Cara Meminjam Dana di Koperasi Simpan Pinjam

1 comment

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah terkait dengan finansial. Masalah ini merupakan masalah umum dirasakan oleh hampir setiap orang. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, finansial juga memenuhi kebutuhan lainnya seperti pendidikan, kredit, asuransi kesehatan dan lain-lain. 

Tidak jarang masalah keuangan datang mendadak sehingga mengharuskan seseorang untuk meminjam atau berhutang kepada teman maupun lembaga-lembaga keuangan. Salah satunya Koperasi Simpan Pinjam. Lembaga ini menjadi alternatif karena memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki lembaga lain seperti bank dan lain sebagainya. 

Langkah-langkah Meminjam Dana di Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi adalah lembaga keuangan yang menganut asas kekeluargaan. Pada umumnya didirikan oleh masyarakat serta dijalankan dan didukung oleh anggotanya. Selain memiliki bunga yang rendah daripada bank, meminjam di koperasi juga berpotensi mendapatkan SHU. SHU merupakan sisa hasil usaha yang nantinya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan antar anggota. Berikut langkah-langkah meminjam dana di koperasi:

1.  Mencari Kontak Person Koperasi
Jika bukan anggota koperasi simpan pinjam, langkah awal yang dilakukan adalah mencari kontak pihak koperasi. Anda dapat bertanya kepada teman, saudara, atau kenalan tentang seseorang yang bekerja di koperasi terkait. Utamakan bisa mendapatkan kontak bagian marketing koperasi tersebut agar lebih mudah serta tepat dalam menyampaikan tujuan yang diinginkan. Jika masih mengalami kesulitan, maka dapat langsung pergi menuju koperasi yang dimaksud, setelah itu menemui admin koperasi untuk menjelaskan maksud dan tujuan Anda.

2.  Melakukan Interview
Langkah selanjutnya dalam meminjam dana di koperasi simpan pinjam adalah melakukan interview yang dilaksanakan oleh pihak koperasi. Hal ini bertujuan untuk mendapat data mengenai tujuan dan maksud Anda. Di interview ini akan diberikan pertanyaan tentang alasan kenapa meminjam uang di koperasi, jumlah harta yang dimiliki. 

Kondisi rumah, penghasilan per bulan, beban tanggungan, dan lain sebagainya. Pihak koperasi juga akan mengkonfirmasi jumlah dana yang ingin Anda pinjam serta akan digunakan untuk apa. Interview ini bertujuan agar antara pihak koperasi dan peminjam terdapat keterbukaan sehingga uang yang nantinya dipinjamkan dapat benar-benar bermanfaat.

3.  Melengkapi Data Administrasi
Langkah selanjutnya adalah melengkapi data administrasi. Persyaratan yang dibutuhkan umumnya KTP serta KK asli dan fotokopi dan juga jaminan yang sudah disepakati ketika interview. Melengkapi administrasi dilakukan apabila pihak koperasi simpan pinjam sudah menyetujui dan menyepakati peminjaman beserta jumlahnya. Jaminan yang dimaksudkan tidak harus berupa barang atau surat-surat berharga, bisa juga yang lainnya sesuai kesepakatan bersama ketika melakukan interview.

4.  Mencairkan Dana Pinjaman
Setelah semua kesepakatan disahkan serta administrasi sudah terlengkapi, maka langkah selanjutnya adalah menunggu hingga waktu pencairan dana tiba. Durasinya tergantung dari pihak koperasi, kurang lebih 3 hari kerja dana pinjaman sudah dapat dicairkan. Berbeda dengan peminjaman di lembaga lain, di koperasi dananya tidak diberikan semuanya kepada peminjam. Melainkan hanya 90 %, sisanya 10 % dimasukan sebagai tabungan deposit, di mana nantinya akan diberikan kepada peminjam di akhir proses pelunasan. 

Batasan yang digunakan untuk masing-masing peminjam pun berbeda-beda. Ada yang hanya Rp 200.000, Rp 1.500.000 atau bisa juga lebih dari itu. Limit tidak banyak ketika Anda baru pertama kali meminjam, namun ketika Anda termasuk pihak yang sudah sering melakukan peminjaman serta memiliki track record bagus, maka limit yang diberi akan semakin bertambah.

Demikian langkah-langkah meminjam dana di koperasi simpan pinjam. Untuk semakin lengkapnya Anda dapat mengunjungi website pracico.com.

1 comment:

  1. Ohh begitu ya mas, udah dr jauh2 hari belum nyobain utk bikin kartu anggota Koperasi Simpan Pinjam, hehee
    TFS yh mas

    ReplyDelete

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D