Mengenal 3 Jenis Gangguan Pendengaran yang Sering Dialami

Leave a Comment

Menjaga kebersihan telinga pada dasarnya adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kemampuan indera pendengaran tersebut, karena kotoran yang ada di dalam telinga memang sangat berpotensi untuk mengurangi kemampuan mendengar, gelombang suara tidak bisa ditangkap secara jelas oleh gendang telinga. 

Namun langkah pembersihannya juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, hendaknya dilakukan di dokter spesialis THT, ini untuk mencegah berbagai macam kemungkinan kecelakaan karena proses pembersihan yang salah.

medicalnewstoday.com

Gangguan yang terjadi pada pendengaran seperti berkurangnya kemampuan telinga dalam mendengarkan suara sebenarnya faktor penyebabnya begitu banyak, diantaranya bisa terjadi karena usia juga. 

Sehingga beberapa orang kemudian memilih untuk menggunakan alat bantu dengar, harga alat bantu dengar ini sendiri juga sebenarnya relatif bervariasi, tergantung dari merk dan jenisnya. Hanya saja memang tidak semua masalah pendengaran bisa diatasi dengan menggunakan alat yang satu ini. untuk itu kenali terlebih dahulu 3 jenis gangguan pendengaran yang sering terjadi ini, diantaranya adalah:

  1. Gangguan pendengaran konduktif, kondisi yang satu ini dipicu oleh gangguan yang terjadi pada ossicles, sehingga gelombang suara tidak bisa masuk kedalam telinga. Faktor penghambatnya bisa jadi karena kotoran yang ada di dalam telinga, air yang masuk kedalam telinga, cairan di bagian telinga tengah hingga cacat.
  2. Gangguan pendengaran sensorineural, ini adalah gangguan pendengaran yang sangat umum terjadi. Faktor penyebabnya bisa karena telinga bagian dalam, syaraf koklea ataupun disebabkan gangguan pada silia, misalnya adalah usia, penyakit autoimun yang diderita, penyakit mariene dan masih banyak lagi diantaranya.
  3. Gangguan pendengaran kombinasi, ini adalah kondisi gabungan antara gangguan pendengaran konduktif dan juga sensorineural yang dialami oleh seseorang.

Jika kondisinya seperti masalah usia masih bisa diatasi dengan terapi menggunakan alat bantu dengar, produk yang satu ini bisa dengan mudah dijumpai di pasaran, salah satunya dapat Anda beli hearing aid Jakarta ini di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai. Banyak sekali pilihan merk dengan harga yang juga relatif terjangkau.


0 komentar:

Post a Comment

Udah masuk sini, jangan lihat-lihat aja dong. Nanti lama-lama naksir aku gimana? Baca dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya dan tunggu aku blogwalking balik 1x24 jam ya ganteng & cantek-cantekkuh :D