Rich Knowledge with Smart Red App [ Kurio ]

Leave a Comment
Jamaaah..Oh...Jamaaah...
Selamat datang buat yang udah datang diblogku,yang mungkin sebagian besar adalah yang nyasar lewat blog ini.Tapi kali ini tulisan ini bakal beda banget sama tulisan-tulisan yang sebelumnya karena ditulisan kali ini bakalan istimewa...,Aku akan menjawab tantangan yang diberikan oleh Kurio.Gimana lo berani nggak nih? klo berani, buruan yuk berlomba menulis dan menjawab tantangan Kurio diblog kamu.Siapa tau kamu bisa dapetin iphone 6-nya (gue sih ngebayangin yang megang iphone6 diposter ini selanjutnya adalah tangan gue.Biar nulisnya semangat! hahaha..amin.. #Doaanaksholeh
Udah ngerti belum tantangann yang akan aku jawab yang mana?

 @KurioID
@KurioID
Yaaaps.. 
Tantanganya yang akan gue jawab adalah menjelaskan arti 
 #KnowledgeIsPower dalam hidup gue  


Sebelum menjawab tantangan dari Kurio,coba deh pikirkan atau ingat-ingat dulu,mungkin saja ada kejadian dalam beberapa hari terakhir ini atau hal yang pernah kamu alami dan tentunya ada kaitannya dengan representasi tentang #KnowledgeIsPower
Yaitu bagaimana cara kamu menjelasakan "kenapa sih pengetahuan disebut sebagai kekuatan ?atau seberapa penting sih pengetahuan dalam hidup kalian?"Udah nemu pengalaman belum?Yaudah deh, sambil ngais-ngais kejadian atau pengalaman yang pernah kalian alami,yuk simak bacaan berikut ini, #KnowledgeIsPower versi gue.

Pengetahuan itu apa sih?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yg diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran).
"Mau anti kudet (kurang update) ? Makan aja nih mie instan cup dari gue!"
Pernah kan lihat iklan yang demikian?Beberapa waktu lalu iklan ini sih ngehits banget.Tapi ditulisan ini tidak akan membahas tentang mie instan atau iklan mie instan.Hehehe.Tapi dari iklan tersebut terdapat analoginya loh yang bisa kita jadikan referensi.

Apa hubungannya?
Ke-Update-tan seseorang itu dilihat dari berbagai sudut pandang dan banyak hal.Tidak dalam satu hal saja.Salah satunya erat hubungannya dengan ilmu pengetahuan (pengetahuan) mengenai suatu hal.Hiiia.. aku cuma ingin berpendapat aja kalo pengetahuan itu bisa diperoleh dimana saja,kapan saja dan oleh siapa saja, bukan dari hasil makan mie instan dan secepat nyeduh mie instan (takutnya sih banyak yang menjadi korban iklan Hahaha) .Semua butuh proses.Salah satu bentuk dari proses itu yaitu kita diwajibkan untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya.Dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya diharapkan kita dapat memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya pula.Dengan demikian bisa dikatakan bahwa pendidikan bernilai sebanding dengan ilmu pengetahuan.
Terus bagimana dengan teman-teman kita yang tidak mempunyai kesempatan untuk bersekolah?berarti mereka tidak menguasai pengetahuan dong?
Anggapan tersebut sangat tidak dibenarkan,karena pengetahuan itu tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah,tetapi pengetahuan itu bisa didapatkan dimana saja,kapan saja dan oleh siapa saja.
1.Kapan Saja
2.Dimana Saja
3.Oleh Siapa Saja

Sekolah itu wajib! Karena sekolah adalah menjadi landasan kita memperoleh pengetahuan dasar dengan bimbingan bapak/ibu pengajar yang sudah berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya tentunya.Sedangkan selebihnya pengetahuan itu didapatkan dan diaplikasikan langsung dilingkungan sosial masyarakat (lingkungan sekitar kita).
Sekali lagi,pengetahuan itu adalah proses,bukan hal yang semerta-merta instan terjadi.Proses inilah yang paling penting.Dari proses tersebutlah yang akan membuat kalian tau bagaimana cara menghadapi situsasi dengan sigap & mengerti tujuan akhir yang akan dicapai dari suatu hal dengan cara yang benar dan mudah.
"#KnowledgeIsPower - Pengetahuan akan memperlancar kehandalan dan membuat kalian tangguh saat kalian menghadapi masalah yang belum pernah dialami dan juga menghadapi masalah untuk yang kedua, ketiga, keempat dan kesekian kalinya, dibandingkan dengan orang lain yang belum mempunyai pengetahuan akan hal yang sama berkaitan dengan hal yang sedang dihadapi"-sugatangguh.blogspot.com
Oh ya,kemarin aku baru aja pergi ke kota Surabaya naik kereta api (pertama kali naik kereta sendiri),pas banget nih nemu analogi yang bisa dipakai diartikel ini :
kemarin aku & temanku (sebut saja bunga) tak sengaja bertemu distasiun kereta api.Kota tujuan kami berbeda,aku berpergian ke kota Surabaya sedangkan temanku akan pergi ke kota Bandung.Bunga lebih dahulu datang ke stasiun,karena saat aku datang ke stasiun bunga terlihat lesu menunggu antrean diloket  yang mengular.Layaknya orang yang sudah saling kenal kita bertegur sapa dan ngobrol singkat,karena suasana pada saat itu sangat tidak memungkinkan untuk membuat suatu obrolan yang panjang."jubel-jubelan" orang dan panasnya udara sangat terasa.Pada akhirnya saya langsung menuju meja pengisian form pemesanan tiket & pengambilan nomor antrian.Sesudah form terisi saya menuju satu bangku kosong tepat disamping tempat duduk antrian yang bunga tempati.Aku memulai obrolan lagi.setelah beberapa saat kemudian nomor antrian yang aku pegangdipanggil oleh "mbak-mbak" penjaga loket.Dan akhirnya tiketpun ada digenggaman.Lain halnya dengan nasib bunga.Ia menunggu berjam-jam karena ia baru tau kalau pembeli tiket harus mengambil nomor antrian dahulu sebelum menuju loket.Dan satu hal yang harus ia lakukan adalah mau tidak mau ia harus mengambil nomor antrian sesudah orang-orang yang mendahuluinya mengambil nomor antrian.Dan itu banyaaaaak sekali #badexperience
Dari pengalaman diatas seharusnya kita bisa bertanya pada teman-teman kita yang sudah sering berpergian naik kereta api.Supaya kita tahu bagaimana alur atau cara memesan tiket kereta api dengan benar dan menghindari hal yang tidak diinginkan.Seperti yang sebelumnya sudah saya alami dan praktekkan untuk bertanya pada teman-teman yang sudah berpengalaman.Alhasil saya beruntung dan bernasib baik! By the way semuanya itu erat hubungannya antar pengetahuan dan pengalaman #KnowledgeisPower
"Pengetahuan bisa didapat dari pengetahuan orang loh".
"Knowledge is best teacher,right?Sampai saat ini gue masih memegang prinsip ini dari pertama kalinya gue lihat tulisan seperti itu di dinding kelas 6 Sekolah Dasar sampai saat ini kuliah disemester lima. Karena sudah beberapa kali juga gue merasakan sendiri betapa pentingnya sebuah pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. 
Bagaimana sih ciri-ciri orang yang berpengetahuan luas?
Pake kacamata,kemana-mana bawa buku,sibuk baca buku saat teman-temannya asik bermain (seakan punya dunia sendiri) ,penampilannya cupu,ia sering dijadikan "bandar" contekan.Mungkin ada yang lain?Hahaha...deskripsi itu terlalu me-understimed-kan orang-orang yang berpengetahuan luas.saya tidak setuju.Karena penilaian diatas adalah penilaian dari "cover-nya" saja.Padahal apa yang kalian lihat diluar belum tentu sama dengan keadaan aslinya.Padahal banyak juga orang yang berpengetahuan luas itu keren,cool,cakep,manis,dan pintat bergaul.Tidak semua orang perpengetahuan luas identik dengan cupu  ataupun nerd! Pintar (pengetahuan luas) dan pintar bersosial? itu baru luar biasa!! 
(Don't judge someone by the cover)
Terus pengetahuan ada hubungannya dengan kekuatan,kekuatan disini maksudnya gimana sih?
Era Globalisasi memang membawa perubahan.Perubahan pesat terlihat pada dunia teknologi.
Sedangkan dunia teknologi itu sendiri erat kaitannya dengan perkembangan gadget.Coba lihat orang disekitarmu.Tak jarang kalian akan temukan anak-anak kecil yang sudah lihai memainkan jarinya pada gadget mereka masing-masing.Seneng sekaligus sedih sih...
Senang karena seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa merasakan perkembangan teknologi sedangkan sedihnya, congklak,layangan,lompat karet,petak umpet,kelereng mulai ditinggalkan oleh mereka.Memang perkembangan gadget sangat pesat.Membeli gadget saat ini bisa diibaratkan seperti membeli permen,sangat mudah dilakukan.Ayo generasi muda gunakan teknologi yang ada sebaik mungkin,jangan gunakan perkembangan teknologi ini dengan cara yang salah ya...
Back to "Knowledge is Power".Kekuatan disini bisa diartikan sebagai bekal/potensi yang suatu saat akan berguna untuk kita (pada waktu yang dibutuhkan suatu saat nanti).Dengan bekal pengetahuan ini kita bakal menjadi pribadi yang percaya diri menjalani kegiatan sehari-hari.Selain itu kekuatan akan ilmu pengetahuan tersebut menjadikan kita :
1.Menjadi Pemberani & survive dalam menghadapi situasi yang belum pernah dialami
2.Mempunyai banyak teman & bermanfaat untuk orang lain (Ingat: Bukan dimanfaatkan tapi saling membantu satu sama lain)
3.Tidak bergantung pada orang lain (tangguh)
4.Menjadi nilai + (plus) buat kamu dibandingkan orang lain
5.Jembatan untuk mengetahui hal lain yang lebih luas 
Contohnya: Karena kebiasaan membaca,kadang dari bacaan-bacaan tersebut menimbulkan beberapa inspirasi yang pingin saya tulis diblog.Oleh karena itu setahun belakangan ini saya mencoba untuk menekuni bidang menulis yang saya salurkan melalui blog yang saya miliki sekarang ini.Dari blog-blog yang pernah saya kunjungi,teman-teman blogger rupanya sangat kreatif mendesain template blog yang dimilikinya seindah & se-user friendly mungkin.
Dampaknya hal tersebut membuat saya ingin belajar mengutak-atik kode html blog ini secara autodidak,sedangkan dasar-dasar dan sumber yang saya gunakan untuk mempelajari hal tersebut juga berasal dari ilmu teman-teman blogger semuanya yang ada diblog mereka.Hasilnya sampai saat ini saya sedikit demi sedikit mengetahui kode HTML.
5.Menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan singkat
"Ilmu pengetahuan itu bebas & tanpa batas,bebas dipelajari,digunakan,dan disebarkan tanpa batasan,usia sekalipun" -sugatangguh.blogspot.com

Bagaimana cara saya menambah pengetahuan agar selalu bertambah dan up to date?
1.Banyak Mendengarkan
Mendengarkan radio? kamu suka mendengarkan radio? kalau iya,berarti kita sama.Semenjak tinggal dikota perantauan kuliah,hiburanya lebih banyak mendengarkan radio karena rumah kos yang saat ini gue tempati minim fasilitas (TV contohnya).Memang harga kos membawa kwalitas yah..Hehehe.Tapi tanpa TV masih ada radio kok,jadi nggak ada alasan dong ketinggalan informasi.Sumber pengetahuan juga bisa didapatkan dari keluarga,teman dan orang disekitar kita yang sudah mengalami atau berpengalaman,karena mereka tahu betul dengan kondisi yang ada dan dialaminya.
2.Banyak Menulis
Salah satunya dengan ngeblog seperti ini.Ngeblog itu sepaket dengan blogwalking.Jadi selain kita bisa menulis dan mengeluarkan apa yang sedang kita pikirtakan kita juga dapat membaca tulisan-tulisan orang lain sehingga apa yang belum kita ketahui & alami bakalan kita dapat ketahui dari pengalaman orang lain.
3.Banyak Membaca
Membaca adalah jendela dunia! membaca dapat memberikan suplay pengetahuan yang sangat bermanfaat.Banyak banget bacaan yang bisa kamu baca,baik itu dari buku maupun secara onlinepun sudah dengan mudahnya didapatakan.Media-nyapun beraneka ragam,bisa melalui gadget,ataupun media cetak.Yang tersulit yaitu menaklukkan bagaimana caranya agar kita tidak malas untuk membaca,bukankah begitu? Ayo budayakan membaca 1 buku dalam sehari!
4.Praktekkan!
Apa jadinya punya banyak teori tapi tidak dipraktekkan? semua akan sia-sia!Oleh karena itu mempraktekkan sangat dianjurkan guna memperoleh banyak pengetahuan.Semakin banyak kalian mempunyai pengalaman,kalian akan semakin percaya diri dan survive menghadapi hal-hal yang akan kalian lakukan.
Aduh,banyak banget caranya,makin bingung deh milihnya!
Menurut gue sih,semuanya adalah cara yang baik tinggal bagaimana kita untuk menggunakannya (kemudahan & ketertarikan untuk melakukannya).Dan tentuanya kalian harus bisa memilih & memilah informasi yang bermanfaat buat kita.Tapi belakangan ini gue lebih banyak membaca daripada menulis loh.Tau kenapa? karena beberapa hari yang lalu gue nemu aplikasi dismartphone yang pas banget buat dipake nambah pengetahuan.Dengan aplikasi kita dapat dengangan mudahnya memperoleh informasi yang uptodate.Benar...benar uptodate!
Taraaaa....Kurio ! #Drumroll
Kurio adalah sebuah aplikasi berita secara online yang dirilis pada September 2014.Dengan kemudahannya kalian bisa mengakses berita & informasi kapanpun dan dimanasaja secara fleksibel.Oh iya,aplikasi ini buatan anak negeri kita loh.Sudah bisa dipastikan bahwa teman-teman kita yang membuat aplikasi Kurio berpengetahuan luas dan  suka nge-upgrade pengetahuan mereka mengenai perkembangan IT sehingga dapat menciptakan aplikasi se "gurih" ini.  

Kurio  Lebih istimewa & beda dari News Apps yang lain!
"Kurio,Teknologi berbalut Desain Cantik"
1.Homepage
Pertama lihat Menu Kipas Kurio sangat mempesona,warna-warni (#wellcome banget).Berapa kali geser-geser menunya,yang kurasakan adalah sangat responsive bro... 

2. Fitur reading mode day & night
Membaca kadang membutuhkan durasi waktu tertentu.Semakinmenarik bacaan ,maka semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk membaca.Membaca dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,baik siang maupun malam.Dibawah pencahayaan yang cukup,ataupun pas untuk kegi kiatan membaca.Nah,aplikasi Kurio mempunyai fitur yang dapat membantu kita untuk menyesuaikan pencahayaan yang ada disekitar agar kita dapat membaca dengan mata yang nyaman.

3.Kurio banyak kategori menunya
Kipas warna dari Kurio rupanya menyajikan menu dengan lengkapnya.Dengan berbagai jenis menu yang ditampilkan,kalian bisa memilih mana saja yang menarik dibaca.Menu tersebut antara lain:
News,Technology,gadget,entertainment,sexuality,automotive,business,travel,movies,soccer,kabinet kerja jokowi,men's style,wedding,marketing,enterpreneurship,parenting.
Eeits...tidak hanya itu,menu-menu ini bisa diatur ulang (ditambah-ataupun dikurangi).Terus bagaimana caranya?
4.No Adds (tanpa terganggu iklan)
Semakin rame iklan,berarti semakin popular web tersebut.Benar.Tapi  pembaca juga mempunyai hak dong buat membaca secara leluasa dan nyaman.Sering juga saat baca tiba-tiba iklan dari sidebar samping kanan,kiri,atas,bawah secara full menutubu main wrapper berita,duh nyesek banget tuh.
5. Bisa pilih kategori yang kamu suka
Dengan ada fitur ini pembaca dapat menyimpan berita yang bisa dibaca pada waktu yang dikehendaki
Penasaran,mau coba? 
Mudah banget! buat kalian yang punya gadget OS android ataupun iOS bisa mengunduh apps Kurio dengan "gratias" alias GRATIS!
1.Untuk pengguna iOS dapat mengunduh Kurio disini
2.Sedangkan untuk pengguna Android dapat mengunduhnya disini
Oh ya,kalian punya pengalaman atau cerita mengenai #KnowledgeisPower?Yuk share di komentar :) Daadaah..

Artikel ini diikutsertakan dalam Kurio Blog Contest  yang diselnggarakan oleh :
Fanspage :KurioApps
Twitter      : @kurioID

Sumber referensi :
kurio.co.id – Kurio Smart News App ; 
sugatangguh.blogspot.com  – all illustrator



0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)