Ragam Jenis Senyawa yang Wajib Dipenuhi Kebutuhannya untuk Bumil

2 comments

Kebutuhan nutrisi untuk wanita hamil pada dasarnya memang jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan selain untuk menunjang kebutuhan gizinya sendiri, maka ada janin di dalam kandungan yang nutrisinya juga harus terpenuhi, sehingga nantinya bisa tumbuh kembang secara optimal. 

Sehingga tidak jarang jika seandainya bumil juga mengkonsumsi multivitamin ibu hamilpaling lengkap yang banyak dijual di apotek, karena terkadang konsumsi beberapa sumber makanan saja memang tidak cukup untuk memenuhi nutrisi mereka.


Diantara asupan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh bumil, yaitu:

  1. Zat besi, penting untuk pembentukan sel-sel darah merah, apalagi kebutuhannya saat hamil menjadi begitu tinggi.
  2. Asam folat, senyawa yang satu ini memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan sel-sel tubuh janin, sehingga nantinya ia bisa tumbuh dan juga berkembang secara sempurna, menurunkan resiko janin cacat.
  3. Kalsium, berguna di dalam pembentukan tulang dan juga gigi, juga bagus dalam menjaganya agar tetap kuat.
  4. Vitamin D, bekerja untuk mengoptimalkan kinerja dari senyawa kalsium, yaitu memperkuat tulang dan juga gigi.
  5. Kolin, berguna menjaga tekanan darah wanita hamil sehingga tetap terkontrol dan bisa melahirkan secara normal.
  6. Vitamin C, bekerja untuk mengoptimalkan penyerapan senyawa zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh, juga berguna untuk meningkatkan sistem imuns.
  7. Iodium, menjaga kesehatan kelenjar tiroid, mencegah bayi lahir cacat seperti pada masalah pertumbuhan, cacat mental maupun gangguan pendengaran.
  8. Seng, senyawa ini berguna dalam pembentukan otak bayi dan juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh dari ibu hamil. Senyawa tersebut juga sangat berguna di dalam menghasilkan energi.

Sebenarnya senyawa-senyawa tersebut memang dapat dijumpai dari berbagai macam bahan makanan, namun terkadang jumlah yang dikonsumsi tetap kurang, apalagi pada trimester pertama dimana wanita hamil sering kali mengalami gejala seperti mual dan muntah, maka akan menurunkan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi multivitamin ibu hamil denganDHA tinggi, cari produknya lebih mudah di Go Apotek.

Semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. Yap, waktu saya hamil dua tahun yang lalu dokter kandungan juga bilang hal yang sama :D

    ReplyDelete
  2. Wah perlu banget ini mas, biar calon debay and ibunya sehat dan nutrisinya tercukupi. Btw, mas Agus, ditunggu komennya di artikel terbaru saya tentang Aplikasi Club Alacarte. Thanks ya mas bro

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)