Oli Pertamina Enduro: Si tangguh andalan saya dan bapak sejak dulu hingga kini

Leave a Comment
Lain dulu, lain sekarang. Urusan kendaraan saat ini menjadi tanggungjawab penuh bagi saya. Jika dulu urusan kendaraan mulai dari maintence hingga service-service kecil dilakukan oleh bapak tapi tidak untuk sekarang. Semenjak kuliah semester 3, saya diberi kebebasan untuk membawa kendaraan berupa sepeda motor untuk mendukung aktivitas kuliah.

Bukan tanpa alasan, gedung fakultas teknik dimana tempat saya biasanya kuliah kini memiliki gedung baru yang letaknya di kantor pusat universitas. Itu artinya jarak yang harus saya tempuh semakin jauh. Saat itu ada dua pilihan, saya pindah kos disekitar gedung kuliah baru atau saya harus mengusahakan mempunyai kendaraan pribadi, motor. Semakin boros bukan, jika setiap hari harus naik angkot pulang pergi. Bisa sih 'nebeng' teman, tapi perasaan 'sungkan' selalu menghantui jika sehari-hari harus minta untuk diantar jemput.

Akhirnya diantara dua pilihan tersebut, saya mengusahakan untuk memiliki motor. Tidak lebih memilih pindah kos, karena sudah jelas harga sewa kos disekitar kampus pusat memiliki tarif sewa yang lebih besar, jika dihitung-hitung besarannya dua kali lipat dari kos saya yang saya tempati. Kebetualan, motor yang bisa saya wujudkan tersebut adalah separuh dari hasil tabungan saya.

Mengikut lomba demi lomba menulis blog, sedikit demi sedikit hingga bisa saya kumpulkan untuk membeli sebuah motor bebek bekas. Selebihnya, orangtua memberi dukungan materi untuk mewujudkan motor yang saya inginkan. Supra X 125, motor bekas yang saya beli dari hasil patungan saya dan orangtua. 

Oli Pertamina Enduro: Untuk Motor matic dan Bebek Kami

Meski sempat hancur di tahun 2013 karena saya pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan lengan sebelah kiri saya mengalami pergeseran siku lengan atau biasa dikenal dengan istilah medis 'elbow dislocation', motor itu masih ada sampai sekarang. Bapak adalah pewaris motor bebek Supra X 125 itu, sedangkan saya diberikan ganti berupa motor matic 2 tahun belakangan ini. Kata bapak,"saya yang lebih muda, lebih pantas menggunakan motor matic daripada Supra X 125 lawas itu'. 

Meskipun saya dan bapak lebih sering berjauhan karena saya sedang kuliah diperantauan, kebiasaan bapak tidak perubah sejak dahulu. Saya selalu diwanti-wanti untuk merawat kendaraan. Bagaimanapun motor saya gunakan sehari-hari untuk kuliah, untuk pulang pergi ke rumah setiap dua minggu sekali karena saya juga harus mengajar disekolah kerohanian, setiap hari minggu.

Setidaknya saya pulang setiap dua minggu sekali ke rumah. Setiap hari Sabtu dan Minggu karena kuliah libur. Jarak yang saya tempuh antara dua kabupaten tempat tinggal saya dan kota perantauan kuliah yaitu 81 km atau memiliki waktu tempuh sekitar 2 jam-an. Dengan alasan ini, bapak selalu mewanti-wanti untuk rajin service, segera service jika mengalami ketidaknyaman pada kendaraan, hingga yang paling sering adalah mengingatkan untuk ganti oli setiap 3 bulan sekali, sedetail itu.

RUTIN SERVICE KENDARAAN, SEBELUM TERASA BERAT KEMUDIAN
Ada sebuah kesalahan yang saya lakukan belakang ini. Saya lupa service dan ganti oli belakangan ini. Tentu, semua ada alasannya. Saya dan bapak sama-sama sibuk. Bapak sibuk dengan pekerjaannya di desa sedangkan saya sibuk dengan tugas akhir/skripsi yang benar-benar menguras waktu, pikiran hingga perasaan.

Atas kesibukan yang saya jalani, hal-hal rutin yang biasa saya lakukan (service motor) lupa untuk saya lakukan. Hingga hal yang tidak diinginkan benar terjadi, keluhan-keluhan yang berasal dari kendaraan sangatlah membuat tidak nyaman. Pada akhirnya, mau-tidak-mau saya memang harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke bengkel terdekat.

Saya menunggu dikursi tunggu setelah saya menceritakan keluhan-keluhan yang tejadi pada kendaraan yang saya miliki. Keluhan-keluhan kendaraan satu persatu dicatat oleh pegawai, kemudian untuk kedua kalinya saya dipanggil untuk berhadapan langsung dengan mekanik. Mekanik menjelaskan satu persatu keluhan yang saya ceritakan hingga memberikan solusi untuk mengganti beberapa sparepart

Jantung terasa mau rontok, melirik nominal yang ditulis dikertas yang menujukkan item-item apa saya yang dianjurkan untuk diganti, salah satunya penggantian oli. Nominal yang tertulis pada kertas tersebut mencapai hampir 1 juta rupiah. Bingung? pasti. Ukuran kantong anak kuliahan ini bukan nominal yang kecil.

Hingga akhirnya saya meminta rekomendasi 'low budget' yang bisa saya keluarkan untuk service pada hari itu. Sekitar 350ribu rupiah dengan catatan suatu saat mau tidak mau harus mengganti sparepart yang terlulis dikertas jika memang terjadi keluhan pada motor. 

Sebagai informasi tambahan bahwa kapasitas oli yang dibutuhkan saat turun mesin (overhaul) lebih banyak dibandingkan ganti oli rutin. Pada saat ini kondisi mesin kering dan oli dibutuhkan lebih banyak untuk melumasi kompenen-kompenen yang terdapat dalam mesin.

Ya salah satunya ganti oli. Rupanya keputusan saya tepat, setelah ganti olipun tarikan mesin terasa enteng. Motorpun bisa saya pakai dengan nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Ngampus-hingga sidang skripsi itu saya hadapi. Semua ini tidak terlepas dari pilihan pelumas mesin kendaraan bermotor yang saya miliki, Oli pertamina Enduro. Oli Pertamina Enduro: Si tangguh andalan saya dan bapak sejak dulu hingga kini.

Oli Pertamina Enduro: Si tangguh andalan saya dan bapak sejak dulu hingga kini
Suka bingung tidak, saat ingin ganti oli di bengkel kemudian dihadapkan dengan pajangan etalase bengkel yang isinya bermacam-macam oli dengan kemasan yang berwarna-warni? Dulu, iya banget. Tapi sekarang sudah tidak bingung lagi saat ditanyai pegawai bengkel soal jenis oli yang ingin digunakan. Iya, Pelumas motor merupakan hal penting untuk diperhatikan agar mesin motor dapat mengeluarkan performa terbaiknya.

Sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya kita yang harus mengetahui dan paham, oli seperti apa yang dibutuhkan. Termasuk bisa merasakan brand oli apa yang memang terasa halus untuk mesin kendaraan bermotor yang kita pakai. Rupanya ini bagaian dari pengalaman saya hingga menemukan Oli Pertamina Enduro sebagai pilihan yang pas untuk motor saya. Kemudian saya juga berikan bapak rekomendasi oli pertamina enduro untuk motornya. Sekarang, saya dan bapak sama-sama mempercayakan oli pertamina enduro untuk kebutuhan pelumas mesin motor kami.


Alasan pilih produk oli motor terbaik itu sangat penting
Mesin motor itu layaknya tubuh manusia. Pada kendaraan bermotor, Oli adalah darahnya. Diperlukan nutrisi dan perawatan yang baik untuk menjaga tubuh menjadi prima. Demikan juga oli, pemilihan oli yang tepat tentu akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor yang kita miliki. Apalagi keberadaan mesin merupakan 'otak' atau bagian vital dari kendaraan yang berhubungan langsung dengan kwalitas oli yang digunakan. Terangnya, oli sangat penting bagi kendaraan karena:

1. Oli berfungsi sebagai pelumas (lumbricating):Berujung pada kerusakan mesin, jika pelumas tidak bekerja dengan baik maka akan terjadi gesekan-gesekan antar logam komponen mesin kendaraan. Dengan adanya 'lumbricants' ini maka gesekan yang terjadi menjadi lebih halus. Ingat, komponen-kompenin mesin terdiri dari ratusan part, sebelum merusak mesin baiknya biasakan menganti oli kendaraan secara berkala.

2. Oli berfungsi sebagai pelindung (protecting):  Karat yang dihasilkan dari reaksi oksidasi bisa dicegah dengan keberadaan oli yang berfungsi sebagai pendingin (cooler). Selain melindungi mesin dari korosi, oli juga menghilangkan reaksi kimia akibat pembakaran yang meninggalkan kerak. Keberadaan oli akan menutup permukaan metal mesin.

3. Oli berfungsi sebagai peredam getaran (reducing): Pada saat mesin bekerja, Getaran yang menyebabkan permukaan kontak mengalami tekanan akan disebarkan dan diserap oleh oli. Seperti yang diketahui, pada saat mesin bekerja beberapa komponen mesin mengalamai gaya tekan yang besar. (ball bearing, roller bearing, roda gigi dsb).  

4. Oli berfungsi sebagai pembersih (cleaning): Oli dapat membersihkan kerak/gram yang tertinggal disela-sela mesin yang merupakan akibat dari proses pembakaran. Dan tahukah kamu, kualitas oli akan menurun setelah bercampur dengan endapan karbon dan partikel logam akan ikut terbuang saat kita melakukan pergantian oli. Seberapa hitam warna oli kendaraan yang terakhiur kali kalian ganti?

5. Oli berfungsi sebagai pendingin (cooling): Bisa disebut juga penyerap panas. Saat mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas yang diubah menjadi tenaga. Ketika oli melewati bagain mesin.dengan temperatur tingg (piston, metal, dinding silinder)  maka panas akan diserap. Hal ini sekaligus menjaga temperatur mesin dan mencegah keausan yang berlebih pada mesin.

6. Oli berfungsi sebagai perapat: Celah yang terjadi diantara piston dan silinder. Dengan keberadaan cairan oli maka dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dalam bentuk pengisian celah antara piston dan silinder oleh lapisan oli.

KAPAN OLI HARUS DIGANTI?
Dengan begitu banyak fungsi dari oli bagi kendaraan maka sangat dianjurkan untuk mengganti oli secara rutin/berkala. Interval penggantian oli mesin motor bisa dilakukan pada 2000km sampai 2500km sekali (2 bulan sekali, disesuaikan dengan intensitas pemakaian kendaraan bermotor dan kondisi jalan yang dilalui setiap hari). Atau bisa juga dilakukan pengecekan sesuai keinginan untuk mengetahui secara kualitas maupun kuantitasnya.

Dan sampai saat ini oli Pertamina Enduro masih menjadi oli terbaik yang saya dan bapak gunakan. Alasan lain, mudah ditemukan dibengkel-bengkel terdekat atau SPBU juga ada.

Begitu juga komponen lain yang berhubungan dengan keperluan oli/pelumas misalnya rem perlu diperhatikan sesuai kebutuhannya. Lalai dalam melakukan perawatan pada oli motor memiliki resiko yang tidak main-main.

Pilih Pertamina Enduro:Beda motor, beda jenis oli

Meskipun sama-sama memakai pertamina enduro dalam urusan oli, kebutuhan antara  oli motor matic  yang saya miliki dan oli motor bebek yang bapak butuhkan berbeda. Oli tidak dapat digunakan secara sembarangan karena harus disesuaikan dengan tipe atau jenis kendaraan. Bisa cari informasinya dari internet atau bertanya langsung kepada teknisi tentang kebutuhan dan rekomendasi oli yang bisa digunakan. Adapun tips yang dapat digunakan sebagai patokan untuk memilih oli yang tepat.

1. Tingkat kekentalan (SAE, Society of Automotive Engineers)
Sangat dianjurkan untuk menggunakan oli yang disesuaikan dengan teknologi mesin yng didukung. Tetapi alternatif lain bisa dilakukan jika oli dengan tingkat kekentalan yang sedang dicari tidak tersedia, yaitu dengan melihat kode angka yang berada dibaris belakang. Misalnya saja, jika dalam standart oli yang digunakan 10W-40 maka bisa diganti dengan 20W-40 ATAU 5W-40. Kode dibagian awal tidak berpegaruh? Betul. Kode pada bagian depan adalah kode winter yang di negara kita tidak berpengaruh. 
Untuk kasus lain, terdapat pengecualian untuk mesin yang berusia diatas 5 tahun (jarak tempuh lebih dari 100.000 km) dimana biasanya terjadi kelonggaran celah sehingga peranan oli dengan kekentalan yang lebih besar diperlukan.
2. Kode Mutu (API, American Petroleum Institute)
Masih sama, harus diupayakan mengikuti standartnya. Tapi bisa juga dilakukan dengan memilih oli yang memiliki kode mutu lebih tinggi dari standart. Misalnya aslinya mengunakan kode SJ maka kode mutu yang lebih tinggi dan bisa dipakai adalah SL. Perlu diketahui bahwa kode-kode ini berpengaruh terhadap mesin. Semakin tinggi huruf abjad kedua itu artinya oli bisa digunakan untuk mesin yang bekerja lebih berat (kwalitas oli).

3. JASO (Japan Automobile Standart Organization)
JASO menunjukkan standart kopling yang wajib dipatuhi, antara lain JASO MA dan JASO MB. Masing-masing dari kode ini memiliki beda peruntukan. MA untuk kopling basah  yang mayoritas ditemukan pada motor bebek dan sport, sedangkan kode MB untuk kopling kering seperti motor matic.

Jadi, setelah membaca artikel ini harapanya bisa menjadi paham jika memilih jenis oli tidak boleh sembarangan, harus mengetahui peruntukan seperti apa yang cocok untuk motor yang dimiliki. Dari kesalahan-kesalahan kecil seperti nyatanya akan membawa dampak yang begitu fatal untuk mesin kendaraan dikemudian hari. 

JENIS PRODUK OLI PERTAMINA ENDURO
Menjadi salah satu perusahaan pengusung  oli motor terbaik , produk oli dengan berbagi kebutuhan kendaraan bermotor dihadirkan yang seiring dengan terus berkembangnya inovasi teknologi dari produsen otomotif.. Hal inipun seakan mernjawab kebutuhan masyarakat dengan variasi kendaraan yang dimiliki. 

Ada Enduro 4T Sport SAE 5W-30, Enduro 4T Racing SAE 10W-40, Enduro 4T Racing SAE 20W-50, Enduro Matic SAE 10W-30, Enduro MAtic G SAE 20W-40, Enviro 2T SAE 20, Pertamina Enduro Gear yang bisa dilihat keunggulan dan kecocokan untuk tipe-tipe kendaraan masing-masing sebelum benar-benar membelinya.

Semakin mendapat tempat dihati para pengguna produk-produk oli dari pertamina Enduro. Hadirnya tipe-tipe kendaraan saat ini, yang memiliki kompresi mesin kendaraan semakin tinggi dan celah ring piston yang semakin kecil pada mesin kendaraan mampu diimbangi dengan hadirnya jenis oli terbaru oleh PT. Pertamina Lumbricant yaitu cairan oli yang lebih encer.

Pantas, seiring dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh oleh PT. Pertamina Lumbricants dari tahun ke tahun semakin menunjukkan bahwa Oli pertamina Enduro adalah oli berkwalitas terbaik dengan  harga oli motor  bersaing dibanding lainnya. 

sumber foto: www.pertamina.com

Ditahun 2019 lalu triple awards diperoleh langsung oleh PT Pertamina Lubricants. dalam ajang BUMN Marketeers Award 2019. PT Pertamina Lubricants memboyong tiga penghargaan, yaitu kategori “The Most Promising Company in Branding Campaign”, kategori “The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs”, dan kategori “The Most Promising Company in Marketing 3.0”. Tidak perlu diragukan bukan?



Pengalaman adalah guru terbaik. Oli Pertamina Enduro masih jadi yang terbaik.

0 komentar:

Post a Comment

udah masuk sini, jangan lupa tinggalkan komentar ya :)