Perwujudan Kepedulian Sukanto Tanoto pada Persiapan Calon Pemimpin Masa Depan

Leave a Comment
Sumber : Warta Ekonomi 

Sebagai seorang pribadi, Sukanto Tanoto dikenal sangat memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Salah satu hal yang menjadi perhatian beliau adalah persiapan generasi muda menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang. Sukanto Tanoto sangat memahami bahwa generasi muda yang ada saat ini perlu dipersiapkan agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik dengan meningkatkan potensi mereka dalam segala aspek termasuk di antaranya aspek kepemimpinan. 

Perhatian dan kepedulian Sukanto Tanoto dalam hal peningkatan aspek kepemimpinan generasi muda diwujudkan melalui sebuah kegiatan yang dinamakan TELADAN. Kegiatan TELADAN ini dijalankan oleh organisasi filantrofi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto pada tahun 1981 yaitu Tanoto Foundation. 

Program TELADAN oleh Tanoto Foundation 
Sumber : TanotoFondation.org 

Program TELADAN yang mendapat dukungan penuh dari Sukanto Tanoto ini sendiri merupakan sebuah program pemberian beasiswa dan juga pelatihan yang didesain secara khusus untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia agar memiliki keterampilan dan kemampuan untuk dapat berkontribusi positif di lingkungan tempat tinggal ataupun lingkungan kerja masing-masing. Berbeda dengan program beasiswa yang hanya memberikan bantuan keuangan semata, program TELADAN juga memberikan berbagai jenis pelatihan dan mentoring dalam aspek kepemimpinan. 

Program TELADAN ini mencakup beberapa aspek. Aspek pertama adalah pembiayaan pendidikan secara penuh serta pemberian tunjangan bulanan untuk mendukung aktivitas peserta program. Selain itu, Tanoto Foundation juga memberikan berbagai jenis pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para peserta. Pelatihan yang diberikan ini berupa pelatihan soft skill, magang, pelatihan pengembangan komunitas, serta berbagai pelatihan lain untuk mendukung kemampuan dalam mengembangkan jaringan dan kolaborasi. 

Wujud Nyata Program TELADAN 
Para peserta program TELADAN memiliki kesempatan yang sangat luas untuk mengembangkan potensi diri mereka agar mampu menjadi pemimpin masa depan. Dalam praktiknya, peserta program TELADAN akan menerima dukungan dalam beberapa hal berikut:
  1. Dukungan finansial berupa tunjangan bulanan dan biaya kuliah hingga semester akhir 
  2. Pelatihan kepemimpinan terstruktur 
  3. Dukungan dalam hal pemberian kesempatan untuk mengikuti berbagai program yang akan memberi pengalaman lebih kepada para peserta. Para peserta dapat mengikuti program yang dijalankan baik di tanah air ataupun yang ada di luar negeri. 
Salah satu hal menarik dari program TELADAN yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation adalah aspek berkelanjutannya. Para peserta tidak hanya mengikuti satu program yang kemudian berakhir begitu saja. Setiap peserta akan mengikuti beberapa tahapan berupa: 
  1. Program dasar sebagai bentuk persiapan awal 
  2. Program lanjutan sebagai lanjutan dari program dasar. Pada program ini, aspek pelatihan yang menjadi fokus perhatian akan meningkat baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. 
  3. Persiapan karir. Para peserta tidak dilepaskan begitu saja setelah selesai mengikuti program pelatihan yang ada. Tanoto Foundation juga turut membantu dalam hal persiapan karir sehingga selepas kuliah, para peserta mampu mendapatkan pekerjaan ataupun menciptakan lahan pekerjaan yang sesuai dengan minat, skill, bakat, dan kemampuan mereka masing-masing. 
Pemberian bantuan finansial dan berbagai pelatihan yang mencakup semua aspek dalam program TELADAN oleh Tanoto Foundation akan membantu generasi muda dalam menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Kualitas seperti inilah yang dibutuhkan oleh calon pemimpin negara Indonesia nantinya. Dengan peningkatan kualitas generasi muda sebagai pemimpin bangsa, diharapkan kualitas hidup masyarakat secara umum juga akan turut menjadi lebih baik untuk kebaikan semua pihak. 

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)