4 Manfaat Liburan Singkat Untuk Karyawan. Sepele Tapi Penting!

Leave a Comment

Bekerja dalam bidang apapun tentu menguras tenaga dan pikiran, baik secara fisik maupun mental. Apalagi jika anda bekerja di kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Hal itu bisa membuat anda lebih letih, sebab perjalanan dari rumah ke tempat kerja saja sudah memakan waktu yang lama. Oleh karenanya, liburan singkat sangat diperlukan bagi para karyawan.

Liburan singkat untuk karyawan bisa dilaksanakan dalam dua bentuk. Yakni liburan yang dilakukan secara pribadi dengan mengambil jatah cuti kerja tahunan, ada pula liburan yang diadakan oleh pihak perusahaan. Meskipun sepele, keduanya sama-sama penting. Mengingat liburan singkat memiliki manfaat baik untuk karyawan. Sebelum bersiap merencanakan liburan singkat, simak terlebih dahulu manfaat liburan singkat yang dilansir dari beberapa penelitian luar negeri berikut ini.

Menghilangkan Stres
Sudah bukan rahasia lagi bila liburan singkat bisa menurunkan bahkan menghilangkan stres. Liburan singkat pun memiliki efek yang sama untuk hal ini. Sebab pergi berlibur tak harus berarti dalam waktu yang lama.

Menurut seorang Psikolog dan Ahli Stres asal Amerika Serikat Francine Lederer, kebanyakan orang memiliki perspektif hidup dan motivasi yang lebih baik setelah mereka pergi berlibur. Hal ini sangat mungkin terjadi sebab liburan singkat membuat kita rileks dan melepaskan segala pikiran negatif.

Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas
Jam kerja yang berlebihan ternyata tak selamanya sejalan dengan nilai kualitas kerja yang dihasilkan seorang karyawan loh. Para ahli mengatakan bahwa bekerja lebih dari 48 jam dalam seminggu bisa membuat produktifitas malah anjlok.

Oleh karenanya, liburan singkat dibutuhkan. Dengan menyegarkan pikiran, maka kratifitas dalam otak bisa terbarui dan anda pun semakin produktif. Ide-ide baru bisa saja muncul setelah liburan dan anda lebih siap bekerja dengan kinerja yang lebih berkualitas.

Memperluas Jaringan
Tidak sedikit orang yang melakukan liburan singkat yang akhirnya menemukan teman dan rekan baru. Apalagi jika anda mengikuti sebuah trip komunitas yang mempertemukan anda dengan orang-orang baru. Jaringan pertemanan pun semakin luas karenanya. Malah bisa jadi perkenalan itu mengarahkan ke hubungan dekat atau berpotensi menghasilkan kerjasama yang mendatangkan rejeki.

Selain itu, liburan singkat juga membuat anda memiliki pengalaman dan pengetahuan baru terkait dengan budaya daerah yang anda kunjungi. Tak heran jika ada istilah yang mengatakan bahwa dengan pergi berlibur, maka anda akan semakin rendah hati dan bijak.

Meningkatnya Kesehatan dan Angka Harapan Hidup
Menurut riset yang mempelajari lebih dari 600 ribu orang di AS, Inggris, dan Australia menunjukkan,  33 persen orang yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu lebih berpotensi terserang stroke dan serangan jantung. Sementara penelitian yang dilakukan pada pria paruh baya menunjukkan bahwa 37 persen di antaranya lebih mudah meninggal karena serangan jantung dibanding mereka yang rutin pergi berlibur.

Faktanya, tak peduli berapapun uang yang sudah dihasilkan dari kerja keras tidak bisa menjadikanmu sehat jika jarang berlibur dan bekerja dengan jam yang berlebihan. Sehingga liburan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental yang memberi dampak pada angka harapan hidup yang lebih tinggi. Sehingga anda pun kemungkinan akan berumur panjang.

Itu lah beberapa manfaat yang bisa didapat dari liburan singkat untuk karyawan. Jika anda juga merupakan pemilik perusahaan yang mempekerjakan karyawan, coba lah untuk memberi mereka waktu berlibur atau malah menggelar acara rekreasi Bersama para karyawan. Sebab bekerja tidak hanya dinilai dari kinerja atau hasil, tapi juga proses bekerja itu sendiri yang harus dibuat senyaman mungkin.

Anda juga bisa membaca lima tempat wisata unik untuk liburan singkat, di link berikut ini:

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)