RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Catatan untuk seller Shopee: Hati-hati, Kirim Pesanan Shopee Via J&T itu beda!


Ini cerita pengalaman pertama saya jejualan di shopee, karena biasanya saya hanya sebagai pembeli. Jadi, saya sebelumnya sudah sepakat dengan seseorang (calon pembeli) untuk bertransaksi melalui Shopee. Sebagai pihak ketiga, shopee sangat membantu proses transaksi kami berjalan lebih aman. Jadi ya, kita sama-sama tidak khawatir dengan kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

(jual voucher MAP dari lomba blog di Shopee)

Terihat melalui aplikasi shopee pembeli memilih expedisi J&T Express untuk barang yang akan saya kirim. Okelah, akhirnya keesokan harinya saya bungkusin barangnya dan seperti kirim-kirim biasanya datang ke kantor J&T. Dari Jajag (Banyuwangi) ke Surabaya dikenakan ongkir sebesar Rp.11.000.

Sesampainya di rumah saya kepikiran, pada umumnya pembeli bakal melacak barang yang ia beli melalui nomor resi yang diberikan penjual atau otomatis tertulis di aplikasi. Bisa saja, pembeli juga akan minta no.resi pengiriman kepada saya.

MASALAH
Masalahnya, saya masih bingung dimana saya bisa menginput nomor resi pengiriman di aplikasi shopee. Dari kebingungan itu, akhirnya saya baca-baca atikel di internet. Walah, saya salah melakukan proses transaksi. Jadi khusus penggunaan expedisi J&T itu berbeda dengan expedisi JNE atau expedisi lain yang tersedia di shopee. Seharusnya sih, saya tidak dikenakan ongkos kirim untuk penyerahan barang di kantor J&T karena ongkir sudah menjadi urusan Shopee dan J&T Express.

Akibat kesalahan proses ini saya tidak bisa input atau memasukkan resi pengiriman di aplikasi shopee. Khusus J&T Express resi akn diperoleh langsung dari shopee. Jadi cetak resi J&T dapat dilakukan sekaligus melalui aplikasi shopee.



Dari resi itu dicetak, kemudian ditempelkan di box barang yang akan kita kirim, setelah itu tinggal mengantarnya ke kantor J&T terdekat untuk mengirim. Ingat disana kita tidak menyetorkan uang apapun. Ongkir J&T sudah dihitung diaplikasi shopee. Dengan kata lain, jika kita sudah menempel kertas no. Resi dari aplikasi, maka peru membayar ongkir di kantor J&T.

Akibat dari kesalahan ini apa? Akibatnya, notifikasi barang akan tetap berstatus belum terkirim (penjual diminta untuk segera kirim barang) meskipun kenyataannya kita sudah mengirim barang tersebut. Pembelipun akhirnya tidak bisa melacak status barang melalui aplikasi shopee (nomor resi ketika dilacak tidak ditemukan). Nomor resi yang otomatis dikeluarkan shopee dan J&T Express berawalan JSxxxxx sedangkan resi pengiriman yang kita dapat dari  J&T berawalan 888xxx.

SOLUSI
Solusinya? Sebelum transaksi otomatis dibatalkan oleh shopee maka segera hubungi pusat bantuan shopee. Ya, karena sesuai ketentuan jika barang tidak segera dikirim sampai tenggang waktu yang diberikan (status barang belum pindah ke tab barang terkirim) mak otomatis transaksi dibatalkan.

Seperti pengalaman yang saya alami, saya mencoba menyampaikan keluhan ini melalui DM twitter @shopeecare juga email shopee. Saya mencoba keduanya karena saya ingin mendapat solusi dan tanggapan dari shopee secepatnya. Oh iya, selain itu kamu juga bisa menghubungi dan menyampaikan masalah ini dengan cara menelpon. Kemarin saya tidak memiliki pulsa, jadi saya memilih opsi yang lainnya.
Bagaimana cara menghubungi Call Center Shopee?
Anda dapat menghubungi kami melalui email: support@shopee.co.id dan Call Center 24 Jam di 1500702 dan 021-39500300 (Senin s/d Minggu, termasuk Hari Libur Nasional).

(Percakapan DM twitter @ShopeeCare) 


 (Percakapan DM twitter @ShopeeCare) 


(Percakapan DM twitter @ShopeeCare) 


 (Percakapan DM twitter @ShopeeCare) 


                                                         (Percakapan via DM twitter)

Saya mendapat respon paling cepat melalui email. Meskipun beberapa jam kemudian DM via twitter juga dibalas dengan panduan penyelesaian. Keduanya sama-sama diminta untuk memberikan nomor transaksi dan bukti fisik pengiriman barang (foto slip pengiriman J&T).

Beberapa saat kemudian (lupa selang berapa jam) saya mendapat balasan email jika status barang sudah dibantu digantikan dengan status “sedang kirim”. Nomor resi juga berganti menjadi JSxxxxxx jika dilihat di aplikasi shopee. Masalah terselesaikan dalam satu hari aja! (padahal diemail disebutkan maksimal 3x24 jam)


NOTE : Jika, tulisan ini bermanfaat jangan lupa bantu klik iklan diblog ini ya, kebetulan saya lagi experiment dengan google adsense. Hehe. Terimakasih J

Related Posts

Related Posts

17 comments

  1. Wow, ternyat punya syarat yang berbeda ya kalo kirim pake J&T atau JNE. Tapi untung pihak Shopee responnya cepat. Berarti harus lebih jeli lagi. Makasih sudah sharing

    ReplyDelete
  2. Saya juga sama😥, tp udh hubungin cs shopee

    ReplyDelete
  3. kok punyaku lama yaa dari kmrin blm dapet email :( galau bgt ini

    ReplyDelete
  4. Senasib😭.. harap maklum.. newbie dishopee

    ReplyDelete
  5. Trimakasih sharingnya. Ini lagi tunggu respon dari shopee

    ReplyDelete
  6. intinya klo ke j&t gak usah bayar ongkir ya gan?gitu bukan?. kita tinggal tunjukin no resi yg di kasih dari shopee?

    ReplyDelete
  7. Anonymous4/4/20 12:47

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Saya mengalami kasus yg sama. Pembeli menggunakan jasa kirim J&T dgn resi otomatis. Kecewa dgn respon admin di Twitter @shopeecare lamban sekali. DM pagi di balas malam hari. Saya juga coba cara lain yaitu menghubungi layanan pengguna shopee lewat aplikasi. Setelah menunggu antrian 600 detik untuk memulai chatting, hanya diminta memberikan username dan email. Sampai saat ini terhitung sudah 3x24 jam sama sekali belum mendapat email dari shopee. Cek email spam juga nihil. Status di shopee belum dikirim, sedangkan saya rasa paket saya sudah akan sampai di penerima. Balik lagi ke DM twitter, saya diberi tahu bahwa sudah masuk pelaporan dan sedang ditangani. Apabila resi sudah di update maka saya akan menerima email pemberitahuan. Sungguh mengecewakan respon CS shopee sangat sangat lambat. Lain kali saya tidak akan memakai shopee untuk berjualan dan jasa kirim dgn sistem resi otomatis lagi.

    ReplyDelete
  9. Saya juga mengalami hal yg mungkin juga buruk ini. Buyer pesan barang via j&t, setelah saya klik resi otomatis saya kirim barangnya, namun selang 1 hari masih status di kemas, kenudian saya tanya j&t ternyata kiriman saya tidak bisa di proses krn cairan dan kirimnya di luar pulau. Kmudian saya tanya admin shopee dan disarankan menggunakan ekspedisi lain nanti suruh kirim bukti resinya ke admin shopee.. Setelah itu saya ambil paket dari j&t saya kirim pakai jne, krn jne bisa mengirimkan paketnya. Kemudian saya email dan chat pihak shopee,, namun hingga saat ini tgl 19 mei status masih perlu dikirim,,

    Saya kembali chat pihak shopee untuk menindak lanjuti laporan saya,, kawabannya hanya menunggu via emal.. Hadeh gimana nasibnya,, tahu gitu gak perlu saya kirim mending saya batalkan saja..

    ReplyDelete
  10. Saya sudah 4 hari sejak pembelian, 3 hari sejak pengiriman, belum bisa input resi pengiriman yang jelas2 valid. Chattingan email sampai 15x, tetap aja waktu masukkan resi keluar notif "system error, please try again later". Dari Seller Center juga sama. Chattingan di aplikasi android Shopee udah gak terhitung, kenapa kendalanya lama sekali bisa diselesaikan? Khan bisa manual input mereka, kalau bukti valid, tracking resi pos kilat pun bisa dilihat sama persis, alamat pengiriman dan alamat tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungi via email help@support.shopee.co.id . Biasanya max. 3 hari udah selesai.. Pastikan email terkirim dan ada balasan dari pihak shopee

      Delete
  11. Sy jg newbie. Sudh hubungi pihk shopee dan statusnya sudh berubh dikirim. Tapi no resinya tidk dirubah.. Apakah bisa nnti status ny berubah otomatis mnjadi diterima olh pmbeli yaa. Huhu galauu

    ReplyDelete
  12. Sya baru mengalami, saya tidak tau klau resi j&t otomatis , padahal paket dah dikirim.. tiba2 mau apload resi udah ada resi di aplikasi shopee dan ongkir udah dibayar.jadi resi ada 2.otomatis diaplikasi keterangan masih dikemas,karna bukan itu resi ya . say hub center shopee solusinya saya disuruh transaksi lewat shopee, jadi gak usah bayar ke kurir,jadi si pembeli yg tf total pembelanjaan ya..
    Semoga pembelinyan mau ngirim total belanja ya.. klau dapat pembeli yg gak mau tf kan saya jadi rugi 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksud a transaksi di luar shopee,, karna resi yg valid adalah resi diluar shopee

      Delete
  13. Saya juga kena kasus yg sama, nanti ongkirnya balik ke kita ga ya?

    ReplyDelete
  14. Resi otomatis... Sekarang kan langsung muncul ketika barang diproses..
    Jadi bagi Seller.. Ketika ada pesanan masuk . Klik "atur pengiriman" dulu.. Jgn langsung kirim...
    Di sana akan muncul resi otomatis untuk COD maupun resi otomatis biasa . Tapi jika tidak muncul resi otomatis maka ini artinya kita masukkan secara manual dan J&T akan mengenakan tarif standard . Untuk resi otomatis , GRATIS...

    ReplyDelete
  15. Saya ingin sharing sebagai pembeli shopee. Saya membeli kawat bunga di toko "S" di shopee dan membeli kawat bunga di toko "A" di tokopedia"..yg dr tokopedia barang sdh sampai lewat J&T, nomer resi J&T di tokopedia juga benar sama persis karena itu saya klik barang sdh diterima. Tapi lucunya bungkusnya ada tulisan shopee,tp nomer resi kurir sesuai tokopedia. Nah,barang yg dr shopee blm saya terima, krn lama brg yg di shopee blm sy terima, maka saya batalkan pesanan yg di shopee, tp ditolak krn menurut penjual dia sdh mengirim barang via J&T,jadi penjual lapor sdh kirim barang pakai nomer resi J&T yg sdh dia gunakan di tokopedia.lalu status barang berubah jadi.kirim,kok aneh ya , 2 resi bisa digunakan untuk dua toko yang berbeda pada 2 marketplace yang berbeda pula?. Dan sampai hari ini sdh 2 minggu barang dari shopee blm sampai juga, saya sdh minta nomer resi yg benar ke penjual shopee, tp tdk ditanggapi..tapi status pesanan saya di shopee "dikirim"tapi saat di kliklebih lanjut status pengiriman...KOSONG, hanya ada tulisan JNE REG tanpa nomer tracking...kira2 uang saya bakal kembali gak ya?

    ReplyDelete

Follow by Email