Tips Tepat Menangani Luka Bakar Ringan yang Bisa Anda Terapkan

Leave a Comment
Beberapa dari kita pasti pernah ada yang mengalami luka bakar. Kondisi ini seringnya dikarenakan mengalami kecelakaan saat melakukan aktivitas kerja maupun rumah tangga, seperti terkena air panas, terciprat minyak saat menggoreng, terkena lelehan lilin, tersengat aliran listrik, menyentuh cairan kimia, dlsb. Akibat hal ini, kulit jadi melepuh dan bisa meninggalkan bekas luka di kulit. 

Untuk luka bakar ringan, tentu bekas yang ditimbulkan tidak akan begitu parah. Namun, untuk kasus luka bakar yang parah perlu penanganan yang tepat dan benar. Tidak cukup dengan menggunakan  obat luka bakar  parah saja, bahkan bila perlu harus dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk Anda yang mengalami luka bakar ringan, penanganan sebisa mungkin dilakukan secara mandiri terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa panas dan nyeri karena terbakar. Adapun caranya adalah sebagai berikut: 

sumber gambar: suara.com

Menempelkan es batu pada luka bakar dan gosok ke area tersebut selama kurang lebih 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan, rasa sakit, serta terjadinya peradangan. Menempelkan potongan tomat pada luka bakar sampai mengering. Tomat merupakan bahan alami yang berfungsi untuk menyembuhkan luka bakar dengan efektif.

Mengoleskan putih telur pada kulit yang mengalami luka bakar. Putih telur sangat berguna untuk menghilangkan rasa panas, sekaligus digunakan sebagai luka inflamasi. Oleskan berkali-kali untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar.

sumber gambar: merdeka.com

Menggunakan kunyit yang sudah dihaluskan untuk ditempelkan pada luka bakar sampai mengering. Kunyit sangat berkhasiat untuk menyerap rasa sakit pada semua jenis luka, salah satunya luka bakar. Bilas dan ulangi kembali penggunaan kunyit pada luka bakar tersebut. 

Luka bakar ringan mungkin terdengar sepele. Namun jika penanganan kurang tepat, luka juga tidak kunjung sembuh-sembuh. Bahkan yang paling fatal bisa menimbulkan bekas luka yang permanen, Jika bekas luka di area yang tertutup, mungkin masih bisa disembunyikan. Namun untuk luka bakar yang berada di wajah maupun tangan, tentu akan membuat seseorang menjadi minder. 

Untuk mencegah hal ini, beberapa tips di atas bisa untuk Anda terapkan. Untuk Anda yang membutuhkan berbagai produk kesehatan, misalnya obat penghilang bekas luka akibat luka bakar, bisa mengunjungi  https://www.goapotik.com/ . Toko obat online yang satu ini menyediakan berbagai kebutuhan obat-obatan untuk penyakit ringan hingga serius dengan jam operasi 24 jam. 

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)