Jualan Berfasilitas Packaging dan Ongkos Kirim Gratis Dari Blibli.com Nyatanya Mampu Membius Para Pelanggan

2 comments
Menjadi seorang penjual produk harus juga bisa menempatkan diri sebagai pembeli dalam waktu yang sama. Memahami apa yang diinginkan oleh para calon pembeli, baik dalam menyajikan produk, keramahan dalam menghadapi pembeli, maupun layanan lain yang memposisikan pembeli sebagai raja.

Sebagai konsumen, pada umumnya semua pernah mempunyai pengalaman buruk ketika berbelanja online. Mulai dari barang yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi/deskripsi barang yang tertera pada etalase toko online, soal keterlambatan pengiriman barang yang super molor dari estimasi pengiriman, barang diterima dalam kondisi tidak berfungsi, barang cacat/rusak/hancur bahkan sampai tidak bisa digunakan. 

Selain itu banyak permasalah lain yang membayangi pembeli saat berbelanja online sehingga membuat was-was. Apalagi saat mengingat bahwa barang yang kita beli adalah golongan barang yang mudah rusak, bocor atau pecah. Semakin ‘horrror’ jika barang yang dibeli memiliki nilai barang yang tidak murah, hasil dari menabung berhari-hari bahkan berbulan-bulan lamanya. Rasa was-was dan khawatir itu terus menghantui sepanjang menunggu kedatangan barang dan berakhir ketika sudah melakukan “unboxing” dan memastikan barang yang diterima dalam kondisi baik-baik saja.

Kejadian horor karena pengemasan barang yang kurang aman, tidak memiliki standart pengemasan baik ini misalnya. Bagaimana perasaan teman-teman jika mendapati barang yang teman-teman terima saat unboxing dalam kondisi seperti diatas? Pastilah pembeli bakal merasa nyesel, ya sedih, ya nyesek, bahkan merasa emosi seketika. Ujung-ujungnya dengan kondisi barang yang diterima seperti ini, komplain adalah satu-satunya jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pergantian barang baru dari penjual. 

Rugi waktu yang dirasakan oleh konsumen sudah jelas, apalagi semua toko online/e-commerce memiliki sistem dan aturan berbeda-beda dalam memproses pergantian barang rusak yang diterima pembeli. Tidak dapat dipastikan, apakah komplain yang diajukan akan cepat/lambat diproses. Bisa juga bakal rugi biaya jika ongkos pengembalian-penerimaan barang pengganti dibebankan kepada pembeli.

Waduuuh, kalau sudah begini ceritanya tidak hanya menjadi pengalaman buruk tapi juga menjadikan pembeli semakin menjauhi produk-produk dari seller tersebut dikemudian hari. “Toko yang lain aja deh, kapok beli barang disini!”. 

 INGIN JADI SELLER OKE, HARUS BISA PACKING BARANG DENGAN OKE! 

Disisi lain seller akan merasa gagal dalam hal memberi kepuasaan kepada konsumen. Kita sebagai seler tentu kita tidak ingin kehilangan pelanggan bukan? Ingat, dari kesalahan-kesahalan kecil yang dilakukan oleh seller akan berimbas pada rate sebuah toko online yang kita miliki loh. Tidak dipungkiri hal ini nantinya memiliki pengaruh kepada calon pembeli lainnya. Kok bisa? Iya dong.

Calon pembeli pada umumnya juga akan melihat rate sebuah toko online sebelum mereka membeli produk yang mereka inginkan. Bahaya lagi, jika tanpa penyelesaian permasalahan yang ada dengan sigap, permasalahan ini akan menyebar dari mulut ke mulut, mempengaruhi orang-orang yang berada disekitar pembeli bersangkutan untuk ‘anti’ dengan produk yang kita jual. Wah, bahaya banget kan buat seller? 

Selain membandingkan produk, harga dan ulasan, tidak jarang smart buyer akan mempertimbangkan rate sebuah seller sebelum membeli produk. Rate seller inilah yang bisa dijadikan ‘nilai raport’ oleh banyak pembeli untuk menilai, apakah toko online yang menjadi tujuan merupakan toko terpercaya dan memiliki reputasi baik dimata para pembeli sebelumnya yang telah melakukan transaksi. Jejak-jejak pembelian sebelumnya pasti calon pembeli telusuri juga untuk menghindari diri dari kekecewaan belanja pada toko tersebut. 

Fyi, Etsy merupakan sebuah marketplace yang berkantor pusat di New York—melakukan survey kepada pelanggannya untuk mengetahui dasar ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian. Diantaranya menyajikan data bahwasannya 76% konsumen memutuskan membeli barang setelah mengetahui ongkos kirim. Sedangakan ulasan produk menyumbang angka 73% konsumen memutuskan melakukan transaksi setelah membaca ulasan produk. 90% konsumen memutuskan melakukan pembelian setelah melihat foto produk yang menarik. 83% konsumen membeli setelah membanding-bandingkan harga.

So, buat para seller harus pandai-pandai dalam hal mengatur harga produk, ongkos pengiriman, dan memberikan layanan terbaik buat pembeli agar ulasan produk/produk juga ikut baik. 

 JADI SELLER KEREN, JUALAN DI BLIBLI.COM BISA NIKMATI FITUR GRATIS PACKAGING & ONGKOS KIRIM 

Coba perhatikan, ketika menerima barang yang teman-teman beli dari Blibli.com akan menerima kemasan produk yang sangat baik. Produk yang dikemas sedemikian rupa dan identik dengan logo Blibli. Kemasan kardus karton atau plastik dengan segel dan logo Blibli berwarna biru. Inilah yang dimaksud dengan kemasan/packaging gratis yang disediakan oleh Blibli.com. Seller menjadi sedang dan terasa dimudahkan dengan tersedianya kemasan ‘nyentrik’ ala-ala Blibli.com, saya yakin pula pembeli bakal merasa senang karena produk yang mereka beli dikemas dengan baik. 

sumber: dokumentasi pribadi.

Berbicara lebih lanjut mengenai kemasan, seller atau penjual yang seperti apa sih bisa menikmati layanan gratis packaging dari Blibli.com? Semua seller merchant Blibli.com berkesempatan mendapatkan fitur gratis packaging dengan cara melakukan pengajuan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. 

Dengan pengemasan produk yang baik dari seller Blibli.com, tentunya resiko barang rusak saat pengiriman bisa diminimalisir. Jikapun terjadi, ada garansi yang diberikan kepada pembeli baik berkaitan dengan seller maupun pihak logistik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Perlu diperhatikan bahwa pengajuan klaim garansi atau pengembalian produk harus berada dalam periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk produk diterima hingga tangga kirim. Secara lengkap panduan pengembalian produk ini bisa teman-teman lihat disini. Atau bisa juga langsung menghubungi customer care Blibli.com yang siap sedia memberi solusi permasalah yang sedang dialami baik dengan permasalahan bentuk lainnya. 

Mengemas barang yang dipesan oleh pembeli dengan baik adalah kewajiban dan hal mendasar yang harus dilakukan koita sebagai seller. Dalam perjalanan pengiriman barang menuju daerah tujuan pembeli resiko barang rusak karena beberapa hal yang sangat mungkin terjadi. Barang mudah pecah, mudah cair/meleleh, mudah patah dan lain-lain. Didalam kendaraan logistikpun juga bisa saja barang tertimpa ataupun terbentur dengan jenis paket lainnya. 

Dengan prediksi-prediksi seperti ini mengemas paket dengan baik dan benar adalah ritual yang wajib dilakukan dan dikuasi oleh seller. Meskipun pihak logistik juga memberikan jaminan barang dalam kondisi baik saat diterima oleh si penerima, tidak dipungkiri sebagai seller kita juga mempunyai tanggungjawab besar atas barang orderan yang diterima oleh pembeli.

Ingat, semua pelayanan dari kita sebagai seller akan berujung pada penilaian/ulasan yang mengancam reputasi toko online yang kita miliki. Beruntunglah seller yang mengelar barang dagangannya melalui Blibli.com karena fasilitas packaging dan ongkir gratis yang disediakan. Menguntungkan seller dan juga buyer.


Beruntungnya, menjadi merchant Blibli.com membuat kita sebagai seller semakin profesional dan kaya akan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan   berjualan online . Misalnya saja soal bagaimana cara mengemas barang yang juga saya dapatkan dari youtube Blibli, bahwa setiap kategori barang memiliki cara pengemasan yang berbeda-beda untuk menjaga agar barang “selamat sampai tujuan”.

Berikut ini adalah macam-macam packaging/kemasan yang dapat seller dapatkan secara gratis melalui kanal youtube Blibli. Edukasi banget untuk seller di Blibli dengan video-video seperti ini yang dapat meningkatkan kwalitas toko. Seperti ini nih cara packing barang pecah belah agar tidak terjadi kejadian yang merugikan seperti 'blender pecah' yang tadi saya bagikan.

Beda produk atau kategori produk, beda pula kemasan yang bisa digunakan. Tutorial cara packing berbagai macam tipe barang yang anda di jual di Blibli.com bisa didapatkan dari kanal youtube Blibli.com disini.

Tinggal disesuaikan dengan kemasan yang sesuai dengan produk yang seller jual termasuk jumlah kemasan produk yang dibutuhkan. Ingat, jumlah yang diajukan harus sesuai kebutuhan ya! Seller diharapkan tidak melakukan pengajuan jumlah kemasan melebihi batas yang disyaratkan, karena pihak Blibli.com tentu akan melakukan verifikasi apakah pengajuan yang seller lakukan sudah sesuai dengan peraturan yang ada sehingga layak untuk kabulkan/tidak. Karena sifatnya gratis sehingga harapan Blibli.com bisa digunakan sebaik mungkin oleh para seller merchant Blibli.com 

Siap untuk menjadi bagian dari merchant Blibli.com dengan dukungan penuh fitur-fiturnya? Yuk segera daftaar agar bisa langsung berjualan di Blibli.com dan menjadikan toko online teman-teman semakin melejit. 


 BLIBLI.COM MEMBERI EDUKASI RUTIN KEPADA SELLER MERCHANT AGAR MENJADI SELLER BERKWALITAS 

Tidak hanya sebagai penyedia lapak untuk berjualan, dukungan penuh dari Blibli.com sebagai e-commerce yang menjadi naungan bagi banyak seller top rutin memberi edukasi kepada seller tentang bagaimana cara menjadi penjual/seller yang baik dalam Blibli University.

Blibli seller—sebutan untuk pedagang yang menjual produknya lewat Blibli.com. Edukasi yang diberikan melalui sajian konten online baik video youtube atau instagram @blibliseller juga dengan hadirnya webinar (seminar online) dan event offline yang diadakan oleh Blibli.com. Paket komplit bakal teman-teman dapatkan ketika bergabung menjadi seller merchant di Blibli.com sih ini menurutku. Gratis! 

Pembakar semangat untuk sukses jualan online juga bisa didapatkan dari Blibli University. Sudah tau Blibli University? Nah, dari Blibli university kita sebagai seller mendapatkan tutorial memulai bisnis, video learning, dan artikel pengembangan bisnis online maupun offline secara gratis. Selain itu ada juga Komunitas Blibli Seller yang dapat mengembangkan koneksi dan berbagi insiprasi dalam pengembangan bisnis online bersama merchant Blibli.com lainnya. Saya jamin, ini akan membuat para seller terpacu satu sama lain untuk menjadi top seller di Blibli.com. 

Video salah satu seller di Blibli.com berikut juga sangat menginspirasi untuk saya pribadi. Johan Santoso sebagai pemilik toko Bagus Mart yang meraih kesuksesan bersama Blibli.com. Sebagai merchant Blibli.com ia mendapat lebih dari 1000 orderan diawal bergabung bersama Blibli.com, menjadikan bagusmart semakin semangat untuk melayani para konsumen yang lebih banyak lagi, bahkan hingga keseluruh Indonesia. Wah, keren mas Johan!


 GRATIS ONGKIR MASIH BISA JADI SENJATA ANDALAN UNTUK JUALAN DI BLIBLI.COM 

Gratis ongkir merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen ketika sedang berbelanja online. Ketika saya sendiri menjadi konsumen, saya menempatkan dukungan fitur gratis ongkir e-commerce berada diurutan teratas sebagai pertimbangan sebelum membeli barang secara online setelah kwalitas dari barang itu sendiri.

Adanya fitur/dukungan free ongkir a.k.a gratis ongkir ini sangat dibutuhkan oleh konsumen khususnya yang bertempat tinggal jauh dari seller pengirim barang. Bisa diamati langsung pada toko yang menjual produk yang sama dengan perbedaan layanan gratis ongkir dan tanpa layanan gratis ongkir sudah pasti akan lebih laris toko yang menawarkan layanan gratis bagi calon pembeli. 

YUK, ITUNG-ITUNGAN DULU ...
JIKA DALAM SATU BULAN MISAL BELANJA ONLINE BERKALI-KALI, LUMAYAN BANGET TUH KAN. PENGHEMATAN DANA INI BISA DIALOKASIKAN UNTUK KEBUTUHAN YANG LAIN. KUOTA INTERNET BULANAN MISALNYA. HEHE.

Sebagai pembeli barang online yang bertempat tinggal di ujung timur pulau jawa (Banyuwangi), saya sangat membutuhkan fasilitas gratis ongkir atas barang yang saya beli. Dikarenakan barang yang saya beli secara online sebagaian besar berasal dari seller di Jawa Barat. Ketika tertarik pada sebuah barang yang ingin dibeli, disinipun sudah otomatis mulai itung-itungan dengan mencoba melakukan checkout barang agar mengetahui jumlah total invoice yang harus dibayarkan. 

Harga barang + subsidi ongkir/harga barang tanpa subsidi ongkir, apakah masih menarik untuk dibeli. Jika harga barang tidak sepadan, hampir sama, bahkan lebih mahal dari ongkos kirim yang haru ditanggung, kebanyakan pembeli sih akan berfikir ulang untuk menyelesaikan proses transaksi pembelian. Bisa juga pembeli kabur dan lebih memilih mencari seller lain karena memberikan layanan gratis ongkir.

Coba bayangkan deh, dengan memanfaatkan fitur gratis ongkir alias ongkos kirim setiap aktivitas belanja barang online dari intesitas sedang hingga sering, berapakah jumlah rupiah yang bisa dihemat? Kesimpulannya sih, lumayan banget bisa untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Hehe 

Tapi tenang, tidak berujung kehilangan pelanggan jika berjualan di Blibli.com. Sebagai merchant Blibli.com, fitur gratis ongkir yang nyatanya menarik sejuta umat ini bisa didapatkan saat ini oleh seller sebagai dukungan berjualan yang menarik banyak pelanggan. Setiap produk regular yang dijual di Blibli.com mendapatkan layanan gartis biaya ongkir ke Seluruh Indonesia. Begitu juga dengan pengiriman barang yang seller jual di Blibli.com ke seluruh Indonesia dapat dengan mudah dilakukan karena Blibli.com memiliki kerjasama dengan lebih dari 30 logistik. Berjualan di Blibli adalah salah satu cara untuk memenangkan pasar. 
Dukungan e-commerce terdahap seller dengan memberikan layanan free ongkir adalah cukup besar andilnya. Mengutip survey yang pernah dilakukan oleh Etsy terhadap faktor-faktor yang membuat konsumen tertarik dengan sebuah produk yang akan mereka beli, menyajikan data sebesar 76%. 
Nah, cara klaim gratis ongkir ini mudah banget karena sudah otomatis tersistem di webiste Blibli.com. Jumlah besaran nilai ongkir maksimum yang ditanggung disesuaikan dengan nilai transaksi belanja yang telah dilakukan. 

Gratis ongkir tersebut berlaku untuk kategori barang reguler. Biaya pengiriman ditentukan berdasarkan berat produk dan lokasi pengiriman. Mekanisme pengiriman berbeda jika barang termasuk dalam kategori big products dan BOPIS. Big Products adalah produk yang memiliki berat lebih dari 50 kg dan/atau memerlukan instalasi/penanganan khusus atau hanya tersedia untuk wilayah tertentu.

Sedangkan golongan produk Buy Online Pick-up In Store (BOPIS) adalah produk yang harus diambil oleh customer di tempat tertentu, umumnya berupa tiket. Mudah, secara otomatis, sistem Blibli.com akan menghitung biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman PEMBAYARAN (setelah terpotong voucher/promo). 

 FITUR UNGGULAN YANG BAKAL DIDAPATKAN MERCHANT BLIBLI.COM 

Maraknya trend jual online menjadikan para pedagang offline tergerak untuk melakukan migrasi atau melebarkan pasar dengan melakukan penjualan secara online, banyak diantaranya memanfaatkan e-commerce. Platform atau penyedia lapak atau ecommerce secara bebas bisa dipilih sebagai tempat untuk berjualan. Masing-masing e-commerce memiliki kelebihan masing-masing seakan-akan berlomba untuk menarik para seller untuk bergabung. 

Sudah pasti, sebelumnya para seller harus mempertimbangkan banyak hal hingga benar-benar mantap untuk memilih e-commerce tertentu sebagai lapak online untuk menjajakan dagangannya. Blibli adalah salah satu e-commerce populer yang tepat untuk dipilih karena memiliki banyak dukungan fitur yang bisa mendukung aktivitas jualan seller lebih profesional, maksimal dan laris manis. Blibli.com menawarkan fitur-fitur yang memanjakan para seller, diantaranya sebagai berikut. 

 Gratis Packaging dan Gratis Ongkir adalah bagian dari fitur omplit yang disediakan oleh Blibli.com untuk para merchant. Saya rasa poin inilah yang menjadikan Blibli.com berbeda dengan e-commerce lain bahwasannya Blibli.com tidak hanya sebatas penyedia lapak untuk berjualan tapi juga memfasilitasi secara maksimal dengan fitur-fitur yang menjadikan seller bukan seller ‘gitu-gitu aja’ tapi seller yang memiliki kwalitas baik mulai dari produk yang dijual hingga mewujudkan SDM sebagai seller yang berkwalitas. Ayo jualan di Blibli.com! Terima kasih Blibli.com :)

Yuk gabung sebagai merchant  Blibli.com  dan dapatkan fasilitas menarik untuk meningkatkan penjualan. Dengan bergabung bersama Blibli.com berarti kamu siap untuk bergabung bersama ribuan brand ternama dan temukan jutaan konsumen setiap hari. Jualan Berfasilitas Gratis Packaging dan Ongkos Kirim Dari Blibli.com Nyatanya Mampu Membius Para Pelanggan.

Blibli.com Big Choices Big Deals

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blibli Seller Blog Competition periode November. Tulisan dan olah grafis dibuat oleh penulis.

2 comments:

  1. Saya termasuk yang paling seneng kalau belanja di Blibli, fitur free ongkirnya beneran dan tidak ribet,

    ReplyDelete

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)