RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Museum Macan: Memperkaya wawasan di museum yang artsy & instagramable

Museum Macan, pernah mendengar namanya? Jadi beberapa waktu lalu (belum lama sih), saya tidak sengaja melihat foto yang diposting di instagram oleh salah satu akun. Terlihat unik dan artsy. Dibagan atas foto itu terdapat keterangan lokasi Museum Macan. Oh pantas saja, backround yang dipakai untuk foto juga menunjukkan corak totol-totol berwarna kuning dan hitam. Yaaa, mirip corak kulit macam gitu sih. 

Kami senang melihat wajah-wajah penasaran siswa-siswi SDN 05 Petamburan Pagi yang diundang ke pameran Yayoi Kusama! Dipimpin Tim Edukasi kami, mereka mulai belajar seni sejak dini.
                                                  Sumber: Museum Macan

Semakin penasaran, akhirnya aku kepoin foto-foto yang menggunakan tag lokasi “museum macan”. Scroll-scroll kebawah, lah kok tidak ada kelihatan foto-foto atau fosil atau lain-lain yang berhubugan dengan macan? Owalah, baru paham jika museum macan bukanlah museum yang berhubungan dengan hewan macan/harimau. Museum macan itu merupakan penamaan (singkatan) yang digunakan pada nama sebuah museum di Jakarta. MACAN = Modern and Contemporary Art in Nusantara

Museum ini menyediakan spot-spot yang instagamable. Karya-karya yang dipajang bisa digunakan objek/background foto. Ya, seperti yang terlihat di foto-foto instagam,museum macan didominasi dengan warna-warna nyentrik, colorfull dan polkadot. Memang, tempat-tempat yang unik dan keren seperti ini pasti menjadi sasaran para pecinta fotografi ataupun pemburu tempat instagramable

                                                            Sumber: Museum Macan

Oh iya, tempat instagramable ini museum ya. Jadi spot-spot instagramable adalah bonus saat kita mengunjungi museum. Alasannya, sejak dahulu memang museum selalu identik dan paling utama berhubungan dengan ilmu pengetahuan. 

Jika memang museum yang dikunjungi benar-benar insatgramable, tentu biasanya pengunjung boleh mengambil foto ketika berada dalam museum. Eh, jangan lupakan satu hal: Meskipun para pengujung diberi kebebasan untuk memotret, pengujung juga harus tetap memperhatikan panduan serta peraturan yang ada. 

Pertanyaan: Pernah nggak kalian mengisi liburan untuk berkunjung ke museum? Terakhir mengunjungi musem kapan? Atau jangan-jangan tidak tertarik mengunjungi museum saat mengisi hari libur? Oh mygod .... 

Menurut aku sih, museum salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat liburan, terutama bersama keluarga. Dengan mengunjungi museum, kita bisa memberi wawasan, pengetahuan bahkan sejarah kepada anak-anak atau adik-adik atau bahkan diri kita sendiri. Itu penting banget! Apa saja sih manfaat yang kita peroleh dengan mengunjungi museum? 

 1. Memperluas pengetahuan dan informasi  
Kalau ini sih urutan pertama. Ada banyak sekali pilihan museum yang bisa dikunjungi dan tersebar di Indonesia. Museum yang ada memiliki jenis dan tipe yang beraneka ragam. Misalnya saja: Museum seni, museum sejarah, museum militer, museum maritim, museum arkeologi dan lain-lain. Sesuai dengan tipe museum, ilmu pengetahuan yang ingin dipelajari bisa didapatkan. 

  2. Simulasi atau presentasi secara visual  
Mempelajari suatu pengetahuan dengan menggunakan objek sebagai simulasi nyatanya lebih menarik dan mudah dipahami daripada hanya penyampaian materi saja tanpa visual. Dengan mengunjungi museum anak-anak juga akan melihat secara langsung informasi lengkap dengan objek yan dijelaskan (visual) sehingga akan lebih menarik. Sekaligus,jika mereka sudah mengetahui banyak sedikit informasi dari sumber lain hanya dalam bentuk gambar, museum adalah tempat yang akan menunjukkan objek secara lebih real (nyata). 

  3. Memancing menemukan minat anak  
Ketika anak-anak melihat ojek-objek secara langsung di museum mereka menjadi anak yang penuh petanyaan. Mereka ingin mengetahui informasi akan ini itu dengan objek yang dlihatnya. Misal: Ketika mereka berkunjung ke museum maritim, mereka akan bertanya soal alat-alat transpotasi, cara membuatnya, orang-orang berjasa di bidang kemaritiman. Anak-anak secara langsung akan menunjukkan ketertarikannya untuk menjadi sseorang yang behubungan dengan kemaritiman sebagai cita-citanya dimasa depan. 

 4. Belajar interaksi dengan lingkungan sekitar  
Pada umumnya penunjung museum akan datang secara berkelompok/rombongan. Hal ini bisa menciptakan interkasi atau percakapan antara pengunjung, temasuk anak-anak. Saling bertanya dan menjawab informasi mengenai objek yang disuguhkan di museum. 

 5. Memupuk rasa nasionalisme  
Belajar sejarah bisa dilakukan dimana saja, bukan hanya melalui pelajaran yang ada di sekolah. Atmosfer sejarah yang kental dengan perjuangan dan nilai-nilai cinta tanah air akan mudah dirasakan jika pengunjungi museum sejara secara langsung. Dari situ pengunjung akan memahami dan mengingat betapa besar perjuangan untk membela tanah air pada jaman dahulu sehingga untuk saat ini sangat perlu dijaga. 

Begitu banyak manfaat yang diperoleh saat mengunjungi museum bukan? Jadi, memang penting untuk memasukkan museum ke dalam list tempat-tempat yang wajb dikunjungi saat liburan, liburan sekolah. Museum juga tidak selalu tentang kuno, jadul dan tidak menarik. Pasalnya, saat ini museum dibeberapa kota di Indonesia sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak pengelola agar menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan maupan liburan sekolah. 

Related Posts

Related Posts

1 comment

  1. Ternyata MACAN adalah singkatan, ketipu nih, hehehe. Jadi penasaran dengan museum Art. Saya sendiri jarang berkunjung ke museum, biasanya kalau lagi ingin saja baru berkunjung, itu pun museum yang menarik hati.

    ReplyDelete

Follow by Email