LANGKAH – LANGKAH MENDAFTAR INTERNET BANKING VERSI MOBILE

2 comments
Selang satu hari dari kejadian ATM hilang, saya datang lagi ke bank BRI untuk membuat/aktivasi internet banking. Memang dari dulu sudah ingin aktivasi internet banking untuk memudahkan transaksi. Misalnya saja, jika mager (males gerak) saya dapat bertransaksi via mobile di dalam rumah tanpa keluar mencari mesin ATM terdekat. 

Oh iya, sebelum pergi ke bank untuk aktivasi internet banking/mobile banking pastikan kamu membawa rekening tabungan, KTP, kartu ATM dan mengisi formulir yang disediakan (biasanya) di dekat pintu masuk. Jika bingung jangan sungka untuk bertana pada penjaga/security agar diberi petunjuk. 



1.Login ke Web Internet Banking https://ib.bri.co.ic atau (ib bri) melalui google 
2.Masukkan User id, password & kode validasi 
3.Klik di bawah sendiri (saya setuju) 
4.Tahap ubah user (user id bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan) 
5.Tahap ubah password (ubah password lama dengan password baru menggunakan alphanumerik (1 huruf besar, 1 huruf kecil dan angka) minimal 8 digit/karakter maksimal 12 digit/karakter), klik lanjut
6.Tahap ubah alamat email (masukkan alamat email yang aktif untuk pengiriman kode verifikasi email, nasabah akan terima kode verifikasi di inbox atau promosi email nasabah), klik lanjut. 
7.Tahap verifikasi email (masukkan kode verifikasi yang telah diterima dialamat email), klik lanjut. 
8.Masuk ke menu layanan 
9.Klik M-Token 
10.Klik aktivasi M-Token (masukkan kode aktivasi M-token yang diterima melalui sms masuk yang dikirim oleh IB BRI) 
11.Klik menu layanan 
12.Klik Daftar BRI mobile 
13.Klik kirim, silakan cek no telp yang tertera untuk registrasi internet banking versi mobile 
14.Kemudian akan ada balasan sms masuk untuk mendownload aplikasi 
15.Klik link/url yang dikirim di sms masuk kemudian download hingga muncul aplikasi BRI Mobile versi terbaru 
16.Setelah muncul di aplikasi BRI MOBILE, masuk ke menu Internet Banking 
17.Ketik User ID & Pasword kemudian login/lanjut untuk aktivasi internet banking 
18.Klik lanjut 
19.Masukan User-ID & Password 
20.Klik aktivasi 

Diatas saya tuliskan step by step cara mendatar mobile banking (SMS banking, internet banking langsung dapat diaktivasi melalui aplikasinya). Saat itu, saya terhenti dilangkah nomor 7 karena saya tak kunjung menerima email masuk verifikasi. Hingga menunggu cukup lama, akhirnya saya diberikan print out kertas yang isinya step-by-step cara mendaftar mobile banking. Jadi langkah nomor 7 dan seterusnya dapat saya lakukan sendiri di rumah. 

Note: Setelah ganti email verifikasi menggunakn @gmail (sebelumnya @yahoo) email balasan verifikasi begitu cepat saya terima. Berdasarkan pengalaman saya aja sih ini, mungkin saya kurang beruntung menggunakan email @yahoo. Hehe. 

2 comments:

  1. Makasih. mas. Membantu banget. Udah lama pengen punya i-bangking tapi mager juga, haha. Tapi kalau sudah tahu caranya kan bisa dipersiapkan berkas yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, aku udah pake yang BCA. Mudah dan bikin praktis untuk bertansaksi. Cuma kalo ngambil duit aja ke ATM mah. :)

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D