RGu3u8BLriTwtLKTeinGPrfojNsvmeTyU6ah0e1k

Latihan Kebugaran Jasmani Tidak Hanya Untuk Fisik Tapi Juga Psikis loh!

Daya tahan tubuh adalah aspek penting yang harus dimiliki oleh siapa saja. Pasalnya, dengan daya tahan tubuh yang kuat setiap orang dapat menjalankan aktifitas atau pekerjaan sehari-hari dengan lancar dan sesuai target. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat, Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Kebugaran jasmani.

Bentuk dari aktivitas kebugaran jasmani itu bermacam-macam. Apakah selama di rumah pada masa pandemi ini Anda salah satu orang yang rutin melakukan aktifitas kebugaran jasmani? Bagus. Kegiatan sehari-hari yang Anda jalankan menjadi lebih menyenangkan bukan? Bagi Anda yang belum mencoba aktivitas kebugaran di rumah, yuk segera praktikkan.

Gambar oleh Irina L dari Pixabay

Kebugaran jasmani merupakan aktivitas atau kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh manusia. Bentuk dan macam aktivitas olahraga juga bermacam-macam bisa dapat Anda lakukan hanya dari rumah. Tanpa harus memikirkan bahwa olahraga harus di tempat kebugaran/gym dan menjadi member. Mulailah dengan olahraga yang sederhana terlebih dahulu. Karena yang paling penting yaitu Anda harus membiasakan aktivitas kebugaran jasmani yang Anda pilih adalah bagian dari investasi kesehatan jangka panjang terlebih jenis olahraga yang Anda minati dan lakukanlah secara rutin.

Ciptakan lifestyle yang sehat. Meskipun Anda adalah seorang workaholic dan memiliki aktifitas yang padat, olahraga adalah hal yang vital Anda perhatikan. Berusahalah untuk luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk melakukan aktivitas kebugaran jasmani di rumah (kecuali sedang sakit ya). Apalagi selama pandemi ini, banyak aktivitas pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu hari-hari Anda selama di rumah. Supaya tidak bosan di rumah, juga waktu Anda akan terpakai secara maksimal untuk hal-hal yang bermanfaat.

Push up, sit up, leg lift, squat, senam, yoga, jogging, jumping jack, angkat beban, jalan keliling komplek ruamh, jogging adalah olahraga mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika Anda memiliki hobi menari, ini juga termasuk dalam aktivitas kebugaran yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah. Untuk Anda yang sudah mulai beraktifitas di kantor dan tempat kerja, memilih naik-turun tangga dibandingkan menggunakan lift adalah pilihan yang tepat. Karena dengan ini setidaknya Anda tidak terasa sudah melakukan aktivitas kebugaran tubuh. Bergerak.. bergerak.. yuk bergerak!

Melatih kebugaran jasmani memiliki beragam manfaat. Diantaranya dapat melatih kekebalan tubuh, fleksibilitas (kelenturan dan keseimbangan) tubuh, membentuk dan melatih kekuatan otot tubuh, mencegah obesitas, hingga efektif untuk membakar kalori sehingga menurunkan risiko sejumlah penyakit.

Kebugaran jasmani, sesuai dengan namanya memang memiliki tujuan utama dalam kesehatan jasmani/fisik. Fakta lain, aktivitas kebugaran jasmani juga berpengaruh positif pada kesehatan psikis/mental loh jika dilakukan secara rutin.

Menjaga Mood. Melakukan aktivitas kebugaran jasmani bisa menjaga mood kita tetap terjaga. Melakukan banyak kegiatan sebagai rutinitas dengan semangat dan mencapai target. Alasannya latihan kebugaran jasmani dapats meningkatkan kadar hormon endorfin, dapat memicu rasa senang dan perasaan positif. Suasana psikis menjadi lebih tenang dan siap untuk menghadapi semua aktifitas tantangan. Ya, kebugaran jasmani dapat mengalihkan psikis kita dari hal-hal negatif yang membelenggu di pikiran. Dan emosi dapat terkontrol dengan baik.

Mengurangi risiko stres. Latihan kebugaran jasmani rutin adalah kunci. Risiko stres dan depresi ringan dapat dikurangi dari aktivitas kebugaran yang Anda lakukan. Kadar hormon serotonin dalam darah yang berguna sebagai pengurang stres dapat ditingkatkan dengan melakukan kebugaran jasmani tersebut.  Sehingga risiko mengalami gangguan mental akan lebih rendah.

Bagi Anda yang sudah rutin melakukan latihan kebugaran jasmani di rumah pasti akan setuju dengan manfaat yang sudah saya tuliskan diatas. Salah satu yang paling bisa dirasakan juga dari rutinitas latihan kebugaran jasmani yaitu dapat merasakan kualitas tidur yang lebih nyenyak dan nyaman. Apakah Anda juga merasakannya?

Related Posts

Related Posts

Post a Comment