mbak onix. Haha.
      Yuk ikutan mbak Onix. Nanti kalo menang, jangan lupa sama aku (baca: mie ayam semangkok) atau kuota internet di BebasBayar ya :D

      Delete
    4. Kok BebasBayar yah mas? wkwk Qlapa mas Qlapa, fokus dong hahaha

      Delete
    5. Anak pinter yg kelewat nih. Haha.

      ((alesannya)) biar komenin artikel dibawah juga ๐Ÿ˜‚ Btw, yooloh gw malu banget disini

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Jadi gampang ya mas mau nyari produk kreatif, berkat Qlapa semuanya jadi mudah, gak perlu repot pergi ke daerah tertentu untuk berburu produk handmade..

    Itu si gomez sejak kapan pake batik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama mas, waktu itu pas baru putus sama Justien Bieber, langsung deh aku kasih kado kebaya :P

      Delete
    2. Si Bieber gak dikasih sandalnya sekalian wkwkwk... Lomba ini harus pasang banner di side bar ya?

      Delete
    3. Enggak sih mas.Memudahkan teman2 kalo mau ikutan lomba blog dari qlapa aja. Nah, kayaknya justin bieber juga belum tau qlapa nih wkwk

      Delete
  3. cakep juga neng selena sama teteh ariana pakai batik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. neng selena sama teteh ariana udah siap diajakin ke kondangan ya.. :D

      Delete
  4. neng selena sama teteh ariana udah siap diajakin ke kondangan ya.. :D

    ReplyDelete
  5. Eh beneran ya kalau handmade malah lebih murah? Soalnya kan kita bisa pesen custom sesuai selera.
    Btw, ini ilustrasinya cakep ih. Bikin saya yang baca nggak bisa main speed reading. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prince sih relatif lbh mahal kak. Tapi jika lebih awet kan saing money bgt yakaan

      Delete
  6. Kita kudu peduli dengan produk lokal ya mas, salah satunya dengan sering-sering belanja di Qlapa ini, hehe

    ReplyDelete
  7. gilakkkk langsung buka website Qlapa ah, mau boroooongggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap2 mumpung ada promo gratis ongkir ya kak. mannteep tuh.

      Delete
  8. Baru lihat bagaimana Selena pakai batik...hanya di Blog ini....keren mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lagi. Selena Gomez dan Ariana Grande hanya exlusif di blog ini ya. haha

      Delete
  9. ilustrasinya keren :)
    aku juga jatuh cinta sama produk handmade qlapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaseeeh mbak Ina. Yuk bangga dengan produk handmade lokal :)

      Delete
  10. Iya memang benar ada produk handmade yang awetnya luar biasa dibanding pabrikan. Tapi, bukan cuma itu, bisa membantu pengrajin lokal dan produk lokal juga mesti diutamakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Melestarikan produk lokal untuk kesejahteraan bersama kak

      Delete
  11. Ahhhhh.... desainnya makin kece2 aja nih masbro. Btw, Qlapa itu asli emang bkin kepengen bgt ama produk2 yang dibuat oleh pengrajin2 lokal. At least, secara kasat mata, kualitasnya oke punya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas firman. Begitulah kelebihan dari handmade lokal. Jangan lupa install apps qlapa di smartphone yaaa

      Delete
  12. Wah banyak juga produk produk yang di jual di Qlapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal pilih-pilih aja sih mas sama ngepasin budget hehe

      Delete
  13. Aku tuh naksir batik yang ada di qlapa, unik2, dompet yang ku beli pas banget dari Garut ada di qlapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong. selain kacamata frame kayu aku juga ada inceran batik lengan panjang buat kondangan gitu di qlapa. hehe

      Delete
  14. Replies
    1. Iya. PR banget buat ngatur budget khusus belanja di qlapa.com hehe

      Delete
  15. Qlapa memang keren, bisa memberdayakan para pengrajin Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas. Hadirnya qla sangat membantu para pengrajin lokal untuk memasarkan handmadenya..

      Delete
  16. Baru tau niy ttg Qlapa. Produk2 kreatis semua kayaknya ya. Langsung meluncur ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa download apps disamrtpone ya mbak dwina... :)

      Delete
  17. buat penggemar produk yang unik-unik dan etnik emang cocok banget belanja di Qlapa ini...
    btw, editannya aluus...qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk Retno, cari hadiah untuk sahabat dan orang terkasih mudah banget ditemukan di qlapa. Aku aja udah ada item inceran hehe

      Delete
  18. Suka dengan adanya produk lokal yang bisa bersaing seperti ini. Konsumen jadi diuntungkan karena punya banyak pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengrajinpun bisa bersaing untuk unjuk gigi dgn produknya secara global.Hehe

      Delete
  19. Saya suka kerajinan untuk hiasan rumah. Berasa bisa lihat2 tanpa harus dipelototi penjaganya, meski gak jadi beli
    Hehehe...
    Produknya keren2. Suka banget dengan produk bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian dari cuci mata, harus juga disesuaikan dgn budget ya mbk. Hehe

      Delete
  20. Nah, jdo klp lagi buntu alias bingung cari kado unik,qlapa.com bisa jdi alternatifnyaa :)

    ReplyDelete
  21. Aku pun cinta produk inIndones, suka dipake dimakan dan suka juga klao klao ada yang ngasih,hahaha

    ReplyDelete
  22. Liat meja kayunya yang ada di gambar artikel ini, jadi pengen pesen bikin buat di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksekusi mas. Kalau udah ada budget sebelum keduluan sama yang lain. hehe

      Delete
  23. Ih samaan dengan saya, saya pun prefer produk lokal dibanding produk pabrikan. Mas suga infografisnya keren, salam kenal dari Batam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dari Banyuwangi ya mbk moniq :)

      Delete
  24. keren bro.. good luck your written is pretty good.

    ReplyDelete
  25. artikelnya menarik banget mas, suka sekali ada beberapa gambar yang mewakili tulisan.
    semoga beruntung di lomba kali ini ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, kebetulan lagi seneng2na gambar jadi sekalian tulisan blog menjadi media na hehe..

      Delete
    2. lengkap! kombinasi yg sempurna kak :)

      Delete
  26. Barang handmade itu biasanya berkualitas baik, trus dia dibikin pakai hati #ciyeee jd kyknya bakalan jd barang yang berharga utk dimiliki :D

    Btw gambarnya bagus,good luck yaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga membawa kwalitas tetep ya. Hehe. Apalagi dengan handmade sudah pasti mengandung seni yang nilainya tdk didapatkan diproduk pabrikan kak :)

      Delete
  27. Saya dukung penuh karya seni anak bangsa.kalo bukan kita siapa lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Merdekaa! Thks kunjungannya mas cendekia :)

      Delete
  28. Keren semuanya ya, ada harga ada kualitas kali yah,. saya paling suka sama handmade apalagi untuk aksesoris atau mempercantik rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, seni pada barang2 handmade nilainya masih lebih tinggi daripada buatan pabrik :)

      Delete
  29. belanja di Qlapa itu salah satu upaya untuk membuktikan bahwa kita cinta dengan Indonesia. cieeeeh.. tapi emang bener kan.. udah nasionalis, membantu perekonomian rakyat juga, dapat produk yang unik, keren dan awet juga.. banyak untungnya ya, mas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikirnya harus panjang sih kitanya, kalo murah tapi cepet "minta adik" a.k.a ganti baru lagi dan lagi, kan sama aja boros. Hehe

      Delete
  30. qlapa memang tempatnya kalo berbicara tentang produk handmade dan kerajinan tangan indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Thanks sudah baca2 disini a mas darwin ...

      Delete
  31. Wah keren euy artikelnya.. Qlapa emang pelopor jual beli barang homemade indonesia.
    Btw, Suka belanja di Qlapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah keep banyak item sih sebenarna, tapi keuangan lagi belum bersahabat jadi nanti dulu mbak order lagi hehe.

      Delete
  32. Wuihh, emang nyatanya Indonesia ini potensial banget ya mas, bikin betah betah gimana gitu, pokoknya seneng banget jadi orang Indonesia. Gudlak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng dan bangga. Hehe. Orang Indonesia dengan segenap Sumber Daya melimpahnya sebenarnya sangat potensial. Jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin ya dek bro :)

      Delete
  33. Aku suka juga kepoin Qlapa, produk-produknya eye cathcing and ethnic gitu deh, aku sukaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bangga dengan produk lokal ya kak :)

      Delete
  34. Wah, aku beberapa kali baca tentang Qlapa, jadi penasaran ๐Ÿ˜Š Aku gak mengkhususkan suka barang handmade sih, tapi kalau untuk baju biasanya aku pilih handmade alias bikin dan desain sendiri biar gak ada yang nyamain, hihihi ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak dipungkiri saat ini kita lebih dekat sama barang2 pabrikan dan import. Jadi,sayapun juga lebih banyak menggunkan barang2 tersebut. Asal jangan ragu untuk menggunkan handmade lokal aja sih. Hehe. Nice sharing, thankyou.

      Delete
  35. Banyak yang mengulas tentang website ini,, jadi pensaran untuk beli produk yang home made, terlebih tas dan sepatu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak. Semoga pesan yang ingin disampaikan pada partikel ini dapat dimengerti. Semoga bermanfaat ya mbk. hehe.

      Delete
  36. DUkung produk lokal dengan berbelanja di Qlapa ya mas

    ReplyDelete
  37. Keren ini yang bikin Qlapa. Disaat marketplace lain memfasilitasi berbagai seller yang menjual beragam produk dagangannya, Qlapa lebih fokus untuk menjembatani para penjual yang memiliki produk handmade.

    Semoga menang untuk kontesnya mas! Sukak sama ilustrasi-ilustrasimu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thakyou mas wisnu. Nice sharing dimari... :D

      Delete
  38. Qlapa emang bener-bener surga banget! Barang-barang so lovely ada semua di sana. Pengen ngeborong semua rasanya. Keren-keren. Parah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik dan biasanya limited sih mbk. Hehe

      Delete
    2. Wow serius? Oke deh, next time mau beli tas di sana hihi. Sekarang lagi nabung dulu hehe.

      Delete
  39. Hai, Mas. Salam kenal ya sebelumnya.

    Aku baru tahu nih tentnag Qlapa.com. Kayaknya boleh juga dicoba ya. Aku juga lebih suka beli produk lokal apalagi untuk tas dan sepatu. Rasanya lebih enak aja makenya, yang pasti lebih murah daripada produk impor tapi dengan kualitas yg gak kalah keren juga. Anyway, sukses buat lombanya, ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya :)
      Thks for sharing #banggaproduklokal

      Delete
  40. Kereeeen banget, salam kenal. Qlapa emang t.o.p. begete...

    ReplyDelete
    Replies
    1. THAKYOU pak :) salam kenal juga ya ..

      Delete
  41. Baca tulisan ini saya jadi kepoin Qlapa jadinya, dan produk-produknya Qlapa ini keren-keren bangat ya ternyata dan handmade lagi.

    Semoga ruang kerja impiannya cepat terwujud ya Mas Suga. Aamiin...

    ReplyDelete
  42. Aku suka juga ka belanja di qlapa. Barangnya banyak pilihan dan berkualitas. Skrg harus cermat memilih e-commerce, jgn nnti jadi nyesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus. Thks sharingnya ya kak. Tetap #Cintaproduklokal :)

      Delete
  43. Saya suka produk-produk qlapa karna unik khas banget produk lokal Indonesia

    ReplyDelete
  44. Produk handmade itu biasanya dibuta dengan hati makanya kualitasnya bagus2. Keren ya Qlapa ini dukung industri lokal TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangan2 kreatif yg harus menyelamatkan warisan nusantara :)

      Delete
  45. Kerenemang Qlapa ini. Mengangkat produk dalam negeri. Produknya pun berkualitas. Dengan tampilan yang cantik2 pula. Harganya juga bervariasi. Semoga bisa bertahan dan bersaing dengan marketplace luar yang menginvasi ke kita.

    ReplyDelete
  46. Wahh..namanya unik ya Qlapa, ga kepikiran klo itu salah satu marketplace. Dan kerennya khusus menjual produk2 asli Indonesia ya. Mantaapp..sukses tuk Qlapa dan makasih tuk infonya ya mas, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbk ida :)
      Terkmaksih baca2 blog ini..

      Delete
  47. Produk lokal memang gak kalah keren dengan produk luar ya..Sukses terus utk Qlapa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbk ida sudah berkunjung :)

      Delete
  48. Jadi kalo mau cari produk-produk asli Indonesia carinya ke qlapa ajaa yaa, Mas? Mau ke sana ahhh, lagi cari tas nih ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  49. Wah, baru tau nih kita bisa belanja2 cantik di Qlapa :) Hasil karya anak bangsa yang unik dan kreatif kudu kita apresiasi nih. Keren2 semua deh, aku mau meluncur lagi ah ke Qlapa :)

    ReplyDelete
  50. Hiks, kita kurang beruntung mas, gak ada nama kita di daftar pemenang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Terpelanting jauh. Hehe.

      Oh ya, dapet email voucher?

      Delete
  51. Jarang bisa nyari handmade online beekualitas... Qlapa bisa jadi solusinya

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D