RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

5 Tips Mencari Ide Bisnis Di Tengah Pandemi, Saya Mulai Dari Hobi!

Tidak mudah melalui masa sulit yang terjadi saat ini. Ketika banyak orang mengeluh dan merasakan kondisi terpuruk khususnya dalam hal ekonomi. Dari pekerja atau pegawai, kini terpaksa menjadi pengangguran imbas dari pemutusan hubungan kerja ditempat kerja masing-masing. PHK terjadi dimana-mana, adapun lowongan pekerjaan yang ada seakan menjadi hal sengit yang diperebutkan banyak orang dimasa pandemi ini. Dilain sisi, pencari lowongan kerja dengan background tingkat pendidikan rendah semakin ketar-ketir tatkala menyadari persaingan pelamar kerja adalah para lulusan dengan background pendidikan tinggi dan jumlahnya pasti akan terus bertambah untuk lulusan jalur “corona”. Ya begitulah para lulusan jenjang pendidikan lulusan periode Maret 2020 – Sekarang disebutnya.

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/ihsanadity-4059521/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2433485" style="user-select: auto;">Ihsan Aditya</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2433485" style="user-select: auto;">Pixabay</a>
Semua ini demi menjalankan roda kehidupan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tentu tidak kehilangan cara. Tak kunjung mendapat pekerjaan sedangkan kebutuhan rasanya semakin meningkat, satu sama lain saling mencari alternatif untuk mengambil langkah agar mendapat penghasilan. Hal seperti ini tidak hanya menjadi masa sulit untuk orang yang terimbas PHK (pemutusan hubungan kerja). Sayapun, sebagai fresh graduate jalur korona juga merasakan hal yang serupa. Sayapun juga berupaya menjadi produktif selama kembali ke kampung halaman. Waktu yang berlimpah selama di rumah banyak sayau gunakan untuk pengembangan diri, belajar banyak hal, dan berusaha mencari berbagai alternatif/ide yang sekiranya berpeluang mendatangkan penghasilan.

Teknologi digital menjadi salah satu tumpuan yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis dan pemasaran (digital marketing). Benar-benar terasa besar manfaat yang dirasakan saat ruang gerak menjadi terbatas karena kebijakan pemerintah yang diterapkan dimasa pandemi ini. Buat Anda yang hingga saat ini masih bingung untuk memulai bisnis, berikut ini tips menemukan ide bisnis yang bisa Anda mulai dan jalankan untuk mendapatkan penghasilan bahkan nantinya berpeluang menjadi bisnis utama Anda yang juga menyerap lapangan pekerjaan untuk orang sekitar. Berikut ini cara mendapatkan ide bisnis berdasarkan pengalama saya.

1. Mulailah dari hobi

Apapun hobi yang Anda miliki, ini bisa menjadi sumber penghasilan Anda. Dari melakukan hal yang Anda senangi. Hal yang tidak saya sadari sebelumnya hingga akhirnya saya menyadari peluang ini bisa saya manfaatkan lebih jauh dan serius lagi. Dari hobi saya senang dalam dunia fotografi, saya bisa membuka jasa foto event dan produk untuk orang-orang sekitar yang membutuhkan konten untuk marketing produk jualan teman-teman. 

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/ritae-19628/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3366430" style="user-select: auto;">RitaE</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=3366430" style="user-select: auto;">Pixabay</a>
Hal serupa juga saya amati terjadi pada teman saya. Dari banyaknya waktu luang yang ia miliki, pada akhirnya membuahka hobi membuat makanan dan kue, dimasa pandemi ini memanfaatkannya untuk membuka usaha berjualan kue dan makanan hasil olah tangannya.

2. Berdiskusi dengan teman atau orang terdekat

Namanya ide, bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Ide biasanya juga muncul ketika kita melakukan obrolan dengan teman maupun orang-orang terdekat kita. Baik sengaja maupun tidak sengaja. Semakin intens berkomunikasi dengan teman dan orang terdekat selain dapat menyambung tali silaturahmi juga memungkinkan terjadinya pertukaran ide dan menjadi jalan untuk membuka suatu bisnis secara bersama-sama.

3. Identifikasi kebutuhan orang saat ini

Waktu adalah uang dan peluang. Bisnis yang Anda jalani saat ini bisa jadi tidak hanya berfokus pada satu bidang ataupun produk saja. Hadirnya ide bisnis bisa muncul ketika Anda memahami atau mampu mengindentifikasi apa yang dibutuhkan orang saat ini. Misalnnya saja, berani mengambil peluang bisnis dengan menawarkan jasa fotografi produk karena menyadari banyaknya orang yang mulai berjualan onlini di masa pandemi ini dan membutuhkan konten foto produk yang menarik dan menjadi bagian dari teknik marketing. Selain itu, pada waktu yang bersamaan Anda juga bisa menjual produk misalnya saja jas hujan, payung dan sebagainya karena saat ini adalah musim penghujan dan produk-produk tersebut dibuthkan oleh banyak orang.

4. ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)

Cara ini bisa Anda lakukan jika benar-benar sulit menemukan ide bisnis. Dengan mengamati produk-produk yang lagi tren digemari atau dibutuhkan banyak orang, Anda bisa menghadirkan produk serupa dengan tambahan ciri khas produk Anda sebagai pembeda. Kreatifitas Anda sangat dibutuhkan dalam hal ini agar produk Anda berbeda dan bisa bersaing dipasarasn. Jika tidak, maka risiko yang akan terjadi tentu produk Anda akan tengelam oleh produk serupa yang lebih memiliki value dan lebih dulu beredar dipasaran.

5. Rajin membaca konten bisnis

Saat ini selain bersumber dari buku, belajar bisnis sangat mudah ditemukan dari berbagai sumber digital. Youtube, Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya tidak hanya menghadirkan konten hiburan saja tapi juga penyedia konten bisnis yang benar-benar bisa Anda manfaatkan. Saya ambilkan contoh melalui platform instagram, belakangan ini tren dengan konten-konten yang disebutnya “microblog”. Sedangkan twitter dengan kesederhanaanya mampu menghadirkan thread-thread yang betul-betul menarik. Semua konten berbau bisnis bisa ditemukan dengan mudah, bahkan kita bisa belajar dari mereka yang membagikan pengalamannya secara gratis dan pada akhirnya mampu membangkitkan semangat kita untuk turut menjadi pengusaha “se-sukses” mereka.

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/startupstockphotos-690514/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=849804" style="user-select: auto;">StartupStockPhotos</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=849804" style="user-select: auto;">Pixabay</a>
5 tips diatas akan sekadar menjadi tips belaka, apabila dari Anda masih diliputi oleh kekhawatiran. Memang wajar sih, apabila Anda belum belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya. Diantaranya landasan utama menjalankan bisnis yaitu keyakinan dan kemauan untuk terus belajar. Meskipun seiring berjalannya waktu akan pasti akan ada kesulitan-kesulitan yang hadir dan berbeda-beda yang dihadapi oleh setiap orang. Banyak kasus dikarenakan oleh faktor modal menjadi pengahalang Anda memulai bisnis.

Saat Anda memiliki niat penuh untuk memulai usaha sedangkan modal adalah faktor terbesar yang menjadi pengganjal, pinjaman online adalah solusi yang bisa Anda gunakan sebagai pinjaman modal usaha. Tentu tidak sembarangan dan serta merta memilih jenis pinjaman online. Pinjaman online yang mudah, aman serta tidak memberatkan adalah nyata dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin mendanai modal usaha. Banyak pilihan pinjol (pinjaman online) saat ini, Tunaiku adalah pinjaman online yang banyak diminati banyak orang karena tingkat kepercayaan dan kemudahan yang mampu dihadirkan. Tentu saja, Anda bisa mengatasi masalah utama permodalan bisnis Anda dengan pinjaman online dari Tunaiku.


Tunaiku adalah portal pinjaman online yang mudah, aman dan terpercaya. Bukan tanpa alasan, berikut ini saya berikan penjelasan lebih lanjut mengenai Tunaiku sebagai portal pinjaman online yang bisa Anda gunakan. Anda bisa merasakan Bunga dan Cicilan Ringan. Suku bunga di Tunaiku bersaing yaitu 3% - 4% per bulan sehingga menghasilkan cicilan ringan yang sesuai dengan kemampuan serta tidak memberatkan nasabah.


Aman. Tidak perlu khawatir soal keamanan proses pinjaman online dikarenakan sudah banyak orang yang menggunakan fasilitas pinjaman online dari Tunaiku sejak tahun 2014. Apalagi seperti lembaga keuangan terpercaya pada umumnya, Tunaiku yang berada dibawah naungan Amar Bank ini juga mendapat pengawasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Seperti yang diketahui bersama bahwa OJK adalah lembaga kenegaraan yang mengawasi kegiatan disektor jasa keuangan

Mudah. Wajib diketahui terlebih dahulu oleh peminjam dana online adalah terkait kemudahan proses yang dilakukan sebagai syarat pengajuan dana. Tidak hanya itu, kemudahan pengembalian dana dan ketentuan yang berlaku juga harus dipelajari secara seksama agar proses pinjam meminjam dana ini bisa kita rencanakan dan berjalan sesuai dengan apa yang Anda pahami.

Kemudahan melakukan pinjaman dana melalui Tunaiku bisa diamati dari alur pinjaman yang berlangsung. Secara sistematis alur peminjaman dana sebagai berikut : Dimulai dari mengisi formulir yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit – terima persetujuan 1x24 jam – konfirmasi pinjaman 1 sampai 3 hari kerja – Terima Tunai ke rekening 1 sampai 3 hari kerja. Oh iya, pengajuan pinjaman ini bisa dilakukan hanya secara online melalui website resmi Tunaiku.com atau aplikasi Tunaiku baik ponsel Android maupun iOS.

Pengajuan praktis karena dokumen yang diperlukan cukup dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Tidak perlu NPWP ataupun kartu kredit. Jika Anda membutuhkan jumlah dana yang besar untuk usaha, melalui Tunaiku menjadi pilihan semakin tepat karena jumlah pinjaman bisa dilakukan dalam jumlah besar dan ringan. Anda bisa melakukan pinjaman hingga 20 juta dengan jangka waktu cicilan yang panjang hingga 20 bulan.
Hal yang perlu Anda ketahui, saat ini fasilitas Tunaiku hanya menjangkau wilayah kota Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makasar. Dengan syarat peminjam harus berusia 21-55 tahun, WNI (Warga Negara Indonesia), memiliki rekening bank, mempunyai pekerjaanatau penghasilan dan syarat yang saya sebutkan diatas: alamat KTP (domisili) berada pada area layanan Tunaiku.
Dengan kemudahan dan keamanan soal pendanaan dari Tunaiku, usaha yang akan Anda jalankan maupun dalam rangka kebutuhan dana untuk mengembangkan usaha yang sudah Anda jalani menjadi semakin mudah Anda dapatkan. Persoalan kesulitan modal untuk memulai usahapun tidak lagi menjadi hambatan. Ingat, dengan langkah melakukan pinjaman online ini gunakan sebaik dan sebijak mungkin demi mengembangkan bisnis Anda dan menjadikan Anda semakin sukses menjadi penngusaha ya!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment